Perbedaan Printer Inkjet dan Laser

By | 21/12/2014 at 22:10 pm

Perbedaan Printer Inkjet dan Laser. Pengertian printer adalah alat untuk mencetak dokumen seperti tulisan dan gambar maupun foto. sekarang ini semakin banyak saja jenis printer yang beredar dipasaran. salah satu yang paling familiar adalah printer inkjet dan printer laser.

Kedua jenis printer ini memang yang paling banyak digunakan oleh berbagai kalangan. baik di perorangan, perusahaan ataupun diperkantoran. lalu dari kedua jenis printer tersebut mana sih yang lebih baik? pada artikel ini akan dijelaskan.

Perbedaan Printer Inkjet dan Laser

Kalau bicara kualitas hasil cetak, tentu saja printer laser yang lebih baik. agar lebih jelasnya silahkan lihat Perbedaan Printer Inkjet dan Laser diantaranya:

  1. ukuran. dilihat dari ukurannya, printer inkjet relatif lebih kecil dan simple dibandingkan printer laser.
  2. tinta. adapun tinta yang digunakan pada printer inkjet adalah jenis tinta cair sedangkan yang digunakan printer laser adalah tinta serbuk atau toner.
  3. system. pada printer inkjet system yang digunakan untuk mencetak dengan cara menyemprotkan melalui lubang – lubang yang disebut nozzle. sedangkan pada printer laser dengan cara memakai system infra merah atau sinar laser mirip system fhotokopi.
  4. kecepatan mencetak. karena cara kerja dan unsur pendukungnya pun berbeda, maka mencetak menggunakan printer laser lebih cepat selesai dibanding inkjet.
  5. hasil cetak. disamping lebih cepat, kualitas hasil cetak printer laser akan lebih halus dan lebih baik dibandingkan dengan printer inkjet.
  6. harga. untuk perbandingan harga juga berbeda, dimana harga Printer Jenis Laser lebih mahal dibandingkan dengan Jenis Printer Injket. karena Printer Jenis Laser memiliki alat dan komponen yang lebih canggih dibandingkan dengan Jenis Printer Injket.sehingga rata-rata pemakai printer laser adalah perusahaan.

Demikian artikel wongcungkup tentang Perbedaan Printer Inkjet dan Laser, semoga artikel ini bermanfaat. lalu mana printer yang anda pilih??

salam.

198 thoughts on “Perbedaan Printer Inkjet dan Laser

    1. Saud Karrysta

      Saya sering dapat pewrtamax disini tapi malam ini saya ngalah deh Mbak Dian silahkan ambil semua t3tt3t3

      Reply
    2. Dian Anarchyta

      Iya nih mas saud sekali kali dapat pertamax, besok dapat pertamax gak yah di rumah mas saud 😀

      Reply
    3. Cilembu thea

      dari namanya semua juga bakalan tahu pedanya cuman kalau di tanya definisinya jangankan orang, saya juga ngga tahu…taunya dari sini perbedaan antara injet dan laser teh ternyata begitu ya kang:D

      Reply
    4. Saud Karrysta

      Baru tahu saya Mas Yanto Perbedaan Printer injet dengan Laser. berkat postingan ini 🙂

      Reply
    5. Ridwan Habiebie

      kunjungan perdana salam kenal aja dulu dan ijin nyimak aja dulu sambil belajar pada para mastah yang telah berpengalaman dalam di blogger, semoga saya dapat menyerap ilmu dari para mastah termasuk admin blog ini

      Reply
    6. Cilembu thea

      selamat datang dan salamkenal juga sama sayah ya kang, masih trah pak habiebie kah akang ini teh?<br />senang sekali saya mengenal Anda.<br />pelukan ah

      Reply
  1. Dian Anarchyta

    Mas yanto sekalian mau tanya juga nih,,<br />Kira kira kalau untuk cetak foto printer yang terbaik apa yah?

    Reply
    1. Saud Karrysta

      Saya Pakai EPSON R30 XX Mbak Dian Hasil mantap. coba saja kalau gak percaya. Mas Yantonya lagi jalan2 ke Dumay Mbak 🙂

      Reply
    2. Dian Anarchyta

      bisa di coba mas saud, saya lagi bingung saja dengan printer yg bagus,, pas login dapat feed dari blog mas yanto yg bahas printe.. langsung deh ambil pertamax 😀

      Reply
    3. yanto cungkup

      betul memang mas saud mbak.<br />tp juga tergantung bajet mbak dian.kalau punya duit lebih pakai aja tx720wd,karena printer itu 3in1…kalau cuman untuk cetak foto pakai R230x.saya juga pakai itu koq untuk usaha

      Reply
    4. Dian Anarchyta

      Terima kasih infonya mas yanto dan mas saud, segera di praktekan di rumah..<br />Siapkan diri untuk belanja :v

      Reply
    5. Mbah dinan

      @dian anarchyta, kalau mau bagus print fotonya pake hp yang harga malah, tapi ane gak tau merknya….katanya bagus. La iya kan, kalau mahal kebanyakan hasilnya bagus ya gan yanto? heee

      Reply
  2. Cumilebay MazToro

    Aku ngak punya printer di rumah, kirimin aku printer dong #ngarep #DilemparPrinter

    Reply
    1. Saud Karrysta

      Mas Yanto gudang Printewr Mas. apa aja ada kaya nya. tinggal ambil saja kalau mau tt3tt3

      Reply
  3. Saud Karrysta

    Sekali lagi deh saya mau ngebeda in Printeer injet dengan laser.. tapi bukan lazer nya Amerika lho ya..?

    Reply
    1. Ridha Harwan

      Nasib printer sih gak apa-apa ngenes, asal nasib yang punya printer saja yang ngak ngenes. 😀

      Reply
  4. Hary Wardiansyah

    memang bener fast dalam soal kecepatan tentang printer laseer kang , , cetak foto dalam printer laser jga sangat memuaskan, bener banget kata kang Yanto , halusnya itulohh kang hehehe,, trims sudah berbagi ya kang 🙂 , , kopi mana kopi 😀

    Reply
  5. PURNAMA

    menurut saya memang lebih cepat printer laser, untuk kualitas gambar masih bagus yang mana ya?

    Reply
    1. yanto cungkup

      tergantung kesukaan masing2 mas<br />soalnya rata2 setiap merk sekarang sudah ngeluarin semua produk tersebut

      Reply
  6. Buret

    Dapet ilmu lagi disini. saya baru tau beda laserjet dgn inkjet.<br />Yang laser memang lebih unggul ya mas, tapi klo eror, nyervicenya ampun, mending nyervice yg inkjet. Maksih mas Yan ilmunya

    Reply
    1. zach flazz

      kopi-kopinya saya, mau tumpah juga nggak papa<br />lha wong yang punya lapak ngggak ngasih suguhan kopi

      Reply
  7. Beby Rischka

    Kalok printer ku masih yang inkjet, Bang. Soalnya cumak ngeprint skripsi doank sik. 😀

    Reply
  8. Dede Thea

    kalau begitu berarti yng saya pakai printer inkjet dong,dilihat dari ciri-cirinya berdasarkan artikel diatas,,,sumpah baru tahu sekarang sayamah,,,,soalnya tidak pernah melihat sedetail itu,,yang penting ada frinter ya sudah dipakai saja hehehe

    Reply
    1. Dede Thea

      betul mas Yanto,kalau rusak tinggal lapor ke bagian IT langsung diganti yang baru lagi dech hehehe

      Reply
  9. zach flazz

    yang pasti saya kalo di kantor pake laser, dandi rumah pake ingjet. <br />saya sendiri nggak suka ngeprint

    Reply
  10. Ainnul Yaqin

    Owhhh Ternyata itu Toh perbedaaannya hmmm … dikira cuman ukuran saja yang membedakannya ternyata kecepatan mencetak datapun berbeda hmmm mantaf nih kang infonya

    Reply
  11. Mbah dinan

    klau keperluan cetak foto pake laser kang yang lebih baik. tapi tergantung dengan editor fotonya lagi. tapi kalau cuma buat dokumen, tetap printer inkjet yang sangat efektif ya kang. ok makasih infonya.

    Reply
    1. Aldino Sya

      gak mau ahh pake kopiah..<br />yg lain sj mas Yan..!, jilbab ato kacamata jg nda apa2.. yg pentng jgn yg ituh,..<br /><br />kopi mana..kopi mana..di manaaa?

      Reply
  12. Wahyu Eka Prasetiyarini

    makin banyak aja ya mas jenis printer jaman sekarang, saya masih pakai printer yang biasa aja nih soalnya yang murah harga nya 😀

    Reply
    1. Aldino Sya

      sy nda ikutan ya..?,.<br />awas loh jgn ajak2 sy.. jujur.. sdh kapok diburu kamtib.. malah ada yg meluk2 segala lagi.<br /><br />.waaah.. kalu begini.. bisa2 harga printer anjlok kayak rupiah..

      Reply
  13. Indra Kusuma Sejati

    Ternyata ujung-ujungnya harga tidak bisa membohongi ya mas untuk masalah teknologi, bukanya perbedaannya bisa dilihat antara printer injet dan laser yang ada dipasaran. Ga tahunya sekarang terungkap dengan pengupasan dari kang Yanto ini.

    Reply
  14. Aldino Sya

    kalau di kantor teman sy nih Mas.. masih pake printer yg bunyinya begini mas..<br /><br />Prreeek..krek..kreek pret..preeet..! <br />brisik skali mas.. <br /><br />tp ada juga sih, printr injet,.tp jarang dipake.. suka minta diinjek.. padahal satu kali injek harganya sampai ratusan ribu.. <br /><br />beda kalo pake laser,.. pengangkatan cairan di wajah.. hasilnya pun cukup memuaskan.. meski

    Reply
    1. Marnes Kliker

      Bunyinya ampe berisik goitu ya Mas Al, berarti printernya aliran underground tuh mas 😀

      Reply
  15. Marnes Kliker

    Bujubuneng baru juga seharian nie artikel dah ampe bejibun gini ya… Nampak jelas sekali perbedaanya ya mas, katanya kalo tang printer laser mah ngeprintnya cepet banget ya kayak lagi fotocopy gitu, maklum saya mah belum pernah nyoba sih 🙂

    Reply
    1. Saud Karrysta

      Saya juag belum pernah nyoba ngeprint dengan print laser Mas Marnes. paling ngeprin dengan yang biasa aja

      Reply
    2. yanto cungkup

      saya pernah nyoba printer laser tp belum pernah punya koq mas<br /><br />enakan pakai buku sabak

      Reply
  16. Saud Karrysta

    Salam pagi Mas Yanto maaf baru hadir./ pada dinihari ini Mas Yantp sehariian tidur melulu, agak kurang vit. Printer sya hanya satu Mas itupun sudah agak lama. harus beli Printer Injet nih

    Reply
  17. Uda Awak

    Printer laser harganya lebih mahal sehingga kebanyak orang atau lembaga sekolah menggunakan printer inkjet, mas…

    Reply
  18. Mbah dinan

    ada info baru kata kawan kalau bisnis printer memang lumayan besar untungnya… karena kalau udah bisnis barang itu, diikuti bisnis tinta, kertas, dan perbaikan. kalau udah begitu untungnya banyak….akhirnya bisa bisnis buka penjualan komputer juga katanya. ada yang mau nyoba gak? heheheeee.

    Reply
  19. Mas Yadi

    Bearti printer laser itu lebih baik dari pada printer Injekc ya ? baru tahu saya mas , makasih infonya 😀

    Reply
  20. Asep Haryono

    Wahahahah artikel mas Yanto Cungkup ini seakan membawa saya ke Jaman era 90 an dulu. Saat kuliah saya di jaman itu soalnya. Saat itu masih banyak pakai Printer LX-900 kalau nda salah namanya, Printer Dot Matrix yang brisiknya minta ampun. Serrrr Treekkkk. Serrrrrrrr Treeekkkkkkk. Pake pita Printer yang kalau mau ganti harus cuci tangan. Soalnya tangan atau jari jari item kena tinta.

    Reply
  21. Arie Gondes

    wah, jadi makin tau saya sekarang mas, perbedaan antara printer inkjet dan printer laser, jadi nanti kalau ingin beli printer mending beli yang inkjet ya Mas, karena hasil dan kualitas nya lebih bagus dibanding yang laser.<br />Thks wat sharenya Mas Yanto

    Reply
  22. Achmad Fazri

    Saya punya printer injek, tapi mau ganti pake tinta tabung, Alhasil harus mengganti cartridge baru, harganya pasang cartridge dan tabung hampir sama dengan beli printer baru… saya sedang bingung ini :&#39;(

    Reply
    1. Achmad Fazri

      iya kang. soalnya ganti cartridge baru hitam dan warna 300rb, pasang tabung 100rb jadi total 400rb…<br />kalo beli baru 500 rb.. beda dikit kan kang. hehe<br />emang mang yanto berani berapa nih.. 🙂

      Reply
  23. Muhammad Adam Hussein

    Saya sendiri lagi mengincar printer laser yang lagi sedang diskon, sebab dari kualitasnya itu sangat memuaskan apalagi buat pencetakan buku. ^.^

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.