Mesin Pencari Terpopuler di Indonesia

Mesin Pencari Terpopuler di Indonesia. Menurut Wikipedia, pengertian mesin pencari adalah adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen – dokumen yang tersedia. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya (https://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_pencari_web).

Dewasa ini semakin banyak search engine didunia maya. kalau dihitung mungkin bisa puluhan atau bahkan ratusan mesin pencari yang masing – masing bersaing agar di pakai pengguna internet dengan menawarkan fitur yang sangat menarik. Ini menjadi berkah buat netter, karena dengan begitu akan semakin banyak pilihan dalam pencarian. sampai dengan tulisan ini di publish.

Mesin Pencari Terpopuler di Indonesia

Di Indonesia sendiri, cukup banyak search engine yang cukup populer dengan Google berada digaris depan. Untuk itu kali ini Wongcungkup akan berbagi tentang beberapa Mesin Pencari Terpopuler di Indonesia, diantaranya sebagai berikut :

1.  Google

Google adalah perusahaan asal Amerika Serikat yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Google berdiri mulai pertengahan 1998 tepatnya  7 September 1998. Awalnya, nama Google muncul akibat kesalahan eja dari kata Googol, yang berarti angka satu yang diikuti 100 angka nol. tujuannya adalah untuk mengelola sebanyak mungkin informasi di dunia. Layanan mesin pencari ini terkenal dengan tampilan halaman putih dengan tulisan logo berwarna – warni. Google memiliki layanan pencarian kata kunci audio, gambar, video, peta, berita, dan instant search.

2. Yahoo

Yahoo adalah search engine yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat yang dioperasikan oleh perusahaan yang bernama yahoo!inc. yahoo mulai berdiri pada awal tahun 1994. Sebelumnya yahoo merupakan mesin pencari paling populer didunia sebelum digeser oleh google. Selain merupakan mesin pencari, yahoo juga terkenal dengan Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, dan Yahoo! Answers.

Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.

3. Bing

Bing merupakan perusahaan milik microsoft. Bing beberapa kali berganti nama dari Live Search, Windows Live Search sampai dengan MSN Search. Bing diluncurkan ke publik pada tanggal 1 Juni 2009 di San Diego, Amerika Serikat. Bing diciptakan dengan menggunakan teknologi PowerSet. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Pada tanggal 29 Juli 2009, Bing telah bekerjasama dengan mesin pencari Yahoo, dimana Bing akan menggerakkan Yahoo! Search.

4. Ask

Ask adalah sebuah mesin pencari yang berdiri sejak tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen di California, USA. sebelumnya Ask dikenal dengan nama Ask Jeeves. Situs ini memiliki cara kerja yang mirip google, dimana memiliki kemampuan untuk menguraikan data lebih banyak serta menampilkan link lain yang masih memiliki hubungan yang relevan.

5. Baidu

Baidu merupakan mesin pencari yang dikembangkan Robin Li dan Eric Xu pada tahun 2000 yang berpusat di Beijing, China dengan menggunakan rumus algoritma serupa dengan Google, yaitu page ranking. Selain bisa mencari situs, mesin ini mampu mencari gambar, video, dan lagu-lagu berformat MP3. Belakangan, perusahaan ini mengembangkan ponsel bermerek Changhong, yang memasang layanan mesin pencari ini pada perangkat mereka.

Demikian Artikel dari Wongcungkup tentang Mesin Pencari Terpopuler di Indonesia, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,

182 thoughts on “Mesin Pencari Terpopuler di Indonesia

  1. Kang Nurul Iman

    Pertamax nih amankan dulu ah.

    Reply
    1. Kang Nurul Iman

      Wah ternyata iya pertamax, kalau begitu dapat gelas cantik dong saya lumayan nih buat ngaduk.

      Reply
    2. Effendi nurdiaman

      Oke google, kasih dia gelas antik

      Reply
      1. Indra Kusuma Sejati

        Itu dia yang penting, sebelum ditagih…..

        Reply
  2. Kang Nurul Iman

    Kalau yang paling populer mah yang pasti google mas, karena kebanyakan orang menggunakan jasa google untuk mencari hal yang sedang mereka cari, selain untuk mencari sesuatu google juga bisa dibuat menjadi ladang emas untuk para pebisnis, curhat juga bisa deh, dan kalau untuk yang lainnya saya belum tahu karena belum pernah melakukannya, takut distrap gituh lok.

    Reply
  3. awenfals

    Jadi inget warnet deket rumah paling demen kayanya pake Ask 🙂 tapi emang bagus juga sih lebih cepet loadnya kalau dulu mah.

    Terkadang seperti bisnis jua para produsen hp sama yg pnya mesin pncari itu ya mas? 🙂

    Reply
  4. Effendi nurdiaman

    Wah ternyata mesin pencari Google menduduki kasta utama terpopuler di indonesia ya mas, kalau di negara lain menduduki kasta keberapa yah..

    Reply
      1. Effendi nurdiaman

        Sekalian umroh deh kalau gtu mh 😀

        Reply
        1. Kang Nurul Iman

          KOK PUNYA SAYA JADI BESAR YA.

          Reply
          1. Effendi nurdiaman

            MULAI PADA BESAR_BESAR NIH

            Reply
  5. Hendri Hendriyana

    iya betul tuh mas yanto mesin pencari terpopuler semuanya, cuman kalo baidu sih masih jarang ya, kalo yahoo, bing sama ask itu kalo ga salaah pernah ada di uc browser saya dulu. tapi sekarang uc udh pakai google lagi tuh. ternyata persaingan mesin pencari ketat juga yah mas, meskipun google lebih populer dari semuanya

    Reply
    1. Yanto Cungkup Post author

      iya tuh mas.
      saya sendiri cuman menggunakan google,yahoo dan bing doang untuk mengetik pencarian

      Reply
  6. Hendri Hendriyana

    Ehhmmmmmm…… Apa ya…..?
    Sebenarnya saya mau kasih komentar. Tapi saya juga ga’ tau mau kasih komentar apa. Jadinya cuma numpang coret – coret saja.
    Boleh ga’ boleh terserah, yang terpenting saya sudah melakukanya. Di terima ga’ di terima juga ga’ apa – apa.
    Sebenarnya saya juga ga’ tau kenapa saya bisa melakukanya. Tapi inilah yang ada di kepala saya saat ini. ya walaupun cuma coret – coret bisa juga menjadi sebuah kata – kata.
    Munkin sebaiknya saya jadi penulis aja kali ya. kan lumayan tuh buat tambah – tambah uang bulanan.
    Mungkin saya di takdirkan bukan untuk jadi penulis kali ya, jadi saya hanya bisa menulis di sini. ya walaupun bakat itu ada. Tapi… ya sudahlah, walaupun hanya bisa menulis di sini. Hitung – hitung mengasah bakat yang saya miliki, Siapa tahu dapat inspirasi.
    Kamu pasti berfikir kapan selesainya ni komentar. dari tadi ga’ habis – habis. Apa maunya ni orang nulis segitu banyak apa enggak capek.?
    Sebenarnya sih capek tapi mau gimana lagi. saya masih mau numpang coret – coret. Jadinya ya enggak habis – habis.
    Kalau kamu ingin komentar ini cepat selesai. Kamu harus mencoba untuk bersabar. karna dengan bersabar semua masalah akan dapat terselesaikan.
    Setelah membaca ini kamu pasti menggerutu dalam hati, kenapa komntar ini ga abis-abis yach. Trus kamu pasti berkata, ah bodo amat ach, apaan eh tulisannya gw ga peduli.
    Tapi kmu masih terus membacanya dan berkata. Duh kapan abisnya sech ini tulisan…. Pegel tau… Km berniat untuk menyudahi bacaan ini, tapi kmu masih penasaran apa sech isi dari tulisan ini,apa sech maksudnya, apa sech makna yang terkandung di dalamnya.?
    cape juga yach komentar banyak-banayak kaya begini. Ya sudahlah, Setelah membaca tulisan ini kamu pasti berfikir, akhirnya selesai juga nech komentar.
    Udah lah, cape juga ngetiknya

    Reply
    1. Effendi nurdiaman

      Ini komentar apa artikel kang… 😀 hhaa

      Reply
        1. Indra Kusuma Sejati

          Waw,,,,,,, panjang banget seperti konten yang sedang memancing perhatian pembaca dari mesin pencarian nih… wkwkwkwk….

          Reply
        2. Effendi nurdiaman

          qo jadi saya yang kena nih.. itu kan bukan saya..

          Reply
    2. Mang Lembu

      panjang banget mang…emangnya bakalan dapet cipokan basah ya dari mang yanto ya?

      Reply
  7. wadiyo

    ada teman, tak kira seneng menggunakan Ask.
    Setiap kali buka laptop pasti terbuka Ask.
    Ternyata setelah berbincang-bincang dan saya tanya kenapa suka menggunakan Ask, yang bersangkutan menjawab:
    “gak tahu Mas, dari dulu adanya itu? hehehe…..

    Reply
    1. Effendi nurdiaman

      wah itu mah mungkin gak ada mesin pencari yang lain.. jadinya pake Ask doang 😀

      Reply
    2. Ifrod Maksum

      memang ada browser yang pake SE selain google secara default, jika pengguna gak doyan otak-atik jadi pake apa adanya ajah

      Reply
    1. Kang Nurul Iman

      Kalau saya mah orang indonesia kang.

      Reply
          1. Effendi nurdiaman

            pasti ubi nya mang lembu ya kang..

            Reply
  8. diar nurhakim

    mesin pencari Google dan yahoo iya populer banget mas yanto, kalo bing saya pernah dengar, tapi kalo ask dan baidu sepertinya saya baru tau di sini ya… jadi malu nih nggak gaul heheheheheheheheh 😀

    Reply
        1. diar nurhakim

          Hahaha iya orang udik…

          Hehehehe iya gaulnya sama bung bo ol aja….

          Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkw 😀

          Reply
          1. Kang Nurul Iman

            Kalau begitu saya juga deh ikut juga.

            Reply
  9. Indra Kusuma Sejati

    Mesin penceri di Indonesia yang cukup populer ternyata banyak juga ya mas, walau peran utamanya masih di dominasi oleh Google, Yahoo, Bing dan lainnya. Namun tentu penggunanya mencari dan memanfaatkan yang lebih relvan dan sesuai kebutuhan, walau terkadang ada juga yang masih awam dalam hal cara penggunaan serta hasil dari masing-masing mesin pencari tersebut ya. he,, he,, he,

    Reply
      1. Ida Farida

        Oh berarti kalau saya pakai baidu tetep lelet berarti modem saya minta diisi pulsa lagi dong!

        Reply
      1. Nehand

        Kalo ms yanto ndri seringx pake search engine apaan ni

        Reply
  10. Effendi nurdiaman

    Saya mampir lagi boleh ?

    Reply
      1. Effendi nurdiaman

        Gak jadi mampir deh kalau gtu 😀

        Reply
          1. Effendi nurdiaman

            Iyah tuh mba.. bayarin dongg.. 🙂

            Reply
  11. Hendri Hendriyana

    entah kenapa ya mas, ditasik juga anak sekolah taunya cuman google doang, mungkin google lebih banyak memuat hasil pencarian kali yah?

    Reply
  12. Kang Maman

    mesin pencari paporit saya Google dong, Alexa-Ranknya aja nomor 1! hebat kan sayah…

    Reply
  13. elsawati

    kalo saya mah taunya google aja, yang lainnya seperti bing dan kawan-kawan cuma dipake daftar webmaster nya haha

    Reply
  14. cumilebay

    Yahoo akhir nya di jual, sayang dulu mau di beli 1000 T ngak di jual dan sekarang laku cuman 65T #Kasihan

    Reply
  15. Kang Maman

    Kalau baidu saya suka fitur buat bersih-bersih nya mas, lumayan efektif meringankan loading laptop dari sampah-sampah organik digital….

    Reply
    1. Bahrudin

      Oh jadi baidu ada cleaner nya ya kang Maman!

      Reply
          1. Imerlina Putri

            baidu mah komplit, semua ada

            Reply
          2. Effendi nurdiaman

            Mungkin baidu semacam OB online buat kang maman mh

            Reply
  16. Ahmad Zaelani

    Kalau Sayamah taunya cuman bing, google dan yahooo,,, tapi tetep yang paling populermah google 😀 eh mas kalau di baidu bisa submit sitemap juga kagak yah…

    Reply
      1. Imerlina Putri

        bisa, dulu pernah mencoba

        Reply
      2. Effendi nurdiaman

        Gak bisa kalau limit kuota

        Reply
  17. Bahrudin

    Sumber artikel ini dari mana ya kang!

    Reply
      1. Imerlina Putri

        d i rumah mas yanto banyak

        Reply
  18. Ida Farida

    Saya heran sama kang yanto ini, jam 12 malam pun yang Online banyak! Hebat! Hebat! Hebat!

    Reply
  19. Imerlina Putri

    lebih suka pake google dan ternyata google sama yahoo duluan yahoo.

    Reply
  20. mangs aduls

    ia mas banyak bnget. cuman yang ga saya suka dari mesin pencarian itu adalah. yang tiba – tiba suka terinstal sendirinya di latop atau pc.
    tiba – tiba ada aja. padahal ketika di pake waduh sedikit sekali indexnya
    tidak ada blog saya masalahnya. 😀

    Reply
    1. Yanto Cungkup Post author

      iya tuh biasanya muncul iklan popup yg otomatis terdownload,kudu dirubah dulu settingnya mas

      Reply
  21. mangs aduls

    ada satu masin lagi mas mesin pencari yang sangat populer.

    Reply
  22. Mas Poniran

    Google tetap menjadi mesin pencari paling populer mas dan sepertinya sebagian besar pengguna internet lebih terbiasa menggunakan Google

    Reply
  23. Rival

    saya suka google , karena biasa disebut mbah google…, hehehe

    Reply
  24. Satuagency

    Kalo menurut saya, Google memang lebih tertarget dalam memberikan hasil pencarian kepada penggunanya.

    Itu sebabnya kebanyakan orang lebih suka menggunakan Google. Dan akhirnya, menggunakan Google menjadi habit mereka dalam mencari segala sesuatu di internet. CMIIW

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.