Manfaat Website Pemerintah Desa

By | 4 Desember

Manfaat Website Pemerintah Desa. Website desa adalah sebuah website Resmi Pemerintah Desa (Pemdes) yang dikelola oleh desa dan berisi informasi tentang seputar desa secara online.

Saat ini memiliki Website desa bukan merupakan hal yang mustahil, apalagi sejak lahirnya undang – undang tentang desa dimana anggaran dana desa dapat alokasikan untuk Membuat website Desa.

Manfaat Website Pemerintah Desa

Lalu apa saja sih kegunaan Website Resmi Desa ? berikut ini Wongcungkup akan membagikan beberapa Manfaat Website Pemerintah Desa, diantaranya sebagai berikut :

1. Sumber Informasi Resmi Desa

Website desa dapat dijadikan sumber informasi resmi suatu desa. Informasi tersebut bisa berupa nama desa, profil desa, Perangkat desa, batas desa dan lainnya. Jadi setiap orang bisa dengan mudah mengakses semua informasi tentang desa dengan mudah.

2. Publikasi kegiatan di Desa

Dengan website desa, pemerintah desa dapat lebih mudah membagikan setiap kegiatan didesa. Hasil dokumentasi kegiatan berupa foto dan video bisa diunggah ke website dengan cepat. sehingga masyarakat yang tidak mengikuti kegiatan tetap dapat mengetahui berita kegiatannya secara valid.

3. Mempermudah Pelayanan Administrasi

Website desa juga dapat digunakan untuk mempercepat pelayanan masyarakat. Karena bisa diakses secara online, beberapa pelayanan administrasi dapat dilakukan tanpa harus datang ke kantor desa. sehingga pelayanan masyarakat akan menjadi lebih efektif dan efisien.

4. Pusat aduan Masyarakat

Sudah menjadi hal lumrah apabila masayarakat desa itu mengedepankan Perasaan / tenggang rasa. kadang ada bahkan banyak masukan atau saran ke pemerintahan didesanya, tetapi ketika berhadapan langsung dengan pemerintah desa tidak berani bicara karena sungkan.

nah dengan Website desa maka setiap orang dapat lebih mudah menyampaikan saran, masukan dan berbagai pengaduan lainnya kepada pemerintah desa.

5. Transparan

Untuk diketahui, bahwa saat ini Desa memiliki dana dari berbagai sumber yang melimpah, seperti dana desa (DD), alokasi dana desa (ADD), maupun pendapatan asli desa (PAD), yang bertujuan untuk pembangunan sarana dan prasarana yang ada di Desa.

Website desa merupakan media yang efektif untuk semua program kerja pemerintah Desa. dengan pembagian data program kerja yang transparan kepada masyarakat maka perjalanan pembangunan desa akan berjalan secara kondunsif. 

6. Promosi Potensi Desa

Dengan adanya website desa, potensi desa bisa dipromosikan ke luar daerah dengan lebih efektif. karena Website desa bisa diakses oleh semua orang secara online kapanpun dan dimanapun. Potensi desa bisa berupa tempat wisata, bisnis kuliner, UMKM, hasil bumi dan lain – lain.

7. Profesional

Dengan memiliki Website desa, maka desa tersebut memiliki nilai plus yakni lebih profesional.

Demikian artikel dari Wongcungkup.com tentang Manfaat Website Pemerintah Desa, Semoga artikel ini bermanfaat.

Salam,

4 thoughts on “Manfaat Website Pemerintah Desa

  1. Oryza Writer

    Nah betul, era 4.0 tugas edukasi harus cepat sampai ke pelosok desa

    Reply
  2. Alvi

    Terima kasih untuk referensinya, sangat bermanfaat tentunya.

    Semoga semakin banyak desa-desa di Indonesia yang memanfaatkan website.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.