Pengertian SEO On Page dan SEO Off Page Pada Blog

By | 15/11/2015 at 14:23 pm

Pengertian SEO On Page dan SEO Off Page Pada Blog. Setiap admin blog atau sering disebut Blogger maupun Webmaster, Tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO blog. SEO (Search Engine Optimization) merupakan cara yang dilakukan seorang Webmaster untuk mengoptimasi blognya terhadap Mesin Pencari seperti Google, yahoo, Bing, Ask dan sejenisnya.

Dengan begitu Blog yang sudah optimal kualitas SEO-nya maka akan lebih mudah muncul dihalaman pertama search engine. SEO sendiri terbagi dari 2 jenis yakni SEO On Page dan SEO Off Page. dan kali ini Wongcungkup akan membahas kedua fokus SEO tersebut.

Pengertian SEO On Page dan SEO Off Page Pada Blog

Pengertian SEO On Page

yang dimaksud SEO On Page adalah mengoptimalkan Blog dari Bagian dalam blog itu sendiri. beberapa langkah SEO On Page diantaranya :

  1. Gunakan Judul artikel yang SEO. judul atau title artikel merupakan daya tarik utama dari artikel, buatlah semenarik mungkin agar pengunjung blog penasaran untuk membuka artikel anda. selengkapnya silahkan baca : Cara Membuat Judul Artikel SEO Friendly.
  2. Didalam membuat artikel usahakan untuk mengatur kepadatan kata kunci, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. banyak pakar SEO yang mengatakan bahwa 3 kata kunci sudah cukup untuk membuat blog SEO. penempatan kata kunci yang bagus adalah diawal, tengah dan akhir paragraf. agar lebih jelas silahkan baca : Cara membuat semua Artikel SEO Friendly.
  3. tambahkan artikel terkait pada artikel blog. artikel terkait dapat berupa anchor teks maupun link yang mengarah keartikel / halaman lain pada blog kita. Biasanya artikel terkait sudah otomatis ditambahkan penyedia template dibawah artikel blog. tujuannya agar visitor blog betah berlama – lama diblog kita dengan dengan membuka artikel lainnya.
  4. Template. Pilihlah template yang SEO Friendly. template SEO bukan berarti Template yang berbayar, karena saat ini (Khususnya blog blogspot) sudah banyak sekali penyedia jasa design template yang menyediakan template gratis pada penggunanya. walaupun gratis tapi kualitas SEOnya sudah terjamin, anda tinggal sedikit memoles, seperti menambahkan Meta deskripsi,meta keyword dan menambah dan mengurangi beberapa bagian agar sesuai dengan tema blog anda. untuk mencari template yang bagus, anda dapat menggunakan Struktur Template yang baik.

Pengertian SEO Off Page

 

SEO Off Page adalah Kebalikan dari SEO On Page. Yaitu Optimasi yang dilakukan dari luar blog yang kita kelola. Lebih mudahnya SEO Off Page adalah semua link yang mengarah keblog yang kita kelola untuk memperkuat reputasi blog yang biasa disebut Backlink.

Semakin baik backlink yang kita dapatkan maka semakin bagus pula reputasi blog kita dimata mesin pencari. Backlink yang diutamakan bukan kuantitasnya tetapi kualitasnya. tetapi lebih bagus lagi bila memiliki backlink banyak dan berkualitas.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk SEO Off Page, selengkapnya dapat anda baca pada artikel : Cara Mencari Backlink Berkualitas.

Kesimpulan : untuk memperoleh hasil maksimal didalam mengoptimalkan blog, kita dituntut untuk melakukan kedua optimasi SEO tersebut. apakah anda sudah melakukan keduanya ?

Demikian artikel dari Wongcungkup.com tentang Pengertian SEO On Page dan SEO Off Page Pada Blog, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,

Category: SEO

212 thoughts on “Pengertian SEO On Page dan SEO Off Page Pada Blog

            1. muhammad mukhlis

              untuk itu silahkan melakukan pembayaran sekarang juga ke pada saya 🙂 :piss: :piss:

    1. Mang Lembu

      selama ini nggak pernah ngeh sama yang namanya SEO On Page dan SEO Off Page… 😥
      untung sahabat saya yang ganteng…sedikit. menjelaskan pengertiannya, coba kalau nggak dijelasin, mo gimana, coba?

      Reply
  1. Ifrod

    penting tuh SEOnya buat bisa page one google, tapi kan ini tidak hanya kita yang nerapin. jadinya persaingan ketat banget.

    Reply
            1. Dzatmiko

              ayo merapat empat enam empat enam.. kiri empat kanan enam..
              siap siap mas yant tarik angkotnya :ckakaka:

    1. Marnes

      apalagi saya mas padahal artikel mah udah ada kali 300 biji mah tapi visitornya cuma seumprit lha wong artikelnya amburadul semua :ckakaka:

      Reply
          1. fiu s

            mau seupil, seupri, sekecrit, seceplok ,,,, yg penting njga ngepostnya ini loh yang masaya Allah ,,,, cetar membahenol ….

            Reply
    2. ghefira Z

      Betul mas saya juga masih bingung dengan yang namanya SEO…dan blogku juga masih sepi..tapi harus tetap semangat dan berdoa…

      Reply
  2. Dzatmiko

    Ternyata SEO on page dan SEO of page sangat berperan penting ya mas pada blog dan hasil pencarian..
    semangat belajar lagi ah biar blog saya bisa kaya blog mas yanto ini.

    Reply
      1. ghefira Z

        Oooh…jd kalau kita share di sosmed itu masuknya ke seo off page kang ya…? terus untuk seo on page itu yg kita lakukan ping dan bing setelah menulis artikel ya kang…? betul kah ?

        Reply
  3. muhammad mukhlis

    seo onpage memang sangat lah penting bagi seorang blogger ya mas, karena hal ini tidak asing sudah menjadi makanan pokok sehari hari dalam dunia blogger :good: :good:

    Reply
      1. Orang Paling Ganteng

        waduh akhirnya ssetelah kena moderasi nih kang, jangan protes ya karena 95%orang setuju loh sama nama saya :ckakaka:

        Reply
  4. SalamuN RespectoR

    Memang SEO on Page dan SEO off Page sangat penting dalam memaksimalkan kualitas posting di blog kita mas, saya sudah merasakannya pada era 2012 an sewaktu rajin rajinnya ngeblog. Setelah membaca artikelnya mas Yanto saya semakin semangat lagi untuk meningkatkan SEO on dan off page di blog biar bisa naik daun lagi seperti ulat :yes:

    Reply
  5. Mas Dory

    Saya yang notabene masih newbie di dunia perbloggeran ini jadi tambah tau tentang arti SEO On Page dan SEO Off Page setelah membaca ulasan Mas Yanto di atas. Semoga setelah tau gini, saya bisa menerapkan seo onpage dan seo offpage di blog sederhana milik saya.. :good:

    Reply
  6. Eka Ikhsanudin

    kalau urusan SEO Seo an mah saya sekarang mending menyimak saja ah, sambil duduk manis…

    Reply
  7. Eka Ikhsanudin

    saya mah nggak tau sudah menerapkan SEO on atau Off di blog atau blm kang… tapi kadang saya memasang link postingan yg masih berkaitan dengan artikel atau kadang tidak berkaitan dgn artikel yg saya publish… nah itu termasuk kategori yg mana kang ? .. SEO On atau SEO Off Page hehehee…

    Reply
      1. Marnes

        kalo yang seo off page berarti optimasi yang dilakukan diluar blog gitu bukan mas? terus cara optimasinya gimana, masih kurang engeh sayah

        Reply
  8. Defi Purnama

    Sampai sekarang masih rada bingung sama kedua teknik seo ini, tapi alhamdulillah sedikit demi sedikit akan saya pahami mas. Apalagi setelah baca postingan di atas :good:

    Reply
  9. Indra Kusuma Sejari

    Cara mudah dan jitu menerapkan SEO on page dan SEO off page tanpa mengerti terlebih dahulu pengertiannya yang sebanrnya juga malah repot ya Kang ? wah kalu gitu nanti saya coba deh terapkan cara membuat artikel SEO yang benar dan SEO friendly.

    Reply
  10. Orang Paling Ganteng

    saya suka lupa nih mas nambahin artikel terkait dalam postinga, kalo dulu suka inget tapi sekarang-sekarng suka lupa dan terkesan asal nulis dan curhat.heuheu
    saya coba perbaiki dari sekarang, terimakasih mas yan atas ilmunya 🙂

    Reply
  11. awen

    Kalau untuk judul sih mungkin saya tidak membuat orang lain penasaran, namun biasanya menjadikan orang tau apa kegunaannya produk tersebut. tau sendiri aku mah apa atuh, hanya tukang promo. :yahoo:
    kalau masalah kata kunci mesti belajar lagi sepertinya sama mas yanto. soalnya kunci saya malah hilang di ambil orang :piss:

    Reply
  12. mangs Aduls

    saya belum belakukannya sepertinya.
    ini sepertinya harus saya buka satu satu nih rujukannya. soalnya sayamah ga ngerti seoseoan. kalo begitu mulai dari sini dulu.

    Reply
  13. Budi Smart

    seo kadang bikin orang keseleo. udah pegel mas saya nyobain seo ini dan itu untuk ningkatin visitor tapi sampai sekarang belum banyak perubahan juga, jadi sabar aja deh dulu. hehee

    Reply
  14. Orang Paling Ganteng

    domain saya baaru loh, coba aja deh klik saya :yahoo:
    oh iya nama saya juga baru ya dikomentar ini, saya ganti deh ya, ga enak sama yang lain.hehehe

    Reply
        1. hendri hendriyana

          kayanya mas yanto belum tau nih saya ganti domain yang kodik blueoger coba deh sikodik dot com mas :ngopi:

          Reply
  15. hendri hendriyana

    mantap mas yan pembahasan seo nya, nanti saya coba terapin semuanya biar keren dan nongkrong dihalaman 1 google yah.hehehehe

    Reply
  16. diar nurhakim

    Mantabs mas yanto, tentunya sebagai blogger yang ingin blognya tampil di ada di kolom pencarian google perlu memperhatikan seo on page dan seo off page,,, siiip infonya mas yanto, kalo mengenai seo off page rada susah mungkin ya dapetin backlink berkualitas? 🙂

    Reply
  17. Abdul Muhajir

    paling enak kalau posting di wordpress ya kang, sudah dikasih tau sama tools kalau artikel yang kita buat sudah seo

    Reply
  18. nehandnews

    Mungkin di dalam seo on page ini mas yang saya rasa kurang di blog saya, karena saya kasih kata kunci yang terlalu berlebihan.. maksih mas yanto atas pencerahannya..

    Reply
  19. Sonny Ogawa

    Wah dapat tambahan ilmu nich buat optimasi blog..

    Terus terang mas, saya kurang memperhatikan hal yang seperti ini apalagi saya blogger mobile, agak rumit sai

    Reply
  20. Sonny Ogawa

    Wah dapat tambahan ilmu nich buat optimasi blog
    Terus terang mas, saya kurang memperhatikan hal yang seperti ini apalagi saya blogger mobile, agak rumit melakukan optimasi.. 😥

    Reply
          1. Irwin Andriyanto

            niat hati menulis “Jarang” tapi apa daya jari pun tak punya singkronasi dengan hati dan pikiran 😀

            Reply
  21. raja ampat

    makasih banget gan untuk penjelasan singkatnya tapi jelas banget,,,skg jd bisa bedain SEO deh,,hehe :piss:

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.