Penyebab Artikel tidak Muncul di Halaman Pertama Google

By | 27/10/2015 at 22:20 pm

Penyebab Artikel tidak Muncul di Halaman Pertama Google. Saat ini mesin pencari Google merupakan search engine yang menjadi acuan kepopuleran sebuah artikel blog. Pengunjung blog yang datang dari search engine ( pengunjung organik) sebagian besar datang dari google. sehingga banyak pemilik blog yang berlomba – lomba melakukan berbagai cara agar blog nangkring di page one. semakin banyak artikel blog yang muncul di halaman satu google semakin besar pula peluang agar blog ramai pengunjung.

Beberapa waktu yang lalu Gogle telah mengeluarkan ebook tentang panduan mengoptimalkan mesin pencari. dalam buku panduan tersebut, secara teori sepertinya sangat mudah untuk membuat artikel muncul dihalaman pertama search engine google. tapi didalam prakteknya hal itu sangat sulit dilakukan.

Penyebab Artikel tidak Muncul di Halaman Pertama Google

Mengapa hal itu bisa terjadi ? Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor. dan kali ini Wongcungkup akan mengulas satu persatu.

Penyebab Artikel tidak Muncul di Halaman Pertama Google :

  1. Blog tidak SEO ( searh engine optimization ). blog anda tidak memenuhi kaidah SEO yang telah diterapkan oleh mesin pencari. baca : Cara membuat Semua artikel SEO friendly.
  2. Perubahan alogaritma. google beberapa waktu yang lalu sudah merilis Alogaritma Mobilegeddon, dimana pada alogaritma ini lebih menonjolkan artikel yang mobile friendly. lalu sudahkan blog anda responsive dan mobile friendly??
  3. Blog masih baru. blog anda belum cukup umur untuk bersaing di search engine. minimal usia blog adalah 3 bulan untuk bisa bersaing.
  4. Tidak Update secara rutin. mesin pencari sangat menyukai blog yang selalu update secara teratur, khususnya blog yang masih baru. teratur disini maksudnya berkesinambungan dan kontinyu.
  5. Domain Autority (DA) dan Page Autority (PA) yang masih rendah. Saat ini dapat dikatakan bahwa DA dan PA blog berfungsi sebagai pengganti Pagerank (PR) yang konon tidak akan update lagi. bagi blog subdomain DA tidak menjadi masalah karena mengikuti induk domainnya. seperti blogspot skornya 93. tapi bagi blog yang sudah custom domain harus berusaha sendiri meningkatkan DA dan PA blog. menurut berita yang pernah admin baca, DA dan PA blog yang bagus minimal 30. baca : cara meningkatkan domain dan page autority.
  6. Banyak saingan. ini point yang paling sering terjadi, persaingan yang sangat ketat dari tema artikel yang anda tulis. semakin banyak pesaing dari satu judul artikel maka semakin susah juga artikel anda muncul dihalaman pertama.
  7. Kurangnya Optimasi SEO on page dan SEO off page. selengkapnya silahkan baca : pengertian SEO onpage dan off page Pada Blog.

Demikian artikel dari Wongcungkup tentang Penyebab Artikel tidak Muncul di Halaman Pertama Google , semoga artikel ini bermanfaat.

salam,

232 thoughts on “Penyebab Artikel tidak Muncul di Halaman Pertama Google

  1. Abdul Muhajir

    wah banyak banget yang masuk di kriteria blog saya seperti mungkin kurang seo, jarang update , da pa rendah dan tema blog saya blogging sudah pasti banyak saingan

    Reply
    1. Mang Lembu

      bergelimang harta lebih baik dari pada bergelimang dosa, hal ini sama dengan kenapa yang menyebabkan artikel nggak muncul di halaman depan google

      Reply
    2. muhtar arifin

      mirip dan percis alias nyaris,,blog ku itu kok kaya mati suri gitu kang,sepii,,mungkin kurang seo,atau apalah tersebut diatas..kalo pake acara nonton bareng layar tancep mungkin baru rame…kikiki 😥

      Reply
  2. Achmad Fazri

    template saya kebetulan tampilan mobilenya di matikan… ternyata itu salah satu yang menyebabkan blog saya susah nongol di puncak google search ya… untuk masalah seo sepertinya harus belajar banyak dari mang yanto nih… saya tunggu tips seo nya mas

    Reply
    1. Marnes

      Punya saya juga dimatikan mas tapi kalo templatenya udah responsive berpengaruh gak ya? soalnya waktu beli template dari Mas Sugeng ada pejelasan kalo template responsive tampilan untuk mobile di disable aja, saya masih kurang paham nie sama yang beginian

      Reply
      1. Yanto Cungkup Post author

        biasanya untuk template sekarang model mobil friendlynya udah dimasukin di edit HTML sekalian mas,jadi nggak masalah bila fitur mobile didisable.
        test aja pake hp tampilan blognya bisa penuh atau kudu pake kursor menyamping mas

        Reply
  3. hendri hendriyana

    mungkin banyak saingan ya mas yan, saya juga kadang kesel banget lomas udah nulis dan jelasin panjang lebar eh ga keindex.hadeuh sakitnya tuh disini mas 😥

    Reply
      1. hendri hendriyana

        pantes distrap juga mas asep mah suka darmaji sih, dahar lima ngakunya hiji.hehehe
        apalagi ga bayar pantes itu :ckakaka:

        Reply
  4. hendri hendriyana

    harus lebih diperhatikan lagi deh mas point-point diatas, kalo template sudah mobile sih.mungkin optimasi kurang yamas.heuheu

    Reply
  5. Marnes

    Dari ulasan di atas akhirnya saya mengerti dan menyadari, begitu banyak PR yang musti saya benahin pada blog saya mas, jadi bingung mau mulai darimana dulu ini

    Reply
    1. Asep Haryono

      Bisa dimulai dari pintu depan aja mas Marnes Kliker. Pintu depan rumah mas Yanto Cungkup ini sudah canggih. Bisa nutup dan membuka sendiri. Pintunya pake remote.

      Reply
      1. hendri hendriyana

        sambil ngopi aja kang biar engga bingung, dibawa enjoy aja pekerjaan mah deh, dijamin enak :ngopi:

        Reply
          1. hendri hendriyana

            kopi item aja pada bangga huh, saya dong kopi luwak asli tadi congkelin bokongnya si luwak :ngopi:

            Reply
  6. Wong Dozer

    Begitu banyak faktor yang mempengaruhi kenapa artikel blog tidak muncul dihalaman pertama Google. Salah satunya karena blog masih baru, maka dari itu bagi blogger yang memiliki blog yang masih tergolong baru harus bersabar agar bisa artikelnya muncul di halaman pertama Google

    Reply
    1. Asep Haryono

      Mau benahin blognya mudah aja mas Fiu. Perlu semen 2 sak, Pasir halus 2 truk, batu bata merahnya sama yang betulinnya. Mau harian atau borongan? Nanti mas Yanto Cungkup nan ganteng ini yang nyediain Kopi sama Gorengannya

      Reply
  7. purnama

    nah ini yang jadi masalah blogger utama mas yanto, harus sering cari informasi terbaru dan sedikit demi sedikit belajar Seo onpage dan offpage, mantab nih

    Reply
  8. obat tradisional

    nah ini penting sekali untuk bisa saya coba agar bisa page one google mas, terimakasih nih mas ilmu baru lagi, horeee

    Reply
  9. Mang Lembu

    tapi kenapa saya mahwalaupun tidak melakukan apap-apa artikel saya selalu muncul di halaman terdepan google ya?
    oo…mungkin karena saya keren…ini mungkin loch yah

    Reply
  10. LobangGelap

    dari beberapa poin diatas, belum begitu saya kenal mas, tapi saya selalu mengusahakan utuk mengupdate artikel secara teratur dan berkelanjutan seperti kata mas diatas, semoga saja nanti lama-lama bisa bersaing di papan atas search engine,,.. Amiiinn..
    salam kenal mas.. :piss:

    Reply
      1. LobangGelap

        ia mas, setelah berada di puncak, mempertahankan posisi pertama di klasemen juga nggak tanggung-tanggung susahnya mas,, hehe.. :yahoo:

        Reply
  11. trikpos

    Betul kang untuk hasil maksimal optimation blog harus memperhatikan beberapa intruksi di atas…siip setuju aku…jangan di balas komen saya

    Reply
  12. Mangs Aduls

    mungkin mas kenapa tidak dihalaman 1 karena ada di halaman lainnya. :yahoo: :yahoo: :yahoo: :yahoo: :ckakaka: :ckakaka: :yes: :piss: :piss: :good:

    Reply
            1. SalamuN RespectoR

              Untuk sementara ini saya setuju dengan anda mas Mukhlis, jika mas Yanto di kasih ampasnya kopi aja :yes: Wkakakak

              Lama kelamaan nimbrung disini serasa tambah muda & koplak, guyonannya gak nahan. :ckakaka:

  13. Pangandaranlife

    Mungkin blog saya juga masih jauh banget dari kata sempurna,, harus banyak belajar lagi tentang seo….

    Reply
  14. nehandnews

    Banyak saingan juga masuk yah mas.. mungkin juga kalah sama website yang paling seo yah mas kalo menegenai artikel yang banyak saingannya..

    Reply
  15. heri yantoh

    Berarti harus sabar yah mas karena butuh waktu tiga bulan, apalagi seperti saya yang masih sangat baru di dunia blogging. Perlu belajar cara menulis artikel yang SEO juga. Mohon bimbingannya mas

    Reply
          1. heri yantoh

            Kalau posting artikel minimal berapa perhari mas? Versi wong cungkup dan yang bagus di mata om google

            Reply
  16. SalamuN RespectoR

    Wah berati artikel saya tidak muncul di google dalam dekade 2 tahun ini karena sebab di atas toh mas Yanto, Karena saya dalam dua tahun terakhir ini sangat jarang posting dan optimasi seo, so artikel lama banyak yang tidak muncul di google, mungkin ada yg muncul tapi di page 10 keatas :ckakaka:

    Reply
      1. SalamuN RespectoR

        Iya mas Wahab, kudu tambah rajin optimasi.

        Mau rajin kayak dulu lagi tapi harus ngasih waktu ekstra lebih mas Yanto, jadi perlu nambah manajemen waktu lagi nih buat ngeblog.

        Reply
          1. SalamuN RespectoR

            Pengunjung blog saya udah menurun drastis mas jadi adsensenya fokus di youtube aja. Nyelamnya pake helm ada ruang minuman + oksigen dong mas kalau nyelam sambil minum :ckakaka:

            Reply
  17. Ky Cules

    dari beberapa poin diatas saya memang sudah agak mengenal mas, tapi yang belum saya mengerti sampai sekarang adalah Domain Autority (DA) dan Page Autority (PA) ini mas, tapi infonya bergizi banget mas, salam blogger..

    Reply
  18. diar nurhakim

    Waaah ini artikelnya bener masukan bingit nih mas yanto,,, blog mobile friendly itu gimana mas yanto?,,, dan mohon masukan pada mas Yanto mengenai blog saya ya, terus ini saya dapet ilmu mengenai internal linking mas yanto, ada yang ngomong jangan terlalu banyak minimal 3 link, tapi ada juga gak masalah banyak juga, kalau menurut mas yanto gimana? Ini yang saya tanyakan kajian nomor poin 7 kayaknya ya.. mohon bimbingan mas yanto.. 🙂

    Reply
    1. Yanto Cungkup Post author

      mobile frindly itu blog yg bila diakses dengan hp tampilannya tetap full mas nggak perlu kursor kekanan.

      kalau internal link nggak masalah banyak mas,karena walaupun kita tidak memasukkan internal link didalam artikel toh tetep muncul diartikel terkait yg rata2 memiliki 5-10 artikel

      Reply
  19. hanibi

    Alhamdulillah dpt ilmu baru lagi disini khususnya mengenai PA dan DA yg ternyata sbg pengganti PR y mas, saya tunggu pengertia Seo offpage dan on pagenya lho kang cungkup :yahoo:

    Reply
  20. Eka Ikhsanudin

    saya mah spekulasi terus kang untuk optimasi Blog Sekolah, alhamdulillah 2 postingan baru blog SD langsung bertengger di atas pohon… kalo yg blog pribadi mah blm diapai2n lagi… baru nyoba komentar disqus sekarang mah… blm sempat optimasi blog lagi xixixii….

    Reply
  21. Eka Ikhsanudin

    mencoba postingan di Blog pribadi malah nggak muncul2 judulnya di Mbah Google… kemarin ada yg ke edit, lupa nggak ke Back up hikhik.. tau apa yg kedelete… 😥

    Reply
  22. Yasreel Martin

    Wahhhh….. tapi alhamdulillah traffik source masih ada yg berasal dari google search, padahal saya nggak ngerti & nggak peduli seo :))

    Reply
  23. Irwin Andriyanto

    SEO sudah, Update seminggu 2 x *diusahakan*, cuma DA nya aja belum nambah nambah nih 🙁

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.