Perbedaan VCD dan DVD

By | 13 Agustus

Perbedaan VCD dan DVD. Saat ini semua orang sudah tidak asing dengan kedua benda tersebut, hampir setiap rumah memiliki salah satu atau bahkan keduanya layaknya televisi. apalagi anda yang memiliki Komputer tentunya sangat membutuhkan kedua barang ini.

VCD (singkatan dari video compact disc) maupun Sedangkan DVD (singkatan dari digital video disc) berfungsi sebagai media penyimpanan data dan informasi berupa suara, tulisan, gambar maupun video.

Perbedaan VCD dan DVD

Walaupun memiliki fungsi yang sama, tetapi VCD dan DVD memiliki beberapa perbedaan. adapun beberapa Perbedaan VCD dan DVD adalah sebagai berikut :

  1. harga VCD lebih murah dibanding DVD ;
  2. Tempat penyimpanan DVD lebih besar daripada VCD. bisa 4 – 6 kali lipat. contohnya anda bisa menyimpan 1 film panjang dalam 1 keping VCD sedangkan pada DVD kita dapat menyimpan 4 film sekaligus ;
  3. Lapisan data VCD terletak di bawah dan bersentuhan langsung dengan label. Sedangkan lapisan data yang ada di DVD terletak di tengah -tengah keping. oleh karena itu apabila label pada VCD rusak karena tergores maka data yang ada di VCD juga bakal hilang, Jadi intinya, DVD merupakan perbaikan daru VCD

Semakin berkembangnya teknologi, saat ini DVD juga memperkenalkan 2 pilihan yaitu DVD-R dan DVD-RW. dimana pada DVD-R kita hanya bisa mencopy dan menyimpan data sedangkan pada DVD-RW, kita bisa menyimpan dan menghapus lalu mengisi dengan data yang lain layaknya Flashdisk.

Demikian artikel dari wongcungkup tentang Perbedaan VCD dan DVD, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,

145 thoughts on “Perbedaan VCD dan DVD

      1. Kang Nurul Iman

        Alhamdulillah terima kasih mas sudah sampai kiriman piring cantiknya bagus kok walaupun sudah pecah.

        Reply
          1. Kang Nurul Iman

            Saya pesan satu pakai saus yang banyak tapi jangan terlalu pedas.

            Reply
  1. Effendi nurdiaman

    Benar sekali kang perbedaan yang paling mencolok antara VCD dan DVD yaitu dari harga nya 🙂 saya di rumah ada dua-duanya tetapi kalau yang VCD sudah rusak mas.. kalau bisa tolong benerin yh 🙂 jangan bilang bayar lhoo..

    Reply
  2. Effendi nurdiaman

    ilmu baru lagi nih tapi yang DVD-R dengan DVD-RW yang layak nya sebagai flasdisk 🙂

    Reply
      1. Effendi nurdiaman

        Jadi saya harus pilih yang mana dong

        Reply
  3. Kang Nurul Iman

    Saya kira ada perbedaan yang mencolok mas dan ternyata biasa saja ya yang tidak mengundang adrenalin saya menjadi kacau balau, di rumah saya ada kedua keduanya mas tapi kalau vcd mah sudah rusak karena sudah lama sekali dan alhamdulillah kalau dvd mah masih bisa digunakan walaupun jarang menggunakannya tapi lain waktu bisa dipergunakan untuk menonton film sopo jarwo vs upin dan ipin.

    Reply
  4. Rival

    saya lebih sering pake DVD karena memang kapasitasnya lebih besar…,

    Reply
  5. Hendri Hendriyana

    oh jdi bedanya lapisan data dan penyimpanan ya mas, tapi saya mah jarang pakai vcd atau dvd sih mas hehehehe

    perkembngan teknologi ya mas, skrg musim flashdisk, tapi sekarang malah ada google drive buat nyimpen data, kalo nyimpen bini baru gimana yaaa???

    Reply
  6. Kang Maman

    DVD atau VCD menurut saya kegunaannya sama yaitu untuk menyimpan data, yang membedakan adalah kapasitas memory dan kualitas daya rekamnya. Untuk data yang lebih banyak sebaiknya memang menggunakan DVD, sedangkan untuk data-data yang sedikit cukup pakai VCD saja.

    Reply
  7. Berbagi Info

    Kalau DVD tidak bisa di buka di CDroom ya kang

    Reply
  8. keripikku

    Nyimak sambil belajar,terima kasih ifonya yo Mas!

    Reply
  9. wadiyo

    kalau dari waktu pemakaian, bagusan mana ya Kang?
    Suwun Kang Yanto

    Reply
    1. Effendi nurdiaman

      kalau udah tahu kenapa gak di buat postingan seperti ini biar semua orang pada tahu :p

      Reply
  10. Imerlina Putri

    och… berarti ada perbedaannya ya….. kirain VCD ya DVD, DVD ya VCD

    Reply
        1. Effendi nurdiaman

          Kata “och..” nya gak enak banget yah 😀

          Reply
  11. Nangis

    saya tambahin lagi mas, kalo vcd mesinnya model besar.. klo dvd skrg mayoritas kecil body nya.hihihih

    Reply
    1. Effendi nurdiaman

      tapi kalau kaset nya masih pada tipis kan..

      Reply
  12. fani

    Perbedaan mencolok pertama adalah tulisannya mang … 😀
    selanjutnya … saya setuju deh dengan mang yanto.

    oya kapasitas … eh… udah ya … ? hihihi

    Reply
      1. Kang Nurul Iman

        Saya juga sausnya yang banyak tapi jangan pedas.

        Reply
    1. Bahrudin

      Bukanya sudah pernah bikin kopi mas! Itukan cara yang gamppang sekali!

      Reply
      1. Hendri Hendriyana

        kalo kopi warung gampang, kalo bikin kopi sendiri ala kopi di kaffe ga mudah juga, perlu bahan dan takaran yang PASSS biar mantap

        Reply
        1. Kang Nurul Iman

          Kabur ada tibum beresin semua barang dagangannya bang.

          Reply
    1. Effendi nurdiaman

      apa mamang ini kembaran nya wongcungkup ? 😀

      Reply
  13. Trik Pos

    dulu waktu baru-baru beli VCD saya terasa aneh denger DVD mas….saya kira sama lha wong saya coba setel bisa kok.apa nya yang beda…ooh.ternyata bead. jadi bisa dibilang DVD adalah update pembaharuan dari VCD….gitu ya…

    Reply
  14. Mas Poniran

    kalo setahu saya VCD untuk satu film biasanya 1 sampai 3 keping, kalo DVD dalam satu keping bisa muat sampai 6 film, hehehe

    Reply
  15. Rudy Arra

    Maaf, Mas. Kalo sudah menyangkut CD saya gak mau terlalu ikutan, rada sensitif buat saya.

    Reply
      1. Effendi nurdiaman

        Mungkin bisa di bilang begitu kang

        Reply
  16. Effendi nurdiaman

    kayaknya kalau kaset VCD itu bisa digunakan dalam VCD maupun DVD tapi kalau kaset DVD hanya bisa digunakan dalam DVD saja dan tidak bisa digunakan dalam VCD

    Reply
  17. YW

    Kalo CD itu beda gak mas sama VCD or DVD…?
    Makasih

    Reply
  18. fandi

    Tapi sayangnya, masih banyak yg nyebut vcd/dvd itu kaset. padahal kaset dan vcd/dvd itu beda. cmiiw. 😀

    Reply
  19. Dedy Akas Website

    Dulu waktu masih sering nyimpen software dan driver, memang enang banget kalau pakai DVD karena kapasitasnya yang besar, bisa sampai 4GB lebih…
    Sangat kalau recommended pakai DVD ya Mas…

    Reply
  20. Nawi Jual Pulsa

    Kok gak bahas CD ya kang. kan adatuh yang jaman dulu namanya CD. Tapi banyak yang lebih kenal dengan Celana Dalaman. hehe

    Reply
  21. Effendi nurdiaman

    Kemana ya belum posting lagi, kalau begini bisa-bisa jadi sarang laba-laba nih

    Reply
  22. Kang Nurul Iman

    Kalau begitu saya jadi spiderman saja deh.

    Reply
  23. Dian

    Ane kira selama ini vcd dan dvd itu sama ternyatabeda :v

    Reply
  24. Igivadlovir

    penyimpanan DVD lebih besar daripada VCD tapi Bluray Jauh lebih besar lagi dari dvd .. iya kan? hehee

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.