Tips Mengambil Keputusan

By | 11 Oktober

Tips Mengambil Keputusan. Setiap orang pernah menghadapi masalah dalam hidup. entah itu masalah yang berat maupun ringan. disaat seperti itu kita untuk berani memilih antara iya dan tidak, walau kadang – kadang seperti buah simalakama, karena mengambil keputusan yang penuh resiko. karena dilakukan salah dan nggak dilakukan juga salah.

Di dalam mengambil keputusan, wongcungkup akan membagikan pepatah jawa yang pernah saya dengar. pepatahnya seperti ini:

1.Yen wani ojo wedi – wedi yen wedi ojo wani – wani ( kalau berani jangan takut – takut, kalau takut jangan berani – berani).

Maksudnya kita harus konsekwen dengan keputusan yang telah diambil, agar hasil yang didapat bisa maksimal, jangan setengah – setengah karena hasil yang didapa tpun akan setengah – setengah. lebih jelasnya kalau ragu mendingan nggak usah dilakukan, dan kalau yakin ya harus berani melakukan dengan sepenuh hati agar hasilnya dapat dinikmati.

Ingat kawan jika keberhasilan itu tergantung seberapa besar usaha yang kita lakukan dan tentu saja ditambah do’a. semakin besar usaha yang kita lakukan maka akan semakin besar peluang kita untuk berhasil.

misalnya didalam ngeblog jika ingin mendapatkan pengunjung yang banyak, maka mesti mencari cara agar blog ramai pengunjung, setelah itu dengan sepenuh hati melakukan semua langkahnya. kalau enggak ya jangan harap pengunjung blognya menjadi ramai. lha wong melakukan semuanya saja belum tentu berhasil apalagi cuman sebagian.

Tips Mengambil Keputusan

2.Gak onok blangkon iku bendole ndek ngarep mesti ndek mburi (nggak ada blangkon [penutup kepala adat jawa] yang pentolnya didepan yang ada ya dibelakang).

Maksud dari filsafat itu adalah nggak ada penyesalan yang datang didepan, yang ada penyesalan datang dibelakang hari. apa yang kita lakukan hari ini, suatu saat nanti kita akan mempertanggung jawabkan apa yang telah kita lakukan. oleh karena itu sebelum menyesal dengan apa yg dilakukan hari ini ada baiknya kita berfikir masak – masak sebelum melangkah.

kata – kata orang tua banyak yang mengandung filsafat, saya yakin setiap daerah pasti juga mempunyainya. semoga kita bisa mengambil inti sari dari dua filsafat diatas, dan dapat berfikir berkali – kali sebelum memutuskan sehingga hasilnya akan memuaskan.

Demikian artikel wongcungkup tentang pilihan dalam mengambil keputusan, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,

110 thoughts on “Tips Mengambil Keputusan

  1. Tiyang Magelang

    Pepatah orang jawa memang luar biasa ya kang..setiap masalah pasti ada jalan keluarnya,tergantung kita mau apa tidak mengambil resiko dan mencari jalan keluar dengan bijak,meskipun ittu sukar

    Reply
    1. yanto cungkup

      betul pakai banget mas.<br />thx kunjungannya

      Reply
    2. Saud Karrysta

      Saya ketinggalan lagi gara gara kemarin ngurus anak saya dari perwatan sakit Mas Yanto tips mengambil keputusanya sangat bermanfaat Mas

      Reply
  2. astri damayanti

    Yen iyo.. iyo … yen ora.. ora … ojo iyo sing ora-ora ya mas 😀

    Reply
    1. yanto cungkup

      kalau senenganku seng iyo iyo mbak<br />gimana coba?

      Reply
    2. santika fadilah

      ngacung.. ora ngerti, translatenya dimana..?

      Reply
    3. yanto cungkup

      itu maksudnya mbak astri ngomong kalau tetehnya caem.gitu loh<br /><br />awas nubruk lomas zach

      Reply
  3. ana sriwahyuni

    sing penting ojo bondho nekad toh mas, apapun keputusannya harus dipikir secara baik dan penuh perhitungan 🙂

    Reply
  4. Syaifurrahman

    wah mantab mas tipsnya, semoga bisa bermanfaat untuk saya khusunya mas, soalnya saya terkadang masih bingung untuk mengambil keputusan mas.

    Reply
    1. yanto cungkup

      coba aja tips diatas mas,semoga ngga&#39; bingung lagi

      Reply
    2. yanto cungkup

      bingung asal nggak senyum-senyum sendiri jg nggak papa koq

      Reply
  5. santika fadilah

    filosofi yang pertama aku langsung ngerti, yang kedua harus baca keterangan dulu baru ngerti, untung translatenya jelas. pepatahnya sangat masuk diakal mas..

    Reply
    1. yanto cungkup

      ini kan artikel khusus buat teteh,jadinya kukasih translate deh…<br /><br />makan yuk mas

      Reply
  6. Aldino Sya

    sekali maju tetap maju..!, kalaupun mundur.. mundurnya beberapa langkah untuk dapat melewati celah yg ada di depan..!,..SEMANGAT..HEHEHEH

    Reply
  7. Ehwansah Jailani

    pake bahasa jawa…. untung saja ada translate nya… <br /><br />kalau mengambil keputusan gunakan dengan bijak dan santun. agar semuanya tepat dan tidak salah.

    Reply
  8. Muhammad Zeer El-Watsy

    pepatah jawa memang mengandung makna yang mendalam yang mas yan…kalau plesetan yang masih saya ingat waktu di SD dulu ya tut wuri handayani, ngentut nang mburi mbebahayani 😀

    Reply
    1. yanto cungkup

      jangan keras2 mas zairul,hehehe<br /><br />jadinya punokawan deh mas

      Reply
  9. Arif Maulana

    Setiap orang memang berhak mengeluarkan pendapat yang berbeda beda tetapi keputusan yang di ambil hanya satu dan yang terbaik dengan banyak rumusan masalah

    Reply
  10. zach flazz

    nah kalo saya sepakat banget dan memang memegang teguh yang nomor 1 di atas. saya kalo udah takut, ya mundur jangan pernah berani. hebat nggak?

    Reply
    1. yanto cungkup

      dua jempol mas sekalian 2 jempol kaki deh

      Reply
  11. Fiu S

    xixixixixix ,,,,, ada gk yah yg klo ambil keputusan harus liat ketas dulu (liat cicak lg gulat) 😀

    Reply
    1. yanto cungkup

      palingan kalau ada juga,mas fiu deh yg ngelakuin.heheheh

      Reply
    2. Aldino Sya

      huahahaha..!, sambil buka mulut sekalian Mas Fiu,..!..ngaaap..ngaaaap..hihihihi,. pas kalau cicaknya ada yg KO .., ???? kenyaaaaaang..Pizz..!

      Reply
  12. Achmad Fazri

    harus punya keberanian dalam mengambil keputusan y kang.. dan di pikir dulu sebelum mengmbil keputusan..penyesalan dtgnya blakangan 🙂

    Reply
    1. yanto cungkup

      betul mas…dan filosofinya seperti blangkon itu lah…<br />makasih atas kunjungannya dan salam kenal

      Reply
  13. Ainnul Yaqin

    hehehee ieuu makee bahasa jawa jujur kang teu ngarti haha :v tapi kereenn nihh tipsnya kayaknya dari karuhun karena bahasanya banyak maksud yang tersembunyi 😀

    Reply
    1. yanto cungkup

      enakan yg disembunyiin mas,coba kalau dibuka semua jadinya nggak penasaran deh

      Reply
    2. Ainnul Yaqin

      hahaha bneerr juga sihh gan kalo gak ada makna yang tersembunyi pasti bakalan gak penasaran malah yang ada malah masuk angin :v

      Reply
    1. santika fadilah

      baca komentarnya semua ngocok perut nih.. sangat kehibur, aku harus ke air lagi xixixi

      Reply
  14. budi purnomo

    Kalo keputusan hakim, lain lagi ya mas<br />Perlu pake palu… hehe 😀

    Reply
  15. Mang Lembu

    sungguh nasehat jawa makna dan filosofi yang terkandung di dalamnya sangat makjleb banget ya, terutama yang blangkon itu, karena saya ngga ngerti maksudnya, tak baca penjelasannya sampe tuntas(biasanya kan di lewatin ajah) 😀

    Reply
    1. Dede Thea

      blangkon itu kalau di Sunda sama dengan &quot;Bendo&quot; tapi kata bendo didaerah lain sama dengan &quot;golok&quot;

      Reply
  16. Wong Crewchild

    yen wedi njaluk dikancani :)<br /><br />banyak filosofi jawa penuh makna…blankon kui mbendol mburi

    Reply
    1. yanto cungkup

      bener tuh sam,<br />tp kadang kita menganggap orang tua itu kolot.padahal sepuh iku asepe ampuh lo

      Reply
  17. Asep Haryono

    Alhamdulillah. Sudah ada terjemahan dalam Bahasa Indoensianya. Maklum saya sama sekali kurang bisa Bahasa Jawa hiheihiehiee.

    Reply
    1. yanto cungkup

      maklum lah,kang asep kan bukan orang jawa.hehehe

      Reply
    2. zach flazz

      kang asep orang bekasi, jawa juga. jawa barat

      Reply
    3. Saud Karrysta

      Kalau Mas Zach asli mana ya. roman romanya mah Jawa ya Mas?

      Reply
  18. Akun Botuah

    makasih tips nya kang :D<br />nih ada tambahan &quot;jika kamu bingung dalam mengambil keputusan, ambillah sebuah botol dan pukulkan kekepalamu hingga berdarah, maka kamu sudah tau bagaimana cara mengambil keputusan yang benar&quot;<br />wuahahahaha 😀

    Reply
    1. Saud Karrysta

      Apalagi cara ngelirit tangga sebelah yang rada klimis lebih beda lagi ya Mas Zach?

      Reply
  19. Dede Thea

    iyo Mas kalau wedi-wedi terus ,,itu urusan tidakakan pernah selesaikan yah hehe…..langsung pyarrrrr beres dech,,,,,,

    Reply
    1. Saud Karrysta

      Sepertinya tangga sebelah ngamuk Mas Zach

      Reply
  20. Saud Karrysta

    Tipsnya Mas Yanto untuk megambil keputusan yang baik dan bijksan akan saya gunkan sambil belajar saya ya Mas Yanto makasih atas tips bermanfaatnya 🙂

    Reply
  21. Andriyatna

    Dalem banget pepatah jowo nya, patut dijadikan dasar untuk setiap tindakan dalam mengambil sebuah keputusan…

    Reply
  22. Ai Wida

    Mas yanto asli dari jowo iya, postingannya ada pepatah dari bahasa jawa hehe

    Reply
    1. yanto cungkup

      betul mbak saya masih keturunan patih gajah mada loh

      Reply
  23. Uda Awak

    Wah, mantap tipsnya mas yanto. Dengan demikian kita tidak ragu-ragu lagi mengambil keputusan untuk melakukan sesuatu…

    Reply
    1. yanto cungkup

      betul uda…kita harus berkomitmen dengan keputusan yg kita ambil

      Reply
  24. Agil Cahya Pamungkas

    segala sesuatu di dunia ini bersifat &#39;pilihan&#39; ya mas,harus berani memilih dan berani menyesal 😀

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.