Perbedaan Memori RAM dan Memori ROM

By | 08/12/2015 at 21:58 pm

Perbedaan Memori RAM dan Memori ROM. Kedua Memori tersebut merupakan salah satu perangkat Keras atau Hardware yang kegunaannya cukup vital pada komputer maupun laptop. Walaupun sekilas RAM dan ROM memiliki nama, model dan fungsi yang hampir sama, tetapi keduanya memiliki beberapa Perbedaan.

RAM singkatan dari Random Access Memory, fungsi memory RAM adalah untuk menyimpan dan menjalankan berbagai program data seperti game ketika komputer / laptop maupun smartphone sedang Hidup / menyala. data didalam memory RAM hanya bersifat sementara dan akan hilang ketika power komputer dihidupkan ulang. semakin besar kapasitas memory RAM yang terpasang pada komputer anda, maka akan semakin cepat pula kinerja komputer tersebut. Selengkapnya silahkan baca : Pengertian dan Fungsi RAM.

Perbedaan Memori RAM dan Memori ROM

ROM singkatan dari Read Only Memory, ROM juga berguna untuk media penyimpanan data pada komputer / laptop maupun smartphone. ROM sifatnya permanen, artinya program / data yang disimpan di dalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan.

Dari pengertian diatas, keduanya memang terlihat memiliki fungsi yang sama. agar lebih jelas kali ini Wongcungkup akan share beberapa Perbedaan Memori RAM dan Memori ROM, diantaranya :

  1. Data yang disimpan pada RAM akan hilang ketika komputer dihidupkan ulang sedangkan data pada ROM tetap tersimpan walaupun komputer dihidupkan ulang, lebih jelasnya bahwa Data RAM bersifat sementara sedangkan data ROM bersifat permanen;
  2. RAM dapat di isi data pada saat komputer menyala dengan sangat mudah, sedangkan mengisi data ROM cukup sulit, karena itu sudah otomatis ada dari bawaan system Komputer maupun laptop;
  3. RAM sewaktu – waktu dapat ditambah  untuk mengoptimalkan kinerja komputer sedangkan ROM tidak.
  4. RAM dapat menyimpan berbagai data program sedangkan ROM biasa digunakan untuk menyimpan firmware (piranti lunak yang berhubungan erat dengan piranti keras) contohnya ROM BIOS.

Demikian artikel dari Wongcungkup tentang Perbedaan Memori RAM dan Memori ROM, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,

bahan Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/ROM

74 thoughts on “Perbedaan Memori RAM dan Memori ROM

  1. wongcrewchild

    artikel Perbedaan Memori RAM dan Memori ROM ini sangat bermanfaat dan berguna, menjadi pencerahan dan membuka wawasan pengetahuan dunia komputerisasi..
    mas admin memang top

    Reply
    1. Dzatmiko

      yang pastinya RAM itu bukan memory card mas, kita tunggu aja jawaban dan penjelasan dari master yan..

      Reply
  2. mangs Aduls

    jadi begitu ya perbedaannya. ram bisa di isi dengan mudah saat nyala sementara rom sulit ya.

    Reply
  3. diar nurhakim

    Iya saya juga baru tau kalau ada ROM nih mas Yanto, dan perbedaannya beda banget ya mas yanto walaupun persamaannya hampir sama sebagai penyimpan data. ROM bersifat permanen, RAM bersifat sementara… 🙂

    Reply
  4. Dzatmiko

    Fungsi dari RAM dan ROM pada komputer/laptop sama persis dengan RAM dan ROM pada Smartphone ya mas.

    Reply
  5. trikpos

    Perbedaan antata Ram dan Rom memang sesuatu yg tabu mas…, selama ini yang saya tahu cuma Ram adalah Random Access Memory, ternyata ada juga kembaranya Rom, beda tipis mas ya…, namun juga beda fungsinya ….tankyu mas…..

    Reply
  6. ROCK in the family room

    saya pun termangu dengan tambahan ilmu pengetahuan ini.
    meski pada prakteknya, saya tetep saja cengo.

    Reply
  7. Debe

    jadi ingat masa – masa sekolah dulu belajar kmputer ini RAM dan ROM, yang saya tahu cuma RAM itu sering dipermasalahkan kalau laptop rusak or virusan,
    oh ternyata ROM kekal permanen ya mas

    Reply
    1. mbah dinan

      Bayangannya sih kayaknya seperti berikut mas.

      Naval Oceanographic Office Major Shares Resource Center, Mississippi menggunakan 3.000 mikroprosesor 64 bit dengan kemampuan setara 368 buah komputer desktop yang digabung menjadi satu. Super Komputer milik nasa ini menggunakan operating system (OS) Unix IBM alias AIX dengan kecepatan 20 teraflop atau setara dengan 20 triliun penghitungan matematik per detik. Dengan kecepatan itu, kita bisa menghitung deretan angka yang bila dilakukan dengan kalkulator makan waktu 1,2 juta tahun. Sedangkan dengan superkomputer ini, hanya butuh waktu 1 detik.

      Reply
  8. mbah dinan

    kadang banyak juga yang menyangka sama, padahal beda antar ROM dan RAM yan. kalau RAM bisa juga dikatakan sebuah jembatan penerus sebuah data di simpan pada ROM, karena sebelum masuk secara otomasis dalam sebuah ROM dia disaring atau disimpan dulu pada RAM, setelah semua selesai dan data kita tutup, baru deh masuk ke ROM. begitu kan yan?

    Reply
  9. awen

    Yang begini saya sering liat di hp smarthpone mas katanya sih ram nya 512 eh pas saya liat 2gb mngkin itu yg dmaksud ram dan rom itu ya mas. 🙂

    Reply
  10. Wky Barcelonista

    makasih mas infonya, baru tau saya perbedaaan antara memori RAM dan ROM..
    Udah jarang nih datang kemari

    Reply
  11. hendri hendriyana

    saya masih kurang faham nih mas, agak lambat memang saya mencerna artikel kayak gini, saya hanya tau ram saja, sedangkan rom sendiri saya baru mendengar pada artikel ini. musti belajar lebih dalam lagi nih sama mas yanto.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.