Tips Mengambil Keputusan

Tips Mengambil Keputusan. Setiap orang pernah menghadapi masalah dalam hidup. entah itu masalah yang berat maupun ringan. disaat seperti itu kita untuk berani memilih antara iya dan tidak, walau kadang – kadang seperti buah simalakama, karena mengambil keputusan yang penuh resiko. karena dilakukan salah dan nggak dilakukan juga salah.

Di dalam mengambil keputusan, wongcungkup akan membagikan pepatah jawa yang pernah saya dengar. pepatahnya seperti ini:

1.Yen wani ojo wedi – wedi yen wedi ojo wani – wani ( kalau berani jangan takut – takut, kalau takut jangan berani – berani).

Maksudnya kita harus konsekwen dengan keputusan yang telah diambil, agar hasil yang didapat bisa maksimal, jangan setengah – setengah karena hasil yang didapa tpun akan setengah – setengah. lebih jelasnya kalau ragu mendingan nggak usah dilakukan, dan kalau yakin ya harus berani melakukan dengan sepenuh hati agar hasilnya dapat dinikmati.

Ingat kawan jika keberhasilan itu tergantung seberapa besar usaha yang kita lakukan dan tentu saja ditambah do’a. semakin besar usaha yang kita lakukan maka akan semakin besar peluang kita untuk berhasil.

misalnya didalam ngeblog jika ingin mendapatkan pengunjung yang banyak, maka mesti mencari cara agar blog ramai pengunjung, setelah itu dengan sepenuh hati melakukan semua langkahnya. kalau enggak ya jangan harap pengunjung blognya menjadi ramai. lha wong melakukan semuanya saja belum tentu berhasil apalagi cuman sebagian.

Tips Mengambil Keputusan

2.Gak onok blangkon iku bendole ndek ngarep mesti ndek mburi (nggak ada blangkon [penutup kepala adat jawa] yang pentolnya didepan yang ada ya dibelakang).

Maksud dari filsafat itu adalah nggak ada penyesalan yang datang didepan, yang ada penyesalan datang dibelakang hari. apa yang kita lakukan hari ini, suatu saat nanti kita akan mempertanggung jawabkan apa yang telah kita lakukan. oleh karena itu sebelum menyesal dengan apa yg dilakukan hari ini ada baiknya kita berfikir masak – masak sebelum melangkah.

kata – kata orang tua banyak yang mengandung filsafat, saya yakin setiap daerah pasti juga mempunyainya. semoga kita bisa mengambil inti sari dari dua filsafat diatas, dan dapat berfikir berkali – kali sebelum memutuskan sehingga hasilnya akan memuaskan.

Demikian artikel wongcungkup tentang pilihan dalam mengambil keputusan, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,


About Yanto Cungkup 490 Articles
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

110 Komentar

  1. Pepatah orang jawa memang luar biasa ya kang..setiap masalah pasti ada jalan keluarnya,tergantung kita mau apa tidak mengambil resiko dan mencari jalan keluar dengan bijak,meskipun ittu sukar

  2. filosofi yang pertama aku langsung ngerti, yang kedua harus baca keterangan dulu baru ngerti, untung translatenya jelas. pepatahnya sangat masuk diakal mas..

  3. pake bahasa jawa…. untung saja ada translate nya… <br /><br />kalau mengambil keputusan gunakan dengan bijak dan santun. agar semuanya tepat dan tidak salah.

  4. pepatah jawa memang mengandung makna yang mendalam yang mas yan…kalau plesetan yang masih saya ingat waktu di SD dulu ya tut wuri handayani, ngentut nang mburi mbebahayani 😀

  5. Setiap orang memang berhak mengeluarkan pendapat yang berbeda beda tetapi keputusan yang di ambil hanya satu dan yang terbaik dengan banyak rumusan masalah

  6. hehehee ieuu makee bahasa jawa jujur kang teu ngarti haha :v tapi kereenn nihh tipsnya kayaknya dari karuhun karena bahasanya banyak maksud yang tersembunyi 😀

  7. sungguh nasehat jawa makna dan filosofi yang terkandung di dalamnya sangat makjleb banget ya, terutama yang blangkon itu, karena saya ngga ngerti maksudnya, tak baca penjelasannya sampe tuntas(biasanya kan di lewatin ajah) 😀

  8. makasih tips nya kang :D<br />nih ada tambahan &quot;jika kamu bingung dalam mengambil keputusan, ambillah sebuah botol dan pukulkan kekepalamu hingga berdarah, maka kamu sudah tau bagaimana cara mengambil keputusan yang benar&quot;<br />wuahahahaha 😀

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*