Kitab Sejarah Kerajaan Majapahit

Kitab Negara Kertagama Kitab Sejarah Kerajaan Majapahit. Indonesia adalah negara yang besar, yang sarat akan sejarah dan budaya, yang dapat dilihat dari berbagai peninggalan berupa candi, prasasti maupun kitab kuno / kakawin salah satunya adalah kitab negarakertagama.

baca juga : kitab pararaton kitab sejarah kerajaan singosari

Kitab Negarakertagama / Nāgarakṛatâgama merupakan kitab Jawa Kuna karya Empu Prapanca. Kitab yang ditulis tahun 1365 ini, pertama kali ditemukan kembali pada tahun 1894 oleh J.L.A. Brandes, seorang ilmuwan Belanda yang mengiringi ekspedisi KNIL di Lombok.

Berbeda dengan kitab pararaton yang menceritakan masa berdirinya kerajaan singosari sampai digantikan oleh kerajaan majapahit diselingi dengan kerajaan kediri ketika jayakatwang memberontak, kitab negara kertagama menguraikan keadaan di keraton Majapahit dalam masa pemerintahan Prabu Hayam Wuruk, raja agung di tanah Jawa dan juga Nusantara. Ia bertakhta dari tahun 1350 sampai 1389 Masehi, pada masa puncak kerajaan Majapahit dimana menguraikan betapa makmurnya negeri nusantara (indonesia) pada waktu pemerintahan sri maharaja hayam wuruk dengan patih gajah mada.

Tata pemerintahan yang tertata mulai pembagian wilayah sampai nama – nama pimpinan pemerintahannya, penghasilan yang berlimpah masyarakat yang tentram dan damai. Menurut Negarakertagama, kekuasaannya terbentang di Jawa, Sumatra, Semenanjung Malaya, Kalimantan, hingga Indonesia timur, meskipun wilayah kekuasaannya sampai saat masih diperdebatkan dikarenakan tidak ada sumber yang dapat memperkuat selain piagam dari tiongkok.

Sebenarnya kitab ini juga menceritakan semua kisah kerajaan majapahit mulai awal pemerintahan raden wijaya bergelar sri kertarajasa jaya wardana sampai hayam wuruk walaupun sambil lalu karena inti dari kitab ini adalah menceritakan masa kekuasaan hayam wuruk. kitab ini terdiri dari 98 pupuh. Pupuh adalah bentuk puisi tradisional Jawa yang memiliki jumlah suku kata dan rima tertentu di setiap barisnya. sehingga saya pribadi mesti mengulang – ulang membacanya karena kurang mengerti artinya. hehehe.

Menurut wikipedia Judul kitab Nagarakretagama artinya adalah “Negara dengan Tradisi (Agama) yang suci”. Nama Nagarakretagama itu sendiri tidak terdapat dalam kakawin Nagarakretagama. Pada pupuh 94/2, Prapanca menyebut ciptaannya Deçawarnana atau uraian tentang desa – desa.

Namun, nama yang diberikan oleh pengarangnya tersebut terbukti telah dilupakan oleh umum. akan tetapi kitab itu hingga sekarang biasa disebut sebagai Nagarakretagama. Nama Nagarakretagama tercantum pada kolom terbitan Dr. J.L.A. Brandes: Iti Nagarakretagama Samapta. Rupanya, nama Nagarakretagama adalah tambahan penyalin Arthapamasah pada bulan Kartika tahun saka 1662 (20 Oktober 1740 Masehi). Nagarakretagama disalin dengan huruf Bali di Kancana.

Bagi sobat yang penasaran dengan isinya dapat mendownload kitab negara kertagama yang diterbitkan oleh PT Tiga Serangkai, Solo dibawah ini:

ukuran:2.9mb
pasword rar : wongcungkup berbagi

Kesimpulan : kitab / kakawin negara kertagama adalah mahakarya empu prapanca yang sarat akan sejarah pada masa pemerintahan kerajaan majapajit khususnya pada masa kejayaan yang dipimpin oleh hayam wuruk.

Demikian artikel dari wongcungkup tentang Kitab Sejarah Kerajaan Majapahit, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.
salam
sumber referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Negarakertagama


About Yanto Cungkup 496 Articles

saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

28 Komentar

  1. sepertinya kudu ng donlod kitab ini deh…buku karuhun yang teramat penting saya ketahuisebagai referensi dalam menapaki sendi kehidupan dimasa yang akan datang bagus banget kalau ngambil dari buku ini ya kang?

    • benar mas,sejarah memang salah satu hal yg wajib kita kenang tuk dijadikan pembelajaran agar lebih baik hari kita kedepannya,apalagi sejarah tentang kejayaan tempo dulu ini

  2. Kit sejarah kerajaan Majaphit yang termasyur dan sangat terkanl adalah kitab negarakertagama, di mana isi kitab ini menulis perjalanan dari seorang penulis sastra yang menjadi saksi hidup langusng di setiap perjalanan kerajaan Majapahit semasa beliau aktif di kerjaan tersebut, Terimakasih atas atas linknya Mas. <br /><br /><br />Salam

  3. sejak saman dahulu..pra lelhur sudah bisa membuat kitab kenegaraan yang berlandaskan agama…tapi entah kenapa di saman sekarang…agama malah diabaikan oleh para pemimpin negara kita….<br />keep happy blogging always..salam dari Makassar 🙂

    • kebalik kalee…andaikan mbak anisayu hidup pada zaman kerajaan majapahit dijamin pasti kitabnya laris manis,soalnya puisinya enak banget didengerin sih.hehehe

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*