Jenis Sinyal Jaringan Internet

By | 06/12/2015 at 21:57 pm

Jenis Sinyal Jaringan Internet. Dewasa ini internet merupakan salah satu kebutuhan, karena manfaat Internet memang sangat banyak dalam kehidupan. kita dapat menggunakan internet dengan memakai komputer, laptop maupun smartphone.

Faktor utama didalam mengakses Internet adalah kita harus memiliki sinyal jaringan internet. tanpa jaringan tentu saja internet tidak bisa diakses. Untuk memberi kenyamanan kepada penggunanya, dari waktu ke waktu setiap provider sinyal memperbaharui system jaringannya. kalau dulu kita menggunakan jaringan GPRS untuk mengakses Internet, sekarang sudah muncul jaringan 4G dengan kecepatan maksimal.

Jenis Sinyal Jaringan Internet

Agar lebih jelas, kali ini Wongcungkup akan share beberapa Jenis Sinyal Jaringan Internet, yang populer di Indonesia dari waktu ke waktu, diantaranya :

1 . GPRS (2.5G)

General Packet Radio Service (GPRS), adalah teknologi awal yang mulai populer untuk mengakses internet dengan kecepatan yang sangat minimal. rata – rata handphone jadul menggunakan teknologi ini. fasilitas pada GPRS adalah untuk mengirim e-mail, MMS (Pesan Multimedia), dan browsing.

2. EDGE / EVDO (2.75G)

Enhanced Data rates for GSM Evolution (EDGE) memiliki kecepatan 3X lipat dibandingkan GPRS. tetapi fitur yang disediakan masih sama dengan GPRS. di Hp CDMA EDGE itu setingkat dengan Evolution Data Optimized (EVDO).

3. 3G / EVDO Ref.A

setelah sukses dengan EDGE, akhirnya keluar teknologi 3G yang kecepatan browsingnya semakin meningkat. jika 3G untuk operator GSM maka di operator CDMA dikenal dengan sebutan  (EVDO).

4. HSDPA / EVDO Ref.B (3.5G)

High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) merupakan penyempurnaan dari teknologi 3G. HSDPA lebih dikenal sebagai jaringan 3.5G untuk GSM dan EVDO Ref.B untuk operator CDMA. secara teori, teknologi 3.5G bisa 9X lebih cepat daripada jaringan 3G. sebagian besar operator seluler sekarang menggunakan system jaringan ini untuk mengakses internet.

5. 4G

fourth generation technology (4G) adalah kelanjutan dari 3G, dimana 4G merupakan teknologi jaringan tanpa kabel paling mutakhir saat ini, dimana secara teori mampu memberikan kecepatan browsing sampai dengan 100 MB / Detik. operator seluler yang meggunakan teknologi 4G adalah Bolt dan Smartfren. khabarnya indosat juga segera menyusul.

Demikian Artikel dari Wongcungkup tentang Jenis Sinyal Jaringan Internet, Semoga artikel ini bermanfaat.

salam,

169 thoughts on “Jenis Sinyal Jaringan Internet

            1. indra Kusuma Sejati

              Oooooo……. sekarang malah dapet hadiah to ? asik nuggu ah…..

  1. Dzatmiko

    Setelah baca artikel ini saya jadi paham tentang jaringan internet dari generasi awal hingga generasi baru seperti sekarang ini :good:

    Makasih mas pencerahannya tentang jaringan internet pada ponsel :rokok

    Reply
    1. mbah dinan

      @Dzatmiko : saya malah taunya menggunakannya aja, lancar ya sukur, kalau lelet ya sukar jadinya mas.

      Reply
  2. indra Kusuma Sejati

    Jaringan cepat 4 G memang lebih bagus dari jaringan akses yang di bawahnya. Namun sayangnya walau di negeri ini masih tergolong sudah baru, tapi kenapa ya selalu tertinggal ? sedangkan di negera lain saja sudah 6 G lo…. dan harganya kitamasih tergolong kalah murah. Sharusnya Indonesia itu bisa lebih maju dari yang sekarang. Mungkin saja ini strategis dari bisnis ya ?

    Reply
      1. hendri hendriyana

        iya atuh mas ini mah bisnisnya kalangan atas, indonesia memang rada tertinggal dikit mas dibidang teknologi

        Reply
          1. mbah dinan

            jepang udah menguji jaringan 5G, sementara kita yang 4G masih belum merata, semoga masuk ke kalimantan biar merasakan kecepatannya. jangan cuma numpang lewat aja….awas aja mas sampai numpang lewat doang, ane sambit pake akik nanti. heee

            Reply
  3. awen

    hihii saya kira 3g itu pknya yang bisa vdeo call ajj mas itu nmanya 3g,heu
    Tekhnologi smakin canggih saja ya mas, namun sayang skali belum merata.

    Reply
            1. mbah dinan

              punya yan tapi ya masih dalam bayangan…akhirnya gila bayang juga nantinya. heeee

  4. hendri hendriyana

    saya masih 3G nih mas, hp saya belum mendukung 4G tapi 3G juga udah cukup deh mas daripada hp sebelumnya yang saya miliki yaitu edge yang leletnya minta ampun tuh ya..
    saya baru hadir lagi kesini ya?kayanya ketinggalan beberapa episode artikel mas yanto nih..

    Reply
        1. mbah dinan

          biasanya sih nongkrong di rumah baru, dengan simpanan baru, dan semoga tidak dengan masalah yang baru ya gan? heheheee

          Reply
            1. hendri hendriyana

              tuhkan semuanya salah nebak??saya habis pemotretan majalah playboy mas kemarin 😀

  5. Budi Smart

    berarti diantara jenis-jenis sinyal 4G lah yang paling bisa dihandalkan ya mas, saya baru bisa pake smartfren dengan sinyal evdo mas

    Reply
      1. mbah dinan

        itulah, sementara smartfren aja tuh dan beberapa merek hp tertentu yang bisa merasakan 4G, sedang beberapa ponsel pintar lainnya belum tentu, dan yang jelas belum bisa diakses oleh semua jaringan atau tidak bisa dirasakan pada semua tempat, makanya saya pake yang biasa aja deh…heeee

        Reply
  6. mbah dinan

    permasalahannya ya…waktu program peluncuran 3G aja sampai sekarang belum genah, malah ditempat saya deteksi 3G untuk beberapa hp dianggap gangguan. saya kurang mengerti dengan masalah ini, namun ada teman yang mencoba jaringan 3G di daerah yang tidak jauh dari kota, tapi tetap aja kacau mas. nah gak tau deh kalau udah ke 4G, apakah itu bisa berjalan dengan baik pada semua tempat, atau hanya tempat tertentu. kasihan kan beberapa tempat yang tidak bisa menggunakan layanan itu….eeerrrghggggghhh

    Reply
      1. hendri hendriyana

        bacanya sambil menggerutu dikit dong..yuk belajar dulu baca eeerrrghggggghhh sama saya coba baris dulu yang rapi..

        Reply
  7. matdedod

    Meski belum merata kini produsen HP berlomba-lomba membuat gadget yang udah support jaringan 4G

    Reply
  8. diar nurhakim

    Berarti sekarang 4G yang tercepat dan mutkhir ya mas Yanto? 🙂 Ini modem saya kayaknya masih HSPA hehehehe 🙂

    Reply
  9. hendri hendriyana

    dengan meningkatnya jaringan dengan kecepatan tinggi sekarang kuota jadi pada murah, mungkin itu sisi positif buat saya yang kerjanya internetan yamas..

    Reply
  10. sonny Ogawa

    Yang 4 G mantap kali ya…tapi sayangnya belum trsedia di tempat saya walaupun dekat dengan ibukota

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.