Jenis Berbagai Format Gambar

Jenis Berbagai Format Gambar. Di jaman digital seperti sekarang ini semakin banyak jenis gambar dalam berbagai format. setiap format mempunyai fungsi masing – masing. ada kalanya suatu format gambar hanya dapat dibuka ketika kita memakai aplikasi tertentu.

Kali ini wongcungkup akan mengulas lebih dekat berbagai format file gambar, sekedar untuk pengingat penulis khususnya dan pembaca pada umumnya. adapun singkatan dan pengertian berbagai format gambar diantaranya sebagai berikut:

1.JPEG

Format file JPEG (Joint Photographic Expert Group) adalah salah satu format gambar standart yang dapat dibuka pada berbagai macam devices. format JPEG mampu mengkompres objek dengan tingkat kualitas yang disediakan oleh devices.

Format file JPEG dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti dokumentasi dan website. pada umumnya file format JPEG menggunakan extensi .jpeg, .jpg, .jpe.

Jenis Berbagai Format Gambar

2.GIF

Format file GIF (Graphic Interchange Format) adalah format gambar yang bisa menggabungkan beberapa gambar menjadi satu dan bergantian tampil (berubah bergantian). format GIF juga mampu menyimpan animasi dua dimensi yang dipublikasikan pada internet dan desain web.

Jenis format ini banyak disukai oleh pemasang iklan karena tampilannya lebih menarik dan selalu berubah sesuai jumlah gambar yang telah digabungkan. baca : cara membuat gambar animasi gif.

3.PNG

Jenis format gambar PNG (singkatan dari Portable Network Graphic) adalah salah satu format file yang paling tepat digunakan untuk menampilkan objek dihalaman web. karena format ini dapat dikompres menjadi ukuran yang kecil dengan kualitas gambar tetap bagus.

4.PSD

File gambar PSD (Photoshop Document) adalah format standart dokumen aplikasi adobe potoshop. format PSD dapat menyimpan informasi layer pada sebuah gambar, sehingga setiap saat gambar dalam format ini dapat diedit kembali.

Format ini juga mampu menyimpan gambar dalam beberapa mode warna yang disediakan Photoshop. untuk itu Anda dapat menyimpan dengan format file ini jika ingin mengedit kembali gambar tersebut.

5.BMP

Format gambar BMP (singkatan Bitmap Image) adalah format grafis yang fleksible untuk platform windows dan dapat dibaca oleh berbagai program grafis. gambar format BMP sangat cocok dijadikan sebagai  wallpaper desktop komputer anda.

Sebenarnya masih banyak jenis format gambar yang lain, tetapi ke- 5 format gambar tersebut yang paling kita sering ditemui dan banyak digunakan oleh semua orang baik untuk digunakan pada smartphone, komputer maupun internet.

Demikian artikel wongcungkup tentang Jenis Berbagai Format Gambar, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,


About Yanto Cungkup 496 Articles

saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

101 Komentar

  1. Wow kalau nda salah ini baru designya ya mas Cungkup. Soalnya lay out tampilan blognya keren Saya suka yang ini. Heihieiee

    Kalau gambar di web atau blog, saya tetap suka yang berformat JPEG atau JPG. Karena warnanya menurut saya relatif tajam. Kalau animasi tentu saya pake format GIF

  2. kalo poin nomor 5, kalo format BMP saya belum pernah make mas, dan biasanya juga saya pake jpg untuk wallpaper desktop, ternyata yang cocok itu BMP ya :good:

  3. Waktu pertama kenal komputer saya taunya cuma gambar format BMP doang mas, baru deh berlanjut ke gambar jpeg, gif dst. 🙂

    Maaf mas baru bisa hadir lagi nie, kemaren saya abis pulkam ke rumah Abah saya di Rangkas 😀

  4. Biasanya saya memilih PNG buat di blog, sebab JPG seringkali ketajaman warna kurang. Kalau BMP terlalu besar ukurannya paling buat arsip itu penting. Makasih mas ulasannya.

  5. ternyata banyak juga yang sering pakai jpg kayak saya, yang lain mungkin karena suka kalau saya mang gak ngerti. Dapat info seperti ini kyaknya next post pakai PNG juga… Thanks bang Yanto

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*