Jenis Berbagai Format Video

Jenis Berbagai Format Video. Seiring dengan perkembangan jaman, semakin banyak format video yang kita jumpai. kualitas video sangat tergantung dari tingkatan formatnya. untuk membuka suatu video maka kita harus memiliki aplikasi yang kompatible dengan file video tersebut. saat ini sudah banyak sekali aplikasi yang mampu membaca berbagai format video.

Kalau membahas secara mendetail tentang format video, sepertinya satu halaman ini tidak akan muat saking banyaknya. untuk itu Wongcungkup akan share beberapa format video yang sering dipakai, disamping itu karena admin memang belum begitu faham dengan format video yang lain. he he he.. baca juga : Jenis berbagai Format Gambar

Jenis Berbagai Format Video

Adapun beberapa Jenis Berbagai Format Video, diantaranya sebagai berikut :

  1. AVI. Format AVI singkatan dari audio video interleaved, merupakan teknologi video besutan microsoft tahun 1992. File AVI menyimpan data audio dan video pada struktur interleaved yang hanya berupa kontainer dan data audio video yang dapat dikompres dengan menggunakan berbagai codec. Kualitas dan kapasitas AVI tergantung pada codec dan secara khusus codec yang digunakan adalah MPEG, Divx atau WMV. hampir semua aplikasi video mampu membuka video format AVI.
  2. OGM. Format OGM singkatan dari Ogg Media File, Adalah format kontainer untuk audio, video dan subtitle. Sebagaimana AVI, format ini juga mendukung multiple audio track. Codec video OGM yang sering digunakan adalah Xvid. aplikasi untuk membuka file OGM diantaranya adalah Ogg Vorbis Direct Filter.
  3. 3GP atau format 3GPP singkatan dari Third Generation Partnership Project (3GPP) yang digunakan untuk handphone 3G. sekarang ini hampir semua handphone kompatible untuk membuka jenis file 3GP.
  4. 3G2 (3GPP2 format file) format ini mirip dengan format 3GP, tapi memiliki beberapa ekstensi dan keterbatasan dibandingkan dengan 3GP.
  5. MP4 adalah salah satu format yang juga biasa disebut MPEG-4. Pada umumnya format ini digunakan untuk merekam video serta audio, tetapi kemampuan lainnya adalah dapat menangani data lain seperti subtitle. Kelebihan lainnya adalah bisa dilakukannya streaming melalui internet. MP4 adalah nama extension/ekstensi untuk format MPEG-4.
  6. Quicktime Adalah format file yang dikenalkan oleh Apple Computer. file Quicktime adalah kontainer multimedia yang terbentuk atas satu atau lebih track seperti audio, video, teks atau efek digital.
  7. DVDRip adalah format file video yang merupakan salinan dari DVD Original.
  8. DVDScr adalah format video dupiklat dari promo DVD yang akan digunakan sebagai promosi. DVDScr akan ada sebelum DVD originalnya keluar di pasaran. Kualitas gambar dan suaranya hampir setara dengan DVDRip, hanya saja pada gambar video sering terdapat beberapa tulisan penjelasan yang terpampang di layar tentang DVD tersebut yang biasanya sedikit menggangu kita.
  9. Bluray atau lebih dikenal dengan HD adalah format file video yang memiliki resolusi yang sangat besar. kualitas gambar yang dihasilkan lebih baik daripada DVDRip.

Demikian artikel dari Wongcungkup tentang Jenis Berbagai Format Video, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,


About Yanto Cungkup 490 Articles
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

206 Komentar

  1. Dulu sempat bingung juga saat mau putar video tapi di komputer tidak terbaca, setelah cari info di mbah google akhirnya dapet juga VLC, dan menurut saya hampir semua format bisa di putar dengan VLC mas..

  2. Untuk Bluray.HD..naah ini kwalitas video super tinggi tajam ..cocok untuk dokumen pribadi , karna resolusi nya tinggi sehingga memakan banyak jatah memory….makasih atas infonya….

  3. saya biasanya downlo0ad film juga bluray mas yan kan bagus atuh ga pecah-pecah, kalo 3GP mah bagus dilihat dari jauh kalo deket pecah 😀
    banyak juga ya mas yan, saya mah baru tau ih beneran ga bohong

  4. Ada begitu banyak jenis format video itu yah mas tapi yang paling familiar sepertinya format 3gp sama mp4 yah, oya salam kenal yah dari blogger super duper newbie banget 🙂

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*