Cara Mudah Mencari Broken Link Di Webblog WordPress

Cara Mudah Mencari Broken Link Di Webblog WordPress. Broken link adalah link rusak atau link error yang terdapat pada web blog yang anda kelola. link error itu dapat terdapat diartikel maupun pada kolom komentar. semakin banyak link rusak maka semakin buruk juga reputasi blog anda di mata mesin pencari. Akibatnya sangat merugikan karena broken link dapat menjadi salah satu sebab penurunan peringkat SEO (search engine optimization) webblog anda.

Sebagai solusi sebaiknya anda cek link blog anda secara berkala, sehingga setiap ada link rusak, maka anda segera dapat mengetahui dan memperbaiki broken link yang muncul. Cara cek broken link di semua platform blog ( blogger, wordpress, joomla ,tumblr, typepad, dll ) juga sangat mudah. sudah pernah dibahas dalam artikel : Cara Mudah Menghapus Broken Link.

Khusus pengguna WordPress, apabila tidak mau repot cek broken link dapat menggunakan plugin broken link checker. dengan plugin ini, pengguna WordPress tidak perlu mencari satu persatu link mana yang rusak, karena plugin Broken Links Checker akan bekerja secara otomatis untuk menemukan setiap links error.

Adapun Cara Mudah Mencari Broken Link Di Webblog WordPress, adalah sebagai berikut :

  1. Download Plugin Broken Links checker. caranya : buka dasbord ==>> plugin ==>> tambah baru ==> pada kolom cari plugin silahkan ketik “broken link” (tanpa tanda petik). atau anda dapat mendownload langsung pada websitenya di Url : https://wordpress.org/plugins/broken-link-checker/ ;Cara Mudah Mencari Broken Link Di Webblog WordPress
  2. selanjutnya silahkan Install dan Aktifkan ;
  3. Kemudian silahkan buka menu pengaturan ==>> Link Checker ;
  4. pada tab general, silahkan masukkan email anda agar setiap ada link rusak akan ada pemberitahuan email ;
  5. Di menu tab Look For Links, silahkan atur dimana saja plugin akan melakukan scan, secara default setingan akan menscan komentar, laman dan post ;
  6. setelah selesai silahkan klik simpan perubahan ;
  7. klik Show debug info pada tab general untuk melihat status proses scanning ;
  8. selesai.

Apabila plugin menemukan link yang rusak, maka akan muncul di tab perkakas ==>> Broken Link. adapun yang anda lakukan ketika muncul link rusak adalah sebagai berikut :

  • Edit URL : yaitu mengganti alamat Url dari link tersebut dengan Url yang benar ;
  • Unlink : yaitu menghapus link rusak tersebut tetapi text tetap dipertahankan .

Demikian Artikel dari Wongcungkup tentang Cara Mudah Mencari Broken Link Di Webblog WordPress, Semoga artikel ini bermanfaat.

salam,


About Yanto Cungkup 490 Articles
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

32 Komentar

  1. Kalau mencari tahu kenapa daftar baca di blogspot eror ada nggk ya? Soalnya lagi ngalamin nih, sehingga teman-teman dalam daftar ikutan tidak tahu ada pos baru dari blog Maya, jadi sedih banget rasanya ..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*