Tips Mengganti Permalink

By | 30/06/2015 at 22:34 pm

Tips Mengganti Permalink. Salah satu cara untuk mengoptimalkan blog agar lebih ramah terhadap mesin pencari atau lebih SEO adalah dengan mengubah setting pada struktur permalink. apalagi tidak semua blogger menyukai struktur permalink standart blog wordpress, karena permalink standart wordpres kurang menarik disebabkan tidak menjelaskan isi artikel tapi hanya nomor seperti contoh permalink ini : http://www.wongcungkup.com/?p=123. baca juga : Apa Pengertian Permalink

WordPress sendiri mempunyai 6 model permalink yang dapat kita pilih sesuai kesukaan admin blog. lalu dari keenam model permalink itu mana yang paling bagus? jawabannya sangat relatif. menurut admin wongcungkup, jika blog kita mempunyai artikel seputar tutorial (tanpa batas waktu) maka permalink model www.wongcungkup.com/contoh-tulisan/  yang paling bagus. tapi bila blog kita membahas seputar portal berita ( musiman )  maka permalink model www.wongcungkup.com/2015/06/30/contoh-tulisan/ yang paling bagus karena dengan begitu akan kelihatan kapan artikel tersebut diterbitkan. admin sendiri menggunakan jenis permalink yang pertama. lalu apa pilihan anda??

tips mengganti permalink

Idealnya pemilihan permalink dilakukan ketika mau menerbitkan post yang pertama pada blog baru. Masalah akan timbul ketika banyak blogger (termasuk penulis) yang mengganti struktur permalink ataupun migrasi blog setelah mempunyai puluhan bahkan ratusan artikel. diantaranya menjadi banyak kode page not found error 404 menjadikan visitor turun drastis. baca : arti kode status HTTP lengkap.

Untuk mengatasi problem error tersebut, wongcungkup mempunyai beberapa Tips Mengganti Permalink, adapun langkah  – langkahnya sebagai berikut diantaranya:

1.fikirkan dulu masak – masak mana permalink yang mau dipakai agar tidak berulang kali merubah struktur permalink.

2.persiapkan plugin untuk mengatasi error 404 not found. saya merekomendasikan 2 plugin yang dapat anda pilih salah satu.

  • plugin Permalink Finder Plugin. Plugin ini berfungsi untuk mendeteksi permalink. ketika permalink tidak bisa ditemukan, maka plugin ini akan secara otomatis mencoba mencari artikel lain yang paling mirip dengan permalink yang diakses lalu melakukan redirect 301 ke halaman tersebut. plugin ini sangat disarankan bagi pemula karena tinggal install plugin. adapun untuk memasang plugin tersebut silakan download dialamat https://wordpress.org/plugins/permalink-finder/
  • plugin yoast SEO premium. plugin yang banyak dipakai oleh pengguna wordpress ini sebenarnya juga mempunyai fasilitas untuk mengatasi masalah pada saat merubah struktur permalink. tapi ini sangat cocok digunakan untuk anda yang sudah faham tentang kode-kode wordpress. karena mesti menambahkan file .htaccess. untuk cara yang lebih jelas silakan buka link https://yoast.com/change-wordpress-permalink-structure/

3.silakan ganti permalink anda dengan cara buka dasboard ==>> setting ==>> permalink. lalu pilih struktur permalink yang akan dipakai. lalu klik simpan perubahan.

4.selesai.

Demikian artikel wongcungkup tentang Tips Mengganti Permalink, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,

172 thoughts on “Tips Mengganti Permalink

  1. Indra Kusuma Sejati

    Jadi ternyata seperti ini ya cara Kang ? Bisa langsung di coba nih untuk menggunkan permalink yang benar dan teap untuk WP. Makasih infonya mas.

    Reply
    1. Indra Kusuma Sejati

      Asyik dapet pertamax saya di tutorial keren untuk yang punya WP agar settingan permalinknya oke nih. Nunggu yang lainnya ah…… :ngopi:

      Reply
            1. Wky Barcelonista

              sekali-kali pertamax nya dibagi-bagi nggak apa-apa lah, masa saya melulu.. :yes:

            1. Eka Ikhsanudin

              saya malah tadi lgi asik bw eh ada notif, quota modem anda sudah abis :yahoo: jadi baru nyampe disini deh, baru diisi soalnya (padahal gak ada yg nanya ya)

  2. Eka Ikhsanudin

    Owh, ternyata klo di wordpress banyak pilihannya ya kang untuk merubah permalink postingan blog, kalo di blogspot kan cuma ada dua, yg satu standar, yg satu khusus. Kalo di WP amalh ada 6 pilihan nya… :good:

    Reply
        1. Wky Barcelonista

          tumben komen orang-orang pada baik semua, ada yang aneh nih, kebanyakan makan cendol nih pasti :ckakaka:

          Reply
  3. hanibi

    Selain menggunakan tanggal di bawah judul postingan, Saya lebih suka permalink yang menggunakan bulan dan nama, apalagi kalo artikelnya banyak mengenai informasi terbaru, jadi pengunjung tahu. Btw thank infonya lo kang, hehe :piss:

    Reply
  4. Marnes

    Kebetulan pernah bikin artikel di blog toko online yang menggunakan WP mas, dan pembahasan di atas sudah saya terapkan. kalo saya mah pilih yang ‘Nama Tulisan’

    Reply
  5. ipah kholipah

    terimakasih infonya mas yanto hehe aku belum ngerti mas dengan itu 😥 jadi aku menyimak dulu deh mas boleh kan …

    Reply
  6. Achmad Fazri

    Saya suka sekali permalink seperti mas yanto ini… Karena tidak ketauan tanggal rilis artikel… Seandainya blog plaftrom blogger bisa disetting seperti itu :yes:

    Reply
  7. Yusuf Habibillah

    Hm, jadi tergantung blog nya juga ya mas, kalau saya sih pengguna blogger jadinya gak se-expert wordpress hehe 😀
    Makasih infonya, salam kenal.. kunjungan perdana nih

    Reply
      1. Achmad Fazri

        emang teh santika suka diatas mana mas, saya gagal faham nih :ckakaka:
        saya juga pengennya seperti itu teh, Tapi kenapa hanya WP saja yang bisa seperti itu :mumet:

        Reply
  8. Icah Ats

    Makanya yang paling enak padahal WP dibanding yang lain..tapiiiiiiii..setiap ada klebihan pasti ada kekurangannya dan setiap kekurangan pasti ada kelebihannya..ya kan Kang..hahahyy

    Reply
            1. bengkel blogger

              sekalian masukin mobil di kubangan lumpur….pake foto ya…yang ada bening-beningnya mas.

            2. bengkel blogger

              sekalian masukin mobil di kubangan lumpur….pake foto ya…yang ada bening-beningnya mas. :yahoo:

  9. Wky Barcelonista

    waduh, keren ya WP, sampe 6 permalink yang dapat dipilih, kalo di blogspot mah kagak ada.
    oh iya mas, kalo di blogspot, tanggal pada link bisa diilangin nggak ?

    Reply
  10. suta igede

    Penjelasan permalinknya sangat mendetail kang Yanto. Kebetulan saya jadi tambah ngerti dan nambah wawasan, terima kasih..

    Reply
  11. defa ramadhani

    ini buat wp berbayar kayanya ya, aku mah pake nya blogspot gratisan, tapi makasih referensi nya buat nanti kalo suatu saat punya wp berbayar hehe

    Reply
      1. bengkel blogger

        mang nyaman yang berbayar juga ya mas…bisa lebih lancar dan optimasinya lebih maksimal….

        Reply
        1. bengkel blogger

          bisa migrasi dari blogspot ke wordpress dan sebaliknya….asal mau aja dan ada niat. heeee

          Reply
  12. Abdul Muhajir

    saya harus belajar banyak dulu buat bangun blog selfhosted kang mungkin kalau saya buat bisa di tolongin, coba aj blogger permalink nya “nama tulisan” pasti keren tanpa ada embel embel bulan dan tahun di tengahnya :ngopi:

    Reply
    1. bengkel blogger

      kayaknya memang bagus lengkap dengan bulan agar lebih optimal dalam indeksi arsip nantinya.

      Reply
  13. bengkel blogger

    waahhh kayaknya di WP makin jreng aja dengan plugin yang udah siap dipakai ya mas. makin hebat aja nih WP…sampai permalink aja udah ada pluginnya…makasih mas penjelasannya.

    Reply
  14. afika

    mas, mau nanya nih, tapi mungkin oot.caranya bikin widget top komentator kyk di samping itu gimana? buat blogger.saya ngiri banget lhoh…..

    Reply
  15. Daniel

    Sangat membantu ni bagi pengguna WP, maaf saya masih di BS jadi hanya bisa menyimak dan memberi komentar seadanya….

    Reply
  16. Ahmad Fahrurroji

    Seringnya pake format pengaturan yang ‘nama tulisan’ biar lebih singkat pembacaan URL-nya.

    mantap mas tipsnya.

    Reply
  17. kips

    Setuju banget harus dipikirkan dulu masak-masak, soalnya saya telah mengalami hal serupa tanpa pemikiran yg matang sebelumnya :ckakaka: :ckakaka:

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.