Film Yang Baik Untuk Anak

By | 14/06/2015 at 22:15 pm

Film Yang Baik Untuk Anak. Harus diakui bahwa saat ini hampir setiap televisi di indonesia lebih mengedepankan tayangan hiburan daripada pendidikan. banyak sekali tayangan yang tidak mendidik khususnya bagi anak – anak.

Setiap orang tua ( tak terkecuali penulis ) tentu menginginkan mempunyai seorang anak yang pintar serta berbakti kepada orang tua, berguna bagi agama serta negara. salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah mendidik dengan sebaik – baiknya.

Untuk itu kita harus bisa memilah dan memilih mana tayangan TV khususnya film yang bagus untuk anak dan mana yang tidak baik untuk ditonton anak. jangan sampai anak kita melihat film yang berbau anarkis, pornografi dan tayangan lain yang tidak layak ditonton. perlu diketahui bahwa setiap anak itu cenderung mengikuti apa yang dia lihat.

Adapun beberapa tayangan Film Yang Baik Untuk Anak menurut wongcungkup diantaranya :

1. Adit sopo jarwo

film yang baik untuk anak

Film yang ditayangkan oleh salah satu TV swasta indonesia ini sangat bagus untuk ditonton oleh segala umur terutama anak – anak. film asli garapan anak indonesia ini menceritakan tentang kehidupan sehari – hari warga pinggiran.

Pada film ini banyak sekali adegan lucu yang melibatkan sopo jarwo dan adit, dimana sopo menjadi orang bloon selalu menuruti kata – kata bang jarwo. salah satu kata yang paling sering diucapkan sopo adalah “sekarang boss”.

Banyak sekali hal yang dapat dipetik manfaatnya dari film adit sopo dan jarwo diantaranya kerukunan antar warga dalam berbagai suku seperti suku jawa (bang jarwo), sunda (kang ujang), betawi (pak haji). lalu rasa setia kawan antara sopo dan jarwo serta nasehat yang biasanya diberikan oleh pak haji udin diakhir cerita.

2. Upin ipin

film yang baik untuk anak2

Film animasi bersambung buatan negara malaysia ini juga cukup bagus ditonton anak. banyak sekali pendidikan yang diselipkan ditengah film. film yang sudah mencapai ratusan episode ini banyak menceritakan tentang upin, ipin, kak ros, opa, atuk dan teman – teman upin dan ipin di tadika (TK) .

Sebagai tokoh utama upin merupakan anak nakal tapi pintar yang selalu ingin tahu serta ipin yang menjadi adik kembarnya yang selalu ikut – ikutan dengan mengucapkan “betul betul betul”. kedua anak ini hidup bersama kak ros dan neneknya.

3. Marsha and the bears

film yang baik untuk anak1

Film anak ini menceritakan tentang seorang anak bernama marsha yang hidup bersama beruang. marsha merupakan anak yang lucu pintar dan nakal serta beruang yang sangat menyayangi dan selalu telaten mendidik dalam bahasa isyarat. banyak sekali hal lucu dalam film ini. sayangnya film ini masih dalam bahasa asalnya dengan terjemahan tulisan.

Itulah artikel tentang beberapa Film Yang Baik Untuk Anak, menurut wongcungkup. semoga artikel ini bermanfaat. lalu film apa yang bagus menurut anda??

salam,

146 thoughts on “Film Yang Baik Untuk Anak

  1. Eka Ikhsanudin

    nah ada lagi perasaan film Anak2 kartun juga yang sering bercerita tentang Dongeng, saya lupa judulnya. tapi ada kang, lupa hari apa tayang nya di tivi mana yah… lupa pokonya…
    jangan di setrap ya … :yahoo:

    Reply
  2. Eka Ikhsanudin

    saya setuju dgn pendapat Kang Yanto, menurut saya sih Anak2 memang lebih bagus menonton film Anak2 seperti yg telah ditulis diatas sesuai dgn masa pertumbuhannya, jangan nontonnya film yg isinya pacaran mulu … jadi kecil2 udah pada belajar pacaran akhirnya mah hikhikhik… 😥

    Reply
  3. Berbagi Cerita

    kalo film adit sopo djarwo itu film yang selalu ditonton adik saya mas dirumah, Alhamdulillah, berarti mereka selalu mengonsumsi aliran yang baik dalam pengembangan etika mereka..

    Reply
  4. Mas Ojik

    Betul betul betul. Memang hampir setiap TV di Indonesia lebih mengedepankan tayangan hiburan daripada pendidikan yamas. Jadi sebagai ortu harus pintar. Kalau perlu di block aja channel yang gak penting :ckakaka:

    Reply
  5. defa ramadhani

    aku walaupun udah ga anak2 lagi tp suka banget sama film kartun marsha, soalnya tingkahnya lucu :melet:

    Reply
  6. Mags Adus

    kesemuaan film ini memang sudah menjadi keseharian kang bagi anak sayah. Pokonya saya g ada jatah dek kalo anak sayah belum tidur. ada lagi 1 lagi kang pada zaman dahulu kala. hahahah

    Reply
  7. Dindin Rosidin

    Yah film inilah yang bagus banget untuk anak anak.. tapi anak2 sekarang sudah terlalu banyak menonton sinetron 🙁 contohnya keponakan saya duh :'(

    Reply
  8. Indra Kusuma Sejati

    Nonton film anak-anak bisa menjadi hiburan sendiri bagi saya, apalagi kalau bareng sama anak-anak saya, enak deh pokoknya. gratis kalau di rumah. :piss:

    Reply
  9. Ana Sriwahyuni

    kalau saya kurang setuju jika masha & the bear dijadikan tontonan yang baik untuk anak, meski si mash memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan kreatifitas namun terlalu banyak kenakalan yang dilakukan oleh si masha,,

    Reply
  10. ASKEP

    nah ini bagus untuk perkmbangan anak, jangan asal nonton tv khususnya ank kecil, bisa berakibat fatal

    Reply
  11. ASKEP

    saya yang besar aja suka nonton film jarwo lo mas, memang banyak pembinaan moralnya dalam fil jarwo dan adit

    Reply
  12. Hary Wardiansyah

    Keponakan saya sangat suka sekali nonton upin ipin sama marsa tuh, kadang kalau sedang asik nnton tv, suka di ganggu saama keponakan saya terus dipindahin channelnya deh 😥

    Reply
          1. bengkel blogger

            karungin langsung antar tempat mang lembut buat diperbaikin…maksudnya otak kita-kita kali ya mas….heeee

            Reply
        1. bengkel blogger

          iya…tapi walau tampang rambo, hatinya pasti rinto….heee
          pisss yooo massss…pissss.

          Reply
  13. Mysweet Ladyluck

    mas yanto slm kenal :piss: sayah mah demen nongton pelm ‘kumkum’ bocah laki gak make sempak…hihi,

    klo si abah mpe sekarang hobbynya “naruto”, asyik juga buat belajar bicara : jepang, terjemahnya arab gundul … lieur :ckaka:

    Reply
      1. bengkel blogger

        kalau saya sih biasanya saya temanin anak saya nonton mas, tapi kalau malam saya temanin istri saya nonton…heee

        Reply
      1. bengkel blogger

        kalau anak saya sukanya dengan tuk dalang, kak rose, opa, jarjit, ikhsan, meimey, dan ismail bin mail…pokoknya dua seringgit…
        sempat salut juga sama pembuat upin dan ipin, karena meraka sebenarnya dari indonesia. ditolak menaawarkan animasi mereka, malah diterima di luar negeri tapi akhrinya indonesia mendatangkan tokoh upin dan ipin ke indonesia…itulah kata orang indonesia, indon tonton indon.

        Reply
  14. Suta Igede

    semua film/kartun yang disebutkan diatas memang sangat baik untuk ditonton anak-anak. Karena namanya anak kecil kan masih suka meniru apa yang dilihat dan didengarnya.

    Reply
      1. bengkel blogger

        tidak semua tayangan anak-anak itu baik mas…karena ada juga tayangan anak yang bahaya, termasuk seperti film dora emaon. karena diajarkan cengeng dan selalu mau manang sendiri yang di conotohkan sizuka…itu penilaian saya aja lho mas…mungkin yang lain beda cara memandangnya…

        maafkanlah saya yaa…heeee

        Reply
          1. bengkel blogger

            setuju mas…dan bisa mengarahkan untuk memilih tayangan yang cocok untuk anak kita. baik dari segi pendidikan maupun pembangunan mental anak.

            Reply
  15. bengkel blogger

    kalau adit dan sopo jarwo mungkin bukan film bersambung, tapi film per episode…jadi satu episode selesai, walau ada juga satu atau dua episode baru selesai. tapi tidak banyak mas…begitu juga dengan film upin dan ipin.

    mengenai film mana yang cocok? untuk tayang sekarang sih saya lebih memilih upin dan ipin. kalau upin dan ipin itu muatan pengajarannya akan hidup lebih banyak tapi banyolnya juga kadang over…

    terus kalau adit dan sopo jarwao muatan pendidikannya masih kurang tajam, kadang juga lebih kepada ranah orang dewasa. makanya anak sekitar 3 sampai 6 tahun akan susah mengikuti dan menangkap pelajarannya kalau tidak kita jelaskan tujuan dari tayangannya.

    kalau masya and the bear, kalau menurut saya malah bahaya. masalahnya beberapa anak teman yang saya tanya, malah jadi agresif tak terkendali setelah menonton film tersebut.

    sebenarnya dulu pernah ada film bagus seperti dora the explorer…namun sekarang tidak tayang lagi…satu lagi yang bagus laptop si unyil dan bolang…bisa diterima lebih kepada pemahaman umum tentang kreatifitas anak dan alam.

    selebihnya…anak saya suka saya kalau lagi main musik atau bercerita…heeee

    Reply
      1. bengkel blogger

        iya mas…itu dari film pendek si unyil yang dulu penuh muatan pendidikan untuk anak…ehhh sekarang udah gak tayang lagi…satu lagi mas…(nambah terus). dunia air (si otan) bagus juga tuh…hanya lebih tepat untuk anak untuk SD lanjut, kisaran kelas 4 dan 5 SD….

        Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.