Tujuan dan Fungsi Karang Taruna

By | 27 Agustus

Tujuan dan Fungsi Karang Taruna. organisasi Karang Taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan  yang telah diakui keberadaannya dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. karang taruna bernaung dalam dalam wadah kementerian sosial republik Indonesia.

hampir setiap daerah di indonesia sudah ada organisasi ini, baik yang hanya sebatas punya struktur pengurus tanpa pernah bekerja sosial maupun yang benar- benar aktif dan punya andil dalam kesejahteraan masyarakat.di dalam mengembangkan organisasi karang taruna di daerah kita sendiri memang bukan perkara mudah, dibutuhkan insan – insan yang punya jiwa sosial tinggi agar dapat menjalankan fungsi karang taruna dn juga untuk mencapai tujuan organisasi.

Tujuan dan Fungsi Karang Taruna

klik gambar untuk memperbesar

Didalam peraturan menteri sosial RI tahun 2010 tentang Pedoman dasar karang taruna untuk menggantikan PERMEN MENSOS RI tahun 2005, terdapat beberapa point yang perlu di garis bawahi seperti Tujuan dan Fungsi Karang Taruna.

Adapun Tujuan Karang taruna adalah untuk mewujudkan, antara lain:

  1. pertumbuhan dan perkembangan setiap anggota masyarakat yang berkualitas, terampil, cerdas, inovatif, berkarakter serta memiliki kesadaran dan tanggung jawab sosial dalam mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah kesejahteraan sosial, khususnya generasi muda;
  2. kualitas kesejahteraan sosial setiap anggota masyarakat terutama generasi muda didesa / kelurahan secara terpadu, terarah, menyeluruh serta berkelanjutan;
  3. pengembangan usaha menuju kemandirian setiap anggota masyarakat terutama generasi muda; dan
  4. pengembangan kemitraan yang menjamin peningkatan kemampuan dan potensi generasi muda secara terarah dan berkesinambungan.

Adapun fungsi Karang taruna antara lain :

  1. mencegah timbulnya masalah kesejahteraan sosial, khususnya generasi muda;
  2. menyelenggarakan kesejahteraan sosial meliputi rehabilitasi, perlindungan sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial dan diklat setiap anggota masyarakat terutama generasi muda;
  3. meningkatkan usaha ekonomi produktif;
  4. menumbuhkan, memperkuat dan memelihara kesadaran dan tanggung jawab sosial setiap anggota masyarakat terutama generasi muda untuk berperan secara aktif dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial;
  5. menumbuhkan, memperkuat dan memelihara kearifan lokal; dan
  6. memelihara dan memperkuat semangat kebangsaan, bhineka tunggal ika dan tegaknya negara kesatuan republik indonesia.

demikian artikel dari wongcungkup tentang Tujuan dan Fungsi Karang Taruna, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,

bahan referensi : peraturan menteri Sosial Republik Indonesia Nomor : 77/HUK/2010

257 thoughts on “Tujuan dan Fungsi Karang Taruna

  1. Eka Ikhsanudin

    Kang Yanto pengurus Karang Taruna juga ya… waaahhh, mantaaabb … :good:

    Reply
      1. ipah kholipah

        saya juga sekarang sudah menjadi anggota karang taruna mas 🙂 di tempat saya masih aktif dengan kegiatan” positif nya mas hehe :yahoo:

        Reply
        1. juno

          Kalau boleh tau kegiatan karang taruna ditempak mbak ipah apa aja ya?

          Reply
            1. Hary Wardiansyah

              ngopi sendirian gax enak loh kang :whistle:

        1. Saud Karrysta

          Mas Jati koq tau sih, kalau Mas Yanto itu Ketua Koplak, eeehh Kupluk.. maksude :ckakaka: :ckakaka: :ckakaka:

          Reply
  2. Eka Ikhsanudin

    Betul Sekali Kang, sangat tidak mudah mengembangkan Organisasi Karang Taruna, dulu kalo waktu di Yogya saya dari SMP sudah ada Pengkaderan di tingkat dusun di bimbing oleh Kakak2 yg usianya lebih Dewasa dan sampai SMK juga masih aktif, terutama Sinoman hehehe.. eh, ada Sinoman juga nggak kang di daerah Kang Yanto :whistle:

    Reply
  3. Eka Ikhsanudin

    Sekarang disini di daerah saya Karang Taruna tingkat Dusun saja gak ada Kang, ada tingkat Desa gak aktif pengurusnya… :unsure:

    Reply
    1. Yanto Cungkup Post author

      sama mas,di sini karang taruna tingkat desa cuman ada struktur struktur organisasinya aja nih

      Reply
  4. Eka Ikhsanudin

    Dilihat dari Tujuan dan Fungsi Berdirinya Karang Taruna Sudah jelas sekali, terutama bagi kaum muda ya… melatih mental dan kreatifitasnya, terutama menjaga keharmonisan dan kekompakan di lingkungan sekitar… dari pada cuma pada nongkrong di jalan trs balapan motor akhirnya pada tawuran dijalan, kan mending ikut organisasi Karang Taruna ya Kang … :good:

    Reply
  5. Eka Ikhsanudin

    lho, koq saya sendirian saja nih komment nya :ckakaka:

    yang jelas dengan ikut Karang Taruna akan menjadi pembelajaran yg positif khususnya bagi Kaum Muda. Karena usianya dan daya pikir serta kreatifitasnya masih Produktif … mungkin dengan kegiatan Karang Taruna juga bisa membuat sebuah Grup Blogger Karang Taruna ya Kang,, yg ngelatihnya Kang Yanto heheheeee

    Reply
        1. Marnes

          lha gak ikutan blogger koplak aja dah korslet koq, apalagi kalo ikutan coba… :ckakaka:

          Reply
      1. Saud Karrysta

        Banyak juga ya Ketua Karang taruna musiman. Disini ada juga ketua Blogger yang bener dan blogger yg Koplak tt3tt3 :ckakaka:

        Reply
    1. Marnes

      hanya saja pada kenyataannya masih banyak desa-desa yang karang tarunanya gak aktif ya mas, karang tarunanya masih sebatas formalitas thok :unsure

      Reply
    2. Asep Haryonos

      Dusun tempat saya tinggal aja nda jelas kemana Karang Taruna nya. Taunya kalau ada Taraweh Ramadhan, Idul fitrie sama Idul Adha baru keluar semua remaja remaja nya Nda jelas apakah dusun saya ini sudah terbentuk Karang Taruna atau nda

      Kalau di depan rumah saya sudah banyak Karang. Cuma nda pake Taruna,. Ya onggokan karang karang aja betebaran
      Gimana coba> Korslet kan sayah?

      Reply
  6. Marnes

    Boleh dibilang Karang Taruna ini sebagai wadah pengembangan dan pembinaan serta pemberdayaan bagi generasi muda yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah desa atau kelurahan. Betul kan mas yanto? :good:

    Reply
  7. Sulaeman

    ngga pernah jadi pertamax ,,,,,, di tempat saya ngga pernah ada karang taruna,, nasib hidup di ndeso, semua serba sendiri-sendiri ,,, hihihi

    Reply
  8. awen

    Sampai sekarang belum tau tuh yang namanyua karang taruna, kebanyakan pemuda di lingkungan saya itu hidup nafsi-nafsi mas, heu
    maaf mas baru berklunjung kembali kemari 🙂

    Reply
      1. awen

        ya memang mestinya saya harus bisa membentuk karang taruna, meskipun tidak menjadi ketuanya.
        mudah-mudahan kedepannya saya bisa lah mengumpulkan rekan-rekan di desa saya mas, jadi iri ni melihat mas yan 🙂

        Reply
  9. hendri hendriyana

    dulu saya pernah ikutan karang taruna dikampung, tapi karang taruna yang dibangun tidak lama melempem mas soalnya pada sibuk kerja ketambah kadang orang males kumpul dan ikutan karang taruna karna ga ada duitnya.padahal yang diharapkan karang taruna yang dibangun dulu hanya untuk kekompakan pemuda saja.biar pemuda sekampung semuanya kompak..

    Reply
          1. Marnes

            maka dari itu duit saya selalu saya buang-buangin abis gak enak dimakan sih :ckakaka:

            Reply
            1. Hary Wardiansyah

              dibuang ke warung padang ya kang :ckakaka:

  10. hendri hendriyana

    :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi:

    Reply
          1. Marnes

            sekarang saya lagi :ngopi:
            gak nanya weeekk… hayo mo ngomong apa sekarang coba? :yahoo:

            Reply
    1. Saud Karrysta

      GAK KURANG NAMBAH MAS HENDRI. KOPINYA.? YAH KIRA KIRA MABOK KOPI GITUH :ngopi: ..LHOOO KOQ TULISAN SAYA GEDE SEMUA SIH.?

      Reply
  11. Marnes

    pada kemana nie orang-orang beriman, mas saud, kang eka tumben blom pada nongol :yahoo:

    Reply
        1. Saud Karrysta

          Dari tadi nya saya nya sudah adanya disni. Mas Wong aja pura pura gak lihat. sapa coba yang masih bubu..?

          Reply
  12. Saud Karrysta

    Keren ya Mas di tempat Mas Yanto Karang Taruna masih berjalan dengan baiknya. Di tempat saya sudah payah Mas. Dulu nya ada sekarang raib entah kemana.. Prihatin 😥

    Reply
        1. Saud Karrysta

          Jangan ngekor deh Mas Yan, pantes aja di Malang Karang tarunanyanya hampir raib. Pemuda nya aja ngeblog mulu sih? heheh :yes: :ckakaka:

          Reply
  13. diar nurhakim

    Siiippp info Fungsi dan Tujuan Karang Tarunanya Mas,,, ngomong-ngomong Karang Taruna punya Mars Karang Taruna gak Mas??? hehehehehehehehehehehehehehehehehe 🙂

    Reply
      1. diar nurhakim

        Masa pengurus Karang Taruna gak apal sih Mas Yanto Mars Karang Taruna… hahahahahaha becanda Mas… hehehe 🙂

        Reply
  14. Tips Anak Sehat & Cerdas

    artikel ini sangat cocok jika dibaca oleh anggota karang taruna agar bisa mempertahankan fungsi dan tujuan dari karang taruna karena dibeberapa pelosok, keberadaan karang taruna sudah mulai tidak ada

    Reply
    1. Hary Wardiansyah

      mari kita adakan lagi yuk, jangan mau kalah sama generasi muda, Eh kan saya masih muda :unsure :mumet:

      Reply
        1. Saud Karrysta

          abegeh BALITA Cap Jenggot hahaha :ckakaka: :ckakaka: :ckakaka: :ckakaka: :ckakaka: :ckakaka: :ckakaka: :ckakaka:

          Reply
            1. Saud Karrysta

              Ya itu maksudnya. Koq gak ada respon sih komentar para pengunjung oleh ADMIN nya.?

              Apa komentar nya pada melanggar TOS ya :
              Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai

  15. Hary Wardiansyah

    Dulu dikampung saya pernah juga ada karang taruna, tapi sayangnya sekarang sudah gax ada lagi. Padahal kan organisasi karang taruna ini mencerminkan kekompakan masyarakat dalam pemberdayaan kesejehateraan sosial ya kang, Jadi punya nilai lebih kalau disetiap kampung mempunyai organisasi karang taruna ini,

    Reply
      1. Saud Karrysta

        Tapi di Kota Subang mah, gak seperti kaya di Kota Cianjur, sama Kota Malang da. beda weh pokonamah.. suerrr :piss:

        Reply
  16. Isrofi Achmad

    Alhamdulillah di tempat saya lumayan aktif karang tarunanya kang, walaupun setiap bulan hanya mengadakan pertemuan sekali, namun itu sangat bermanfaat sekali bagi generasi muda terutama yang pemula agar mempunyai kegiatan yang positif.

    Reply
  17. Jati Solomon

    Ditempat kami Karang Tarunanya hanya formalitas Kang. Mungkin karena semua sibuk dengan pekerjaannya masing-masing

    Reply
  18. Saud Karrysta

    Sugeng Enjing Mas. Gimana tujuan Karang taruna nya sudah ketemu belum solusi nya? kalau belum cari ndiri heheh :ckakaka:

    Reply
  19. Fatimah

    Karang taruna yang sekarang beda dengan yang dulu, sekarang mah ga seru 😥

    Reply
  20. Masjal

    Nyimak aja bos, sambilan istirhat sejenak disini..

    Reply
  21. Sarah

    Alhamdulillah karang taruna di tempatku masih apik :yahoo: :joged

    Reply
  22. Muhammad Adam Hussein, S.Pd, CM

    Betul mas sangat bermanfaat fungsi dan tujuannya sebab itu didukung oleh departemen pemuda dan olahraga. Semoga aja desa semakin terjaga dan juga generasi muda semakin sehat pergaulannya

    Reply
    1. Saud Karrysta

      Betul ya Mas Adam, Fungsi karang taruna teh penting pisan jika bisa berjalan sesuai yang di rencanakan mah : :unsure

      Reply
      1. Yanto Cungkup Post author

        koreksi dikit mas,bahwasanya karang taruna berada dalam wadah kementrian sosial bukan pemuda dan olahraga

        Reply
  23. Saud Karrysta

    Petang yang indah. Laporan dulu sama paketu Karang taruna. laporan pak. sudah hampir malam saat nya ngopi :ngopi: laporan selesay :melet:

    Reply
  24. krisna bara

    baru tahu kalau karang taruna memliki peran penting dalam kehidupan masyarakat kita

    Reply
  25. Ahmad

    makin rame aja tulisannya mas yanto,,,, tapi tempatku kayaknya karang taruna udah punah…. 🙁

    Reply
  26. Saud Karrysta

    Malam Mas Yanto hadfir lagi sambil daftar hadir sama ketua Karang taruna. yang kurang di siplin nih tt3tt3tt3 :ckakaka:

    Reply
  27. prajuritkecil99

    cukup disayangkan saat ini karang taruna di tempat ane sepi dari kegiatan, bahkan ibarat mati segan hidup tak mau
    padahal di beberapa tempat karang taruna ini mendapatkan dana dari pemerintah, tapi yaa gitu, tak jarang dananya tidak tepat sasaran

    Reply
    1. Bahrudin

      Di tempat ane karang Taruna juga sepi, yang ramai di Tempat Permainan Dara (Burung Merpati)…. dan tempat nongrong lainnya, hehehe

      Reply
        1. Bahrudin

          Hahahah, mas Deny bissa aja, itu mah bukan karang taruna, tapi karang sisa makanan hahahahahah!

          Reply
    1. kips

      Saya juga kang, salut sama yang mpunya ini blog 😀

      Reply
  28. purnama

    disini dulu juga banyak karang taruna mas, tapi sekarang gak tahu kenapa sudah loyo, mungkin karena tidak ada penerus dan kesadaran untuk saling membantu sesama

    Reply
    1. Saud Karrysta

      Di tempat saya mah sudah hilang Mas Pur, karang taruna nya. Jadi sekarang karang taruna nya menjadi kosong :unsure

      Reply
  29. kips

    Haha.. komen dah berjibun tapi baru bisa mampir :yes:

    Reply
      1. kips

        Lagi nyiapin sesuatu, biar dapur ngebul dan bisa :ngopi:
        Masih belum datang ya Ketua Karang Tarunanya :yes:

        Reply
  30. Saud Karrysta

    Mampir lagi mas.. daftar hadir pada ketua karang taruna. tapi kemana ya ketua karang taruna nya koq gak nongol nongol :unsure

    Reply
      1. Bahrudin

        admin nya pernah jadi karang taruna apa belum yach!

        Reply
  31. Arizuna Zukirama

    Di desa saya personil-personil Karang Taruna-nya tukang mabok semua, Mas. Parah! Semoga daerah lain tidak ya… 😀

    Reply
    1. kips

      Parah banget ya, mestinya mereka menjadi contoh bagi generasi muda lainnya.

      Reply
    1. kips

      Tuan rumah lagi semedi sepertinya, jadi nampak agak sunyi :yes:

      Reply
  32. Bahrudin

    Saya juga pernah jadi anggota karang taruna Tingkat Dusun, pernah juga dapat dana dari desa untuk mengembangkan Organisasinya, walaupun tidak banyak waktu itu.

    Reply
  33. Ratna sari

    karang taruna di tempat saya sepi :unsure

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.