Perbedaan TV Analog Dengan TV Digital

By | 8 November

Perbedaan TV Analog Dengan TV Digital. Indonesia akan segera memasuki era baru dalam siaran TV. hal ini dampak dari Undang – Undang Cipta kerja atau lebih dikenal dengan sebutan Omnibus Law yang baru saja disahkan oleh Jokowi selaku Presiden Republik Indonesia pada tanggal 02 November 2020.

Perbedaan TV Analog Dengan TV Digital

Didalam salah satu Pasal UU Cipta tersebut tercantum bahwasanya TV Analog akan segera Mati dan migrasi atau digantikan oleh TV Digital. Istilah migrasi siaran tv analog ke TV digital ini disebut analog switch off (ASO). target migrasi penyiaran analog ke digital bisa terlaksana maksimal dalam waktu dua tahun. Dengan demikian, maka Maksimal pada tanggal 02 November 2022 seluruh wilayah Indonesia akan menggunakan TV Digital dan menghentikan siaran TV analog.

Untuk Melakukan Migrasi, Masyarakat Tidak harus membeli pesawat TV baru, Kita tetap dapat menikmati konten siaran TV digital dengan cara menambahkan perangkat converter yang disebut set top box (STB) dengan standart DVB-T2 (Digital Video Broadcasting – Terresterial). STB sebagai alat bantu penerima siaran digital yang berfungsi untuk mengkonversi dan mengkompresi sinyal digital sehingga dapat diterima pada pesawat TV analog. 

Lalu Apa sih Perbedaan TV Analog Dengan TV Digital ? Berikut ini Wongcungkup akan mengulas apa sih TV analog dan apa sih Tv Digital, diantaranya sebagai berikut :

1. Frekuensi

Pada sistem TV analog, satu kanal frekuensi digunakan untuk menyalurkan satu program siaran TV. Sementara pada sistem penyiaran TV digital DVB-T2, satu kanal frekuensi mampu membawa hingga 12 program siaran standard definition (SDTV).

2. Gambar

Pada TV analog, kualitas sinyal gambar tergantung jauh dekatnya titik Transmisi pemancar televisi,semakin jauh dari transmisi maka gambar yang diterima akan semakin lemah / berbayang maupun bersemut. sementara pada system digital sinyal hanya mengenal kondisi diterima atau tidak diterima. Selama sinyal bisa diterima, maka gambar dan suara siaran akan tetap jernih. 

Jadi kesimpulannya Tv digital lebih bagus bila dibandingkan dengan TV Analog. Bagaimana?? apakah anda sudah siap dengan era baru ini?

Demikian artikel dari Wongcungkup Tentang Perbedaan TV Analog Dengan TV Digital. Semoga artikel ini bermanfaat.

salam,

One thought on “Perbedaan TV Analog Dengan TV Digital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.