Perbedaan antara HTTP dan HTTPS

Perbedaan antara HTTP dan HTTPS. Alamat HTTP dan HTTPS merupakan awalan URL suatu website maupun Blog yang sering dijumpai dihalaman internet. Walaupun sekilas mirip tetapi keduanya memiliki perbedaan yang mendasar. Baca jugu : Arti semua kode status HTTP

Bagi seorang netter yang hanya sekedar browsing di internet, kedua nama tersebut tidak dipedulikan dan tidak di perhatikan. tetapi bagi seseorang yang membuka internet untuk urusan keamanan dunia maya seperti transaksi keuangan, nama tersebut akan menjadi perhatian Utama.

Perbedaan antara HTTP dan HTTPS

Lalu apa sih Perbedaan antara HTTP dan HTTPS ?. agar lebih jelasnya dibawah ini Wongcungkup akan mengulas dan memberikan sedikit penjelasan dasar tentang pengertian kedua Url tersebut.

Pengertian HTTP :

HTTP singkatan dari HyperText Transfer Protocol. Artinya HTTP adalah sistem yang berguna sebagai transmisi dan untuk menerima informasi di seluruh server maupun klien. Server sendiri adalah komputer tempat menyimpan kode situs Web dan klien adalah browser yang anda gunakan itu sendiri.

Jadi intinya, jika anda mengunjungi suatu Blog maupun Website yang menggunakan awalan HTTP, itu berarti browser anda terhubung ke server menggunakan HTTP. System HTTP sendiri saat ini merupakan system yang paling rentan terkena serangan cyber para hacker.

Pengertian HTTPS :

HTTPS adalah singkatan dari HyperText Transfer Protocol over Secure Socket Layer. jadi secara sederhana dapat disimpulkan bahwa HTTPS merupakan versi aman dari HTTP.

System ini ditemukan pertamakali oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi sandi. selain menggunakan komunikasi plain teks, HTTPS juga menyandikan data sesi protokol SSL (Secure Socket Layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Kedua protokol ini memberikan perlindungan yang memadai dari serangan para hacker.

Dari kedua pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa HTTP merupakan saluran yang paling banyak digunakan oleh sebuah website, sedangkan HTTPS merupakan versi aman untuk HTTP. Seperti ketika klien membuat permintaan ke server, maka server akan merespon dengan menawarkan daftar metode enkripsi. Ketika klien terhubung ke sebuah website melalui HTTPS, website mengenkripsi sesi dengan sertifikat digital.

Demikian Artikel dari Wongcungkup yang berbagi tentang Perbedaan antara HTTP dan HTTPS. Semoga artikel ini bermanfaat.

salam,


About Yanto Cungkup 501 Articles

saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

108 Komentar

  1. HTTPS sering digunakan oleh Pemerintah daerah untuk meminta/mengumpulkan informasi di masing-masing daerah. Contoh untuk aplikasi aset daerah. setiap sekolah harus login ke alamat https://…… dan kemudian data akan langsung terkirim secara online. Setahu saja seperti itu kang!

  2. saya sih masih http mas yan, tapi tenang aja blog saya mah udah dijagain sama power ranger atuh..
    https jelas lebih aman ya mas, saya mah ga terlalu ngerti sama keamanan2 gitu mas, heuheu

  3. katanya untuk seting https perlu biaya yang cukup besar ya mas, itu bener pa gak?

    dan kenapa juga sekarang di blogspot justru disajikan layanan seting https?

  4. ternyata sangat berbeda ya kang antara Http dgn https, kira2 kalau kelebihan dan kekurangan dalam memakai http atau https apa ya kang ? … punya saya kayaknya http doang deh hikhikhik… padahal kalo ada pulpen mah tinggal nambahin huruf s saja yah 😀

  5. Hallo Kang Yanto, apa kabar..?? lama saya nggak ngobok-ngobok blognya kang Yanto nih..hehehe

    sebenarnya blog kita, terutama blog personal apakah perlu pakai HTTPS? biar lebih aman gitu…??

    setau saya, harga https sih cuma $5/tahun..
    :d

  6. sudah beberapa hari ga ksini sudah ramai saja, dan ada artikel yang belum sempet di baca.. baca baca dulu ah.. siapa tau adminya baik hati mau memberikan secangkir kopi ..

  7. .Serupa tapi tak sama.

    .Dah lama gak mampir di dimari, jadi segan. T_T
    .Apa kabar mas? sehat kah? Kerjaan lancar juga mas? semoga 🙂

    .Nice Articles, Salam Blogger.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*