Jenis dan Golongan Surat Izin Mengemudi

Jenis dan Golongan Surat Izin Mengemudi Kendaraan Bermotor. Surat Izin Mengemudi ( SIM ) adalah tanda bukti identifikasi yang diberikan oleh Polisi republik Indonesia (Polri) kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor.

Seperti diketahui, sesuai dengan perundang – undangan dinegara republik indonesia bahwasanya setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan Wajib memiliki SIM sesuai jenis kendaraan. Ketika anda diketahui tidak memiliki Surat Izin Mengemudi maka akan mendapatkan berbagai hukuman sesuai dengan kesalahan yang dilakukan.

Golongan Surat Izin Mengemudi Kendaraan Bermotor

Dinegara Indonesia sesuai dengan Pasal 77 ayat (2) UU No. 22 Tahun 2009, Jenis SIM terdiri dari 2 diantaranya :

  1. Surat Izin Mengemudi Kendaraan Bermotor perseorangan
  2. Surat Izin Mengemudi Kendaraan Bermotor Umum

Sedangkan Golongan Surat Izin Mengemudi Kendaraan Bermotor, adalah sebagai berikut :

  1. SIM A. digunakan untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 2.500 kg.
  2. SIM A Umum, untuk mengemudikan kendaraan bermotor umum dan barang dengan jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 3.500 kg.
  3. SIM B1. digunakan untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kg.
  4. SIM B1 Umum. digunakan untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang umum dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kg.
  5. SIM B2. digunakan untuk mengemudikan Kendaraan alat berat, Kendaraan penarik, atau Kendaraan Bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan perseorangan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kg.
  6. SIM B2 Umum. digunakan untuk mengemudikan Kendaraan penarik atau Kendaraan Bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kg.
  7. SIM C. digunakan untuk mengemudikan Sepeda Motor.
  8. SIM D. digunakan untuk mengemudikan kendaraan khusus bagi penyandang cacat.

Membuat permohonan SIM baru tidak semudah melakukan perpanjangan SIM, seperti yang pernah saya ulas dalam artikel : Persyaratan dan Cara Mudah Mengurus Perpanjangan SIM.

Bagi anda yang belum memiliki SIM sesuai dengan type jenis kendaraan, dapat segera mengurusnya di Samsat Polres didaerah anda dengan menyiapkan dan melaksanakan beberapa prosedur sesuai Persyaratan pemohon SIM, diantaranya sebagai berikut :

1. Usia

  • 17 tahun untuk SIM A, C, dan D
  • 20 tahun untuk SIM B1
  • 21 tahun untuk SIM B2
  • 20 tahun untuk SIM A Umum
  • 22 tahun untuk SIM B1 Umum
  • 23 tahun untuk SIM B2 Umum

2.  Membawa KTP asli dan fotokopi sebanyak 4 lembar,

3. Membawa surat keterangan kesehatan dari dokter

4. mengisi formulir permohonan pembuatan SIM

5. mengikuti ujian teori dan ujian praktek

6. melakukan Tanda tangan dan foto

Demikian artikel dari Wongcungkup tentang Jenis dan Golongan Surat Izin Mengemudi Kendaraan Bermotor, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,

sumber referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Surat_Izin_Mengemudi


About Yanto Cungkup 479 Articles
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

151 Komentar

  1. Alhamdulillah saya sudah punya sim A dan C mas. Untuk yang lainnya sepertinya belum memerlukan. Mungkin suatu saat bisa saja memerlukan golongan sim yang lain. Terima kasih buat informasinya mas.

  2. Saya sudah punya sim a dan c… dulu sebelum punya sim selalu kena razia, giliran udah punya, ngga pernah di berhentiin polisi :scratch: Kalau punya sim a ngga boleh ngetir bus atau truck ya, harus punya sim b 😥

  3. Huahahaha. Sungguh memalukan saya ini. Masak komen sudah ratusan banyaknya gini baru saya datang. Sudah kayak mental pejabat saja sayah ini. Benar benar memalukan. Hiehiehiee. Nanti saya disuruh bayar DOBEL nih karena telat datang kasih komentar di sini. Gakpapa deh. Saya akan menghukum diri saya dengan memlorotkan celana saya sendiri. Boleh?

  4. saya baru tahu mas ada juga sim untuk orang cacat, saya kira semua orang sama saja sim nya..
    memang sih memiliki sim itu sangat berguna juga apalagi kalau lagi kena musibah kecelakaan pasti tuh disalahkan. heu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*