Jenis dan Pengertian Bahasa Pemograman Pada Website

Jenis dan Pengertian Bahasa Pemograman Pada Website. Kode program sangat vital bagi sebuah blog maupun website, karena lewat kombinasi kode – kode program itulah sebuah website ataupun blog bisa terbentuk.

Sebagai seorang blogger, anda tentu sudah tidak asing lagi dengan macam – macam bahasa program. anda tidak diharuskan hafal dengan setiap program, mengerti tentang beberapa kode pun itu sudah cukup. tapi tidak ada salahnya kita mengenal semua program website, sehingga anda bisa membuat website sendiri dan suatu saat membuka jasa pembuat website. Aamiin…

Jenis dan Pengertian Bahasa Pemograman Pada Website

Ada banyak sekali bahasa pemrograman pada sebuah Website, dan kali ini Wongcungkup akan menjelaskan beberapa program yang cukup populer. adapun Jenis dan Pengertian Bahasa Pemograman Pada Website, diantaranya adalah sebagai berikut :

1.HTML

HTML singkatan dari HyperText Markup Language adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser di Internet. bentuk HTML adalah kode – kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file HTML dapat dibuka dengan menggunakan berbagai browser web seperti google chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Internet Explorer, opera mini, dll.

2.PHP

PHP singkatan dari Hypertext Preprocessor tetapi pada awalnya PHP singkatan dari Personal Home Page Tools adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted) yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web. PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. PHP banyak digunakan oleh blog berplatform WordPress.

3.CSS

CSS singkatan dari Cascading Style Sheet adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML. Fungsi CSS seperti styles dalam aplikasi Microsoft Word yang dapat ,mengukur beberapa style, misalnya heading, margin, body text, footer, dan lain – lain.

4.Javascript

Javascript adalah bahasa scripting handal yang berjalan pada sisi client. JavaScript dikembangkan oleh Netscape. Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript maka anda harus menggunakan JavaScript-enabled browser atau browser yang mampu menjalankan JavaScript.

5.jQuery

jQuery adalah pustaka JavaScript kecil bersumber terbuka yang menekankan pada interaksi antara JavaScript dan HTML. Pustaka ini dirilis pada Januari 2006 di BarCamp NYC oleh John Resig dan berlisensi ganda di bawah MIT dan GPL. Microsoft dan Nokia telah mengumumkan akan mengemas jQuery di platform mereka.

6.XML

XML singkatan dari Extensible Markup Language adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja. XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda / markup pada sebuah dokumen.

7.WML

WML singkatan dari Wireless Markup Language adalah bahasa pemrograman dalam aplikasi berbasis XML dan dipakai dalam aplikasi wireless.

8.ASP

ASP singkatan dari Active Server Pages adalah salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis dan bersifat interaktif. ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft untuk memudahkan pembuatan aplikasi-aplikasi Web Server. ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.

Demikian artikel dari Wongcungkup tentang Jenis dan Pengertian Bahasa Pemograman Pada Website, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,

Bahan referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Pemrograman_web


About Yanto Cungkup 496 Articles

saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

223 Komentar

  1. dari sekian bahasa pemograman, yang wajib untuk dipelajari terlebih dahulu apa mas? misalnya untuk tampilan dan desain blog atau website secara mendasar.. apakah harus semuanya langsung??

  2. Kalau masalah bahasa pemograman saya masih suka pusing Mas, soalnya yang saya pelajari sepertinya hampir sama smua bahas pemograman itu, cuma beda alur ceritanya 🙂

    tapi terimakasih lho mas, dari dulu saya tahu nama bahasa pemograman cuma singkatannya doank, dan berkat artikel ini saya jadi tahu apa kepanjangannya 🙂

  3. wah sampai ada 8 jenis kode ya mas…selama ini saya mung hanya tahu 4 kode saja CSS HTML .jQuery Javascript..ah maklum mas..tidak begitu merhatiin soal kode kode , ngedit template blog sendiri kadang masih bingung…bisa di ajarin mas…

  4. Bagi pecinta blogger kayak ane ini, yang masih imut-imut, tentu sangat sering membaca bahas pemograman diatas, walaupun kadang sudah berani uprek2, tapi nyatanya baru skarang ini tau singkatan dan artinya. tapi jujur masih belum faham konsep masing-masing hehe

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*