Persyaratan dan Cara Mudah Mengurus Perpanjangan SIM

Persyaratan dan Cara Mudah Mengurus Perpanjangan SIM. Seperti yang telah diatur dalam Undang – undang di Indonesia, bahwasanya setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor diwajibkan memiliki Surat Izin Mengemudi ( SIM ).

SIM berlaku selama 5 Tahun sejak diterbitkan dengan jatuh tempo tidak selalu sama dengan tanggal penerbitan, tetapi mengikuti Tanggal lahir anda. Jadi misalnya anda mengurus SIM pada Bulan Oktober 2015 maka berlakunya SIM sampai tahun 2020 dengan tanggal dan bulan lahir anda.

Persyaratan dan Cara Mudah Mengurus Perpanjangan SIM

Karena pengurusan SIM baru lebih sulit daripada memperpanjang, maka sebaiknya anda jangan sampai lupa kapan waktu memperpanjang surat izin mengemudi. admin sendiri baru tanggal 10 oktober kemarin memperpanjang SIM. Adapun Persyaratan dan Cara Mudah Mengurus Perpanjangan SIM, akan diulas Wongcungkup dalam langkah – langkah berikut ini :

Persyaratan Perpanjangan SIM:

  1. SIM asli
  2. Fotokopi SIM 5 lembar
  3. Fotokopi KTP 5 lembar
  4. Surat Keterangan Dokter
  5. Biaya administrasi Rp 135.000,-(bervariasi sesuai dengan daerah masing – masing)
  6. Map
  7. Waktu mengurus perpanjangan SIM adalah 14 hari sebelum habis berlaku sampai SIM telah mati selama 3 bulan.
Cara mudah mengurus SIM:
  1. agar urusan lebih cepat dan mudah, sebaiknya anda mencari info ke Polsek setempat kapan ada pelayanan SIM keliling.
  2. Mengumpulkan semua persyaratan dalam satu map berupa SIM asli dan fotokopi, fotokopi KTP, lalu menyerahkan kepada petugas. jika anda menggunakan layanan SIM keliling maka tidak memerlukan surat keterangan dokter, ini salah satu kemudahan SIM keliling.
  3. Mengisi Formulir yang diberikan oleh Petugas. cara mengisi cukup mudah. hanya seputar identitas diri, seperti nama, alamat, nomer SIM lama, Nomer KTP, nama orangtua. lalu menyerahkan kembali ke petugas.
  4. Mendapat panggilan untuk sidik jari dan tanda tangan, kemudian fhoto.
  5. membayar uang administrasi diatas
  6. menunggu 5 menit dan SIM baru sudah diberikan.
  7. selesai, dengan hasil seperti ini : Persyaratan-dan-Cara-Mudah-Mengurus-Perpanjangan-SIM

Demikian artikel dari Wongcungkup tentang Persyaratan dan Cara Mudah Mengurus Perpanjangan SIM, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,


About Yanto Cungkup 487 Articles
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

226 Komentar

  1. Mas Yanto nama aslinya Sutarwianto ya? hehehehehe 🙂 Oh jadi kalau mau ngurus SIM gak apa ya mas rambut gondrong juga ya mas, gak apa-apa gak dicukur dulu juga, hehehe, siiiip informasinya mas, dan yang sebelumnya itu guyon ya mas jangan tersinggung,,, hehehehehehehehehehehehehehehe 🙂

  2. Punyaku masih lama 5 tahun kedepan mungkin harga perpanjangannya bisa naik, terima kasih mas yanto atas informasinya tentang pengalaman perpanjangan sim sehingga akan menjadi bahan referensi bagi orang yang membutuhkan

  3. Persyaratn untuk memperpanjang SIM sekarang enak ya Kang, tidak purlu ke POLDA, tinggal cari menyerahkan foto copu data diri yan g diperlukan dan tidak pakai ribet, apalgi bisa di urus dengan pelayananan SIM dengan mobil yang disediakn oleh kepolisian sekarang ini.

  4. saya teh juga sudah punya sim mas, tapi masih jarang loh bawa-bawa motor soalnya lagi males-malesnya pkae motor jauh-jauh dan berlaku sampai 2018 masih lama kan, nanti aku save dulu deh mas syaratnya biar nanti lebih mudah ya mas..
    kok ada surat keterangan dokter juga ya mas?masa sih?aku waktu bikin udah tinggal tanda tangan aja mas soalnya 😀

  5. saya kira untuk memperpanjang mah gx perlu surat keterangan dokter mas yant,heu
    terimakasih deh infonya saya bookmark saja dulu, kebetulan sim saya masih lama soalnya baru tahun kemarin buatnya :joged

  6. wah, pasti kang Yanto habis perpanjangan SIM ya kang ? … punya saya masih lama hehehe.. lengkap sekali penjelasannya tentang cara mudah mengurus perpanjangan SIM serta syarat2nya… untuk biaya adm mungkin tiap2 daerah beda ya kang ? … :good:

  7. Selama punya sim saya belum pernah perpanjang mas. Mantap nih infonya. Jadi ntar kalo perpanjang tinggal buka artikel ini biar tau syarat dan tata caranya :good:

  8. Butuh perjuangan untuk bisa komen di sini … loncat-loncat terus Kang … 😀 dan scrollnya panjang banget komentarnya …
    Pas ini … saya juga harus perpanjang SIM … ga pernah ditengok karena di dompet terus, eh .. sudah mati ternyata …

  9. biasanya di samsat (dari dua kota yang sempat saya datangi) ada tim kesehatan yang stand by sehingga tidak perlu surat keterangan berbadan sehat. Tapi mungkin ada perbedaan di beberapa daerah. Informasinya yang sangat mengedukasi mas

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*