Penyebab Blog Tidak Diindex Google

Penyebab Blog Tidak Diindex Google. Setiap Blogger tentunya memiliki keinginan agar tulisan / artikel di blognya dibaca oleh orang lain. menurut pandangan admin sendiri, salah satu tolok ukur bahwa artikel itu bermanfaat adalah apabila banyak orang membaca artikel tersebut.

Semakin banyak orang yang membaca artikel di blog kita maka akan semakin bagus. Maka tidak heran apabila banyak blogger yang berlomba – lomba melakukan cara agar blog ramai pengunjung.

Pembaca Blog bisa datang dari sumber yang berbeda, diantaranya :

  1. Blogwalking (saling berkunjung antar sesama blogger) ;
  2. Promosi baik lewat sosmed maupun dari mulut ke mulut ;
  3. Mesin pencari (seperti google, yahoo, Bing dll).

Dari ketiga cara diatas yang paling susah adalah yang point 3, tetapi apabila dapat mendatangkan visitor dari mesin pencari maka hasilnya akan sangat signifikan untuk mendongkrak ranking blog  di banding 2 cara yang lain. idealnya ketiga cara diatas dilakukan semuanya. oleh sebab itu admin akan membahas seputar point yang nomer 3 saja.

Untuk mendapatkan visitor dari mesin pencari, artikel anda minimal ada dihalaman 1 search engine lebih bagus lagi bila nangkring di nomer 1. semakin banyak artikel yang berada di page one, maka kemungkinan di buka pengunjung akan semakin besar. untuk itu anda harus belajar mengenai teknik SEO (Search engine Optimization).

Sebelum berbicara tentang berapa artikel yang nongol dihalaman pertama mesin pencari (khususnya google sebagai mesin pencari terbesar saat ini), cek dulu apakah artikel anda sudah terbaca / terindex mbah google. karena apabila artikel belum terindex google maka mustahil artikel tersebut akan duduk di halaman pertama.

Penyebab Blog Tidak Diindex Google

Penyebab Blog Tidak Diindex Google itu ada beberapa macam diantaranya :

  1. Blog masih baru ;
  2. blog tertutup ;
  3. Blog melanggar hak cipta (contohnya blog copy paste, blog konten terlarang) ;

Cara untuk memastikan apakah blog diindex google adalah: Buka Google.com. Ketik “site:URL blog anda” (tanpa tanda petik) ==>> lalu enter. bila Url anda muncul dihasil pencarian berarti alamat tersebut sudah diindex google, sebaliknya bila tidak muncul berarti Url tersebut tidak / belum terindex.

Untuk mengatasi Blog yang tidak terindex google adalah sebagai berikut :

  1. Jika Blog anda masih baru, dalam arti baru dibuat satu jam atau seminggu yang lalu, maka bersabarlah menunggu, karena proses pengindeksan itu perlu waktu, bisa cepat bisa lama, tidak dapat dipastikan. sembari menunggu sebaiknya anda melakukan update artikel secara berkala ;
  2. Pastikan bahwa mesin pencari bisa mengindex blog Anda, cek robot.txt dan meta tag. jangan gunakan pengaturan noindex untuk laman situs yang ingin diindex ;
  3. Periksa di Google Webmaster tools, apakah ada pesan tentang Tindakan Manual? Seringkali suatu situs dihapus sebagian atau keseluruhan dari pengindeksan karena blog Anda dianggap melanggar Pedoman Webmaster Google ;

Jika anda selesai mengatasi semua masalah diatas, maka segera kirim permintaan pengindeksan ulang. caranya : buka google webmaster tools ==>> klik blog yang mau diindex ulang ==>> perayapan ==>> ambil sebagai google ==>> ambil.

Demikian artikel dari Wongcungkup tentang Penyebab Blog Tidak Diindex Google, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,


About Yanto Cungkup 487 Articles
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

49 Komentar

  1. Mungkin untuk beberapa artikel telat keindeks kali mas ya….tp secara natural tetap bakal keindeks juga…kecuali dalam pengaturannya memang sengaja dibuat ‘tidak di izinkan untu di indeks’….

  2. Seperti biasanya kalo mas wong nulis pasti isinya singkat jelas dan padat merayap bahasanya pun gampang di cerna ga muluk muluk dahhh muantap tapi untuk masalah trafick yang saya rasakan paling cepet untuk mendatangkan visitor sih dari bw itu yang paling kerasa kalo manfaatin sosmed dan gogle rada sulit karena membutuhkan waktu yang tidak sebentar hehe betul tidak om ?

  3. Tanya gan, kalau kita pake cloudfare redirect nya otomatis ya?saya baca di google harus memasukkan semuanya untuk yang http dan https nya, apa kita mesti membuat disallow di robot nya untuk yang http dan untuk https nya allow, gitu gan? agar google cuma mengindex dari versi yang https saja? makasih gan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*