Keuntungan dan Kerugian Blog Mengikuti Kontes SEO

Keuntungan dan Kerugian Blog Mengikuti Kontes SEO. Pengertian Kontes SEO ( search Engine Optimization) Adalah perlombaan yang diadakan sebuah Blog maupun Website dengan Iming – iming hadiah yang menarik. pemenang Kontes SEO  ditentukan oleh posisi artikel yang dilombakan pada search engine. Untuk wilayah Indonesia, penyelenggara kontes biasanya menggunakan search engine google.co.id sebagai juri untuk menentukan pemenang pada waktu yang telah ditentukan.

Dari waktu ke waktu Semakin marak saja Blog yang menyelenggarakan Kontes SEO. mulai iming – iming hadiah kecil sampai dengan hadiah Puluhan juta Rupiah. Sejalan dengan itu semakin banyak blog yang tertarik untuk mengikuti Kontes SEO.

Keuntungan dan Kerugian Blog Mengikuti Kontes SEO

Bagi anda yang berminat untuk mengikuti Kontes SEO, sebaiknya mempertimbangkan beberapa Keuntungan dan Kerugian Blog Mengikuti Kontes SEO sebelum mengikutinya, diantaranya sebagai berikut:

Keuntungan mengikuti Kontes SEO:

  1. Mendapatkan hadiah. point terbesar dari mengikuti kontes adalah hadiah yang diberikan oleh pihak panitia untuk pemenang. semakin sering anda menjadi finalis kontes SEO, semakin banyak juga rupiah yang terkumpul.
  2. Menambah wawasan anda tentang SEO. karena dengan mengikuti kontes SEO, anda akan berusaha mencari berbagai cara untuk mengoptimalkan blog agar muncul dihalaman pertama mesin pencari dan penjadi salah satu pemenang.
  3. visitor meningkat. semakin banyak peserta kontes, maka semakin bertambah pula pageview untuk artikel yang disertakan dari peserta lomba yang lain, yang berdampak pada peningkatan visitor.
  4. populer. Dengan menjadi juara kontes SEO merupakan salah satu cara agar blog anda lebih dikenal publik.
  5. mengukur pengetahuan SEO yang telah anda pelajari selama ngeblog.
  6. Menambah Jumlah postingan. Walaupun anda kalah didalam Kontes, setidaknya artikel anda akan bertambah.

Kerugian mengikuti kontes SEO :

  1. Review gratis. Kontes SEO mirip dengan artikel review, apabila anda kalah sama saja anda memberikan review gratis tanpa ada timbal balik. padahal sekarang ini 1 artikel review rata – rata dihargai Rp.100.000 – Rp.300.000 (tergantung kesepakatan).
  2. Pasang iklan Gratis. sebagian besar penyelenggara kontes mempunyai peraturan untuk memasang banner disidebar selama pelaksanaan lomba. bila anda kalah otomatis banner tersebut juga gratis. padahal untuk 1 banner iklan blog berharga minimal 50ribu – 500ribu / bulan (sesuai kesepakatan).
  3. kerja sia – sia. peserta kontes itu disamping banyak, juga datang dari berbagai kalangan (semakin besar hadiah maka semakin besar pula tingkat persaingan), ada yang sudah mahir tentang SEO, menengah dan ada yang baru tahap belajar, apabila anda termasuk dalam tahap belajar sudah dapat dipastikan anda akan kalah.
  4. Di diskualifikasi. anda dapat dikeluarkan dari daftar peserta apabila melakukan kecurangan. masalahnya pencoretan daftar peserta ini biasanya tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. bayangkan, apabila artikel anda berada dihalaman 1 google, ternyata pada waktu penjurian artikel anda dianggap menyalahi aturan. sakitnya tuh di sini … 😀
  5. Dibanned. point nomer 4 belum seberapa, ancaman ditendang dari search engine dan yang lebih menakutkan apabila banned google bisa juga terjadi apabila anda melakukan optimasi berlebihan, karena dianggap SPAM.

Demikian artikel dari Wongcungkup tentang Keuntungan dan Kerugian Blog Mengikuti Kontes SEO, semoga artikel ini bermanfaat. dan semoga setelah membaca artikel diatas, anda jadi lebih bijak memilih ikut kontes SEO atau mengabaikan Kontes.

salam,


About Yanto Cungkup 476 Articles
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

194 Komentar

  1. Tergantung mau diarahkan ke mana kang, sesuai niatnya saja sih kalau mengikuti kontenst baik itu SEO atau tidak. Yang jelas semuanya mengandung promosi tinggal lihat sesuai ga dengan takarannya. Itu kan yang diajarkan Kang Yanto tempo hari. :ckakaka:

  2. Pertimbangan untung rugi memang seseuatu hal yang paling bijak dilakukan sebelum mengikuti kontes SEO. Salah satu pertimbangan yang mungkin perlu diperhatikan selain hadiah adalah tentang niche blog apakah sesuai dengan kontes yang akan diikuti

  3. ya efek menang memang enak, kerja tidak sia sia, akan tetapi kalau kalah ada pula efek yang kita dapati, yang jelas banyak yang berpengaruh terhadap blog kita mau kalah atau memang,

    juga soal se, katanya google kurang suka terhadap artikel kontes.

  4. hmmm .. tapi menurut saya pribadi sihh mengikuti kontes seo itu lebih vbanyak manfaatnya mas dari pada negatifnya selain makin top alias makin populernya blogg kita, dengan mengikuti kontes seo, otomatis peningkatan kualitas seo kita pun akan bertambah tanpa disadari :ngopi:

  5. Kalau saya sih lebih ke ruginya ya, contes2 semacam ini jelas ada maksud2 tertentu oleh pihak penyelenggara, tidak ada tujuan lain selain mencari popularitas untuk blog si admin penyelenggara, karna yang saya amati setiap ada event seperti ini , adu contes seo artikel yg dikirim dalam bentuk komen ke blog penyelenggara, bisa kita bayangkan berapa banyak jumlah pengunjung pada saat itu karana semua peserta ngumpul dalam satu area di blog penyelenggara, dgn demikian secara otomatis rating blog penyelenggara akan naik kuat, dan ini tidak di sadari oleh semua peserta, karna peserta terfokus oleh iming2 hadiah , ha…ha. jangan buang2 waktu mas bro.. Tapi kalau kang Yanto akan mengadakan event contes seo seperti ini ya….silah kan aku tak duduk manis nonton aja ha…..ha…..jangan marah ya…. Kang

  6. berarti daripada ikutan kontes seo mending review aja ya mas, lumayan kan 1 artikel 100rebu nah nulis artikel paling lama jga 3jam, bahkan bisa 1jam 1 artikel yah.hehe
    tapi kalo orang mau direview pasti liat dulu blognya bagus enggak ya mas, kalo disini kan orang ga ragu emang blognya bagus.heuheu

  7. Contes2 semacm ini pesertanya didominasi oleh blogger2 baru yang sedang gencar2 nya mencari arti dari sebuah seo, tapi sebenarnya mereka tertipu , ha…ha…kasihan ya

  8. banyak keuntungannya, juga banyak kerugiannya,
    seperti saya ini mungkin belum bisa mengikuti kek gituan, nulis artikel buat blog sendiri aja masih susah, apalagi buat review gratis,,.. hehehe

    Orang yang mengikuti kontes seo memang sering melakukan optimasi yang berlebihan berharap artikelnya bisa bertengger di tempat yang ia hendaki, padahal akibatnya bisa fatal buat blog nya sendiri.. salam…

  9. Kalo dibaca dari keuntungan dan kerugiannya, ah kayaknya rugi ya mas yanto, wkwkwkwkw, ah mendingan jangan ikutan aja, terlalu beresiko, hehehehehehehe 🙂 mas yanto mau tanya, kalau di artikel kita ada link artikel lain tapi menunjang itu masuknya ke review atau gimana? ada masukan ga? 🙂

  10. Saya cuma sesekali aja mengikuti kontes seo, selebihnya cuma ikut kontes menulis. soalnya SEO itu perlu kemahiran… sekarang banyak blog yang menggunakan cara blackhat untuk bertengger di pageone mbah google 😥 padahal dia masih pakai subdomain… yang pakai domain TLD pun kalah serp…

  11. pasti ada keuntungan dan kelebihan nya ya mas, tapi kalo di liat dari kerugian nya sih ada benernya juga, coba bisa di bayangin kalo kita pasang jasa iklan kan bisa di bayar per bener, nah kalo kita ikut kontes belum karuan menang dan dapat bayaran :piss:

  12. ternyata banyak keuntungannya dan kerugiannyapun tidak sedikit ya kang kalau mengikuti Kontes SEO, saya blm pernah sih kalau ikut2an kontes gitu, mending review blog temen saja yg suka berkunjung ke blog saya, … tapi sekali2 mah pengen merasakan kontes SEO kang, buat pengalaman… :yahoo:

  13. dari keuntungan mengikuti kontes seo saya tertarik juga, eem tp saya kurang paham mas yanto, tapi keddepannya akan saya pahami, apalag i seo sangat penting untuk blog ya mas, wah hampir jam setengah satu malam ne, kayanya mesti pesan ngopi dulu ne mas yanto. :ngopi:

  14. Pengalaman ikut kontes…belum tembus 5 besar..palingan 10 besar…memang ada untung ruginya mas ikut kontes,,,,tapi menurut saya banyak positifnya,,salah satunya untuk mengukur sejauh mana kemampuan kita dalam menulis artikel yang seo dan berkualitas,,, :ngopi: :ngopi: :ngopi: :ngopi:

  15. Wah ternyata kontes SEO tingkat keuntungan dan kerugiannya hampir imbang ya mas Yanto, jadi untuk meminimalisir kerugiannya harus cerdas dan cermat nih. Lebih yahut jika udah mahir SEO langsung cus dg Blog yang baru buat iseng2 ikut kontes SEO.

    Nice info mas:good:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*