Manfaatkan Bea Masuk Terpangkas Dengan Layanan Transfer Valas

By | 14 Februari

Manfaatkan Bea Masuk Terpangkas Dengan Layanan Transfer Valas. Bagi kamu yang senang berbelanja secara daring, bersiaplah untuk mengencangkan ikat pinggang karena kebijakan pembebasan bea masuk atas barang kiriman di Indonesia akan segera diimplementasikan. Kebijakan impor terkait barang kiriman tersebut telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 199/PMK.04/2019 dan akan mulai berlaku secara efektif pada tanggal 30 Januari mendatang.

Manfaatkan Bea Masuk Terpangkas Dengan Layanan Transfer ValasAturan ini menyebutkan bahwa pihak Bea dan Cukai akan menerapkan penyesuaian pembebasan bea masuk atas barang kiriman menjadi US$3 dari nominal bea masuk sebelumnya yakni US$75, meskipun pungutan pajak dengan tujuan impor (PDRI) tetap berlaku secara normal.

PDRI pun juga sebenarnya mengalami sedikit perubahan dari pemerintah yang melakukan rasionalisasi terhadap tarifnya menjadi kurang lebih 17,5 persen yang meliputi bea masuk 7,5 persen, PPN sebesar 10 persen, dan PPh 0 persen yang sebelumnya berada di kisaran 27,5-37,5 persen yang terdiri dari bea masuk 7,5 persen, PPN 10 persen, dan PPh sebesar 10 persen.

Meskipun demikian, tidak semua produk mengalami penyesuaian ketentuan bea masuk sebagaimana yang diatur dalam PMK baru tersebut. Produk tas, sepatu, dan garmen dalam negeri adalah tiga produk yang menjadi perhatian khusus bagi pemerintah untuk menetapkan kebijakan penyesuaian yang berbeda.

Pasalnya, tiga produk tersebut dikeluhkan sulit bersaing hingga banyak pabrik yang harus gulung tikar disebabkan derasnya arus masuk produk-produk serupa dari luar negeri, khususnya Tiongkok. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah menetapkan penyesuaian khusus tarif bea masuk normal untuk tas sebesar 15-20 persen, sepatu 25-30 persen, dan tekstil sebesar 15-25 persen dengan PPN 10 persen dan PPh 7,5 persen hingga 10 persen.

Kebijakan penyesuaian bea masuk barang kiriman ini pun disambut baik oleh para pelaku usaha jasa titipan (jastip) baik yang dijalankan secara individual ataupun secara perusahaan. Bagi masyarakat Indonesia yang menggemari hobi-hobi tertentu, misal mengumpulkan mainan action figure, dan sulit mendapatkan barangnya di dalam negeri, kebijakan ini merupakan titik cerah yang sangat meringankan mereka.

Diprediksi di tahun 2020 hingga seterusnya kebijakan ini berlaku, akan ada peningkatan transaksi valuta asing (valas) untuk keperluan belanja pribadi dari luar ke dalam negeri khususnya di kalangan masyarakat menengah ke atas. Maka, sangat diperlukan adanya inovasi layanan yang memudahkan aktivitas transfer valas yang cepat, praktis, dan memiliki nilai tukar yang kompetitif.

Digibank hadir memberikan kemudahan untuk kamu yang ingin memanfaatkan penyesuaian bea masuk untuk keperluan belanja pribadi tersebut melalui fitur layanan digibank transfer valas dalam Aplikasi digibank by DBS, yang berikan keuntungan nilai tukar valas kompetitif dengan FX Rate terkini dan juara.

Melakukan transfer uang online di mana pun jadi lebih mudah karena ada akses 24/7 tanpa harus ke cabang karena kamu bebas kirim ke mana saja dengan gratis biaya transfer ke lebih dari 20 negara dan lebih cepat karena transaksimu pasti sampai di hari yang sama.

Caranya gampang, masuk ke Aplikasi digibank by DBS, pilih “Transfer” lalu klik “Transaksi Valas”, kemudian klik “Tambah Penerima” dan ikuti petunjuk selanjutnya. Pilih negara yang dituju, pilih mata uang, lalu pilih bank dan masukkan detail penerimanya. Masukkan nominal yang akan dikirim lalu klik “Lanjut” dan selesaikan transaksinya.

Ayo segera manfaatkan fitur layanan digibank transfer valas dari digibank by DBS sebagai inovasi kemudahan transfer uang online yang kamu butuhkan untuk lengkapi koleksi atau beli barang berkualitas idamanmu dari luar negeri. Transaksi valas ke siapa saja, kapan saja, dan di mana saja kini lebih mudah, cepat, dan praktis!

5 thoughts on “Manfaatkan Bea Masuk Terpangkas Dengan Layanan Transfer Valas

  1. Afib Rifan

    Mantul bang, hemat nihh, buat beli2 barang dari luar ngeri

    Reply
  2. natalia

    saya pernah sih beli di aliexpress, tapi msh di bawah 50 $usd
    ini bisa menjadi referensi buat beli yang lbh mahal

    Reply
  3. Reflomax Indonesia

    Bener juga caranya, sangat membanti karena kami selalu kena biaya masuk

    Reply
  4. Kopiluo

    Kalau dr applikasi2x mungkin kena biaya admin tp nominal lebih kecil, jg harus pilih saat nilai tukar bagus jg yah

    Reply
  5. Reflomax Indonesia

    Sangat membantu sekali, karena kami selalu kena biaya tsbt

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.