Plus Minus Custom Domain

By | 05/09/2014 at 14:10 pm

Plus Minus Custom Domain. Setiap ada sebab pasti ada akibat baik yang menguntungkan maupun merugikan, setiap langkah pasti ada konskuensinya, baik yang positif maupun negatif. itu sudah menjadi hukum alam, seperti juga didunia blogger yang semakin lama semakin ketat persaingannya.

Salah satu langkah untuk mengarungi ketatnya persaingan blog adalah mengganti nama domain blogcepot ke top level domain (TLD) atau merubah menjadi domain sendiri. contohnya blog ini yang dulunya bernama www.wongcungkup.blogspot.com berubah menjadi www.wongcungkup.com setelah melakukan custom domain. silahkan baca : revolusi wongcungkup berbagi

plus minus custom domain

Seperti yang dituturkan diawal paragraf bahwa setiap langkah pasti ada konskuensinya, didalam melakukan custom domainpun ada untung ruginya. agar lebih jelas penulis akan share Plus Minus Custom Domain diantaranya:

kelebihan custom domain:

  1. Lebih profesional. blog kelihatan lebih profesional dan admin terlihat lebih serius didalam mengurus blognya, karena mau keluar duit tidak sekedar gratisan.
  2. Alamat blog mudah diingat. Seseorang yang mencari artikel di Search engine, hanya melihat sekilas alamat blog atau bahkan tidak sama sekali (yang penting isinya bung). Nah, bila anda sudah custom domain, maka kemungkinan untuk diingat menjadi lebih besar. karena alamat blog menjadi lebih pendek.
  3. Tingkat Kepercayaan Tinggi. Pelanggan yang akan melakukan order di blog anda khususnya toko online akan lebih percaya dengan bisnis yang anda tawarkan, bila sudah ganti domain. disamping itu pemasang iklan akan lebih memilih domain TDL untuk dijadikan penerbit iklan.
  4. Unlimited Bandwith. sobat nggak perlu mikir bayar hosting dan kehabisan Bandwidth, cukup bayar domain saja pertahun, karena hostingnya tetap ikut blogspot.

Kekurangan  custom domain:

  1. berbayar. apabila sobat melakukan custom domain, maka sudah barang tentu sobat mesti menyewa domain itu setiap tahun.
  2. mengulang seperti baru. apabila sobat mengganti domain TLD, maka blog akan kehilangan visitor dari mesin pencari sekitar 50% atau bahkan lebih sampai proses redirect normal kembali. pagerank dan alexa rank juga akan menjadi nodata (n/a) lagi layaknya blog baru. tapi itu hanya sementara waktu karena lama – lama akan pulih kembali.
  3. hilangnya posisi pertama. sudah barang tentu setelah custom domain, blog akan kehilangan posisi di search engine. kalau biasanya ada artikel yang beradi diposisi pertama maka akan raib sementara waktu.
  4. edit. ketika custom domain otomatis akan menambah pekerjaan tentang edit – editan, seperti mengedit url ditemplate, link sahabat, setelan, feed, mendafatar ulang diwebmaster dan lain – lain.

Saran : bila ingin fokus ngeblog maka lebih cepat custom domain maka akan lebih bagus, daripada blog anda menjadi semakin terkenal maka malah jadi ragu bila mau custom domain.

Demikian artikel dari wongcungkup tentang kelebihan dan kekurangan custom domain, semoga artikel ini bermanfaat.
salam,

38 thoughts on “Plus Minus Custom Domain

  1. Ibrahim M.Pd.I

    satu lagi kekurangannya kang, kita mesti selalu ingat kapan harus membayar, sebab jika terlambat, maka brabe deh jadinya heehee

    Reply
  2. Kang Ucup

    kelebihan lain dari TLD, dapat meningkatkan versi adsense dari hosted menjadi non-hosted atau full approve 🙂

    Reply
  3. Abdur rahman

    Kelebihan dan kekurangannya sama-sama 4 point ya. Saya sih blm berminat Costum domain, sebab blm punya domain tetap hehehe.

    Reply
  4. Uda Awak

    Iya, mas Yanto. Saya juga mengalami akibat ganti domain ini. Tapi bangkitnya cukup lama mas…Saya kehilangan PR 1 dan Alexa di 200-an menjelang angka 100-an…

    Reply
    1. Yuliono Gundul

      kalau saya punya dua blog kang satunya udah tak kustom tapi daftar di GA ditolak. yang di terima malah yang masih belum tak kustom, hosted acc….(dalam satu email lagi)… yang kustom susah ya daftarnya…

      Reply
    2. yanto cungkup

      i@uda tu memang salah satu dampak buruknya mas<br />@yuli saya malah belum tau tuh mas,soalnya saya belum berhasil daftar di GA

      Reply
  5. Marnes Kliker

    Bener banget mas, sebagai orang awam yang minim ilmu blogging, saya baru tahu kalo setelah ganti domain ternyata sama artinya kita mengulang dari nol lagi.

    Reply
  6. Arie Gond3s

    tapi dengan menggunakan custom domain akan membuat kita lebih bersemangat dan makin percaya diri kan Mas Yato 🙂

    Reply
  7. Andriyatna

    Mulai tertarik nih dengan TLD.<br />tapi paling nanti deh buat blog yang baru.<br />sayang kalo hilang hingga 50 % visitornya dan bagaimana nasib GA yang sudah terpasang?

    Reply
  8. Wahyu Eka Prasetiyarini

    custom domain blog memang sebuah pilihan ya mas, tapi kalau kita ingin berkembang ngeblog nya, kita harus mengambil sikap, yakni mau modal beli domain agar kita bisa lebih serius lagi ngeblog nya 🙂

    Reply
  9. Comtel Cell

    custom domain pastinya banyak kelebihannya yia bos, tia meskipun ada juga kekurangannya…<br /><br />saya juga pengin, tap entahlah kapan, hehehe….

    Reply
  10. Grosir Sancu Termurah

    memang lebih baik domain sendiri daripada numpang kaya saya mas..he he<br />salam admin satriyoku

    Reply
  11. KontenXyz

    lebih baik custom domain di awal mas. soalnya saya punya blog lumayan rame, ranking nya bagus dan suka nongkrong di page one.. namun masih menggunakan subdomain. pengen banget parkir.. tapi dampaknya itu loh bikin ciut nyali saya ! hehe

    Reply
  12. Muhammad Fauzi

    Jadi lebih baik Custom domain dari awal ya gan, biar gak terlalu nyesek hehehe, tapi jika kita sudah di tengah jalan dan pengen custom doamin gimana gan? ane agak ragu soalnya jika ingin custom domain.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.