Daftar Lengkap Kata Singkatan Dalam Pemilu

By | 2 Desember

Daftar Lengkap Kata Singkatan Dalam Pemilu. Sebentar lagi setiap Kabupaten dan Kota diseluruh Indonesia akan melaksanakan Gawe Besar, yakni pemilihan umum Kepala Daerah. Pada masa seperti ini Biasanya akan banyak sekali muncul berbagai macam singkatan maupun istilah untuk mempersingkat perkataan.

Banyak singkatan yang sudah kita mengerti artinya tetapi banyak juga yang belum tahu pengertiannya karena masih asing di telinga. untuk itu Wongcungkup akan berbagi berbagai Kata Singkatan Dalam Pemilihan Umum, untuk menambah wawasan kita bersama. baca juga : Panduan Tugas KPPS Pada Pilkada.

Daftar Lengkap Kata Singkatan Dalam Pemilu

Adapun Daftar Lengkap Kata Singkatan Dalam Pemilu:

  1. Pemilu = Pemilihan Umum
  2. Pemilukada = Pemilihan Umum Kepala daerah
  3. Pilkada = Pemilihan Kepala Daerah
  4. KPU = Komisi Pemilihan Umum
  5. PPK = Panitia Pemilihan Kecamatan
  6. PPS = Panitia Pemungutan Suara
  7. KPPS = Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara
  8. TPS = Tempat Pemungutan Suara
  9. Bawaslu = Badan Pengawas Pemilu, adalah lembaga yang mengawasi penyelenggaraan Pemilu di pusat dan provinsi
  10. Panwas = Panitia Pengawas , adalah panitia yang mengawasi penyelenggaraan pemilihan di kabupaten/ kota, kecamatan, desa/ kelurahan
  11. PPL = Pengawas Pemilihan Lapangan / Pengawas TPS
  12. DKPP = Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, adalah lembaga yang bertugas menangani pelanggaran kode etik penyelenggara Pemilu
  13. Capres = Calon Presiden
  14. Cawapres = Calon Wakil Presiden
  15. Cagub = Calon Gubernur
  16. Cabup = Calon Bupati
  17. Cawabup = Calon Wakil Bupati
  18. Caleg = Calon Legislatif
  19. DPT  = Daftar Pemilih Tetap, adalah daftar nama penduduk Warga Negara Indonesia yang telah memenuhi syarat sebagai Pemilih
  20. DPTb-1 = Daftar Pemilih Tambahan 1, adalah daftar pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, tetapi memenuhi syarat sebagai pemilih
  21. DPTb-2 = Daftar Pemilih Tambahan 2, adalah daftar pemilih yang tidak terdaftar sebagai pemilih dalam DPT dan DPTb-1, namun memenuhi syarat sebagai pemilih yang dilayani hak pilihnya pada hari pemungutan suara dengan menggunakan KTP, KK, Paspor atau identitas lainnya.
  22. DPPh = Daftar Pemilih Pindahan, adalah daftar pemilih yang terdaftar dalam DPT atau DPTb-1 yang menggunakan hak pilih di TPS lain.

Demikian Artikel dari Wongcungkup tentang Daftar Lengkap Kata Singkatan Dalam Pemilu, Semoga artikel ini Bermanfaat.

salam

Bahan Referensi : http://www.kpu.go.id

158 thoughts on “Daftar Lengkap Kata Singkatan Dalam Pemilu

  1. indra Kusuma Sejati

    kalau jadi pengurus yang terlbat harus mengetahui daftar lengkap kata singkatan dalam pemilu yang lengkap.

    Reply
            1. muhammad mukhlis

              ini kok pada ngomongin bayar bayar sih, kan gratis dah mau pemilu :piss:

            2. muhammad mukhlis

              saya ikutan bobo ah, tpi bobo sama syapa coba ?

            3. Tutorial Seo Simple

              saya ikutan disini ya, orang baru ini 🙂

            4. Sehatsiana

              Ikut nangkring sambil ngopi.. jangan suruh saya bayar, saya minta yg gratisan saja hehe

            5. Muhammad Mukhlis

              sudah rame amat ini koment nya 🙂 buat post baru lah

            1. indra Kusuma Sejati

              Katanya Kang Yanto mau traktir ya ?

            2. muhammad mukhlis

              ga mungkin ga mungki, paling makan sendiri bayar sendiri atuh :bingung:

            3. Tutorial Seo Simple

              ini ada apa ya rame bengit 🙂

            4. Ky Cules

              setrap massal kali, saya yakin deh

  2. indra Kusuma Sejati

    Coba dari tadi ngomong saya surh ronda sendirian di sini ?

    Reply
            1. muhammad mukhlis

              ini ada apa sebenarnya jadi begini begitu nambah ngantuk tauk, makan belum ngopi jadiu bawa dia.

              *bingung ya ? * :melet:

            2. indra Kusuma Sejati

              terus saya sama siapa dong ?

            3. Ky Cules

              mas yanto pasti lagi sendirian kan ? ayooo

            1. indra Kusuma Sejati

              Jadi bukan tugas kita kan ?

            2. muhammad mukhlis

              KPU nya kabur :melet:

            3. Ky Cules

              dikejar utang knapa lari ? mending pura2 gila

    1. Uj yogie s memet

      Kurang, PTPS (PENGAWAS TEMPAT PEMUNGUTAN SUARA

      Reply
        1. muhammad mukhlis

          opo rek nak kelu we, ampek wae mah to la wau 🙂

          *bingung kan opo ini*

          Reply
            1. muhammad mukhlis

              kaburrrrrrrrrrrrrrrrr :ckakaka:

  3. panji

    Terimkasih mas, bisa jadi referensi nih :yahoo:

    Reply
            1. indra Kusuma Sejati

              Dapet antrian berapa Kang ?

  4. awen

    Wah hebat nih mas yant sampai tahu singkatan begitu banyak. dari dulu saya paling pusing dengan yg namanya dptb dpph. terkadang itu malah bisa jadi pluang kecurangan mas.

    Reply
        1. indra Kusuma Sejati

          Kalau ga bisa berdiri di deapn kelas ya…

          Reply
          1. muhammad mukhlis

            kalo ga bis sepertinya mau digantung ini mah 🙁 wiih kaburrrrrrrrrrr 😥

            Reply
  5. muhammad mukhlis

    Dari 22 singkatan dalam pemilu tersebut, belum habis semua yang saya hapalin :piss:

    Reply
    1. Dzatmiko

      Kalo belum hafal juga nanti di setrap sama mas yanto :melet:

      Reply
        1. indra Kusuma Sejati

          Asik, kalau sekarang libur ya Kang ?

          Reply
          1. muhammad mukhlis

            ga mungkin disterap , juragan nyetrap lagi kebelakang 🙂 week :yahoo:

            Reply
            1. indra Kusuma Sejati

              Cuman dikiet ko….

  6. muhammad mukhlis

    banyak juga ternyata singkatan dalam pemilu ya mas, saya juga yakin tidak semua orang bakal tu dengan singkatan ini, nah dengan hadirnya seperti ini bisa mengulang kembali deh, termasuk saya juga 🙂 :good:

    Reply
        1. indra Kusuma Sejati

          ya iyalah,,,, Kang Yanto gitu loh…

          Reply
          1. muhammad mukhlis

            terus, saya mesti bilang Preet gituh :joged:

            Reply
  7. muhammad mukhlis

    Mas yanto sepertinya akhir akhir ini sibuk deh sama Pemilu, Panitia nya ya kang ? :piss:

    Reply
    1. Dzatmiko

      Saya baru mau nanya begitu mas, udah diduluin aja. hehehehe :joged

      Reply
        1. Dzatmiko

          ngga usah mas, sudah pasti jawabanya “iya” ya kan?? :yahoo:

          Reply
            1. indra Kusuma Sejati

              mmangny salah berapa ?

  8. Dzatmiko

    Kayaknya lengkap sudah ya mas singkatan kata tentang pemilu pada artikel ini, semua diuraikan dengan sangat singkat, padat dan jelas :good:

    Reply
          1. muhammad mukhlis

            terus setelah dukupas habistu mesti dikuak secara kasar sekasar sikat :good:

            Reply
            1. Dzatmiko

              sikat saya dirumah halus dan lembut lho :yes:

  9. ROCK in the family room

    kalo CB Band yang Nyi Roro Kidul saya punya di album festival iru, yang intronya unine segara kan?

    Reply
    1. ROCK in the family room

      oh iya, maksud saya di singkatan pemilu ini, CB juga ada.
      CB = CoBlos

      Reply
      1. muhammad mukhlis

        hahaa, saya kira CB itu Calon Binik ternyata benar ya :ckakaka:

        Reply
  10. Tutorial Seo Simple

    wah, saya telat berati ini mah 🙁

    Reply
  11. Sehatsiana

    Ternyata banyak juga ya singkatan dalam pemilu.

    Kalo saya mah hapalnya cuma : Cagub, cabup, cawabup, caleg, capres, cawapres. pokoknya yang calon calon gitu.. hehehe

    Reply
  12. trikpos

    betul mas yan sebagai warga negara yang baik sudah sepantasnya mengetahui istilah2 atau singkatan yang erat kaitanya dengan Pemilu , karna demokrasi pemilu adalah hak semua warga

    Reply
    1. trikpos

      melihat deretan-deretan singkatan pemilu di atas …sontak membuat saya bengong mas ….kok bisa tahu semua rentetan daftar singkatan sebanyak itu ..kok tumben mas yan bisa sepintar itu ya,,,

      Reply
      1. mbah dinan

        lha kamu baru tau, kalau mas yan panitia pemilu….bukan pemalu lho ya…

        ohh ya yan…kok emonya gak bisa diklik yan….apa jaringan saya yang bermasalah ya….

        Reply
        1. Melyric Lagu

          lha kirain saya doang yang gak bisa klik emoticonnya mbah, saya malah dari kemaren2 gak bisa klik emoticonnya

          Reply
          1. Yanto Cungkup Post author

            saya memang suka gitu orangnya mas trik :yes:

            nggak tau tuh kayaknya plugin emonya minta disetrap deh

            Reply
  13. Budi Smart

    ternyata masih banyak singkatan-singkatan dalam pemilu yang belum ku tau. btw pil kb gak masuk ya mas? hehee

    Reply
    1. mbah dinan

      banyak bud, mana kerja mereka super berat lagi tuh….makanya panitia pemilu itu kadang kerjanya dua kali lipa dari apa yang kita bayangkan.

      Reply
  14. diar nurhakim

    KPPS = Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara… Ini baru tau lo ya Mas Yanto, kirain KPPS itu ini: Ketua Penyelenggara Pemungutan Suara…wkwkwkwkw 🙂

    Reply
  15. mbah dinan

    memang super sekali yan….sampai singkatan yang berhubungan dengan pemilu dijadikan artikel…salute kreatif dan gak pernah kehabisan ide nulis….
    tapi karena tulisan ini kita semua bisa tau singkatan yang beberapa singkatan tersebut kita masih bingung.

    Reply
  16. Melyric Lagu

    Wah banyak juga ya mas daftar singkatan-singkatan dalam pemilu ini, saya nyari-nyari di buku RPUL saya sepertinya gak selengkap ini hehehee… ketauan banget jadulnya nie masih engeh sama RPUL search engine indonesia sebelum ada goolge 😀

    Reply
    1. Muhammad Mukhlis

      ini kan marnes nya, menyamar lhu ya ? pande amat saya panggiul juragan netrap nantik ya

      Reply
  17. Muhammad Mukhlis

    mnunggu postingan baru, sambil ngupi 🙂

    Reply
  18. Irwin Andriyanto

    kalo singkatannya serangan fajar apa om,,, 😀

    Reply
  19. Ky Cules

    banyak dari hal yang diatas baru pertama kali ini saya denger lo mas,, yaitu nomor 19 sampai 22, sebenernya pernah denger sih, tapi nggak pernah tau kepanjangannya,
    keren kan saya ???

    Reply
  20. Anto Bunata

    Trimaksih om…. sangat berguna sekali

    Reply
  21. Uj yogie s memet

    Kurang, PTPS (PENGAWAS TEMPAT PEMUNGUTAN SUARA

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.