Tips Memilih Plugin WordPress

Tips Memilih Plugin WordPress. Bagi anda pemilik blog berplatform wordpress pasti sudah tidak asing lagi dengan plugin. dengan adanya plugin sangat membantu dalam mengoptimalkan blog, karena hampir semua kode script diblog wordpress bisa dipasang dalam bentuk plugin.

Banyak sekali jenis plugin yang dapat kita install untuk berbagai kebutuhan pendukung blog wordpress yang dikelola. selengkapnya baca : pengertian plugin

Kita tinggal menulis kata kunci jenis plugin yang diinginkan pada kotak search dimenu add plugin lalu menginstallnya. ada berbagai plugin, mulai berbayar, trial dan banyak juga yang gratis dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya.

Tips Memilih Plugin WordPress

Di sini admin mau mengingatkan, walaupun sobat sudah dimudahkan dengan berbagai jenis plugin, namun anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum menginstall plugin agar aman dam tidak merugikan blog. adapun Tips Memilih Plugin WordPress diantaranya sebagai berikut:

1.hanya memasang plugin yang diperlukan.

diatas sudah saya singgung tentang berbagai jenis plugin, nah disini anda mesti bijak memilah dan memilih mana plugin yang anda butuhkan. jangan kemaruk menginstall terlalu banyak plugin. karena bila terlalu banyak menginstall plugin maka hasilnya bukan mendukung performa tapi malah bisa merugikan blog itu sendiri,seperti loading blog menjadi berat.

2.install plugin yang ringan.

sebelum install plugin, anda juga perlu memperhatikan besar kecilnya plugin tersebut. pada satu topik plugin itu tersedia puluhan bahkan ratusan plugin dengan fungsi yang sama. anda bisa membandingkan dulu mana plugin yang paling ringan dan dengan fungsi yang tidak kalah lengkap seperti plugin yang lain.

3.plugin update.

perlu diketahui bahwa platform wordpress itu melakukan update secara berkala, biasanya 2-3 bulan sekali. setelah wordpress melakukan update maka seyogyanya plugin juga harus update agar tetap komplatible dengan wordpress. plugin update ditandai dengan tulisan kurang lebih seperti ini: “Kompatibel dengan versi WordPress Anda”.

4.pilih plugin terpercaya

hati- hati didalam menginstall plugin. karena sudah banyak orang yang bisa membuat plugin sendiri dengan bebas. karena mudahnya membuat plugin maka ada bahkan banyak plugin yang telah disusupi virus. untuk itu sebelum menginstall plugin ada baiknya anda mencari sumber referensi agar anda yakin bahwa plugin yang anda pasang dapat dipastikan aman.

Demikian artikel wongcungkup tentang tips memilih plugin wordpresssemoga artikel ini bermanfaat.

salam,


About Yanto Cungkup 479 Articles
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

174 Komentar

  1. dulu pernah pakai WP tapi hanya berjalan beberapa minggu, akhirnya tinggalkan karena tidak ngerti gimana makenya, pakai blogger ternyata sama aja, bikin blog perlu kerja keras dan belajar terus

  2. plugin itu ada yang berbayar, ada yang trial, ada juga yang gratis ya Mas. terus, kalo berbayar, pasti kan lebih berbobot ya kadar pluginnya. lalu pertanyaan mendasarnya, buat apa pake plugin yang berbobot?

  3. sampai sekarang saya cuma punya akun. mau belajar serius malah kesibukan yang menghalangi. termasuk berkunjung ke sini nih mas yan. makanya banyak artikel yang terlewatkan. maaf ya mas. baru bisa silaturrahmi ke sini. sekalian baca komentar kawan-kawan buat nyari ide. makasih kang yan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*