Pengertian Banner Spanduk Baliho dan Billboard

By | 28/11/2017 at 13:39 pm

Pengertian Banner Spanduk Baliho dan Billboard. Saat ini Media Informasi sangat banyak jenisnya. ada media elektronik, media digital dan media visual. setiap media juga banyak ragamnya.

Banner, Spanduk , baliho dan billboard merupakan beberapa contoh Media informasi visual yang yang sering dijumpai di tempat umum. Semua media informasi tersebut memiliki fungsi yang sama yakni sebagai sarana Promosi, ajakan, Pemberitahuan, Slogan, dan lain – lain, hanya bentuknya saja yang terlihat berbeda.

Pengertian Banner Spanduk Baliho dan Billboard

Contoh Media Informasi

Untuk Lebih Jelasnya Tentang Pengertian Banner, Spanduk, Baliho, dan Billboard, akan dibahas dibawah ini :

Pengertian Spanduk

Spanduk adalah Media Informasi Visual Yang dicetak dengan sablon. bahan Spanduk terbuat dari Kain. Tampilan Spanduk sangat mirip dengan Banner hanya bahan dan cara Pembuatannya yang berbeda.

Pengertian Banner

Banner adalah media informasi Visual yang dicetak dengan Print Digital. bahan yang digunakan biasanya dari flexi atau abadros. Dapat dikatakan bahwa banner adalah pembaharuan dari Spanduk. Banner merupakan media yang saat ini paling banyak dipakai, baik di toko, Mall, maupun instansi. Harga Banner cukup terjangkau antara Rp. 20.000 – Rp. 50.000 / Meter. tergantung Kualitas bahan dan juga daerah anda.

Pengertian Baliho

Baliho adalah media informasi yang berukuran jumbo agar menarik perhatian masyarakat (biasanya dengan gambar yang besar). Baliho merupakan hasil dari Kecanggihan mesin cetak digital. Biasanya Baliho hanya Terbatas waktu atau bersifat sementara, Karena isinya merupakan pemberitahuan acara event jangka pendek, kegiatan yang bersifat insidentil. maka setelah acara tersebut selesai maka baliho akan dicopot.

Pengertian Billboard

Billboard adalah media informasi yang hampir mirip dengan baliho, yang dipasang ditempat umum dengan ukuran yang sangat besar. biasanya Billboard di letakan tinggi di atas. yang membedakan dengan Baliho adalah jangka waktunya, dimana Billboard terpasang dalam jangka waktu yang cukup lama. Billboard biasanya digunakan untuk Iklan Rokok.

Demikian Artikel Wongcungkup tentang Pengertian Banner, Spanduk, Baliho, dan Billboard, Semoga Artikel ini bermanfaat.

Salam,

52 thoughts on “Pengertian Banner Spanduk Baliho dan Billboard

      1. mbah dinan

        saya ingat dulu yan… kalau disuruh nyetak bahan publikasi, yaa bilangnya sapnduk ukuran 6 x 8 meter… padahal mah bukan spanduk kan namanya… heeee
        maklum jaman dulu, masih jahiliyah nah bro. heee

        Reply
            1. mbah dinan

              iya yan… tetap aja dibilang spanduk walau sebenarnya itu baliho..
              kayak motor aja ya, kalau dikampung tetap aja orang bilang honda…
              naik apa ke pasarnya? naik honda jawabnya… padahal dia naik motor mio yang notabene keluaran yamaha… karena honda lebih duluan kali ya. heeee

  1. Maman Achman

    Jadi jelas pengertian spanduk, banner, baliho dan billboard sekarang. Semuanya merupakan media promosi, yang membedakan adalah bahan dan perbuatannya. Tambah ilmu lagi nih, semoga tambah pahala buat mas admin.

    Reply
          1. mbah dinan

            yan kalau ukura kayak poster cetak bahan seperti baliho kebanyakan sekarang apa namanya ya, kemarin saya lihat ditempat kawan yang sering saya nyetak ada ukuran segitu… gak kepikiran sin, tapi sekali baca artikel ini jadi ingat juga, biasanya banyak juga buat pilkada yan ukuran kecil, mungin masuk A3 kayaknya yan?

            Reply
            1. Yanto Cungkup Post author

              ini yg kadang membingungkan mbah.kebanyakan sih nyebutnya poster aja

              kalau dari bahannya sih sekarang banyak banner seukuran poster

  2. Maya

    Musim kampanye seperti sekarang banyak dipasang baliho terutama ditempat-tempat strategis
    dan tidak hanya baliho saja poster-poster menghiasi pohon-pohon, pagar, dinding toko ada yg senyum dan ada yang mingkem

    Reply
  3. Nandan

    Oh pantes aja ane di omelin, di suruh buat baliho pake photosop. ane malah buat spanduk, ternya beda ya. makasaih infonnya.

    Reply
  4. Eka Ikhsanudin

    kalau masing-masing Point Banner, Spanduk, Baliho dan Bilboard ada fotonya pasti sangat jelas kang hikhik.. saya masih bingung antara Baliho dan Bilboard … duh, kasihan saya

    Reply
  5. mbah dinan

    kayaknya beda sama bemtuk ukuran juga ya yan… tapi baru habis mengerjakan kegiatan 4 pilar kebangsaan MRP RI di taman budaya… dari baliho, spanduk, dan banner. tapi ada juga X Banner yan sekarang… ukuran kecil berdiri…

    Reply
  6. Mang Lembu

    inget Billboard jadi inget jaman SMA, semua barang bahkan celana dalemku tak tempelin tulisan Billboard, padahal waktu itu nggak ngerti apa pengertiannya….ngertie baru sekarang malahan mah

    Reply
  7. Badrul Mozila

    Sebetulnya fungsi utamanya itu sama, yaitu sama2 memiliki tujuan sebagai tempat untuk mempromosikan produk ataupun jasa kepada masyarakat luas. eh gak taunya ternyata ada perbedaaannya hehe tapi overall matursuwun informasinya om, sangat membantu, meskipun hal sepele tapi cukup untuk memberikan wawasan lah ya.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.