Festival Pesona Gunung Kawi 2017

By | 26 September

Festival Pesona Gunung Kawi 2017. Bagi anda yang berdomisili di Jawa timur, Khususnya di daerah Malang, Blitar dan sekitarnya pasti tidak asing dengan tempat wisata Gunung Kawi. Apalagi pada bulan Muharram (Suro), tempat ini selalu penuh sesak oleh wisatawan lokal sampai mancanegara. karena pada bulan suro gunung kawi secara rutin mengadakan acara kirab Grebeg Suro untuk memperingati wafatnya leluhur gunung kawi yakni Kiai Zakaria yang lebih dikenal sebagai Mbah Djugo dan hari ulang tahun RM Imam Soedjono.

Pada acara tradisi ritual Suroan tahun 2017, Panitia suroan Desa Wonosari , Kecamatan Wonosari (Lokasi wisata gunung kawi) yang didukung oleh pemerintah Kabupaten Malang dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengemas acara lebih menarik dengan tema Gumebyar Pesona Gunung Kawi yang dihelat pada 19 – 21 September 2017.

Festival Pesona Gunung Kawi 2017

Panggung pesona gunung kawi

Festival Pesona Gunung Kawi 2017 dibuka dengan festival lomba olahan Telo (ketela rambat) yang diikuti 33 kecamatan di wilayah Kabupaten Malang. Lomba olahan telo dipilih karena telo merupakan salah satu komoditas unggulan di kawasan Gunung Kawi. di Tepi lapangan Juga digelar Stand Produk Unggulan dari masing – masing Kecamatan di Wilayah kabupaten Malang.

Selanjutnya diadakan lomba cipta tari khas Gunung Kawi yang pesertanya juga dari 33 kecamatan. Lomba ini digelar karena warga Gunung Kawi belum memiliki ciri khas tarian.

Puncak kegiatan digelar pada Kamis, 21 September 2017. pada hari itu diadakan kirab suroan dengan dimulai dari karnaval dari warga desa Wonosari,  demo 5 finalis Cipta tari khas gunung kawi untuk penentuan juara, yang juga dibarengkan dengan kirab budaya ritual Suroan. Kegiatan ini sebagai lambang rasa syukur dan melestarikan budaya, sekaligus menghormati Eyang Djugo dan RM Iman Soedjono. Kegiatan diisi ritual arakan berbagai macam ogoh – ogoh yang berangkat dari Terminal Wonosari serta berhenti di Lapangan pesarean Gunung Kawi.

Sambil menunggu proses pembakaran Sangkala, panitia mengumumkan pemenang pada beberapa kategori lomba. satu hal yang menjadi kebanggaan admin adalah pemenang kategori Stand produk unggulan di raih oleh kecamatan Wonosari yang di gawangi oleh Sri Hidayati (teman sekelas admin waktu SMP) Dkk. selamat ya Sri!!!

pesona ogoh ogoh

pemberangkatan ogoh – ogoh sangkala

Acara yang paling ditunggu adalah Petang Hari Dimana selalu diadakan Ritual Pembakaran Sangkala. Pembakaran Raksasa ini digelar Pada Pukul 18.30 WIB yang sebelumnya dibuka dengan tari ritual. walau malam mulai menjelang dan lampu lapangan kurang memadai, tetapi ribuan penonton tidak beranjak dari duduknya menunggu ritual pembakaran sangkala. Ribuan kamera mengabadikan momen ritual ini menambah keindahan suasana karena sinar lampu kamera terlihat seperti lilin. Setelah selesai prosesi pembakaran Ogoh – ogoh sangkala, ribuan orang berdesakan meninggalkan tempat layaknya habis menonton sepakbola di Stadion.

persiapan pembakaran sangkala

persiapan pembakaran sangkala

proses pembakaran sangkala

proses pembakaran sangkala

Bagi anda yang pada hari itu belum sempat melihat kemeriahan kirab suro gunung kawi, nggak usah kawatir karena selama bulan suro, gunung kawi selalu padat pengunjung selama 24 jam. bahkan banyak yang rela membawa tikar untuk menginap di trotoar disekitar pesarehan. Setidaknya tak kurang dari ratusan ribu pengunjung yang datang saat perayaan Suro tiba.

Perlu diketahui bahwasanya Selain Bulan suro, Pada malam jumat legi dan tiap malam minggu Pesarehan Gunung kawi juga senantiasa ramai dikunjungi Peziarah.

Demikian artikel dari Wongcungkup tentang Festival Pesona Gunung Kawi 2017, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,

64 thoughts on “Festival Pesona Gunung Kawi 2017

  1. Maman Achman

    Ramai sekali acara Festival Pesona Gunung Kawi 2017 ini mas, pantesan mas yan jarang update blog, rupanya jadi panitia disana toh?

    Reply
  2. Maman Achman

    Sebuah perhelatan yang perlu dilestarikan ini mahh.. acara seperti ini jangan sampai hilang tergerus oleh perkembangan zaman ya mas, supaya anak cucu kita nantinya turut menikmati juga kemeriahannya.

    Reply
    1. Yanto Cungkup Post author

      betul mas

      kalau didaerah kami acara ritual yg selalu ramai selain gunung kawi pada waktu suro ya pantai selatan pada waktu hariraya ketupat dan parade pada saat maulud

      Reply
      1. Maman Achman

        Saya sering denger tentang acara ritual ini mas dari temen satu kerjaan yang kebetulan orang sana juga, berarti setiap hari raya dan bulan maulid selalu ramai dong yaa..

        Reply
        1. Yanto Cungkup Post author

          betul sekali mas

          tp yg plng lama ya suroan di pesarehan gunung kawi ini,karena sebulan penuh selalu rame

          Reply
  3. Maya

    Festival pesona gunung Kawi terlihat sangat meriah, ritual yang dikemas sebagai bentuk pelestarian budaya oleh kementerian pariwisata tampak berjalan sukses

    Reply
  4. monystars

    mas yanto kembali dengan postingan festival gunung kawi.. habis betapa di gunung kawi nie mas ceritanya, jadi dapat inspirasi untuk membuat tulisannya. hehhe

    Reply
  5. ArifSyes

    mau ngaku orang malang tapi dak tau dalemannya gunung kawi ya saya ini mas hehe….
    pripun kabaripun kang, lama tak jumpa

    Reply
    1. Yanto Cungkup Post author

      boro2 daleman gunung kawi, lawong blog nya aja nggak bisa di akses koq

      alhamdulillah waras wareg sam

      Reply
  6. mangsabdul

    itu sangkalanya gede juga ya mas. mas yanto posisinya di mana ini mas, yang mimpin arak arakannya itu kah mas

    Reply
  7. mangsabdul

    mas yanto mah hebat, libur ngeblog melestarikan warisan leluhur. udah beres kegiatan baru nulis lagi.
    Pasti abis ini update terus

    Reply
  8. obat sakit

    Dalam rangka memeriahkan tahun baru Islam ya mas
    Olahan telone pasti beragam, lha wong sing melu sak abrek

    Pembakaran sangkala pasti meriah sekali nih
    Apalagi tanpa lampu

    Reply
  9. naga188

    makasih mas informasinya sangat menambah wawasan.

    Reply
  10. TazkiaRahma4

    Wahh.. Meriah banget acaranya
    Makasih kak atas infonya, artikelnya bagus dan unik bisa menambah wawasan orang banyak.

    Reply
  11. yayang

    wew luarbiasa , nanti aq mau lihat ahh kalo pulang ke nene

    Reply
  12. Tamara Lin

    Bagus mas acaranya, saya tidak pernah ke gunung kawi, tapi dari kecil saya sering mendengar bahwa gunung kawi banyak digunakan untuk pesugihan dan katanya manjur, mungkin saya mau bertanya apakah benar seperti itu mas?

    Reply
  13. rick

    saya sering mendengar tentang gunung kawi..tp smpai skr saya msh blm prnh kesana
    maksih ya gan atas informasinya 🙂

    Reply
  14. kasep

    budaya harus tetap di uri2 biar ndak di ambil sama tetangga

    Reply
  15. Mesin Mie

    kapan-kapan main ah ke gunung kawi
    biar kaya orang orang haha

    Reply
  16. jame

    perayaannya kayak di bali. kalo di bali itu disebut ogoh-ogoh

    Reply
  17. Parcel

    Kenapa kok bikin patung monster sebesar itu untuk acara festival ini, kesannya gimana gitu

    Reply
  18. susi

    mantap tuh acara orang -orangannya serem banget , kayak dibali aja..

    Reply
  19. cerpin

    itu yang patung merah kenapa mirip banget sama hero di game DOTA?

    Reply
  20. Agus Supriyono

    kalau lihat fotonya sepertinya ramai seru acaranya

    Reply
  21. Harga Panel Surya

    Tahun depan coba lihat festival pesona gunung kawi ini, penasaran seperti apa menariknya

    Reply
  22. Panel Surya

    acara festival pesona gunung kawi ini diadakan setiap tahun ya ?

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.