Profil Calon Gubernur Jawa timur Pada Pilkada 2018

By | 14/02/2018 at 14:04 pm

Profil Calon Gubernur Jawa timur Pada Pilkada 2018. Sebentar lagi di beberapa daerah di Indonesia akan mengadakan gawe besar yakni Pemilihan Kepala daerah. Tepatnya ada 17 Provinsi, 39 Kota dan 115 Kabupaten yang akan mengadakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota.

Provinsi Jawa Timur sendiri ( tempat tinggal admin), pada Pilkada kali ini akan memilih Jatim 1 atau gubernur dan wakil gubernur setelah masa Jabatan Gubernur lama yakni pasangan Pakde Karwo dan Gus ipul akan habis sebentar lagi. untuk diketahui bahwasanya Pakde Karwo merupakan Gubernur Jatim dalam dua Periode terakhir.PILKADA JATIM

Pada hari Senin Tanggal 12 Januari 2018 Kemarin, dalam rapat pleno KPU Jawa Timur di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur Surabaya, KPU Jatim telah menetapkan dua pasangan calon yang akan maju dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018. Ketua KPU Jatim Eko Sasmito mengumumkan kedua pasangan calon tersebut telah memenuhi syarat administrasi dan telah resmi terdaftar sebagai calon kepala daerah Jawa Timur di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Timur.

Mereka yang berhak dipilih untuk memimpin Jawa Timur Pada Periode 2018 – 2023 adalah Pasangan Khofifah Indar Parawansa – Emil Dardak dan Saifullah Yusuf  – Puti Guntur Soekarnoputri. Semua Pasangan Calon mendaftar melalui jalur Koalisi Partai, jadi tidak ada yang datang dari jalur perseorangan Atau Independen. Berikut ini kami bagikan Profil Singkat Calon Pemimpin Jawa Timur untuk Lima tahun kedepan, khususnya untuk warga jawa Timur, agar sedikit banyak mengetahui siapa yang bakal dipilih pada Pilkada Mendatang.

Profil Calon Gubernur Jawa timur Pada Pilkada 2018

1. Khofifah Indar Parawansa Dengan Emil Dardak

Khofifah-Emil-Dardak

Pasangan ini diusung koalisi enam partai politik, yakni Partai Demokrat, Golkar, Nasdem, PPP, Hanura dan PAN.

Profil Khofifah Indar Parawarsa

Dra. Khofifah Indar Parawansa lahir pada 19 Mei 1965 di Surabaya. Ia meraih gelar sarjana pada tahun 1990 dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga, Surabaya. Khofifah sebelumnya sudah dua kali maju dalam Pilkada Jatim sebagai calon gubernur, yakni tahun 2008 dan 2013, namun selalu kalah.

Sejak tahun 2014 hingga saat ini, beliau menjabat sebagai Menteri Sosial. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai anggota DPR dari Fraksi PPP (periode 1992 – 1999) dan kemudian anggota DPR dari Fraksi PKB (tahun 1999 – 2009). Khofifah juga pernah menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan (1999 – 2001)

Selain itu Khofifah juga pernah menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana (BKKBN) (tahun 1999 – 2001). di organisasi Nahdatul Ulama (NU), Khofifah juga sangat aktif. itu dibuktikan dengan kini menjabat Ketua Muslimat NU hingga saat ini.

Profil Emil Elestianto Dardak

Emil Elestianto Dardak atau lebih dikenal dengan sebutan Emil Dardak, lahir di Jakarta, 20 Mei 1984. Emil merupakan cucu H. Mochamad Dardak, salah satu kyai Nahdlatul Ulama. Ayahnya adalah Hermanto Dardak, Wakil Menteri Pekerjaan Umum periode tahun 2010-2014.

Emil Dardak saat ini menjabat sebagai Bupati Trenggalek terhitung sejak 17 Februari 2016. Emil yang berpasangan Mochamad Nur Arifin memenangkan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Trenggalek sebagai pasangan termuda pada pilkada serentak 2015. Emil dardak Mulai dikenal Publik setelah mempersunting artis Arumi Bachsin pada 30 Agustus 2013.

Prestasi Emil dardak menjadi peraih gelar Doktor Ekonomi Pembangunan termuda di Jepang dari Ritsumeikan Asia Pacific University pada usia 22 tahun. Sebelum maju di Pilkada Jatim, Emil adalah kader PDI Perjuangan. Namun karena namanya tak dilirik PDI-P, ia memutuskan untuk menerima pinangan maju Pilkada bersama Khofifah.

2. Saifullah Yusuf dengan Puti Guntur Soekarnoputri

gus ipul dengan mbak puti

Pasangan ini diusung koalisi empat partai, yaitu PKB, PDI-P, PKS dan Gerindra.

Profil Saifullah Yusuf

Saifullah Yusuf atau lebih dikenal Gus Ipul Lahir pada tanggal 28 Agustus 1964 di Pasuruan. Gus ipul saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur selama 2 Periode terakhir atau mulai tahun 2009 mendampingi Soekarwo. Pasangan Pakde karwo – gus ipul merupakan pemenang dalam 2 Pilkada Jatim terakhir.

Sebelumnya, Gus ipul pernah menjabat sebagai ketua umum GP Ansor (tahun 2000-2010), menjadi anggota DPR dari PDIP (Tahun 1999-2002) dan Fraksi PKB (tahun 2002-2004). Pada tahun 2002, Saifullah terpilih menjadi Sekretaris Jenderal PKB. Gus Ipul juga pernah menjaat sebagai Menteri Negara Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal (tahun 2004 – 2007).

Profil Puti Pramathana Puspa Seruni Paundrianagari Guntur Soekarno Putri

Puti Pramathana Puspa Seruni Paundrianagari Guntur Soekarno Putri atau lebih dikenal dengan Puti Guntur Soekarno, dilahirkan di Jakarta pada Tanggal 26 Juni 1971. Puti guntur merupakan anak dari guntur soekarno atau merupakan Cucu dari Presiden Pertama RI yakni Ir. Soekarna.

Puti guntur menjabat sebagai anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan periode 2009–2014 dan 2014 hingga saat ini. Puti guntur memiliki 2 anak yaitu Rakyan Daanu Syahandra Kameron, Rakyan Ratri Syandriasari Kameron.

Lalu Mana pasangan yang anda pilih untuk mejadi Jatim 1 Di Pilkada Mendatang? hati anda sendiri yang bisa menjawabnya.

Demikian Artikel dari Wongcungkup tentang Profil Calon Gubernur Jawa timur Pada Pilkada 2018, Semoga artikel ini bermanfaat.

Salam,

Sumber referensi : Wikipedia

112 thoughts on “Profil Calon Gubernur Jawa timur Pada Pilkada 2018

            1. Djangkaru Bumi

              Ikla video di Youtuber, si mila dan dilan itu sungguh mengena. Dua-duanya baik. Nomor dua pengalaman menjadi gubernur dan nomor satu pengalaman jadi menteri. Nah sekarang kan pilkada memilih gubernur, kan? mau pilih yang mana?

      1. Nucky Prayanta Natalius

        semoga yang terpilih dapat menjadi gubernur yang bisa membuat masyarakatnya jadi lebih sejahtera mas yanto.

        Reply
  1. Maman Achman

    Siapapun pemenangnya nanti, semoga bisa menjadi pemimpin yang adil dan berpihak kepada rakyat.

    Janji janji saat masa kampanye, semoga bisa direalisasikan dengan baik, demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat Jawa Timur.

    Reply
  2. Indra Kusuma Sejati

    Petarungan PILKADA di Jatim kelihatannya akan ramainya nih, apalagi dengan tokoh-tokoh yang sudah pernah eksis di jalur pemerintahan yang teruji. Semoga dapat berjalan lancar dan sukses untuk kemaslahatan warga Jatim.

    Reply
  3. Maya

    Melihat kedua pasangan calon yang sama-sama berpasangan dengan perempuan, ada rasa bangga i hati dan rasa syukur ternyata kaum perempuan mulai di akui kiprahnya
    yang pasti ini adalah amanah yang sangat berat, semoga siapapun yang terpilih kelak mampu memberikan yang terbaik bagi rakyatnya
    dan semoga Allah memberikan kemampuan untuk melaksanakan tugas dan amanah yang sangat berat nantinya

    Reply
  4. Mang Lembu

    cuman dua paslon gubernur Jawa Timur mah ya mang, kalau walikota Surabaya yang naek mah, yakin beliau yang naek, soalnya saya bakalan jadi pendukung terdepan….kalau paslon yang dua diatas itu mah…yo wis, saya nonton aja mendingan ge ah

    Reply
  5. Adi

    Khofifah Indar Parawansa ini dahuklunya Menteri kan ya?
    Lalu beliau mengundurkan diri karena ikut bertarung dalam kursi Gubernur Jawa timur
    Wah saya fans beliau

    Reply
  6. Ifrod

    kedua paslon ini sama-sama memiliki pengalaman yang handal, khofifah menteri sosial sedangkan gus ipus wagub jatim. yang penting gak perlu kisruh gak ada untungnya

    Reply
  7. $cocoper

    Siapapun pemimpin nya semoga amanah, itu yg penting. Tidak sekedar topeng. Indonesia butuh pemimpin daerah yang sekaliber presiden. Bukan sekelas kepala desa yg pimpin propinsi atau kab/kota.

    Reply
  8. zidanealdanifr

    Khofifah yang awalnya jadi cagub tapi gagal habis itu nyalonin lagi di pilgub 2018 Jatim jadi turun pangkat dari menteri ekonomi. Mantap

    Reply
  9. Ana Sriwahyuni

    terkadang pilihan itu sulit untuk dilakukan, seperti saya.. setelah lama agak vakum akhirnya saya tetap memilih blog ini untuk berkunjung kembali… alhamdulillah masih eksis mas.. 🙂

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.