Persyaratan dan Cara Mudah Mengurus Perpanjangan SIM

By | 11/10/2015 at 23:59 pm

Persyaratan dan Cara Mudah Mengurus Perpanjangan SIM. Seperti yang telah diatur dalam Undang – undang di Indonesia, bahwasanya setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor diwajibkan memiliki Surat Izin Mengemudi ( SIM ).

SIM berlaku selama 5 Tahun sejak diterbitkan dengan jatuh tempo tidak selalu sama dengan tanggal penerbitan, tetapi mengikuti Tanggal lahir anda. Jadi misalnya anda mengurus SIM pada Bulan Oktober 2015 maka berlakunya SIM sampai tahun 2020 dengan tanggal dan bulan lahir anda.

Persyaratan dan Cara Mudah Mengurus Perpanjangan SIM

Karena pengurusan SIM baru lebih sulit daripada memperpanjang, maka sebaiknya anda jangan sampai lupa kapan waktu memperpanjang surat izin mengemudi. admin sendiri baru tanggal 10 oktober kemarin memperpanjang SIM. Adapun Persyaratan dan Cara Mudah Mengurus Perpanjangan SIM, akan diulas Wongcungkup dalam langkah – langkah berikut ini :

Persyaratan Perpanjangan SIM:

  1. SIM asli
  2. Fotokopi SIM 5 lembar
  3. Fotokopi KTP 5 lembar
  4. Surat Keterangan Dokter
  5. Biaya administrasi Rp 135.000,-(bervariasi sesuai dengan daerah masing – masing)
  6. Map
  7. Waktu mengurus perpanjangan SIM adalah 14 hari sebelum habis berlaku sampai SIM telah mati selama 3 bulan.
Cara mudah mengurus SIM:
  1. agar urusan lebih cepat dan mudah, sebaiknya anda mencari info ke Polsek setempat kapan ada pelayanan SIM keliling.
  2. Mengumpulkan semua persyaratan dalam satu map berupa SIM asli dan fotokopi, fotokopi KTP, lalu menyerahkan kepada petugas. jika anda menggunakan layanan SIM keliling maka tidak memerlukan surat keterangan dokter, ini salah satu kemudahan SIM keliling.
  3. Mengisi Formulir yang diberikan oleh Petugas. cara mengisi cukup mudah. hanya seputar identitas diri, seperti nama, alamat, nomer SIM lama, Nomer KTP, nama orangtua. lalu menyerahkan kembali ke petugas.
  4. Mendapat panggilan untuk sidik jari dan tanda tangan, kemudian fhoto.
  5. membayar uang administrasi diatas
  6. menunggu 5 menit dan SIM baru sudah diberikan.
  7. selesai, dengan hasil seperti ini : Persyaratan-dan-Cara-Mudah-Mengurus-Perpanjangan-SIM

Demikian artikel dari Wongcungkup tentang Persyaratan dan Cara Mudah Mengurus Perpanjangan SIM, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,

226 thoughts on “Persyaratan dan Cara Mudah Mengurus Perpanjangan SIM

      1. Yanto Cungkup Post author

        iya mas,ditempat saya satu tahun yg lalu malah cuman 90 ribu.tp nggak papa deh,kan udah nggak repot mesti ngurus surat keterangan dari dokter

        dapet gelas

        Reply
        1. Indra Kusuma Sejati

          Jadi harga segitu karena tidak perlu lagi ya kang, surat keterangan dokter untuk mngurus perpanjangan SIM ?

          Reply
            1. Mangs Aduls

              kalo udah di coba masih aja sibuk ya sudahlah hahaha :ckakaka: :ckakaka: :ckakaka: :ckakaka:

            2. Eka Ikhsanudin

              Kang Yanto cuma miscall doang paling ya Mangs … ya jls jawabannya sibuk :ckakaka: …

            1. Dzatmiko

              wah kalo jadi panjang ga bisa masuk donx mang :yes: , di besarin juga ga tuh mang :scratch: ???
              (masuk dompet lho ya bukan yang lain) :ckakaka: :ckakaka:

  1. Dzatmiko

    persyaratanya mudah sekali ya mas? di tempat saya sudah jarang sekali ada sim keliling mas, apa saya nya ya yang kurang tau lokasi sim keliling itu dimana :scratch:

    Reply
      1. Indra Kusuma Sejati

        Biasanya ada di koran mas, tentang lokasi peyanan umum perpanjangan SIM keliling.

        Reply
  2. Dzatmiko

    tahun depan bulan maret sim saya sudah mau abis kontrak nih, siapin persyaratannya ah, sambil cari info tentang sim keliling :yahoo:

    Reply
            1. Eka Ikhsanudin

              kan kemarin baru ulang tahun, cuma blm tiup lilin atau obor … :melet:

  3. diar nurhakim

    Mas Yanto nama aslinya Sutarwianto ya? hehehehehe 🙂 Oh jadi kalau mau ngurus SIM gak apa ya mas rambut gondrong juga ya mas, gak apa-apa gak dicukur dulu juga, hehehe, siiiip informasinya mas, dan yang sebelumnya itu guyon ya mas jangan tersinggung,,, hehehehehehehehehehehehehehehe 🙂

    Reply
      1. Indra Kusuma Sejati

        Keren kan nama teman saya di salam SIM yang habis dipernajang kemarin, memang sebelumnya namnya siapa mas ? :ckakaka:

        Reply
  4. Krisna Bara

    Punyaku masih lama 5 tahun kedepan mungkin harga perpanjangannya bisa naik, terima kasih mas yanto atas informasinya tentang pengalaman perpanjangan sim sehingga akan menjadi bahan referensi bagi orang yang membutuhkan

    Reply
  5. Indra Kusuma Sejati

    Persyaratn untuk memperpanjang SIM sekarang enak ya Kang, tidak purlu ke POLDA, tinggal cari menyerahkan foto copu data diri yan g diperlukan dan tidak pakai ribet, apalgi bisa di urus dengan pelayananan SIM dengan mobil yang disediakn oleh kepolisian sekarang ini.

    Reply
    1. hendri hendriyana

      iya sim keliling jadi memudahkan banget ya mas, tapi untuk daerah saya belum ada sim keliling mas jadi masih harus ke polres 🙂

      Reply
  6. buret

    di tempat saya biasanya setiap hari selasa & kamis, di beberapa titik lokasi, peprpanjang sim jadi mudah mas.

    Reply
  7. hendri hendriyana

    saya teh juga sudah punya sim mas, tapi masih jarang loh bawa-bawa motor soalnya lagi males-malesnya pkae motor jauh-jauh dan berlaku sampai 2018 masih lama kan, nanti aku save dulu deh mas syaratnya biar nanti lebih mudah ya mas..
    kok ada surat keterangan dokter juga ya mas?masa sih?aku waktu bikin udah tinggal tanda tangan aja mas soalnya 😀

    Reply
      1. hendri hendriyana

        gampang sekali ya mas, tapi masih belum bisa online ya mas perpanjangan sim itu?hehehe

        Reply
  8. awen

    saya kira untuk memperpanjang mah gx perlu surat keterangan dokter mas yant,heu
    terimakasih deh infonya saya bookmark saja dulu, kebetulan sim saya masih lama soalnya baru tahun kemarin buatnya :joged

    Reply
  9. wongcrewchild

    wah padahal saya juga baru memperpanjang, niate arep tak posting tibae disik pean …. wis :ngopi: ae

    kemarin memperpanjang 75rb ditambah surat kesehatan dan asuransi 50rb jadi habisnya 125rb, bedo sitik yo

    Reply
  10. Mangs Aduls

    kalo begitu selamta ulang tahun mas yanto. hehehehe happy birday :goyang :goyang :goyang :goyang :goyang

    Reply
    1. kips

      Sudah telat mang, sudah gak bakal diterima kadonya juga haha…
      Ini saya juga baru bisa mampir lagi, sekalinya bisa mampir kondisi net lagi lemot-lemotnya. Kayaknya mampir ke @MangAduls juga belum keburu hiks…

      Reply
  11. Mangs Aduls

    kenapa ya sim habisnya sesuai tanggal lahir apa biar inget gitu ya pas ulang tahun sim kadaluarsa

    Reply
            1. Eka Ikhsanudin

              ada dua kang, SIM 1 dan SIM 2, yg di Handphone kan ya kang Sim nya .. 😥

            2. hendri hendriyana

              saya bikin sim nya 2 hari sebelum ulang tahun mas, soalnya ga tau jadi udah masuk satu tahun aja, padahal baru 2 hari loh saya teh bikin sim nya.heuheu

            3. Mangs Aduls

              bisa gitu ya mas hendri kalo gti saya liat-liat dulu lewat sehari dr hari ultah

            4. Eka Ikhsanudin

              liat-liatnya sambil baca ya mang … klo gak ntar kena denda yg punya blog lho …

  12. Eka Ikhsanudin

    wah, pasti kang Yanto habis perpanjangan SIM ya kang ? … punya saya masih lama hehehe.. lengkap sekali penjelasannya tentang cara mudah mengurus perpanjangan SIM serta syarat2nya… untuk biaya adm mungkin tiap2 daerah beda ya kang ? … :good:

    Reply
  13. Eka Cahya Gumilar

    ternyata nama sebenarnya mang cungkup adalah SUTARWIANTO hihihii . . .
    kalau buat SIM nya bagaimana mang ??

    Reply
        1. Achmad Fazri

          Kalau bikin baru emang pakai calo, kalau pakai jalur normal, banyak yang gagal. kalau perpanjang mengdingan buat sendiri. lebih hemat pengeluaran, ngga perlu test test lagi :joged

          Reply
  14. Rizki CP

    kalo soal sim ane belum punya tapi udah memenuhi syarat, mau punya tapi buat apa belom minat berkendara :v

    Reply
  15. Defi Purnama

    Selama punya sim saya belum pernah perpanjang mas. Mantap nih infonya. Jadi ntar kalo perpanjang tinggal buka artikel ini biar tau syarat dan tata caranya :good:

    Reply
      1. Eka Ikhsanudin

        hah, Kang Yanto Polisi ya kang ? … pantesan itu mobil pelayanan nya ada tulisan wongcungkup dot com …

        Reply
  16. Achmad Fazri

    perpanjang sim berarti di saranin pas hari tanggal lahir kita ya mas… saya belum pernah melakukan perpanjangan lewat sim keliling. enak ngga perlu pakai surat dokter lagi. :good:

    Reply
            1. Achmad Fazri

              loh kok jadi nyasar ke pernikahan ya,, saya mau dong… soalnya SIM A dan C saya sudah punya, tinggal buat SIM (Surat izin mencintai) seseorang yang belum, harus ke KUA dulu yah :yes:

    1. Eka Ikhsanudin

      ya jelas atuh kang, emannya kang Hendri blm punya SIM ? … gak hapal tgl lahirnya juga ? …. :mumet:

      Reply
  17. Albarnation

    wah saya sudah punya kendaraan cuman belum ada sim parah nih saya, punya aja belum apalagi mau perpanjangan

    Reply
  18. Eka Ikhsanudin

    dari kemarin saya itu memperhatikan mobil pelayanan keliling SIM, ada tulisan nya blog ini, keren yah … :good:

    Reply
  19. Marnes

    wah ini penting banget nih buat saya mah secara saya belom pernah perpanjang SIM dan sepertinya persyaratan untuk memperpanjang SIM juga gak ribet-ribet amat ya mas

    Reply
  20. Marnes

    ini bikin postingannya kapan coba? perasaan baru juga sehari saya gak nangkring dimari udah ketinggalan jauh banget…kebagian jatah komentar terakhir deh

    Reply
  21. Fani

    Butuh perjuangan untuk bisa komen di sini … loncat-loncat terus Kang … 😀 dan scrollnya panjang banget komentarnya …
    Pas ini … saya juga harus perpanjang SIM … ga pernah ditengok karena di dompet terus, eh .. sudah mati ternyata …

    Reply
  22. rudhy theart

    biasanya di samsat (dari dua kota yang sempat saya datangi) ada tim kesehatan yang stand by sehingga tidak perlu surat keterangan berbadan sehat. Tapi mungkin ada perbedaan di beberapa daerah. Informasinya yang sangat mengedukasi mas

    Reply
      1. rudhy theart

        ohhh kalau di sim keliling mang gak ada tim medis kayaknya mas, saya yang salah fokus… tapi kalau di kantor ada mas. cuman lebih enak kalau perpanjangan sim pakai jasa sim keliling

        Reply
          1. rudhy theart

            Kalau begitu sama aja mas, tapi meskipun gak ada tim medis keberadaan SIM keliling terbukti sangat membantu dan banyak dipilih masyarakat untuk perpanjangan SIM

            Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.