Tips Memilih Plugin WordPress

By | 27/04/2015 at 22:46 pm

Tips Memilih Plugin WordPress. Bagi anda pemilik blog berplatform wordpress pasti sudah tidak asing lagi dengan plugin. dengan adanya plugin sangat membantu dalam mengoptimalkan blog, karena hampir semua kode script diblog wordpress bisa dipasang dalam bentuk plugin.

Banyak sekali jenis plugin yang dapat kita install untuk berbagai kebutuhan pendukung blog wordpress yang dikelola. selengkapnya baca : pengertian plugin

Kita tinggal menulis kata kunci jenis plugin yang diinginkan pada kotak search dimenu add plugin lalu menginstallnya. ada berbagai plugin, mulai berbayar, trial dan banyak juga yang gratis dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya.

Tips Memilih Plugin WordPress

Di sini admin mau mengingatkan, walaupun sobat sudah dimudahkan dengan berbagai jenis plugin, namun anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum menginstall plugin agar aman dam tidak merugikan blog. adapun Tips Memilih Plugin WordPress diantaranya sebagai berikut:

1.hanya memasang plugin yang diperlukan.

diatas sudah saya singgung tentang berbagai jenis plugin, nah disini anda mesti bijak memilah dan memilih mana plugin yang anda butuhkan. jangan kemaruk menginstall terlalu banyak plugin. karena bila terlalu banyak menginstall plugin maka hasilnya bukan mendukung performa tapi malah bisa merugikan blog itu sendiri,seperti loading blog menjadi berat.

2.install plugin yang ringan.

sebelum install plugin, anda juga perlu memperhatikan besar kecilnya plugin tersebut. pada satu topik plugin itu tersedia puluhan bahkan ratusan plugin dengan fungsi yang sama. anda bisa membandingkan dulu mana plugin yang paling ringan dan dengan fungsi yang tidak kalah lengkap seperti plugin yang lain.

3.plugin update.

perlu diketahui bahwa platform wordpress itu melakukan update secara berkala, biasanya 2-3 bulan sekali. setelah wordpress melakukan update maka seyogyanya plugin juga harus update agar tetap komplatible dengan wordpress. plugin update ditandai dengan tulisan kurang lebih seperti ini: “Kompatibel dengan versi WordPress Anda”.

4.pilih plugin terpercaya

hati- hati didalam menginstall plugin. karena sudah banyak orang yang bisa membuat plugin sendiri dengan bebas. karena mudahnya membuat plugin maka ada bahkan banyak plugin yang telah disusupi virus. untuk itu sebelum menginstall plugin ada baiknya anda mencari sumber referensi agar anda yakin bahwa plugin yang anda pasang dapat dipastikan aman.

Demikian artikel wongcungkup tentang tips memilih plugin wordpresssemoga artikel ini bermanfaat.

salam,

175 thoughts on “Tips Memilih Plugin WordPress

  1. Indra Kusuma Sejati

    Plugin WordPress sangat banyak jenis dan diperuntukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing templetnya ya Kang. Dan itu juga tidak boleh kebanyakan katanya.

    Reply
            1. Marnes

              begitu juga dengan saya tapi sayangnya jarang kepake mas suka ketiduran, paling kalo waktu libur doang… kemaren aja saya cek yang kartu smart masih ada 11GB trus yang XL juga sama masih sekitaran 11GB

            2. zachflazz

              :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi:

            3. Hary Wardiansyah

              wkwkwkwkw, lumayan kang nih juga sisa kuota 8 gb lagi, makanya BW nya malam2 wkwkkwkw

            4. zachflazz

              :scratch: :scratch: :scratch: :scratch: :scratch: :scratch: :scratch: :scratch: :scratch: :scratch: :scratch: :scratch: :scratch: :scratch: :scratch: :scratch:

            5. bengkel blogger

              sampai di sini masalah pluggin saya mulai ngerti dan harus dipilih sesuai kebutuhan ya mas? ok deh saya benahin dulu dikit-dikit akun WP saya.

  2. Hary Wardiansyah

    banyak keuntungannya ya kang dalam wodpress ini. . Sudah tersedia plugin2 nya, tinggal kita milih saja sesuai dengan kebutuhan . . jadi pengen migrasi ke WP nih hihihiihh 😥

    Reply
            1. bengkel blogger

              bertapa bisa jadi blogger sibuta dari goa hantu. heeee. ada-ada aja deh aahhh mas yan ini. hihihihiiiiiii

  3. rudhy theart

    dulu pernah pakai WP tapi hanya berjalan beberapa minggu, akhirnya tinggalkan karena tidak ngerti gimana makenya, pakai blogger ternyata sama aja, bikin blog perlu kerja keras dan belajar terus

    Reply
    1. rudhy theart

      aduh sorry bang, numpang curhat karena baca tutorial tentang tips memilih plugin jd nyesal ndiri seandainya yg dulu msih di lanjut mungkin aja udah banyak tahunya hehehehehe

      Reply
        1. rudhy theart

          jadi bingung ngurusnya kalau jadi dua. ntar ada yang dianak tirikan hehehhe, mungkin nanti kalau yg blogger udah ngerti

          Reply
            1. Marnes

              satu aja kewalahan saya mah mas, tuh blog saya yang atunya gak pernah lagi saya urusin, cuma buat backup mindahin artikel tentang software yang dulu saya tulis diblog saya

            2. rudhy theart

              iyya mas, satu aja nih pusing minta ampun…. tuh terkait komen yang td malam di blog ku, masih bingung juga, baru2 ganti template dan kayaknya mau ganti template lagi, gara2 gau tau mau edit apa di templatenya biar tautan itu hilang dan komennya gak double2 lagi

            3. rudhy theart

              Komen yang dibawa gak ada tombol balasnya jadi saya balas disini, saya masih gak ngerti dengan kode2 html jadi sangat susah untuk dapatkan kode direct link nya mas. ada solusi?

            4. rudhy theart

              Alhamduilllah kalau begitu mas, baru mau pasang lagi tombol share dan artikel terkaitnya. ternyata lumayan ribet juga ngurus blog hehehehe seninya sangat menantang. Ada kopi kah?

      1. Marnes

        berarti pemakain plugin juga harus sesuai dengan kebutuhan aja ya mas, kalo kebanyakan malah jadi bikin berat blog

        Reply
      2. bengkel blogger

        berat loading karena script akan berjalan pada template. kayaknya bisa di sederhanakan ya mas yan?

        Reply
  4. Marnes

    Berarti WordPress mempunyai kelebihan tersendiri ya mas dengan adanya fitur plugin sebagai faktor pendukung untuk mengelola blog sesuai dengna kebutuhan blog itu sendiri

    Reply
          1. Indra Kusuma Sejati

            Jangan lupa air juga, agar blognya loadingnya tidak lambat dan jadi lancar masang plug-in nya Kang :ngopi:

            Reply
  5. Marnes

    Kalo saya mah pernah daftar doang mas, tapi belom pernah bikin blog berplatform wordpress, masih asing banget buat saya mah :unsure:

    Reply
  6. zachflazz

    plugin itu ada yang berbayar, ada yang trial, ada juga yang gratis ya Mas. terus, kalo berbayar, pasti kan lebih berbobot ya kadar pluginnya. lalu pertanyaan mendasarnya, buat apa pake plugin yang berbobot?

    Reply
    1. zachflazz

      di posting pengertian plugin sampeyan bunyinya gini: plugin atau plug-in adalah program komputer yang berinteraksi dengan host sebuah aplikasi. nah, saya bingung sampe sini.

      Reply
      1. Indra Kusuma Sejati

        Pegangan mas, nanti malah pusing ,,,,,,, awas salah di ke plug-in loh sama admin. :piss:

        Reply
          1. hendri hendriyana

            hanya sekedar pemberitahuan kalo lagi pusing atau stress bagusnya sama ginseng.nah di saya ada ginsomin nya dong..
            aduh maaf mas yanto saya kalo komen jadinya promosi terus :ckakaka:

            Reply
            1. Yanto Cungkup Post author

              hahaha…kalau plugin buat WP beda lg mas.pegangan aja bila masih bingung dan minum kopi untuk menurunkan kadar bingung :ckakaka:

              sekali lg promosi bayar :yahoo:

  7. devina putri

    wordpress emang banyak kelebihan nya yah, salah satunya ada menu plug in yang mudah di instal. tapi sampai saat ini saya blm pernah punya wp berbayar :scratch:

    Reply
  8. oh andrian

    sempat sih mikir pindah ke wp,tapi ah sudahlah hehehe
    kalo aku wp lebih suka toko online sih mas.
    yang terpenting selalu update plugin,benar gak mas hehehe ?

    Reply
  9. Nikmah

    Katanya si, pakek WP lebih SEo ya mas, tapi kalau sudah terlanjur pakai blogger , mau pindah ke WP gimana ya caranya…

    Reply
  10. zachflazz

    Anda memposting komentar terlalu cepat. Pelankan.
    itu barusan warning yang saya terima. gimana coba

    Reply
    1. Indra Kusuma Sejati

      wkwkwkwkwk……. biar ingkut mengembang dengan banyak plug-in ya mas ? :ckakaka:

      Reply
            1. Mangs Aduls

              :yahoo: gratis aja ah kang kang yanto orang yang baik hatiiii. lagi :yahoo: saya coba lagi nih kang

  11. zachflazz

    Mas Yanto pelit. dari tadi saya disini, bahkan dikasih air putih sari lahar aja nggak. huhh

    Reply
  12. bengkel blogger

    sampai sekarang saya cuma punya akun. mau belajar serius malah kesibukan yang menghalangi. termasuk berkunjung ke sini nih mas yan. makanya banyak artikel yang terlewatkan. maaf ya mas. baru bisa silaturrahmi ke sini. sekalian baca komentar kawan-kawan buat nyari ide. makasih kang yan.

    Reply
  13. sopyan nc

    banyak banget sekarang plugin wp lihat review dulu kalo saya sih biasanya plugins suka ada bugs nya

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.