Pengertian Aplikasi Perangkat

Pengertian Aplikasi Perangkat. Di era modern ini, anda tentu sudah tidak asing dengan nama aplikasi. baik itu aplikasi untuk perangkat komputer, laptop maupun smartphone. Banyak sekali aplikasi yang dapat diunduh di internet sesuai kebutuhan anda, yang penting memiliki koneksi internet dan perangkat yang kompatible.

Walaupun sudah sering mendengar dan mengucapkan aplikasi, nyatanya masih banyak orang yang belum mengerti apa arti dari sebuah aplikasi. memang lucu kedengarannya, dimana anda setiap hari bergelut dan menggunakan aplikasi di perangkat anda, tetapi anda sendiri tidak tahu pengertiannya. bagi anda yang sudah faham definisi aplikasi sebaiknya tidak membaca artikel ini, tetapi langsung membuka halaman lain atau langsung berkomentar di bawah artikel :D.

Aplikasi itu berasal dari bahasa inggris application yang artinya penerapan, lamaran atau penggunaan. dari kata itulah ditemukan penjabaran aplikasi.

Pengertian Aplikasi Perangkat

Menurut Wikipedia Pengertian Aplikasi Perangkat adalah suatu suatu program berbentuk perangkat lunak yang memanfaatkan kemampuan perangkat untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket disebut sebagai suatu paket atau application suite. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi.

Sejarah Perkembangan Aplikasi

Semua hal menjadi besar itu karena sebelumnya dimulai dari hal kecil, begitu juga dengan aplikasi, Ada sejarah yang sangat panjang dalam proses ditemukannya aplikasi seperti sekarang ini. sebelum ada aplikasi, semua perangkat lunak (software) selalu mengandalkan aljabar Boolean. Aljabar ini menggunakan kode binary digit (bit) yang terdiri dari dua angka yaitu 1 (benar/on) dan 0 (salah/off). Rumitnya penggunaan kode binary digit ini membuat orang-orang pada saat itu mulai membuat kelompok-kelompok bit yang terdiri dari nible (4 bit), byte (8 bit), word ( 2 byte), dan doubel word (32 bit).Rumitnya  terdiri dari nible (4 bit), byte (8 bit), word ( 2 byte), dan doubel word (32 bit).

Hadirnya kelompok – kelompok bit ini cukup membantu dalam berbagai kegiatan yang dilakukan di perangkat lunak. Dengan berbagai kelompok bit yang ada pada saat itu, Para pengembang mulai merakit kode – kode tersebut menjadi berbagai struktur instruksi seperti transfer, operasi logika, dan penyimpanan, hingga pada akhirnya terbentuklah kode – kode baru yang diberi nama assembler. Kode – kode assembler ini lah yang kemudian menjadi cikal bakal dibuatnya berbagai macam aplikasi seperti yang ada sekarang ini.

Contoh aplikasi sangat banyak, seperti Microsoft office, adobe reader, adobe potoshop, anti virus, corel draw, dan sebagainya.

Demikan artikel dari Wongcungkup tentang Pengertian Aplikasi Perangkat, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,

Sumber referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Aplikasi


About Yanto Cungkup 490 Articles
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

62 Komentar

  1. Sepertinya widget suggestion (bener apa salah to mas) artikel yg muncul tiba2 ne berhasil ningkatin pageview gak mas? masalahnya widget ini selalu bs buat sy kepo untuk klik…hehehe….,

  2. O….jadi Perangkat dan pengertian aplikasinya teh begitu ya mang, padahal sebelum dapet pencerahan aplikasi perangkat yang bener itu disini, saya malah mengertinya bukan dan nggak sama dengan yang dimaksudkan disini

  3. Saya tahunya aplikasi tuh sebatas yang ada di hp atau di komputer tuh mas yang bisa di download terus di jalankan sesuai fungsinya.Kalau di suruh njelasin apa itu aplikasi juga masih bingung.
    Setelah baca postingan mas yanto ini saya jadi tahu nih pengertian aplikasi dan sejarahnya.Kali aja ntar ada yang nanya apa itu aplikasi sama saya ,saya bisa jawab.

  4. Saking bayaknya aplikasi yang ditawarkan bagi para pengguna internet, saya jadi banyak mengguakan aplikasi tersebut untuk sinkronisasi dengan website atau pun blog yang kita punya mang, biar lebih luas untuk penyebaran target pembacanya sih…. tapi pusing juga kalau sudah kebanyakan. he,, he, he,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*