Dilema Google Adsense Bagi Blogger

Dilema Google Adsense Bagi Blogger. Bagi anda yang memiliki blog (webmaster) tentu sudah familiar dengan google adsense. Sebagian besar blogger ingin menjalin kerjasama dengan google adsense bahkan ada yang sampai terobsesi dengan GA untuk menjadikan ladang penghasilan di internet. setiap hari utak atik blog seperti menulis artikel, mengatur desain blog maupun edit template agar sesuai dengan aturan google sehingga permohonan untuk menjadi publisher adsense bakal diterima yang ujungnya ingin segera mendapatkan penghasilan lewat blog melalui perantara GA.

Dilema Google Adsense Bagi Blogger

Admin sendiri pernah memiliki pengalaman seperti itu. padahal pemahaman itu salah kaprah dan malah menjadi dilema.

kita flashback ke pengalaman admin ditahun 2013. ketika mulai eksis mengelola blog ini, admin kenal dengan salah satu blogger bernama Rivai Silaban ( yang sampai saat ini saya anggap sebagai guru besar saya karena telah merubah pola fikir saya tentang blog hingga seperti sekarang ini). bagi blogger yang sudah aktif di tahun tersebut tentunya sudah tidak asing dengan nama ini. karena beliau adalah salah satu admin blog yang sering kali membuat dan membagikan template dari yang gratis sampai premium. templatenya selalu fast loading dan SEO friendly, admin sendiri sekitar 2 tahunan memakai template hasil kreasinya ketika masih menggunakan blogspot.

Hampir setiap malam (seingat saya itu terjadi selama sekitar 4 bulan) saya chat dengan beliau untuk belajar seputar blog. o ya beliau juga merupakan publisher adsense, tapi hanya dipasang di satu blog padahal beliau punya banyak blog. satu percakapan yang paling saya ingat adalah kurang lebih seperti ini :

saya : “koq GA nya cuman dipasang pada satu blog padahal sudah akun GA non hosted mas, padahal kalau saya yang memiliki blog pasti akan saya pasang di banyak blog agar menghasilkan banyak duit”.

bukan jawaban yang saya dapatkan tapi malah pertanyaan balik.

Rifai : ” apa tujuan ngeblog anda ?”

saya : ” mendapatkan tambahan penghasilan salah satunya melalui GA “

rifai : ” kalau begitu tujuannya lebih baik sekarang blognya dihapus lalu menjalani rutinitas seperti biasa didunia maya “.

mak Jleb!! saya bingung dengan jawabannya, lha wong pengen ngasilin koq blognya malah dihapus, gimana coba? lalu kami berulang kali berbalas chat, dan penjelasan intinya adalah jangan berfikir untuk mendapatkan uang dari blog karena anda akan gagal karena targetnya tidak tercapai, tetapi berfikirlah untuk eksis memberikan konten yang bermanfaat bagi pembaca. kalau pengunjung anda sudah ribuan maka uang akan datang sendiri.

Kembali ke pembahasan tentang Dilema Google Adsense Bagi Blogger ini. bahwasanya anda jangan terobsesi untuk menjadi publisher adsense agar dapat menghasilkan uang di blog (khususnya buat blog yang belum memiliki visitor 1000/ hari). tetapi berfikirlah untuk menyajikan konten yang bermanfaat dan dicari pengunjung, semakin banyak artikel anda yang dicari maka semakin banyak juga pengunjung anda.

Memang tidak dipungkiri bahwa GA bisa menjadi ladang uang (bagi blog yang memiliki visitor ribuan ampe puluhan ribu/hari), tetapi walaupun anda sudah menjadi publisher GA dengan visitor masih dibawah 1000/ hari maka akun GA anda hanya menjadi pajangan karena tidak bisa pay out (PO) tiap bulan, malah baru bisa PO sampai tahunan, ketika mau PO eh malah kebanned, apa gak bikin senewen coba?

Kesimpulan : menurut admin, Google Adsense itu memang bisa menjadi ladang uang sekaligus menjadi bumerang bagi blogger, semua pilihan kembali ke anda sendiri.

Demikian Artikel dari Wongcungkup tentang Dilema Google Adsense Bagi Blogger, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,


About Yanto Cungkup 490 Articles
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

154 Komentar

  1. hmmm, bener juga itu mas, memang kalo orang sudah menyukai tulisan kita dan ilmu yang bermanfaat yang dibagikan bisa bikin org tersebut akan ngefans ke kita.

    Ujungnya mungkin akan terus stalking dengan tulisan kita yang lain, nah mungkin semakin populernya si penulis dan blog yang bermanfaat akan menghasilkan uang yang lebih gede lagi kayaknya mas.

    Pemikiran ngeblog saya juga kayanya musti di perbaharui hehehe

          • @Mang Lembu Solusinya bibir e dijaga mas hahaha
            Adminnya memang nyebelin sampai2 suka banget dg artikel2 diblog ini haha 😀 tau ah gelap kk

            @Mas Yanto: Jangan galau sam, blogger seperti mas Rifai punya opini begitu sah sah saja, tp gak harus juga buat langsung merubah mainset ngeblog hanya karena alasan kurang sepenuh hati dalam ngeblog dikarenakan komersial. Blogger cerdas dan berpenghasilan bagiku: Mampu membuat hal hal apa saja baik itu hobi, kreatifitas, inisiatif, edukatif dll terutama yang ditekuni melalui caranya masing masing sepenuh hati. Jika kita bisa menyalurkan hobi sambil memperoleh uang melalui Google Adsense apa salahnya? Ujian publisher di banned itu hal yang biasa, jadi jangan diperberat dengan membebani diri dengan kesalahan2 yang telah diperbuat tapi BANGKITLAH dengan KUAT melalui menekuni kembali dengan cara yang agak berbeda untuk meminimalisir banned dari GA. (Pengalaman 3x Banned, mungkin lebih lupa gak tak ingat2) haha

  2. Bener banget mas yan, dari awal ngeblog saya puengen banget bisa dapat duit dari blog tapi sampai sekarang cuma pegel tok hasilnya. Syukur saya udah berputar otak dan menata kembali niat untuk ngeblog, prinsip saya ibarat memberi makan ikan di tambak sambil mancing, kalau dapat ikan ya alhamdulillah kalau gak dapat saya juga masih dapat pahala. hehee

  3. Awalnya saya juga punya fikiran seperti itu mas, dengan ngeblog bisa menghasilkan uang yg banyak, tp saat ini setelah satu tahun memiliki akun adsense, baru tau rasanya.

    Untuk sekarang mah yg penting nulis dan berbagi soal adsense earningnya mau nambah atau tidak sudah tidak terlalu tak pikirkan.

  4. Benar sekali yang mas yan bilang, perbarui pola pikir, uabh mindset dari berpikir yang lama ke berpikir maju, berikan konten berkualitas terlebih dahulu, maka uang akan datang dengan sendirinya…. Saya setuju itu.

  5. saya sendiri sudah males mas daftar adsense. waktu awal ngeblog dulu sampe ditolak 13X dan diterima lalu PO 1X kemudian banned. akhirnya blog saya hapus.

    blog yang sekarang enjoy aja gak perlu pusing mikirin adsense, yang penting pengunjung stabil dan terus meningkat. itu membuat saya lebih semangat karena blog gadungan saya berguna bagi yang lain. meski pageview masih kisaran 5-7rb/hari versi dasbor blogger.

  6. Jujur,kalo saya akur sama pemikiran Mas Ifrod Maksum. Uang tidak hanya datang dari Adsense doang,uang bisa kita dapatkan dari hasil berjualan cendol,jualan cilok dll,yang gak perlu repot-repot harus daftar dulu ke Eyang Google. Saya sendiri bisa menghasilkan uang dari menjadi pengusaha aneka macam keripik,meski masih kecil-kecilan,Alhamdulillah’ biar banyak asalkan berkah.

  7. kalo balik ke idealisme, siapa sih yang nggak butuh duit?
    kalo motif ngeblog memang hanya untuk duit, saya pikir sah-sah saja, bebas, bahkan saya mendukung.

    wong ada peluang koq disia-siakan. justru mengambil sisi positif dari ngeblog itu namanya. salah satu ciri orang pintar adalah bisa mengambil manfaat dari setiap kegiatan yang positif. go ahead Mas Yanto!

  8. saya sebenarnya juga memiliki keinginan untuk mendapatkan uang dari blog, tapi karena tidak jua dapat uang dari blog hal tersebut hampir membuat putus asa, untungnya tidak sampai kehilangan semangat dan masih tetap aktif ngeblog sampai sekarang

  9. NGeblog kalau niatnya cuma ingin mengejar GA, review dan uang .Dijamin akan tidak berlangsung lama ngeblognya. semangatnya akan kandas ditengah jalan. Kalau rezeki diukur dengan hanya uang itu salah kaprak. Aku juga punya GA , dan blogku sudah kena banded. Aku pasang diblog lainnya ,tapi aku tidak berharap banyak dan lebih focus keblogku ini.
    Rezeki datang sendiri selain dari GA, tawaran review dan iklan mulai berdatangan.

  10. yang penting bagaimana kita menyikapinya.. kalau menurutku,, tujuan utama ngeblog itu lebih ke berbagi pengalaman dan informasi, dan jadi publisher GA itu hanya sebagai penghasilan tambahan saja, tidak sampai fokus ngejar earning agar bisa cepet PO yang akhirnya bikin konten blog jadi asal2an.. 🙂

  11. I like this mas broo…
    Saya banget tuh mas, awalnya kenal blog seperti itu mas pengen langsung sukses dan selalu berhayal akan cepat berpenghasilan dari blog. dan ternyata semua itu tidak mudah dan butuh perjuangan.

  12. Pokoknya mah, niatnya harus ikhlas berbagi informasi/ilmu ya mas yan? kalo sudah begitu pengunjung pasti akan mengenal situs blog kita dan pasti akan berkunjung lagi. dan jika sudah begitu, pasti trafik semakin naik dan peluang klik iklan GA pasti meningkat juga ya kang

  13. dalem kata katanya apalagi pas di tanya apa tujuan anda ngeblog?
    haha keren nih, dapet ilmu baru, memang ngblog harus jadi hobi bukan hanya instan nyari duwit

  14. Mau tanya nih mind, untuk toko Online apakah bisa dipasang Google Adsense? Caranya apakah sama seperti blog pada umumnya? adakah batasan pengunjung juga?

  15. Terima kasih nih sudah membukakan pemikiran saya tentang ngeblog. Kalau cuma mikirin penghasilan jadi ancur ngeblognya ya. Yang penting rajin share informasi yang bermanfaat kaya blog ini ya, pengunjung akan datang dengan sendirinya, pendapatanpun mengikuti. Salam sukses

  16. Hallo mas Cungkup.
    Mohon bantuannya donk. Yang laen juga boleh ikutan membantu memecahkan masalah saya. Soal Slogan atau profil Google /Blog.

    Ketika saya ketikkan kata kunci “Asep Haryono Personal Blog” di pencaharian Google Indonesia (google dot co dot id) lalu muncul alamat blog saya lengkap dengan kalimat slogan yang sudah usang yaitu “”an official blog of Equator Gemstone Expo 2015 and Arowana International Contest in Pontianak, West Kalimantan”

    Bagaimana cara mengganti “an official blog of Equator Gemstone Expo 2015 and Arowana International Contest in Pontianak, West Kalimantan” ini ya?

    Saya sudah mencari kemana mana, di setting dashboard blogspot, edit HTML hingga cek di profil googe plus belum ketemu di mana letak kalimat itu dan bagaimana menggantinya?

    Mohon bantuan sahabat blogger, para mastah semuanya, Saya perlu bantuan rekan rekan. Di mana letak kalimat itu dan bagaimana merubah atau menggantinya, Saya suda puyeng Please my friends. Help me

    Sebelum dan sesudahnhya saya ucapkan banyak terima kasih. Salam blogger

  17. Bagaimana dengan blog yang niche-nya memang kecil ya Mas?
    untuk mendapatkan pengunjung 1000-an saja sulit apalagi puluhan ribu ya 🙂

    apa dihapus saja ya terus balik kantoran lagi aja 😉

    suwun Mas Yanto.

  18. blog saya yang satu visitornya udah nyampe 2000/hari (kadang lebih) aja gak bisa po tiap bulan dengan niche Personal/Pengembagnan Diri, apalagi sekarang CPC sangat rendah, bahkan dibawah 1000.

    Untuk mensiasatinya saya akhirnya ikut Join Venture dengan pembagian 80% (Blogger) & 20% (Pemilik Akun GA), udh pasti tiap bulan PO…jadi oke kan, gajian tiap bulan…itung2 bagi2 hasil

    Dulunya sih emang terobsesi, hingga sekarang jadi lebih cooling down

  19. Mungkin Mas Yanto masih belum bisa move on karena dilema GA di ban. BANGKITLAH SAM Yanto!!! Kegagalan kecil jangan mengkerdilkan semangat, jangan mematahkan berkreasi, Ojo Cilik Ati Sam.
    @Mas Yanto: Jangan galau sam, pd cerita artikel umak blogger seperti mas Rifai punya opini begitu sah sah saja, namanya juga opini, argumentasi, sudut pandang terserah dah, mas Rifai memberi jawaban begitu tp gak harus juga membuat mas Yanto langsung merubah mainset ngeblog, merasa mainsetnya salah hanya karena alasan kurang sepenuh hati dalam ngeblog disebabkan komersial/ingin mendapatkan recehan $ dari GA. Blogger cerdas, kuat, dan berpenghasilan bagiku: Blogger yang Mampu membuat hal-hal apa saja baik itu hobi, kreatifitas, inisiatif, edukatif dll terutama yang ditekuni melalui caranya masing masing dengan sepenuh hati. Jika kita bisa menyalurkan hobi sambil memperoleh penghasilan uang melalui Google Adsense apa salahnya?(Gak ada yang salah karena itu MANUSIAWI, toh juga itu salah satu wujud nyata seorang blogger dihargai tulisannya melalui penghasilan). Ujian publisher GA di banned itu hal yang biasa, jadi jangan diperberat dengan membebani diri dengan kesalahan2 yang telah diperbuat tapi BANGKITLAH dengan KUAT melalui MENCOBA menekuni kembali dengan CARA yang agak BERBEDA untuk meminimalisir banned dari GA. (Saya bisa bilang begitu karena Pengalaman 3x Banned, mungkin lebih, lupa gak tak ingat2) haha Google Adsense membanned publisher itu dengan berbagai macam alasan yang tidak disebutkan secara formal dengan menyeluruh melalui email, maka dari itu ibarat kita habis di PHK/dipecat jadi jangan malah down tapi harus sebalikanya untuk membuktikan bahwa ujian yang kita hadapi adalah untuk MENGUATKAN kita dan Menaikkan Kelas+Kualitas diri dan MENTAL kita.

    Udah segitu aja mas yanto,,semangat ngblog lagi gih, sayang kreatifitas & hobinya jika mudah menyerah, Lets go brother never give up!!!

  20. Lebih baik punya 1 blog mas karena saat mengelolanya jauh lebih mudah daripada harus punya banyak blog karena jujur saja bahwa saya saat ini punya blog lebih dari 10 kualahan dan bingung mau pilih blog mana yang akan saya update karena saya baru-baru ini beli nama domain keren

  21. memang awalnya mindsetnya kalo sudah cari uang susah kang. kalo ngeblog niatnya berbagi ilmu (udah punya dasar apa yang mau ditulis), adsense nanti juga mengikuti. lagian yang sukses selain dari adsense juga banyak 😀

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*