Perbedaan Transfer Data KBps dan Kbps

Perbedaan Transfer Data KBps dan Kbps. Satu hal lagi pengertian dalam teknologi yang masih sering membuat orang bingung dan salah pengertian yaitu antara KB dan kb. mungkin ada beberapa dari sobat yang masih menganggap antara kilobyte (KB) dengan kilobit (Kb) itu adalah satuan yang sama.

Padahal kedua nama tersebut mempunyai pengertian yang berbeda. adapun pengertian Kbps adalah kecepatan transfer data per second dalam satuan bit. sedangkan KBps adalah kecepatan transfer data per second dalam satuan byte. perlu diketahui bahwa 1 byte = 8bit.

Perbedaan Transfer Data KBps dan Kbps

Sebagai contoh pada promosi operator seluler biasanya akan dicantumkan “speed up to 3.1 Mbps”. mungkin sobat menganggap bahwa kecepatan bandwith tersebut adalah 3100 KB per detik (1MB = 1000KB). padahal itu salah kaprah. karena 3.1 Mbps disini menunjukkan kecepatan dalam bit.

Tadi sudah dijelaskan bahwa 1 byte sama dengan 8 bit, maka untuk menghitung kecepatan sebenarnya dari promosi 3.1Mbps  adalah 3100 : 8 = 387.5 KBps. jadi kecepatan transfer rate bila kita melakukan browsing maupun download menggunakan provider tersebut adalah maksimal 387.5 KB per detik.

Itu bila kecepatan maksimal atau bila sinyal normal, lalu bagaimana bila sinyal ditempat sobat nggak stabil?? dapat tranfer rate setengah dari maksimal saja sudah lumayan deh (seperti ditempat penulis. hehehe).

Semoga setelah membaca perbedaan kedua satuan tersebut, sobat bisa memahaminya lalu lebih bijak apabila mau memilih jenis provider sesuai dengan kecepatan yang anda inginkan. apabila ingin meningkatkan kecepatan koneksi, sobat bisa mengikuti trik dibawah ini:

4 cara meningkatkan koneksi internet.

Demikian artikel dari wongcungkup berbagi tentang Perbedaan Transfer Data KBps dan Kbps, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,


About Yanto Cungkup 479 Articles
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

168 Komentar

  1. Oalah, ternyata oh ternyata, padahal cuma beda hurup aja dah beda lagi ya mas nilainya, pintar juga tu operator membaut tulisan promo, dan udah jelas bagi orang wam sudah parti bakalan mengira 3.1MB itu mas hehehehe

  2. beda dikit dalam penulisan tapi bisa salah banyak yaa…dulu saya juga gak ngerti dengan KBps dan Kbps…setelah dijelaskan sama yang masang warnet dirumah jadi ngerti…tapi ini sering terjadi ketika beli HP atau mau beli kartu,,,ada yang datang dan bilang kartu ini bagus cepatnya sekian Kbps…padahal dianya aja yang lagi bego kali ya…kalau itu kartu gak cepat-cepat amat…dan kebanyakan

  3. hahhaaa…barusan tadi ada kawan beli kartu baru…kartu tttiiiiitttttt (sensor)….katanya buat internetan pake hp…saya tanya, emang untung apa trus kecepatannya berapa tuh kalau download….sikawan bilang…cepat sekitar 40 kbps…..saya jadi terdiam….ini saya yang lagi bego apa saya lagi salah baca….disitu tertera Kbps…bukan KBps….jadi ane malah bingung sendiri. mungkiin saya aja

  4. Kalau kesimpulan saya, maka saya memahami dari artikel diatas yaitu antara kecepatan akses dan jumlah kecepatan ayng dipadukan ketika kecepatan akses itu digunakan. Mislanya mengupload video rata-rata 120kbps, maka paduan jumlah akan terurai dalam jumlah Kbps. Kritik jika keliru ya kang 😀

  5. Berarti selama ini saya merasa dibohongi oleh provider dong. pantesan sya pake modem smart tapi saat browsing dan download tidak sesuai dengan di iklan.. I hate slow…. terimakasih mas sudah diberi tau tentang perbedaan antara kilobyte dan kilobit..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*