Tips Menulis Komentar Kritik Yang Benar

By | 30/04/2015 at 22:59 pm

Tips Menulis Komentar Kritik Yang Benar. Berkomentar pada artikel blog orang lain merupakan salah satu kegiatan yang sudah jamak dilakukan oleh seorang blogger. kegiatan yang lebih dikenal dengan nama blogwalking ini memang mendatangkan banyak keuntungan, karena ngeblog bukan sekedar update artikel.

Di dalam melakukan ritual blogwalking tentunya anda pernah atau sering menghadapi masalah dengan blog yang dikunjungi. seperti topik yang dibahas tidak kita pahami, artikel yang disajikan tidak sesuai dengan apa yang kita ketahui, dan lain sebagainya. padahal salah satu point berkomentar yang baik adalah pada salah satu komentar, kita dituntut untuk memberikan ulasan baik berupa pertanyaan, saran maupun kritik dari artikel yang disajikan.

Tips Menulis Komentar Kritik Yang Benar

Di dalam menyampaikan saran maupun kritikan kepada admin blog, sebaiknya anda berhati – hati agar admin blog tersebut faham tujuan anda dan tidak terjadi kesalah fahaman yang akhirnya hubungan anda tetap terjaga dengan baik. adapun berikut admin sajikan beberapa Tips Menulis Komentar Kritik Yang Benar pada blog diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. fahami artikel. baca dulu artikel sampai tuntas sebelum anda memberikan saran maupun kritik. jika anda membaca sebagian, bukan tidak mungkin ketika anda memberi saran ternyata diartikel sudah dijelaskan. yang ada malah malu bukan ?
  2. dahului dengan permintaan maaf. tidak semua orang suka dikritik, karena menganggap dirinya paling pintar ataupun paling benar. dengan kata maaf diharapkan admin blog tidak tersinggung dan merasa dihargai, sehingga kritik yang anda sampaikan akan diperhatikan.
  3. gunakan bahasa yang sopan dan jangan terkesan menggurui. seperti artikelnya nggak bener nih, artikel anda sudah basi, dan lain – lain.
  4. gunakan data dan fakta. ada saatnya artikel yang anda baca tidak sesuai dengan pengetahuan anda sehingga anda merasa artikel yang disajikan salah. untuk itu sebelum mengkritik anda perlu menyiapkan data – data yang akurat.
  5. gunakan private message. ingat setiap komentar yang anda tulis bukan hanya dibaca oleh admin blog tetapi kemungkinan besar dibaca oleh komentator yang lain. jadi akan lebih baik anda mengkritik secara pribadi lewat contact email maupun hp pada menu contact yang telah disediakan.
  6. berikan solusi. jangan asal mengkritik tetapi akan lebih baik bila anda mengkritik suatu artikel dengan menyertakan pemecahan dari masalah yang dihadapi.

Demikian artikel dari wongcungkup tentang Tips Menulis Komentar Kritik Yang Benar, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,

242 thoughts on “Tips Menulis Komentar Kritik Yang Benar

  1. nikmah

    Sering sekali ada kritik yang pedas, Kritik yang pedas biasanya memicu emosi mas, apakah sebaiknya kita membalasnya dengan tanggapan yang pedas juga

    Reply
            1. rudhy theart

              Kalau komennya pedas, tujuannya tetap aja baik jadi positif thinking aja yang penting kritiknya nyambung aja…

            2. Mangs Aduls

              kripik pedas lagi laku di sayah. namanya ada yang kripik karuhun, setan, gederwo, pokonya lagi laku keripik pedas

    1. cakmojib

      apapun kritiknya yang penting ngopinya pake Kopi madura mas :yahoo: :yahoo: :yahoo: :yahoo: :yahoo:

      Reply
    2. Mang Lembu

      saya mah ngga usah kratak kritik, la wong orang lain baru liat nama saya nongol disini ajah juga udah pada males liatnya jeh.
      sruput dulu ah :ngopi:

      Reply
      1. Indra Kusuma Sejati

        Maknay pakai gula dekit biar enak mang, jadi kan lebih manis kritik pedasnya…. eh salah kripik pedas deng ya,,,, :ngopi:

        Reply
        1. Indra Kusuma Sejati

          protes…… masa saya di sini, Minta kopi satu sambil baca kritik pedas :ngopi:

          Reply
          1. Nikmah

            saya sudah daftar , sudah tak ganti tapi kok ftonya gak berubah ya.. tetap gambar saolin ya..

            Reply
            1. Indra Kusuma Sejati

              Maknya waktu ganti, jangan bawa gunting, jadinya ikut kena gundul tuh…. :ckakaka:

  2. Eka Ikhsanudin

    betul sekali kang dan sangat bermanfaat Tips menulis komentarnya, saya juga kadang suka keceplosan klo lagi komentar, padahal bukannya menggurui, tapi kadang apa yg ingin saya tahu begitu dipraktekan tidak sesuai hikhikhik… akhirnya suka kesel jadi keceplosan deh komentarnya 😀
    nah itu point banget nomor 1 dan nomor 2, kadang ada yg berkunjung cuma di baca sepintas saja dan jarang di dahului dgn kata maaf ketika mau bengkritik …. kalo ada komentar saya yg keceplosan, saya minta maaf ya kang 😥

    Reply
        1. Indra Kusuma Sejati

          Modiv dikit mang, biar larinya kecang dan lebih sporti, jadi enak dikit dikomentarin dengan tanpa kritik. :ngopi:

          Reply
  3. Tempel Balik

    Setelah baca ini saya ga berani komentar kritik lagi dech, terlalu banyak syaratnya,.. hahahaa…

    Reply
  4. cakmojib

    kalau saya sih gak suka kritik, kalau saya suka kripik mas, jadi gak gampang esmosi, intinya kalau kita mau maju maka kita harus makan kritik dan olah menjadi penyemangat kita, bener gak?? :good: :good: :rose:

    Reply
      1. Marnes

        Setuju saya, selama itu kritik yang membangun gak masalah, beda lagi kalo kritik yang cari masalah, dan saya yakin rata-rata para blogger udah paham akan hal ini

        Reply
            1. Marnes

              lha avatar saya ngapa jadi gambar kartun gundul coba? emang kalo ganti avatar gak langsung otomatis berubah ya mas?

            1. Indra Kusuma Sejati

              Bukan mas, khusus menulis yang benar, ini konetn biar aman maksudnya. Jadi kometarnya juga aman kan… :ngopi:

        1. Indra Kusuma Sejati

          Biasa mas, kan seklaian 17 Agustus jadi mau dirubah jadi biasa ? nanti belang loh. :ngopi:

          Reply
  5. dennyaditia

    saya setuju banget mas dengan poin mengkritik melalui private message karena lebih sopan menurut saya karena pengunjung lain tidak akan membaca kritikan tersebut

    Reply
  6. Achmad Fazri

    Ada baiknya sebelum memberikan komentar kritik or saran, Kita harus cermat dan faham betul dengan artikel yang dibacanya :good: Saya tidak suka menyinggung, karena saya gak mau di singgung :scratch:

    Reply
      1. Marnes

        Nah hal yang seperti ini yang komentarnya suka gak nyambung, udah bisa dipastikan bisa jadi bahan olok-olok oleh blogger yang laen, disini kadang saya pengen ngakak hahahaaa…..

        Reply
  7. Indra Kusuma Sejati

    Dunia blogging ternyata penuh degan warna, apa plus ada minus, namun intinya kalau tidak pernah mau di cubit, yang jangan nyubit. Biasanya sih akann terjadi karma yang berlaku apa yang kita lakukan kepada para admin blogger di dunia maya. Walau pun terlihat lias blogger itu paling enak kalu sudah saling mengerti bahw apa yang terjadi dan di ulas menjadi sebuah topik perbincangan yang menarik perhatian, tinggal tergantung kita menyikapinya.

    Adapun kritik pedas atau sebagainya adalah proses pendewasaan bagi yang menyampaikan atau pun si penerima kritik untuk mengarah yang lebih baik, terutama dalam menyikapi etika pergaulan dalam dunia blogging.

    Dan erkahhir paling enak kita :ngopi:

    Reply
    1. Yanto Cungkup Post author

      saya setuju mas.kalau masalah artikel walau saya kadang sudah tau isi artikel ttp berusaha berkomentar yg baik untuk menghargai jerih payah admin.

      apabila mengkritikpun berusaha menggunakan point2 diatas :good:

      Reply
  8. Aura Kasih

    pengkritik itu kadang pengen terlihat pintar, atau memang ingin membantu membangun sebuah ide, kalau saya sih selama kritik ga menjatuhkan, cuek aja.. tapi kalau kritik sudah menjatuhkan, pendekar cungkup yang menindasnya hehe

    Reply
      1. Indra Kusuma Sejati

        Besok lapor sama pendekar cungkup aja deh kalau ada yang kritik saya, biar di samperin sama cobek untuk di ulek sekalian…… kan pendekar cungkup jago ngulek bikin sambel pedas tuh…. :ngopi:

        Reply
  9. rudhy theart

    Kritik dalam bentuk apapun seharusnya sudah siap diterima oleh blogger karena itu memang sudah menjadi resiko dalam kegiatan menulis di blog, tapi kalau mengikuti tips 1,2,3,4,6 saya yakin tidak ada salahnya memberikan kritik di kolom komentar agar semua pengunjung bisa sama2 belajar, menambahkan atau mengkritisi balik kalau ternyata kritik yang diberikan juga ternyata keliru… Terima kasih buat mas yanto yang selalu menyempatkan memberikan kritik di blog ku

    Reply
    1. Marnes

      yah itu udah menjadi resiko seorang blogger, hanya saja perlu juga diketahui oleh si komentator bahwa dalam memberikan kritik yang sifatnya membangun juga etika dan aturan mainnya.

      Reply
      1. Indra Kusuma Sejati

        Berarti bisa dikatakan ada rabu-rabunya sebagai seorang kritikus yang harus di jalankan ya mas ? :ngopi:

        Reply
            1. Indra Kusuma Sejati

              Inilah bagai mana cara membangun komunikasi yang benar dalam komtar di blog mas. Setiap umpan akan di balas dengan jawaban yang benar asal jangan mengambang aja. :ckakaka:

  10. anak nelayan

    baca dulu baru comment begitu kan indah, selain menghargai si pemilik blog, comment juga terkait dengan index nya si mbah google terhadap posting yang dibuat oleh yang bersangkutan

    Reply
    1. Marnes

      sebaiknya seperti itu, dan menurut saya untuk bisa memberikan komentar yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan, tidak mesti membaca secara keseluruhan dari artikel tersebut, cukup kita cermati yang menjadi inti dari topik pembahasan tersebut, sehingga kalo kita udah paham poin apa yang sebenernya ingin disampaikan si penulis, tentu kita bisa dengan mudah untuk memberikan komentar yang sesuai dengan topik pembahasan.

      Reply
      1. Indra Kusuma Sejati

        Benr tuh…… karena sebuah komentator yang benar dia bisa dengan cepat memahami point entri yang di maksud admin dalam menuliskan sebuah konten yang di tuangkan dalam sebuah artikel blog yang tepat.

        Dan sebuah kolom komentar akan menjadi sebuah peluang untuk dapat mebangun komunikasi yang baik dan benar untuk bisa menemukan sebuah titik terang yang di maksud dalam hal berbagi informasi yang bermanfaat. Bukan begitu kang ? :ngopi:

        Reply
            1. Indra Kusuma Sejati

              Sebuah kritikan dalam kemmentar harus sesuai rumusan juga kang. Agar konetn tercipta dan dibaca dengan baik dan benr seuai google frendly-nya si mbah google, agar terlihat relevan dan lebih optimasinya plus, plus…. :ngopi:

  11. anak nelayan

    Semoga setelah membaca artikel ini, saya mampu menulis komentar yang baik, terima kasih mas yanto :ngopi:

    Reply
  12. Marnes

    Wah artikelnya Mas Yanto makin hari makin greget nih. Setuju pisan saya mas, memang seharusnya seperti itu. Sebelum memberikan komentar sebaiknya memperhatikan etika dan aturan mainnyan, jangan cuma asal jeplak aja terlebih lagi mengkritik yang tidak ada dasar yang jelas.

    Reply
    1. Indra Kusuma Sejati

      Mengusasi sebuah point yang harus bretika itu juga harus proses loh mas, terutama lebih saling mengenal satu dengan yang lainnya, dan terutama ego harus dikesampingkan.

      Dalam kehidupan blogging belum tentu si admin tidak memiliki teman, dan tentunya bila segala sesuatu dibangun dengan baik dan benar akan menjadi sebuah forum tersendiri dalam sisi positif membangun sebuah komunikasi ke arah lebih positif. Karena di atas langit masih ada langit bukan ? :ngopi:

      Reply
        1. Yanto Cungkup Post author

          kalau mas indra dan mas marnes saya mah yakin banget sudah melakukan trik2 diatas bila berkomentar.
          lalu bercanda sebagai penyedap rasa :heart:

          Reply
  13. zachflazz

    hahai, pasti mas yanto baru kursus di john robert power nih. spiritnya keren Mas, keren banget. memang mengkritik ini ada ilmunya sih ya. hahai, saya saja nih yang sering kebablasan, kebiasaan di panggung dahulu, wkwkwk, suka ekspresif dan semau sendiri.

    Reply
  14. zachflazz

    tapi kalo udah kenal sih saya suka nyantai aja. biar aja marah, ntar juga sembuh sendiri, hihii

    Reply
  15. Muhammad Adam Hussein, S.Pd, CM

    Kalau saya sih dikritik enggak masalah asal mereka pas saya tanya balik tentang alasan jelas dan detailnya bisa menjawab. Kalau enggak bisa menjawab biasanya saya bakal mempermalukan dirinya.

    Biasanya mereka ingin dikunjungi oleh kita tapi dengan cara menjatuhkan admin blog. Sangat disayangkan ya?

    Tapi paling yang saya sedihkan dari blogger itu sumber referensi suka enggak dicantumkan, sebab itu dalam forum suka dipermasalahkan. Sebab itu juga saya menulis dengan sumber referensi kalau blogger itu enggak semua enggak profesional.

    Makasih mas.

    Reply
      1. Yanto Cungkup Post author

        yg saya bahas cara mengkritik bukan dikritik mas.bila kita mengkritik sebaiknya menggunakan trik diatas agar tidak terjadi kesalah pahaman.yg ujung2nya menjadi perdebatan.

        kalau pendapat pribadi saya artikel yg saya kunjungi mau ada/tidak sumber referensi bukan urusan saya,intinya bila saya yakin dengan artikel tersebut khususnya tutorial maka akan saya coba dan bila nggak yakin tinggal cari tutor yg lain.

        Reply
  16. islam di dadaku

    selama kita membuka kotak komentar maka kita harus siap untuk dikritik atau ditanya mengenai sesuatu namun kritik hendaklah dilakukan secara sopan santun sesuai etika

    Reply
  17. Indra DP

    yang pastinya ada tata cara dan sopan santun dalam melakukan kritikan agar yg dikritik tidak sakit hati dan menghargai saran dan kritikan kita.

    Reply
  18. Djangkaru Bumi

    Pada umumnya blogger itu kaku dan sangat sensitif jika ada beda pendapat. Bahkan ada yang marah-marah jika mendapat komentar yang berbeda. Dunia maya harus siap mental.

    Reply
  19. Pemuda Pasaman

    memberi kritik yang benar dan terkesan memotivasi dalam sebuah komentar blog memang sangat dibutuhkan ya mas, tidak sedikit juga yang berkomentar dengan seenaknya saja, tanpa mempedulikan perasaan orang yang dikritik..
    semoga artikel ini bisa memberi pelajaran yang berharga bagi kita semua dalam cara mengkritik dan memberi saran terhadap sebuah artikel blog.. :piss: :yes:

    Reply
  20. Ponsel Favorit

    selama ini saya tidak pernah melakukan kritik terhadap artikel blog yang saya komentari, yang penting artikel blog tersebut berguna buat saya (seperti artikel blog ini). kalau tidak, ya saya hanya membacanya dan tanpa meninggalkan komentar.. nice post om… makasih banyak..

    Reply
    1. Yanto Cungkup Post author

      nah nggak berkomentar itu lbh baik daripada berkomentar yg bisa membuat admin blog tersebut menjadi salah faham mas.

      eh kenapa sih blognya nggak ada komlom komentarnya mas?
      nggak enak nih saya jdnya nggak bisa kunbal

      Reply
      1. bengkel blogger

        lebih baik komentar itu mengandung beberapa hal:
        1. masukan atau saran (ini yang saya lakukan, bukan kritikan)
        2. membangun dengan menambahkan beberapa hal namun tidak bergaya saran atau kritikan
        3. sedikit santai dan tidak kaku. karena itu adminnya bisa cepat merasa akrab dengan anda.

        saya jadi dapat inspirasi buat nulis “membangun keakraban melalui komentar”

        makasih ya…sudah bisa menginspirasi….tuh kan ada juga manfaatnya kalau ikut terlibat dalam komentar. ok makasih ya mas yan…..minum kopi dulu gan….

        Reply
  21. Hary Wardiansyah

    waduhh, saya ketinggalan nih kang :D, Kayanya dalam melakukan kritik ataupun saran, bagi saya walaupun itu pedas tetapi kalau dengan tutur kata / bahasa yg sopan akan lbih enak hehehe, , Dan pastinya kritiknya juga harus membangun ,tujuannya agar kita kedepannya bisa lebih baik, bukan utk maksd menjatuhkan.

    Reply
        1. bengkel blogger

          kalau kritik pedas itu kayaknya habis makan sambel kayaknya mas. heee
          piss yoo pissss

          Reply
            1. bengkel blogger

              nah kalau itu saya setuju mas…komentar juga jangan serius semua, nantinya malah kayak ngisi soal ujian. heeee

  22. Djangkaru Bumi

    Jarang sekali pengujung yang mau membaca artiel, umumnya komentanya : kunjung balik ya gan, nice post, terimakasih sangat bermanfaat sekali. follow bali ya gan dan lain lain. bahkan ada yang komentanya sama setiap blog yang dikunjungi. aneh kan ?

    Reply
      1. bengkel blogger

        iya mas…ada komentar yang sama dibeberapa blog oleh satu orang blogger. kalau itu sih kayaknya blogwalking dikejar setan atau pake jurus mabuk yang pernah saya tulis. kadang beberapa blogger tidak memperhatikan keuntungan blogwalking dan cara berkomentar. akhirnya tidak dapat apa-apa.

        Reply
  23. Daniel

    Sebelumnya saya mau minta maaf mas, saya memang sudak mengkritik akant tetapi sering lupa meminta maaf di awal. Saya baru nyadar kalau blogwalking dengan kritikan juga bisa membuat komunikasi kurang baik, bisa2 komen masuk spam.

    Makasih atas percerahannya kang

    Reply
    1. bengkel blogger

      saya rasa mengkritik juga bisa aja. tapi asal kritik yang membangun. karena dari kritik juga kita bisa berkembang mas, jadi intinya mengkritik itu boleh, tapi caranya yang harus diperhatikan.

      Reply
      1. Yanto Cungkup Post author

        nah itu dia maksud saya mbah,malah semakin sering dikritik membuktikan bahwa komentator peduli dengan blog yg kita kelola,tp mesti pakai aturan

        Reply
  24. rauf kun

    bener mas :yes: . soalnya komentar juga mempengaruhi pembaca apakah komentar tersebut memberikan efek positif atau negatif. Kalau ada komentar negatif ya pembaca juga pasti langsung pergi dan yakin bahwa informasi disana kurang bagus

    Reply
    1. bengkel blogger

      kalau saya menghargai semua komentar, karena dari komentar juga saya banyak inspirasi untuk menulis…dan itu sudah saya buktikan mas. makanya selain baca tulisan saya juga membaca komentarnya.

      Reply
  25. NIndy Azzahra

    bener sekali mas,sebelum berkomentar sebaiknya kita memahami isi tulisannya terlebih dahulu,dan biasakan selalu berkomentar dengan menggunakan bahasa yang sopan.Setuju juga sama poin yang harus meminta maaf terlebih dahulu jika komennya bersifat mengatur atau menggurui karena kebanyakan gak mau di atur 🙂

    Reply
  26. bengkel blogger

    biasanya kalau berkomentar saya memang hati-hati juga mas, terkecuali di blog ini. saya merasa mempunyai kebebasan tersendiri. mungkin karena adminnya ramah atau mungkin saya udah faham sedikit karakter mas yan yang suka guyon, namun itu juga saya tetap berhati-hati, terutama dalam menanggapi komentar lainnya. takut juga merusak hubungan…..
    tapi kalau menuruti tips di atas kayaknya sih aman sejahtera aja….ok mas yan terima kasih atas pencerahannya.

    Reply
    1. Yanto Cungkup Post author

      kalau dapet komen saya malah seneng bila temen2(yg sudah sering mampir diblog ini) bisa berekspresi sesuka hati mbah asal ada satu komen yg sesuai topik.itu aja kalau komen lainnya mah terserah anda.saya sendiri sering suka asal njeplak.

      dan satu lg mesti bayar :ckakaka:

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.