MADEP MANTEB MANETEP

MADEP MANTEB MANETEP. Bagi anda yang berdomisili di Provinsi Jawa Timur Khususnya Kabupaten Malang, tentunya familiar dengan kata madep mantep manetep. Hampir di semua sudut jalan, Kantor Pemerintahan, Jembatan, Tugu Masuk desa dan masih banyak lagi akan muncul tulisan itu.

Yups, Madep manteb manetep memang merupakan visi misi Kabupaten Malang, Jawa Timur untuk periode pemerintahan tahun 2016 -2021. Visi misi ini sebelumnya diusung oleh pasangan calon kepala daerah, yakni pasangan Dr. H. Rendra Kresna dan Drs. HM. Sanusi pada Pemilihan Kepala Daerah 2015 (PILKADA 2015) lalu. setelah berhasil memenangkan Pilkada 2015, maka Visi dan Misi Madep manteb manetep dituangkan dalam RPJMD (rencana pembangunan jangk menengah daerah) Kabupaten Malang Tahun 2016 – 2021. Hal ini sesuai amanat Undang – Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota yang menyebutkan bahwa setiap calon wajib untuk menyertakan visi pada saat mencalonkan diri menjadi kepala daerah.madep manteb manetep

Lalu apa sih yang dimaksud Madep manteb manetep itu?

Menurut Bupati Kabupaten Malang Rendra kresna, istilah MADEP MANTEB MANETEP merupakan filosofi pembangunan yang bukan hanya memiliki arti yang baik, tapi juga memiliki akar historis pada kebudayaan nusantara dan Kabupaten Malang.

Di dalam ajaran filosofi Jawa ( kitab Sastra Jendra Hayuningrat ), dikatakan bahwa terdapat tiga kunci dasar dalam pembangunan masyarakat yaitu MADEP yang berarti konsistensi / istiqomah, MANTEB artinya tekad untuk terus maju, selanjutnya TETEP yang berarti membawa manfaat nyata. jadi diambil dari ajaran filosofi tersebut maka penjabaran Madep manteb manetep adalah sebagai berikut :

  1. Madep adalah istilah yang berarti niat untuk konsisten dalam menjalankan amanat konstitusi dan pembangunan.
  2. Manteb adalah untuk mewujudkan niat tersebut (madep), pemerintah berkomitmen untuk memiliki sikap kedisiplinan, bekerja keras dan produktif dalam pelaksanakan pembangunan.
  3. Manetep (tetep) adalah Pemerintah Kabupaten Malang menginginkan agar setiap pembangunan dapat dirasakan secara nyata oleh masyarakat.

Jadi madep Manteb manetep adalah bukan sebuah akronim, tetapi memiliki kesatuan maknawi yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Secara terperinci, rumusan visi tersebut dapat dijabarkan : Terwujudnya Kabupaten Malang yang Istiqomah dan Memiliki Mental Bekerja Keras Guna Mencapai Kemajuan Pembangunan yang Bermanfaat Nyata untuk Rakyat Berbasis Pedesaan.

Demikian artikel dari Wongcungkup tentang Pengertian MADEP MANTEB MANETEP, Semoga artikel ini bermanfaat.

Salam,


About Yanto Cungkup 522 Articles
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

14 Komentar

  1. Komennya agak melenceng nih,hehe.Gak apa2 lah ya soalnya saya sedang kesal nih.Gimana nggak kesal coba karena ada orang yang copas artikel saya secara utuh.Dia copas dan publish sudah sejak 2017 lalu dan baru ketahuan sekarang.

    Sakitnya tuh disini yak nggak?Kalau boleh saya minta bantuan admin & friend buat nge-hukum orangnya.

  2. Bagus sekali mas visi misinya, sesuai dengan filosofi Jawa. Memang sebagai orang Jawa kita tidak boleh lupa akan warisan leluhur dan jati diri kita, termasuk dalam hal” yang berkaitan dengan bidang kemasyarakatan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.