Jenis Sinyal Jaringan Internet

Jenis Sinyal Jaringan Internet. Dewasa ini internet merupakan salah satu kebutuhan, karena manfaat Internet memang sangat banyak dalam kehidupan. kita dapat menggunakan internet dengan memakai komputer, laptop maupun smartphone.

Faktor utama didalam mengakses Internet adalah kita harus memiliki sinyal jaringan internet. tanpa jaringan tentu saja internet tidak bisa diakses. Untuk memberi kenyamanan kepada penggunanya, dari waktu ke waktu setiap provider sinyal memperbaharui system jaringannya. kalau dulu kita menggunakan jaringan GPRS untuk mengakses Internet, sekarang sudah muncul jaringan 4G dengan kecepatan maksimal.

Jenis Sinyal Jaringan Internet

Agar lebih jelas, kali ini Wongcungkup akan share beberapa Jenis Sinyal Jaringan Internet, yang populer di Indonesia dari waktu ke waktu, diantaranya :

1 . GPRS (2.5G)

General Packet Radio Service (GPRS), adalah teknologi awal yang mulai populer untuk mengakses internet dengan kecepatan yang sangat minimal. rata – rata handphone jadul menggunakan teknologi ini. fasilitas pada GPRS adalah untuk mengirim e-mail, MMS (Pesan Multimedia), dan browsing.

2. EDGE / EVDO (2.75G)

Enhanced Data rates for GSM Evolution (EDGE) memiliki kecepatan 3X lipat dibandingkan GPRS. tetapi fitur yang disediakan masih sama dengan GPRS. di Hp CDMA EDGE itu setingkat dengan Evolution Data Optimized (EVDO).

3. 3G / EVDO Ref.A

setelah sukses dengan EDGE, akhirnya keluar teknologi 3G yang kecepatan browsingnya semakin meningkat. jika 3G untuk operator GSM maka di operator CDMA dikenal dengan sebutan  (EVDO).

4. HSDPA / EVDO Ref.B (3.5G)

High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) merupakan penyempurnaan dari teknologi 3G. HSDPA lebih dikenal sebagai jaringan 3.5G untuk GSM dan EVDO Ref.B untuk operator CDMA. secara teori, teknologi 3.5G bisa 9X lebih cepat daripada jaringan 3G. sebagian besar operator seluler sekarang menggunakan system jaringan ini untuk mengakses internet.

5. 4G

fourth generation technology (4G) adalah kelanjutan dari 3G, dimana 4G merupakan teknologi jaringan tanpa kabel paling mutakhir saat ini, dimana secara teori mampu memberikan kecepatan browsing sampai dengan 100 MB / Detik. operator seluler yang meggunakan teknologi 4G adalah Bolt dan Smartfren. khabarnya indosat juga segera menyusul.

Demikian Artikel dari Wongcungkup tentang Jenis Sinyal Jaringan Internet, Semoga artikel ini bermanfaat.

salam,


About Yanto Cungkup 479 Articles
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

167 Komentar

  1. Setelah baca artikel ini saya jadi paham tentang jaringan internet dari generasi awal hingga generasi baru seperti sekarang ini :good:

    Makasih mas pencerahannya tentang jaringan internet pada ponsel :rokok

  2. Jaringan cepat 4 G memang lebih bagus dari jaringan akses yang di bawahnya. Namun sayangnya walau di negeri ini masih tergolong sudah baru, tapi kenapa ya selalu tertinggal ? sedangkan di negera lain saja sudah 6 G lo…. dan harganya kitamasih tergolong kalah murah. Sharusnya Indonesia itu bisa lebih maju dari yang sekarang. Mungkin saja ini strategis dari bisnis ya ?

  3. saya masih 3G nih mas, hp saya belum mendukung 4G tapi 3G juga udah cukup deh mas daripada hp sebelumnya yang saya miliki yaitu edge yang leletnya minta ampun tuh ya..
    saya baru hadir lagi kesini ya?kayanya ketinggalan beberapa episode artikel mas yanto nih..

  4. permasalahannya ya…waktu program peluncuran 3G aja sampai sekarang belum genah, malah ditempat saya deteksi 3G untuk beberapa hp dianggap gangguan. saya kurang mengerti dengan masalah ini, namun ada teman yang mencoba jaringan 3G di daerah yang tidak jauh dari kota, tapi tetap aja kacau mas. nah gak tau deh kalau udah ke 4G, apakah itu bisa berjalan dengan baik pada semua tempat, atau hanya tempat tertentu. kasihan kan beberapa tempat yang tidak bisa menggunakan layanan itu….eeerrrghggggghhh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*