Perbedaan Blogspot dan WordPress

By | 29/07/2015 at 23:01 pm

Perbedaan Blogspot dan WordPress. saat ini platform blogspot dan wordpress merupakan platform yang paling banyak digunakan oleh blogger. Lihat saja ketika anda berkunjung keblog teman – teman maka yang ditemukan kedua jenis blog tersebut.

setiap orang punya alasan tersendiri didalam memilih jenis platform blog yang dikelolanya. admin sendiri pernah mencoba kedua jenis platform tersebut. bagi anda yang sering berkunjung ke blog ini pasti sudah tahu bahwa dulunya blog ini menggunakan platform blogspot sebelum melakukan migrasi ke wordpress seperti saat ini.

Perbedaan Blogspot dan WordPress

Setelah wongcungkup menggunakan kedua jenis platform tersebut, ternyata ada beberapa perbedaan yang menjadi kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh masing – masing platform. menurut wongcungkup Perbedaan Blogspot dan WordPress yang paling menyolok diantaranya sebagai berikut:

1. google plus (g+)

pada platform blogspot terdapat settingan share otomatis ke G+ setiap update artikel,jadi pengguna blogspot tidak perlu repot share artikel terbarunya ke g+ karena blogspot terintegrasi dengan akun google, sedangkan pengguna blog wordpress mesti melakukan cara manual untuk membagikan artikel ke google plus.

2. tutorial

saat ini lebih mudah mencari tutorial seputar blogspot dibandingkan wordpress, karena banyak blog yang mengulas trik blogspot dan masih sedikit yang mengulas tips seputar wordpress.

3. tampilan template / thema

template( pada wordpress disebut theme) platfom wodpress lebih elegan walaupun admin blognya tidak paham kode – kode script karena bantuan plugin. sedangkan platform blogspot lebih rumit karena mesti belajar banyak kode script. tapi hal itu bisa diakali dengan memakai template yang berbayar yang biasanya power full.

4. kode script

kode script blogspot sebagian besar menggunakan CSS dan HTML dan kode script wordpress sebagian besar menggunakan PHP, walaupun tetap ada juga script CSS maupun HTML nya.

5. hosting

platform blogspot tidak menyediakan hosting berbayar sedangkan wordpress menyediakan self hosting.

6. biaya

bagi pengguna blog yang sudah di custom domain, maka platform blogspot cukup membayar biaya domain yang lumayan murah dikisaran Rp 100.000 pertahun, sedangkan pada platform wordpress mesti membayar domain dan hosting yang biayanya relatif tergantung kuotanya yang bisa mencapai jutaan rupiah.

7. banned

blog blogspot lebih rawan kena ancaman dari google berupa banned apabila melakukan pelanggaran TOS, sedangkan platform wordpress relatif lebih aman.

8. link

platform wordpress relatif murah didalam memberi backlink pada komentar,karena pada kolom komentar bila diklik akan langsung menuju blog komentator, sedangkan pada blogspot backlink dapat disetting ke g+, Url, maupun open ID.

9. spam

mungkin karena lebih murah backlink menjadikan blog wordpress lebih sering mendapatkan komentar spam dibanding blogspot. ketika admin menggunakan blogspot dulu mendapatkan komentar spam paling sering 2 – 3 hari sekali. tapi ketika memakai wordpress setiap hari selalu mendapatkan komentar spam bahkan mencapai 3-5 kali sehari. tapi masalah itu bisa ditanggulangi dengan memoderasi komentar pertama dari 1 ID.

10. follow blog

pada blog blogspot tersedia widget follow blog sehingga setiap orang tinggal klik widgetnya untuk mengikuti blog yang diinginkan, sedangkan untuk mengikuti blog wordpress maka mesti melakukan cara manual dengan cara masuk ke dasbord blog terlebih dahulu.

kesimpulan : setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. dan perbedaan diatas hanya pengalaman penulis pribadi ketika menggunakan kedua platform tersebut. bila masih ada perbedaan yang lain silahkan menambahkan dikolom komentar.

demikian artikel dari wongcungkup tentang Perbedaan Blogspot dan WordPress, semoga artikel ini bermanfaat.

salam

242 thoughts on “Perbedaan Blogspot dan WordPress

    1. Saud Karrysta

      Walaupun kedua Platform blogspot wordpress banyak perbedaan seperti yang Mas Yan Uraikan di post ini. saya Mas tetep keukeuh pageuh pilih keduanya. soale keduanya punya moment indah tersindirinya Mas Sulaeman :good:

      Reply
  1. Saud Karrysta

    Ke dua platform Blogspot dan WordPress keduanya sama sama memiliki kekurangan dan keleibihanya ya Mas Yan..? Anehhh setelah Lebaran koq Mas Yanto nambah Ganteng dan pinter sih resepnya pake sabun apa coba Mas..? :ckakaka: 😥

    Reply
        1. Asep Haryono

          Wah ternyata untruk eh untung bisa ganteng betapa mudah caranya ya. Tinggal nggak mandi 7 hari bisa ganteng ya. Waaaaaaaaaaaa keren idenya. Ide siapa coba

          Reply
  2. kangjum

    wordpress :
    ada notifnya kaya pesbuk.
    permalink bisa diubah-ubah.
    aplikasi juga kerenz.
    mudah dipahami.

    Reply
    1. Saud Karrysta

      Blogspot modrn sekarang ini, gak jauh beda koq Kang Jum seperti yang Kang Jum paparkan. hanya perbedaan saja seperti yang Mas Yan tuliskan diatas :piss:

      Reply
  3. Saud Karrysta

    Bolehkah saya nambahin perbedaan Blogspot versus Worpres Mas Yan..? Blogspot banyak sekali yang share Template free responsive bahkan premium. Sedangkan pada WordPress Jarang yang berbagi Theme free, apalagi yang premium.. ehh iya gak sih Mas..? :melet:

    Reply
      1. bengkel blogger

        masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. makanya kalau bisa kuasai keduanya. kalau saya mau menggunakan wp untuk jualan, kayaknya bagus dan itu sangat interaktif sekali.

        Reply
    1. Marnes

      ribet karena blom terbiasa aja kali mas karna sudah lebih dulu mengenal dan tebiasa menggunakan blogspot, coba kalo dari awal ngeblog kenalnya sama WP doang tentu mudah juga kali ya 🙂

      Reply
      1. Penghuni 60

        Ga juga kali sob, meskipun pertama kenal blogspot, tp kalo kenal WP trs ternyata WP gampang saya mungkin langsung milih WP. La ini sih mau bikin spasi aja pusing minta ampun saya gimana caranya. Di draft udh bnr ada spasinya giliran dipublish tulisannya msh nyambung semua. Itu pengalaman pertama knl WP. sejak itu, lngsung ilfil deh ama WP. ternyata gampangan blogspot saya pikir.

        Reply
        1. Yanto Cungkup Post author

          sebenernya mudah aja mas kalau dah ngerti caranya.
          yg jelas memang tutor wp nggak sebanyak tutor blogspot jadinya bingung pake wp karena sulit mencari referensi

          Reply
  4. Marnes

    kedua platform tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekuarangan masing-masing, yah tergantung selera masing-masing aja deh… berhubung saya mah masih kurang paham tentang WP jadi untuk saat ini mah saya masih pilih yang blogspot aja mas

    Reply
  5. Saud Karrysta

    Salam sore Mas Yan dan sobat semua. sementara ini saya masih focus di blogspot, walau WP Saya suadah ada namun belem sempet ke isi artikel. boleh bantu saya ngisi in post WP Saya Mas..?

    Reply
  6. Achmad Fazri

    Yang pasti blogger lebih dimanjakan dengan tools tools/widget yang sudah ada di dalam setting blog, sedangkan WordPress harus mengelola sendiri widgetnya… Bisa dikatakan WP lebih mandiri

    Reply
      1. bengkel blogger

        sebenarnya lebih banyak widget wp yang disebut wp pluggin mas…namun itu kembali kepada pilihan masing-masing.

        Reply
        1. Achmad Fazri

          kebetulan sebelum mengenal blogger, saya pakai WP untuk tugas kampus, Tapi blum sempat mengenal Plugin… Widget WP harus di install dulu ya, tidak seperti blog tinggal sekali klik… :yes:

          Reply
  7. bengkel blogger

    blogspot juga sebenarnya menyediakan perpindahan domain ke tld berbayar mas…kayaknya masih berlaku di amrik. tapi kayaknya memang enakan wordpress karena banyak kontributornya, sehingga selalu berkembang. dan yang jelas banyak theme yang bagus dan enak dipandang mata mas. loadingnya juga cepat.

    Reply
  8. Nehandnews Dotcom

    Wah lama sekali tidak bersua sama sam ternyata sudah pindah rumah baru sam..
    kalau di analisis lebih keunggulannya lebih banyakan wordpress yah mas, cm qt harus merogoh kocek lebih banyak untuk membayar domain n hostingnya tiap tahun, tp sebanding lah atas fasilitas n fitur yang wordpress berikan. Terimakasih mas informasinya, sangat menambah wawasan saya tentang wordpress.

    Reply
  9. mangs aduls

    terimakasih kang info kekurangan dan kelebiannya tapi saya masih setia dulu dengan blogspot. hehehe. karena ada kata murah juga. 🙂 :good:

    Reply
  10. santika

    Karena tutor wordpress masih sedikit mas, saya dukung mas yan jadi tutor wordpress terlengkap.. kan mas yan udah ahli ya

    Reply
  11. santi

    satu lagi mas! kemarin aku coba buat akun wordpress, pusingnya minta ampun mas.. pasang meta webmaster aja mesti keliling kampung hehe.. bantuin yah..~!

    Reply
    1. Saud Karrysta

      Bisa di bantuin Mas Yan Mbah tapiharus ada syarat2 tertentu plus dengan sesaji buat ritual, dan Mbah harus meditasi selama 7 hari kata Mas Yan itu ge hehhe :ckakaka:

      Reply
  12. Asep Haryono

    Saya dari awal sudah kenal dengan Blogspot saja sih. Sudah lama memang ingin ekspansi ke platform yang lain seperti WordPress. Dan memang saya juga sudah punya 1 akun di Worpress. Saya sudah pernah liat control panel (dashboard) WordPress memang canggih tenan. Eh begitu saya coba untuk ganti TEMPLATE di WordPress malah bingung, Ujung ujungnya malas untuk “kotak katik” WordPress lagi. Kasian kan sayah

    Reply
  13. hanibi

    Klo para master bule sana sukanya emang wordpress si kang tp saya pernah nyoba agak bingung karena terbiasa pake blogspot mungkin ya. Dari artikel anda saya jd lebih tahu perbedaannya. Muakasih buanyak lho ya ..

    Reply
  14. oh andrian

    saya waktu pertama kali belajar ngeblog pakai wp dan hostingnya yg gratisan hihihi *curcol ,wp emang bagus kalau templatenya ya kang.
    sekarang pakai blogspot,karena lebih nyaman aja.
    mantep kang ulasannya :ngopi:

    Reply
  15. Eka Ikhsanudin

    untuk Blog Pribadi saya tetap setia menggunakan Blogspot kang, ternyata masing2 ada kelebihan dan kekurangannya ya… :yes:

    Reply
    1. ibrahim

      Saya dah pake dua-duanya, tapi kalau untuk cepat terindeks, itu seperti yang saya alami adalah menggunakan wordpress org

      Reply
  16. bengkel blogger

    hahahaa…..ternyata gambar ane muncul juga….saya juga belajar wordpress sekarang kang….doakan berhasil ya kawan-kawan.
    i love you all dan salam cipok salto…

    Reply
  17. Mang Lembu

    ampun mang ah…online di bekasi pake smartfrend aje gila banget lemotnya, susah saya buat komentar, butuh sebatang rokok untuk bisa komentar..maaf ya kalo jarang maen kesinih.

    Reply
      1. Mang Lembu

        sejak dua bulan lalu dialih tugaskan pengawasan di proyek miliknya Kodya Bekasi…..ibue’ tetep di Cilembu, lumayan kang bisa tebar pesona lagi disini.

        Reply
  18. Mang Yono

    ternyata begitu ya mas… berbeda tapi satu tujuan khan…. berhubung saya belum paham wordpress … jadi sementara ini saya pakai blogspot dulu aja hehehe

    Reply
  19. kips

    Keduanya punya kelebihan dan kekurangannya tersendiri ya, dan untuk memilihnya terkait dengan kecocokan masing-masing pengguna.

    Reply
  20. Abdul Muhajir

    blogspot dengan wordpress sama sama bagus ,biliat dari pagerank nya sama sama 9 walaupun sudah gk penting juga sih. resiko banned nya itu yang lumayan.

    Reply
    1. Masjal

      ya mas betul bnget kalo blogspot mudah di gunakan, dan blogspot templatenya keren2 dan unit mudah di edit,,

      Reply
  21. DonaldSepang

    Saya baru tahu secara jelas dan detail perbedaan antara blogspot dan wordpress mas. Terima kasih informasinya yang sangat membantu.

    Reply
      1. DonaldSepang

        Kalau pengen follow mas gimana? saya udah masuk dashboard seperti yg dijelaskan di atas namun saya bingung selanjutnya ngpain.

        Reply
          1. DonaldSepang

            Saya udah ikuti mas tapi laporannya: kami tidak dapat menemukan umpannya.
            saya ga ngerti

            Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.