Penyebab Smartphone Android Sering Restart Sendiri

Penyebab Smartphone Android Sering Restart Sendiri. Dewasa ini teknologi android semakin menjadi idola. semakin banyak jenis dan type android yang beredar dipasaran, dari yang berharga ratusan ribu sampai dengan jutaan rupiah, tergantung spesifikasinya.

Semakin banyak android juga berbanding lurus dengan permasalahannya, perlu diketahuhi wahwa smartphone yang berharga mahal dan punya spesifikasi yang sangat baik pun tidak luput dari masalah. dan yang sering menjadi keluhan pengguna adalah HP sering restart sendiri / hang.

Penyebab Smartphone Android Sering Restart Sendiri

Berikut ini Wongcungkup beberkan beberapa Penyebab Smartphone Android Sering Restart Sendiri dan cara mengatasinya. diantaranya :

A. Software

Kemungkinan besar penyebab android hang maupun restart sendiri adalah karena masalah pada software. bisa jadi karena aplikasi yang anda install itu error maupun karena banyaknya aplikasi yang terpasang.

Solusinya :

  1. coba hapus aplikasi yang terakhir anda install, jika smartphone sudah normal berarti aplikasi tersebut bermasalah, jika handphone tetap error silahkan lanjutkan ke point 2 ;
  2. coba cek jumlah aplikasi yang terinstall, jangan terlalu banyak memasang aplikasi. install aplikasi yang sering dipakai saja. anda bisa menyimpan file master (.apk) aplikasi dan menginstall ketika dibutuhkan saja. ingat!! jika anda memasang aplikasi yang terlalu banyak, maka kinerja RAM pada android menjadi berat dan berpotensi menjadikan hang. baca juga : Cara Mengatasi Memory Penuh Pada Android ;
  3. coba hapus cache / file sampah. sampah yang terlalu banyak juga rentan menjadikan smartphone mati sendiri. gunakan aplikasi pembersih contohnya clean master untuk membersihkan sampah ;
  4. Jurus pamungkas adalah dengan melakukan factory reset. factory reset berfungsi untuk mengembalikan handphone ke setelan pabrik. sudah banyak blog yang membahas cara melakukan factory reset, silahkan cari di google untuk cara melakukan factory reset pada type smartphone anda.

B. Hardware

Selain karena Software, perangkat keras / hardware juga bisa membuat android restart sendiri. hal ini biasanya terjadi ketika HP sudah cukup lama dipakai, sehingga komponennya sudah tidak bisa melakukan kinerja secara maksimal. diantaranya :

  1. batterai. Yang sering terjadi adalah masalah pada batterai. dalam kurun waktu tertentu (tergantung pemakaian), batterai smartphone anda cepat habis. contoh : kalau biasanya sehari baru di charging, sekarang cuman dipakai 3 jam udah habis. hal ini akan menyebabkan HP sering mati sendiri karena arus tidak stabil lagi. batterai yang sudah tidak normal akan terlihat tidak rata / mengembung. solusinya segera ganti batterai anda.
  2. memory card. memory card yang error juga bisa menyebabkan smartphone restart sendiri. solusinya: coba copot memory eksternal dari HP anda lalu hidupkan. apabila sudah normal berarti memang masalahnya ada di memory tersebut. baca juga : Cara Mengatasi Flashdisk tidak bisa di Format.

Demikian artikel dari Wongcungkup tentang Penyebab Smartphone Android Sering Restart Sendiri, Semoga artikel ini bermanfaat.

Salam,


About Yanto Cungkup 490 Articles
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

73 Komentar

  1. Saya dulu juga sempat mengmalami hp restart sendiri. Tipsnya juga bisa diterapin mas, tinggal hapus aplikasi yg tdak perlu. Dengan cara itu kapasitas memori akan lebih besar

  2. Pantesan hp saya suka restart, ternyata gegara memorinya rusak, sekarang ganti memori lancar lagi nih mas..

    kalau masih restart terus berarti kudu dilembiru yah, soalnya sekarang biaya servis hp MAHAL saya juga pernah benerin HP sering restart katanya IC nya kena biayanya gak masuk akal. beda dikit sama beli yang baru.
    Ya dari pada benerin hp itu mending beli yg baru dong

  3. Mas Mu nanya tapi OOt,,
    Saya punya tablet advance tapi tidak bisa di koneksikan ke Leptop padahal Usb debugingnya sudah saya aktifkan. kira2 supaya bisa konek gimana yah caranya ? atau mas ada referensi artikel untuk saya ?

    terimakasih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*