Pembaharuan Google Webmaster

Pembaharuan Google Webmaster. Setiap pemilik blog tentunya sudah tidak asing dengan webmaster tools ini. karena mendaftarkan blog yang dimiliki ke google webmaster tools merupakan salah satu syarat mutlak untuk mengoptimalkan blog yang kita kelola, agar setiap update postingan lebih cepat diindeks mesin pencari google.

Sekedar mengingatkan kepada teman – teman bahwa fungsi alat webmaster itu sangat banyak bagi kesehatan blog kita diantaranya :

  1. untuk mengetahui berapa banyak postingan kita yang diindeks mesin pencari ( dalam hal ini google ) ;
  2. menambahkan peta situs blog ;
  3. cek potensi masalah pada isi laman statis maupun artikel, seperti tag judul dan deskripsi meta yang bermasalah, hilang, atau terjadi duplikat konten ;
  4. menghitung jumlah  backlink situs ;
  5. dan lain – lain.

Bicara tentang alat webmaster dari google ini, iseng – iseng kemarin admin wongcungkup mengaksesnya untuk mengecek kesehatan blog wongcungkup. ternyata google webmaster telah menambahkan analisis penelusuran dari google analitycs. seperti gambar dibawah ini :

Pembaharuan Google Webmaster

klik untuk memperbesar gambar

Biasanya tampilan seperti gambar diatas hanya dapat diakses melalui google analitycs. tentu Pembaharuan Google Webmaster ini menjadi memudahkan setiap blogger. karena setiap kita mengakses alat webmaster menjadi lebih detail dan akurat. oya update webmaster google  ini masih dalam tahap versi beta. semoga kedepannya bisa disempurnakan menjadi full version.

Penelusuran analitycs saat ini menggantikan peran dari kueri penelusuran. bila kita melihat kueri penelusuran maka yang ditampilkan hanya kueri dan laman teratas maka pada versi analitycs ada penambahan asal negara visitor, jenis perangkat dan jenis penelusuran.

baca juga : google selalu update tren terbaru

Demikian artikel dari wongcungkup tentang pembaharuan google webmaster, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,


About Yanto Cungkup 496 Articles

saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

197 Komentar

  1. Perasaan kemarin ngutak kutik Google webmaster berlum ada perubahan, tapi sekarang sudah ada perubahan yang baru nih. Untuk saya datang kemari jadi tahu yang baru-baru deh. :good:

  2. Alhamdulillah barusan saya cek di google webmaster, katanya sudah tidak ada masalah, padahal 2 minggu yang lalu saya diberi tanda seru, gara2 menghapus 15 posting :yahoo: :good:

  3. saya doang yang masih asing dengan webmaster tools pasti deh. abis saya orangnya nggak pedulian, payah dehh, selama ini ngeblog cuma buat ekspresi dan ngedan tok wae. payah nggak sih saya?

  4. Oya mas mau tanya, boleh gak? boleh dong…
    saya pernah baca disalah satu blog, katanya kalo abis publish artikel hal yang harus dilakukan yaitu submit url artikel ke webmaster tool, share artikel ke medsos, submit artikel ke web directory tapi ada juga yang bilang untuk submit sitemap ke webmaster tool. Untuk submit sitemap ini emang harus dikirim ulang secara rutin juga ya seteleh kita publish postingan?

    • kalau submit sitemap itu cukup sekali mas,kan bisa disetting peta situsnya agar setiap update artikel akan tetap otomatis tersubmit.
      pada blogspot untuk peta sitemap dapat ditambah peta seperti ini: feeds/posts/default?orderby=UPDATED

      • Oh cukup sekali toh, kalo sitemap yang itu sih udah lama adanya, cuma waktu baca postingan Mbah Dinan saya tambahin lagi sitemapnya tapi koq yang ke index dikit banget ya gak sesuai dengan jumlah posting. Nah terus tadi siang baca postingan di blog buka rahasia, katanya sekarang blogger udah support dengan sitemap.xml. Akhirnya saya langsung update kirim sitemap.xml dan langsung ke index ampe ratusan cuma statusnya masih pending gituh

  5. liat orang2 di atas pada ribut iseng2 juga cek webmaster dan ternyata hasilnya… belum ada perubahan, masih kueri penelusuran. Nah loh ini gmana, apa harus ditautkan google analitic ke webmaster terlebih dahulu atau gimana? Jadi bingung sendiri

  6. ternyata mudah juga sekarang kalau cek data trafik. udah di sediakan. udah lama juga gak cek webmaster tool mas….ok deh saya cek dulu setelah komentar di blog ini. takut kalau banyak debunya, kan blog ane bisa sesak nafas akhirnya. heeee

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*