Tujuan dan Fungsi Karang Taruna

Tujuan dan Fungsi Karang Taruna. organisasi Karang Taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan  yang telah diakui keberadaannya dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. karang taruna bernaung dalam dalam wadah kementerian sosial republik Indonesia.

hampir setiap daerah di indonesia sudah ada organisasi ini, baik yang hanya sebatas punya struktur pengurus tanpa pernah bekerja sosial maupun yang benar- benar aktif dan punya andil dalam kesejahteraan masyarakat.di dalam mengembangkan organisasi karang taruna di daerah kita sendiri memang bukan perkara mudah, dibutuhkan insan – insan yang punya jiwa sosial tinggi agar dapat menjalankan fungsi karang taruna dn juga untuk mencapai tujuan organisasi.

Tujuan dan Fungsi Karang Taruna
klik gambar untuk memperbesar

Didalam peraturan menteri sosial RI tahun 2010 tentang Pedoman dasar karang taruna untuk menggantikan PERMEN MENSOS RI tahun 2005, terdapat beberapa point yang perlu di garis bawahi seperti Tujuan dan Fungsi Karang Taruna.

Adapun Tujuan Karang taruna adalah untuk mewujudkan, antara lain:

  1. pertumbuhan dan perkembangan setiap anggota masyarakat yang berkualitas, terampil, cerdas, inovatif, berkarakter serta memiliki kesadaran dan tanggung jawab sosial dalam mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah kesejahteraan sosial, khususnya generasi muda;
  2. kualitas kesejahteraan sosial setiap anggota masyarakat terutama generasi muda didesa / kelurahan secara terpadu, terarah, menyeluruh serta berkelanjutan;
  3. pengembangan usaha menuju kemandirian setiap anggota masyarakat terutama generasi muda; dan
  4. pengembangan kemitraan yang menjamin peningkatan kemampuan dan potensi generasi muda secara terarah dan berkesinambungan.

Adapun fungsi Karang taruna antara lain :

  1. mencegah timbulnya masalah kesejahteraan sosial, khususnya generasi muda;
  2. menyelenggarakan kesejahteraan sosial meliputi rehabilitasi, perlindungan sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial dan diklat setiap anggota masyarakat terutama generasi muda;
  3. meningkatkan usaha ekonomi produktif;
  4. menumbuhkan, memperkuat dan memelihara kesadaran dan tanggung jawab sosial setiap anggota masyarakat terutama generasi muda untuk berperan secara aktif dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial;
  5. menumbuhkan, memperkuat dan memelihara kearifan lokal; dan
  6. memelihara dan memperkuat semangat kebangsaan, bhineka tunggal ika dan tegaknya negara kesatuan republik indonesia.

demikian artikel dari wongcungkup tentang Tujuan dan Fungsi Karang Taruna, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,

bahan referensi : peraturan menteri Sosial Republik Indonesia Nomor : 77/HUK/2010


About Yanto Cungkup 487 Articles
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

257 Komentar

  1. Betul Sekali Kang, sangat tidak mudah mengembangkan Organisasi Karang Taruna, dulu kalo waktu di Yogya saya dari SMP sudah ada Pengkaderan di tingkat dusun di bimbing oleh Kakak2 yg usianya lebih Dewasa dan sampai SMK juga masih aktif, terutama Sinoman hehehe.. eh, ada Sinoman juga nggak kang di daerah Kang Yanto :whistle:

  2. Dilihat dari Tujuan dan Fungsi Berdirinya Karang Taruna Sudah jelas sekali, terutama bagi kaum muda ya… melatih mental dan kreatifitasnya, terutama menjaga keharmonisan dan kekompakan di lingkungan sekitar… dari pada cuma pada nongkrong di jalan trs balapan motor akhirnya pada tawuran dijalan, kan mending ikut organisasi Karang Taruna ya Kang … :good:

  3. lho, koq saya sendirian saja nih komment nya :ckakaka:

    yang jelas dengan ikut Karang Taruna akan menjadi pembelajaran yg positif khususnya bagi Kaum Muda. Karena usianya dan daya pikir serta kreatifitasnya masih Produktif … mungkin dengan kegiatan Karang Taruna juga bisa membuat sebuah Grup Blogger Karang Taruna ya Kang,, yg ngelatihnya Kang Yanto heheheeee

  4. Boleh dibilang Karang Taruna ini sebagai wadah pengembangan dan pembinaan serta pemberdayaan bagi generasi muda yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah desa atau kelurahan. Betul kan mas yanto? :good:

  5. dulu saya pernah ikutan karang taruna dikampung, tapi karang taruna yang dibangun tidak lama melempem mas soalnya pada sibuk kerja ketambah kadang orang males kumpul dan ikutan karang taruna karna ga ada duitnya.padahal yang diharapkan karang taruna yang dibangun dulu hanya untuk kekompakan pemuda saja.biar pemuda sekampung semuanya kompak..

  6. :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi:

  7. Dulu dikampung saya pernah juga ada karang taruna, tapi sayangnya sekarang sudah gax ada lagi. Padahal kan organisasi karang taruna ini mencerminkan kekompakan masyarakat dalam pemberdayaan kesejehateraan sosial ya kang, Jadi punya nilai lebih kalau disetiap kampung mempunyai organisasi karang taruna ini,

  8. Alhamdulillah di tempat saya lumayan aktif karang tarunanya kang, walaupun setiap bulan hanya mengadakan pertemuan sekali, namun itu sangat bermanfaat sekali bagi generasi muda terutama yang pemula agar mempunyai kegiatan yang positif.

  9. cukup disayangkan saat ini karang taruna di tempat ane sepi dari kegiatan, bahkan ibarat mati segan hidup tak mau
    padahal di beberapa tempat karang taruna ini mendapatkan dana dari pemerintah, tapi yaa gitu, tak jarang dananya tidak tepat sasaran

  10. Saya juga pernah jadi anggota karang taruna Tingkat Dusun, pernah juga dapat dana dari desa untuk mengembangkan Organisasinya, walaupun tidak banyak waktu itu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*