Pengertian Domain dan Hosting

Pengertian Domain dan Hosting. Bagi anda yang berkecimpung menjadi blogger tentunya sudah tidak asing dengan dengan istilah domain maupun hosting. tapi tidak sedikit juga yang sering mendengar istilah ini tetapi tidak paham dengan artinya. apalagi bagi anda yang bukan seorang blogger tentu akan bertanya – tanya akan kedua nama tersebut.

Domain maupun hosting mutlak dibutuhkan didalam mendirikan dan mengoperasikan sebuah blog maupun website. tanpa kedua komponen tersebut maka blog yang anda kelola tidak akan terbentuk dan dikunjungi banyak orang.

Pengertian Domain dan Hosting

Lalu apasih yang dimaksud domain maupun hosting? secara garis besar Pengertian Domain dan Hosting, adalah sebagai berikut:

1. Domain

Domain adalah sebuah nama blog anda yang terbaca diinternet. jika pada orang itu biasanya terdapat banyak kesamaan nama maka didalam dunia maya nama sebuah website / blog tidak akan pernah mempunyai persamaan. misalnya nama blog wongcungkup.com itu diseluruh belahan dunia ini hanyalah blog ini.

Domain itu sendiri sebenarnya ada 3 macam yaitu :

  1. Domain TLD (Top Level Domain) adalah domain berbayar yang paling populer dipakai diseluruh dunia seperti .com, .org, .net, .info dan sebagainya ;
  2. Second Level Domain adalah domain level ke-2. biasanya digunakan untuk instansi pemerintah,perusahaan maupun golongan tertentu seperti .co.id, .web.id, net.id dan lain – lain ;
  3. Lower Level Domain adalah domain gratis yang sering juga disebut dengan subdomain. misalnya blog.wongcungkup.com.

2. Hosting

Pengertian Hosting adalah gudang sebagai tempat untuk menyimpan data file kita di internet, baik itu berupa gambar, aplikasi ,video, database dan lain sebagainya. pada sebuah blog maka setiap artikel yang kita terbitkan akan disimpan didalam hosting.

Hosting itu ada bermacam – macam dan berdasarkan pada biaya yang dikeluarkan maka dapat dibagi menjadi 2 macam yaitu:

  1. hosting gratis adalah hosting yang disediakan secara gratis. pada blog subdomain maka hostingnya juga mengikuti domain yang digunakan. misalnya blogspot berarti hostingnya ikut blogspot ;
  2. hosting berbayar adalah hosting yang disewakan pada kurun waktu tertentu dan biaya tertentu. yang tentu saja mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan hosting gratis.

Demikian artikel dari wongcungkup tentang Pengertian Domain dan Hosting, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,


About Yanto Cungkup 479 Articles
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

239 Komentar

  1. kalau dalam istilah gampangnya….hosting adalah seperti tanah…jadi kita perlu sewa tanah untuk membangun rumah (blog) dan itu tergantu seberapa luas tanah yang kamu sewa….bukan begitu mengenai hosting yan?

  2. Terlambat lagi, udah baca artikel tambah baca komentar-komentar nemu kopi dan susu. Agar tidak gagal fokus mau nanya mas, kalau misalnya memutuskan memaki domain berbayar top level domain apakah harus disesuaikan dengan konten blog?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*