Panduan Tugas KPPS Pada Pilkada

By | 30 November

Panduan Tugas KPPS Pada Pilkada di TPS. Pelaksanaan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) pada 09 Desember 2015 ini merupakan Pemilukada langsung serentak terbesar sepanjang sejarah yang diselenggarakan di Negara Republik Indonesia. Pilkada serentak menjadi bagian dari demokrasi lokal yang secara tidak langsung akan berpengaruh pada kemajuan demokrasi di tingkat nasional.

Tahapan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) menjadi tahapan yang paling krusial dalam pelaksanaan Pilkada, untuk itu Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) harus bekerja keras demi Mensukseskan Pilkada.

Panduan Tugas KPPS Pada Pilkada

Berdasarkan Peraturan KPU No. 10/2015, Tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, KPPS dibentuk oleh PPS (Panitia Pemungutan Suara) atas nama KPU Kabupaten / Kota untuk melaksanakan pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS. Anggota KPPS sebanyak 7 (tujuh) orang yang terdiri atas seorang ketua merangkap anggota dan enam anggota serta dibantu oleh 2 orang petugas ketertiban dan keamanan TPS.

Agar Pilkada bisa berjalan tertib dan lancar, setiap petugas KPPS mulai KPPS 1 sampai dengan KPPS 7, harus memahami tugas, wewenang dan tanggung jawabnya serta menguasai tata cara pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan suara pada TPS.

Berikut Ini Panduan Tugas KPPS Pada Pilkada

1. Tugas KPPS 1 (ketua KPPS).

  1. Memimpin proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS;
  2. Memimpin pengucapan sumpah dan janji Anggota KPPS & Petugas Ketertiban;
  3. Menandatangani Surat Suara;
  4. Memberikan penjelasan secara berulang-ulang tentang tata cara pemberian suara
  5. Memanggil Pemilih untuk memberikan suara;
  6. Memberikan Surat Suara kepada Pemilih;
  7. Mendahulukan Pemilih penyandang disabilitas, ibu hamil atau orang tua ;
  8. Menjelaskan tentang tata cara penghitungan suara dan sah/tidak sahnya surat suara ;
  9. Menentukan sah/ tidak sahnya surat suara ;
  10. Memastikan Formulir Model C-KWK, C1-KWK (model formulir tertulis pada kop surat) dan lampirannya telah dibuat dengan benar dan cermat dalam beberapa rangkap
  11. Menandatangani C-KWK, C1-KWK dan lampirannya dan C1-KWK ukuran Plano ;
  12. Meminta tanda tangan Saksi dan menyerahkan salinan kepada Saksi & PPL
  13. Memastikan Model C1-KWK dan lampiran yang berhologram dimasukkan ke dalam sampul dan dimasukkan Kotak Suara
  14. Memastikan semua proses penghitungan suara berjalan dengan baik

2. Tugas KPPS 2

  1. Membantu menghitung logistik pemilihan ;
  2. Menulis No TPS, Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota dan nama Ketua KPPS pada Surat Suara ;
  3. Memisahkan C6 berdasarkan jenis kelamin ;
  4. Membuka setiap Surat Suara, dan memberikan kepada Ketua KPPS ;
  5. Membantu Ketua KPPS mengisi Formulir Model C-KWK, C1-KWK dan lampirannya ;
  6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Ketua KPPS.

3. Tugas KPPS 3

  1. Membantu menghitung logistik pemilihan ;
  2. Menulis No TPS, Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota dan nama Ketua KPPS pada Surat Suara ;
  3. Mencatat hasil perolehan suara calon diumumkan oleh Ketua KPPS ke dalam formulir Model C1-KWK Plano (Bersama dengan KPPS 4) ;
  4. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Ketua KPPS.

4. Tugas KPPS 4

  1. Menerima C6/A5/Identitas pemilih dan mencocokkan nama pemilih dengan salinan Daftar Pemilih ;
  2. Memberi tanda pada salinan Daftar Pemilih ;
  3. Memeriksa jari tangan pemilih ;
  4. Mencatat Pemilih Pindahan dalam Model A4, Pemilih yang tidak terdaftar & menggunakan identitas kependudukan dalam Model ATb.2 ;
  5. Menyerahkan C6/A5/Identitas pemilih kepada KPPS 5 untuk didaftar pada Model C7;
  6. Mencatat hasil perolehan suara calon yang diumumkan oleh Ketua KPPS dalam Formulir Model C1-KWK Plano (bersama dengan KPPS 3) ;
  7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Ketua KPPS.

5. Tugas KPPS 5

  1. Mencatat C6/ A5/ KTP/ Identitas kependudukan pemilih dalam Daftar Hadir (Model C7-KWK) ;
  2. Menuliskan nomer urut kehadiran pemilih pada C6/A5 ;
  3. Mempersilahkan pemilih untuk duduk yang telah disediakan di dalam TPS ;
  4. Menyerahkan C6/A5/KTP kepada KPPS 2 secara berkala ;
  5. Membantu tugas KPPS 4 apabila diperlukan
  6. Melipat Surat Suara setelah dibaca oleh Ketua KPPS ;
  7. Membantu memasukkan logistic ke dalam kotak suara setelah penghitungan selesai ;
  8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan Ketua KPPS.

6. Tugas KPPS 6

  1. Mengatur Pemilih yang akan memasukkan Surat Suara ke dalam kotak suara ;
  2. Memastikan pemilih telah memasukkan Surat Suara ke dalam kotak suara;
  3. Menyusun Surat Suara sesuai suara yang diperoleh masing-masing Pasangan Calon, termasuk surat suara tidak sah dan mengikat setiap 25 lembar Surat Suara (Bersama KPPS 7) ;
  4. Memasukkan surat suara ke dalam sampul dan memasukkannya ke dalam kotak suara apabila pemungutan suara telah selesai.

7. Tugas KPPS 7

  1. Meminta pemilih mencelupkan jari ke dalam tinta ;
  2. Memastikan jari pemilih telah tercelup seruas kuku pemilih ;
  3. Melarang pemilih untuk membersihkan tinta pada jari pemilih ;
  4. Menyusun Surat Suara sesuai suara yang diperoleh masing-masing Pasangan Calon, termasuk surat suara tidak sah dan mengikat setiap 25 lembar Surat Suara (Bersama KPPS 6) ;
  5. Memasukkan surat suara ke dalam sampul dan memasukkannya ke dalam kotak suara apabila penghitungan suara telah selesai.

Demikian artikel dari Wongcungkup tentang Panduan Tugas KPPS Pada Pilkada, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,

bahan referensi : http://www.kpu.go.id

195 thoughts on “Panduan Tugas KPPS Pada Pilkada

    1. indra Kusuma Sejati

      Memang kenapa mba ? mau nyalonin ya ?

      Reply
          1. muhammad mukhlis

            sory mas brow, rada telat berkunjung, rada sibuk akhir ini 🙂 :piss:

            Reply
            1. muhammad mukhlis

              ampun cek gu ampun :bingung:

            1. muhammad mukhlis

              saya manggut manggut saja ya 🙂

            2. muhammad mukhlis

              saya lagi sama pacar week :ckakaka:

  1. siti dzakirah

    saya kurang paham tentang tugas2 KPPS,.,?
    kalo saya mah datang milih tu doang,.,?
    yg lain nya kurang memperhatiin,.,?

    Reply
    1. indra Kusuma Sejati

      Terus apaan dong yang diperhatikan kalu bukan TUGS Pokok KPPS Pilkada nanti ?

      Reply
            1. muhammad mukhlis

              saya anggota KPPS nya :melet:

  2. indra Kusuma Sejati

    Tugas KPPS untuk Pilkada di bulan Desember 2015 nanti banyak juga ya Kang ? emoga berjalan lancar dan nyaman serta terpilih wakil rakyat yangbisa memperjuangkan dan memajukan daerahnya, terutama mendaptkan pemimpin yang amanah. Dan selamat bertugas bagi para petugas KPPS PILKADA nanti.

    Reply
    1. trikpos

      Iya mas lancar kaya bis malam jurusan pulogadung…

      Reply
          1. indra Kusuma Sejati

            Biarin aja Kang Yanto bekerja dan bertugas…..

            Reply
  3. Sehatsiana

    Wah ternyata banyak ya tugasnya KPPS itu. baru tau saya, saya mah biasanya cuma lihatin foto calonnya saja hhhh

    Reply
            1. Marnes

              ini mulut apa knalpot buocoorrr sih?
              tleng…teng…teng…teng…teng…

            2. muhammad mukhlis

              yang penting Happy :good:

  4. trikpos

    Waah lengkap banget mas , Prosedur dan mekanisme Pelaksanaan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) pada 09 Desember 2015 nanti ini perlu di pahami dengan benar oleh pihak panitia penyelenggara PILKADA bagi masing2 daerah , termasuk saya yang sebentar lagi ngurusin calon2 pemilih dan mengatur TPS yang di sebar dibeberapa titik didaerah saya mas… Untung saya nemu artikel yang mernerangkan tentang
    Pelaksanaan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) pada 09 Desember 2015 wah pintar mas sampean, maturnuwun nggeh mas

    Reply
      1. trikpos

        bisa jadi saya kebingungan mbak….tanpa panduan dari artikel ini…

        Reply
            1. muhammad mukhlis

              kudu minum bodrex saja biar maknyus :joged:

  5. diar nurhakim

    Kalau ketua KPPS berhalangan hadir bagaimana Mas Yanto? wkwkwkwkw.. jadi bagaimana untuk menjalankan tugas KPPS 1.. hehehehehehehehehehehehe 🙂 Hidup Pilkada! 🙂

    Reply
          1. muhammad mukhlis

            betul, kalo anggota KPPS tiak hadir saya ketuanya ntar saya panggil juragan setrap :ckakaka:

            Reply
  6. Firdauz

    ga sabar nunggu 9 desember. Mas Yanto itu petugas KPPS bukan? 😀

    Reply
        1. muhammad mukhlis

          ini sepertinya sakit semua ya ? :bingung:

          Reply
            1. muhammad mukhlis

              kok tau, ngintips ya

            2. Ifrod

              teng… teng…teng… mampet…mampet…

      1. muhammad mukhlis

        ini paling diatas mulut atau knalpot :bingung:

        Reply
  7. Budi Smart

    di tempat saya kok belum ada pembentukan panitia kpps, langsung dicomot nih panduannya sapa tau ntar masuk anggota kpps

    Reply
          1. Budi Smart

            wah berarti saya ditilap mas soalnya biasanya dapet undangan

            Reply
  8. Indra dp

    boro2 jadi petugas KPPS mas. untuk ikutan nyoblos aja ini masih pikir2. soalnya kedaftar di desa

    Reply
    1. muhammad mukhlis

      makanya coblos saya aja, ntar sekalian jadi presiden :good:

      Reply
  9. awen

    jadi minimal 7 orang tiap kpps itu ya mas?
    pantesan petugas ketertiban tidak dicantumkan di uraian mas yan, itu mah cuma plengkap saja mungkin ya mas ,heu

    Reply
  10. awen

    jadi inget dulu wktu jdi saksi bisu mas,heu
    Kalau jadi saksi tim sukses mah yang penting c1 katanya 😀

    Reply
      1. awen

        di kota saya mah belum ada pasangan calon yang daftar mas.heu
        dnger” sih warga ke kpps juga cuma diberi krtas ya apa tidak dengan walikota kemarin.

        Reply
  11. ibrahim

    saya pernah tu mas ikut panitia, tapi hanya 2 kali aja heehee

    Reply
    1. muhammad mukhlis

      saya juga pernah tapi panitia apa coba?

      Reply
          1. awen

            mohon maaf kepada semua panitia untuk segera meninggalkan lapangan upacara 😀

            Reply
  12. muhammad mukhlis

    bagi anda yang merasa anggota KPPS, inget tugas anda, apalin terus biar lancer, ntar besok kalo uda pilkada kalo ditanyak apa tugas anda ? jangan bingung lagi

    saya mau kebawah bentar :good:

    Reply
        1. muhammad mukhlis

          saya sudah tau loya ini dua duanya sudah saya ngintips siapa sbenarnya melirik lagu ini 🙂 kasih tau ga ya ?

          Reply
            1. indra Kusuma Sejati

              jangan pisahin….

  13. muhammad mukhlis

    dalam penetapan piulkada anggota KPPS berjumlah 7 orang, dan sudah pasti masing masing sangat berbeda dalam menentukan pelaksanaanya,

    Reply
  14. muhammad mukhlis

    semoga pilkada 9 desember nantik aman dan bisa terlaksana dengan baik 🙂

    Reply
  15. Defi Purnama

    Wah banyak sekali ya mas tugas KPPS dalam pilkada ya. Harus bener-bener dipelajari biar nggak mumet nantinya. Yang ditugasi jadi KPPS wajib baca nih 🙂

    Reply
  16. Debe

    Formulir Model C-KWK, C1-KWK ini apa ya mas ra mudeng saya. kayaknya enggak terlalu tertarik juga mau nyoblos tanggal 9 desember nanti lebih enak piknik

    Reply
    1. Marnes

      sayang lho kalo gak ampe nyoblos mah satu suara itu juga menentukan lho… saya malah seneng dan suka banget nyoblos, beneran saya mah gak boong

      Reply
  17. matdedod

    Kalo berpegang pada aturan yang sudah ditetapkan agar tidak ada pihak yang dirugikan…

    Reply
  18. Dzatmiko

    Yah saya ketinggalan berita ya :mumet: badan abis nge-drop jadi baru bisa berkunjung sekarang..

    Reply
    1. Marnes

      sama mas, saya juga ketinggalan ini…pasti abis ini kita disuruh baris bejejer deh, mau dikasih duit buat ngopi

      Reply
      1. Dzatmiko

        Saya langsung baris paling depan mas biar cepet dapet :ngopi:

        Reply
  19. Dzatmiko

    Tugasnya banyak banget ya mas?? sayangnya saya ga ngerti sama sekali mas :yes: belum cukup umur jadi belum boleh ikut nyoblos mas:ckakaka:

    Reply
  20. Marnes

    Wah kalo untuk tugas yang ini sih pengalaman istri saya banget ini mah mas, kebetulan istri saya suka kepilih jadi tugas KPPS baik pilkada atau pemilu. Ternyata tugasnya banyak juga yah, pantesan waktu tahun kemaren pas saya pulang istri saya sibuk banget ampe malam malah, ampe akhirnya saya ketiduran duluan sama anak saya, kasian deh saya waktu itu

    Reply
    1. Dzatmiko

      kasian deh lo:ckakaka: ga di kasih jatah :goyang

      Reply
          1. mbah dinan

            itu bagian dari mencetak sejarah mas yan. dan itu kayaknya dianjurkan sama agama kan?

            Reply
            1. indra Kusuma Sejati

              sejarah itu warnanya merah mbah,,,,, he,, he,, he,,

  21. Melyric Lagu

    Kalo Mas Yanto ikut jadi petugas KPPS gak mas? Mayan tuh dapat komisi lho… kalo tanggal 9 Desember sepertinya saya blom bisa pulang deh kayaknya

    Reply
        1. mangs Aduls

          saya udah nyoblos mas yanto udah belum mas

          Reply
  22. mangs Aduls

    sepertinya mas yan jadi panitia nih. 😀

    Reply
      1. mbah dinan

        tuh kan benar jadi panitia pemilu di KPU…makan-makan jangan lupa ya. saya nunggui di kalimantan barat ya? makasih

        Reply
      2. mangs Aduls

        kan bareng saya mas. makanya tau. hahahahahha

        Reply
  23. mangs Aduls

    jangan – jangn nanti di wongcungkup ada data tabulasi nih. heheheh

    Reply
  24. mbah dinan

    kayaknya udah jadi pekerja di KPU ya yan….saya sih nunggu makan-makannya aja ya kalau udah selesai.
    ngomongin masalah KPU, siap kerja keras mulai dari sekarang sampai akhir penghutungan suara nantinya. dan kadang banyak disalahkan orang juga, padahal kerjanya super berat

    Reply
          1. Dzatmiko

            makannya sih geratis keles, pulangnya baru bayar :melet:

            Reply
  25. Lileue Web

    Tugas yang paling susah untuk anggota kpps apa aja Gan,…

    Reply
  26. eka

    Mohon bantuannya untuk tugas kpps 2. Masih bingung 😂

    Reply
    1. Yanto Cungkup Post author

      yg bingung dibagian mana ya mas?

      yakinlah nanti saat praktek nggak sesulit teori waktu bimtek koq

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.