Sejarah Asuransi di Indonesia

By | 07/08/2015 at 11:25 am

Sudah Tahu Perjalanan Sejarah Asuransi di Indonesia?Β Sejarah asuransi di Indonesia sebenarnya sudah cukup lama. Mungkin kebanyakan orang mengira bahwa asuransi baru dikenal baru-baru ini. Sekitar tahun 80-an atau 90-an, mungkin? Ya, memang tidak dipungkiri kepopuleran asuransi di masyarakat Indonesia bisa dibilang baru dimulai.

Kamu tahu sendiri asuransi BPJS yang sekarang sudah mulai populer bahkan di kalangan menengah ke bawah. Dulu sih memang ada Jamsostek ataupun Askes namun tidaklah sepopuler BPJS. Fungsi BPJS sendiri memang gabungan kedua asuransi pemerintah tersebut. Hal ini menjadi pertanda bahwa pemerintah semakin tanggap mengenai pentingnya asuransi.

Sejarah Asuransi Indonesia

klik untuk memperbesar gambar

Nah, balik ke topik mengenai sejarah asuransi di Indonesia. Tahukah kamu kalau perusahaan asuransi sudah ada sejak penjajahan Belanda. Bahkan, perkembangan asuransi di Indonesia tidak lepas dari pemerintah kolonial Belanda.

Sejarah Asuransi di Indonesia

  1. Masa Penjajahan Belanda

Awalnya asuransi pertama yang didirikan di Indonesia bertujuan untuk menanggulangi kemungkinan kerugian pada bisnis perdagangan dan perkebunan. Asuransi kerugian tersebut bernama Bataviasche Zee End Brand Asrantie Maatschappij yang didirikan pada tahun 1853. Kemudian, lahir pula asuransi yang diadopsi dari perusahaan asuransi Belanda yakni Nederlandsh Indisch Leven Verzekering En Liefrente Maatschappij (NILMIY). Peristiwa-peristiwa inilah yang mengawali perkembangan asuransi di Indonesia.

Jadi asuransi pada masa penjajahan Belanda secara umum digawangi oleh dua kategori. Yang pertama perusahaan asuransi yang didirikan oleh orang Belanda sendiri, kemudian yang kedua merupakan kantor cabang perusahan asuransi asing seperti Inggris, Belanda dan negara-negara lain.

  1. Setelah kemerdekaan Indonesia

Pada Perang Dunia II hampir secara otomatis membuat per-asuransi-an di negeri Indonesia terhenti. Namun, setelah kemerdekaan, perusahaan-perusahaan asuransi mulai menaikkan bendera kembali. Ada banyak perubahan signifikan menandai perkembangan asuransi yang cukup pesat di Indonesia, di antaranya:

  • Nasionalisasi berbagai perusahaan asuransi Belanda dan negara lainnya. Beberapa contohnya adalah Asuransi De Nederlanden Van yang berdiri pada tahun 1845 berubah nama menjadi PT. Asuransi Jiwasraya.
  • Pendirian asuransi baru oleh Indonesia sendiri. Di antaranya adlaah Asuransi Jasa Rahardja yang memberi proteksi kepada masyarakat akan kecelakaan lalu lintas. Ada pula Jamsostek yang memberikan jaminan tenaga kerja di perusahaan swasta. Kemudian, terdapat pula Perum Asabri yang diperuntukkan bagi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia.
  • Penggabungan perusahaan asuransi oleh pemerintahan Indonesia. Sebagai contoh: PT. Asuransi Bendasraya yang berfokus dalam bidang asuransi rupiah digabung dengan PT UIU (Umum International Underwriters) yang berfokus pada valuta asing. Kedua perusahaan ini kini menjadi Asuransi Jasindo.

Masuk ke era modern, khususnya mulai tahun 80-an, perusahaan asuransi kesehatan semakin banyak. Baik dari dalam negeri maupun perusahaan asing yang buka cabang di Indonesia.

Sebut saja Asuransi Sinar Mas, ada pula asuransi asing seperti Allianz, AIA Financial, Prudential dan sebagainya. Produk-produk yang ditawarkan pun semakin beragam. Tidak lagi seperti zaman penjajahan Belanda yang sebagian besar hanya berfokus pada Asuransi Kerugian dan Asuransi Pengangkutan, sekarang terdapat asuransi yang memang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat modern. Produk tersebut mencakup asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan dan sebagainya.

Belum lagi, sebagaimana sudah disinggung di awal artikel. Pemerintah juga telah mulai tanggap akan kebutuhan masyarakat terhadap asuransi. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau asuransi BPJS pun lahir sebagai solusi asuransi dari pemerintah.

Masyarakat Indonesia pun punya lebih banyak pilihan asuransi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhannya. Walau, memang, hingga saat ini pengguna asuransi di Indonesia belum mencapai setengah dari jumlah penduduk kita.

note : ini adalah artikel review. apapun dampak yang ditimbulkan oleh artikel iniΒ bukan menjadi tanggung jawabΒ wongcungkup

245 thoughts on “Sejarah Asuransi di Indonesia

            1. Saud Karrysta

              Kemarin Teh Santika nanyain saya kan.. ah suka pura pura deh Teteh mah. Iya Pak Eka ko ke gitu ya..? gara gara Admin blog ini nih.. hahah :ckakaka:

          1. mangs aduls

            tapi bener batu akik. brati batu akik peninggalan zaman oderen nih. kudu di catet di sejarah nih

            Reply
    1. Mang Lembu

      komentar ini urutan ke 222
      ish..mang yanto sangat mendalam ilmu tentang sejarah asuransinya ya…kayanya mang yanto sahabat saya ini dedengkotnya kantor asuransi indonesia deh nih :whistle:

      Reply
          1. Eka Ikhsanudin

            saya juga baru tau tentang sejarah Asuransi ini πŸ˜₯
            coba kemana saja saya yah selama ini

            Reply
          1. Eka Ikhsanudin

            kalo saya sih masih Muda alias unyu2 :yahoo:
            beda dengan yg pada koment di atas :joged …

            Reply
            1. Eka Ikhsanudin

              yg pada koment di atas saya ini mah golongan BALITA semua yah (di bawah lima puluh tahun), trs saya masuk kategori yg mana dong πŸ˜₯

          1. Eka Ikhsanudin

            harus banyak begadang Mangs, soalnya updatenya pasti diatas jam 12 malam hahahaha :joged

            Reply
            1. Eka Ikhsanudin

              saya sekarang sibuk ngopi pak di rumah xixixii…. Gak tau kalo Kang Yanto mah sibuk apa :joged

            1. mangs aduls

              beneran nih.? cius? apa kern pihak asuransi nolak gituh. krn takut ga bisa bayar premi. πŸ˜₯ πŸ˜₯ πŸ˜₯ πŸ˜₯ πŸ˜₯ πŸ˜₯ πŸ˜₯ πŸ˜₯ πŸ˜₯ πŸ˜₯ πŸ˜₯ πŸ˜₯ πŸ˜₯ πŸ˜₯

            2. bengkel blogger

              @awan….kalau asuransi hanya untuk orang kaya, berarti tidak harus ada bpjs….

            1. bengkel blogger

              ada asuransi blog mas…buat jari patah karena ngetik, terus kalau kurang darah karena begadang bloggingnya.

            1. bengkel blogger

              ada juga lo mas asuransi buat anjing katanya…namanya asuransu..itu kata saya loh ya…heee

      1. Eka Ikhsanudin

        yg penting kita jgn ikut2an geger kang xixixii…
        mending kita ngopi saja yuk ah … :ngopi:

        Reply
          1. bengkel blogger

            iya nih kapan bisa kopdar ya…yang ngenes itu saya mas yang dikalimantan…udah jauh, mana ongkosnya mahal juga. tapi tenang naik sampan kayaknya masih murah kalau hanya ke pulau jawa mah….iya gak mas admin?

            Reply
        1. Eka Ikhsanudin

          owwhh, ternyata ini artikel review ya kang, wah mantaaabbb… semoga sukses ya kang, tapi jgn lupa klo udah sukses traktir saya minum kopi ya kang :joged

          Reply
            1. bengkel blogger

              kadang post review itu bisa menambah masukan beli kopi, gula, ma rokok. tapi kalau review mas yan tentang asuransi ini sih kayaknya di dibukakan asuransi sendiri yang ++

      1. Eka Ikhsanudin

        kalo ada ntar saya juga mau ikutan daftar ah, wah peringakt Pertama saya udah turun, mantaabb Pak Saud :joged

        Reply
            1. bengkel blogger

              kalau ada asuransi blogging bidang kecelakaan….jari pegal atau patah karena ngetik kali ya mas?

  1. Arizuna Zukirama

    Dan sekarang-sekarang ini asuransi BPJS Kesehatan sudah difatwakan haram oleh MUI. Mungkin ini nanti juga akan menjadi bagian sejarah asuransi di Indonesia… πŸ™‚

    Reply
            1. bengkel blogger

              nah tuh mang adul bilang gak haram lagi…tapi ngomong2 bpjs itu apa ya mas?

  2. Eka Ikhsanudin

    saya mau duduk manis dulu ah sambil ngopi, mau baca sejarah Asuransi di Indonesia …

    Reply
  3. Eka Ikhsanudin

    hmmmm jadi pertama kali ada asuransi di Indonesia ini oleh Belanda ya kang yg bernama Asuransi Kerugian atau Bataviasche Zee End Brand Asrantie Maatschappij. itu negara Inggris sebagai pendiri juga atau apa ya kang ? …

    Reply
  4. Eka Ikhsanudin

    Ternyata PT. Asuransi Jiwasraya itu asal muasalnya bernama De Nederlanden Van yang berdiri pada tahun 1845 yah…

    Reply
  5. Eka Ikhsanudin

    Pengetahuan tentang Sejarah Asuransi di Indonesia Kang Yanto mantab yah. saya jadi tau nama-nama Asuransi yang ada di Indonesia seperti PT. Asuransi Jiwasraya, Asuransi Jasa Rahardja, Jamsostek, Perum Asabri yang diperuntukkan bagi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia, PT. Asuransi Bendasraya dan Asuransi Jasindo. termasuk BPJS juga yg sekarang… :good:

    Reply
          1. bengkel blogger

            kasih kurungan mas saud, biar gak lari kemana-mana lagi…jangan lupa kasih kopi juga biar betah

            Reply
        1. Saud Karrysta

          Iya Mas itulah kehebatan nya orang orang pandai disana, hanya bisa nya membohongi bangsa dan masyarakat nya sendiri.. BPJS nya tujuanya baik hanya kepengurusanya aja yang bisa tanggung jawab dengan amanah tanggung jawab.

          Reply
          1. bengkel blogger

            baik tujuannya namun kadang diselewengkan menjadi ribet dan tidak membawa kemanfaatan….semoga aja bpjs bisa lebih baik dan pelayanan secara profesional.

            Reply
  6. hendri hendriyana

    asuransi itu sebenarnya lumayan penting, jadi pas mengalami kecelakaan bisa menggunakan dana dari asuransi saat masuk rumah sakit.
    ternyata asuransi sudah dari zaman belanda ya mas, pembawa asuransi ke indonesia berarti orang belanda yah πŸ˜€

    Reply
      1. bengkel blogger

        namun hati-hati juga atas penipuan asuransi…karena banyak anak telantar atau miskin kota yang disasuransikan, namun giliran mereka kecelakaan atau mati asuransinya hanya diambil oleh orang tertentu…ini pernah terjadi di jogjakarta dan pernah juga difilmkan….saya lupa judulnya…tapi pemeran utama wanita kristin hakim

        Reply
  7. Saud Karrysta

    Jaman sekarang buat masyrakat yang kurang mampu sangat penting sekali Mas Yan, namun di tempat saya sepertinya sedikit kurang mengenai sasaran target nya. kenapa coba demikian ..?

    Reply
  8. hanibi

    Makasih sudah mengenalkan sejarah Asuransi… Tapi menurut MUI Asuransi itu haram kang… πŸ˜₯

    Reply
    1. Saud Karrysta

      Kalau kata MUI Haram berarti pihak MUI harus bisa membuat Asuransi yang halal dan bisa di gunakan untuk masyarakat. ya Mas Hanibi.. tapi saya mah manut sama siapa saja yang paling terbaik saja ya Mas..? salam blogging :good:

      Reply
      1. bengkel blogger

        setuju sekali mas…kayaknya memang perlu solusi agar masyarakat bisa merasa tertolong dengan asuransi tersebut. minimal bisa mendapatkan pengobatan murah berkualitas, syukur kalau gratis.

        Reply
    1. Eka Ikhsanudin

      saya juga teh, mau mandi dulu ah, Kang Yanto nya juga gak ada hikhik… blm pulang kali yah

      Reply
        1. bengkel blogger

          sebenarnya memang harus tepat sasaran bagi masyarakat yang membutuhkan…namun pelayanan dan pemaksimalan kerja terlihat belum baik seperti yang diharapkan

          Reply
  9. Hary Wardiansyah

    Memang asuransi BPJS sekarang ini lagi populer ya kang, tentunya dengan adanya asuransi bpjs ini sangat membantu bagi kalangan masyarakat.

    Reply
  10. bengkel blogger

    kalau dilihat sejarah berdiri dan perkembangan asuransi di indonesia, sebenarnya orang indonesia udah sadar akan kesehatan dan keselamatan. namun semakin ke sininya, akhirnya asuransi tidak banyak peminatnya. namun sekarang pemerintah mulai mengaktifkan lagi sadar sehat sejahtera dengan bpjs…dan itu sangat menolong sekali mas….

    Reply
  11. Albarnation

    wah sudah lama ternayata asuransi ini ya, baru tau saya, yang saya tau sekarang hanya BPJS saja, wakakkaka

    Reply
  12. santika

    hadeeuh buat baca komen-komen kocak diatas ngabisin 1/2 jam, sampai sakit perut. padahal artikelnya asuransinya ngga saya baca Wkwkwk…

    Reply
  13. diar nurhakim

    asyik saya jadi dapet ilmu sejarah asuransi di sini, soalnya saya suka pelajaran sejarah sejak SMA mas, hehehe, dan sejarah asuransi baru saya tahu di sini.. hehe.. jadi malu,,, hehehehehe πŸ™‚

    Reply
  14. Abdul Muhajir

    Saya pernah kerja di asuransi kang, Asuransi Allianz Life Indonesia tapi gk tau sejarah sejarahnya. Walaupun lerja di asuransi tapi wajah ganteng saya gk di asuransikan

    Reply
  15. khoirun naim

    pantesan aja asuransi di indonesia udah banyak macemnya diindonesia. ternyata asuransi masuk ke indonesia udah lama

    Reply
  16. ani

    asuransi sekarang penting terutama asuransi kesehatan dan pendidikan anak, khusus untuk kesehatan ada BPJS walau sebagian obat obatanya ada yang ga dijamin tapis udah cukup membantu masyarakat

    Reply
  17. Orang Sunda Asli

    Yang saya tahu kalo asuransi itu ada pada zaman modren sekarang ini tapi ternyata sudah ada sejak jaman dahulu kala …

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.