Cara Mudah Install Driver Komputer

By | 15/04/2015 at 23:48 pm

Cara Mudah Install Driver Komputer. Pada pertemuan kali ini, Wongcungkup masih berbagi seputar trik komputer. sebenarnya cara yang saya bahas pada artikel ini adalah tutorial jadul. karena caranya sangat mudah dan hampir semua pengguna komputer mengetahuinya. ini hanya sekedar untuk mengejar kata kunci.

Ada kalanya salah satu program bawaan driver pada komputer kita mengalami error dan tidak berjalan sebagaimana mestinya. hal ini bisa terjadi karena 2 kemungkinan. pertama karena anda belum menginstall driver di laptop atau komputer kesayangan anda dan yang kedua karena driver anda sudah tidak up to date dan memerlukan pembaharuan.

Bila error driver dikarenakan karena hal pertama, caranya cukup mudah. anda tinggal install driver dari CD / DVD master windows driver bawaan komputer. masalahnya kebanyakan orang tidak merawat CD masternya hingga hilang entah kemana. digondol tikus kalee. baca juga : cara mengatasi komputer mati sendiri

Bagi anda yang kehilangan CD / DVD driver masternya atau karena memerlukan update driver maka perlu menggunakan tips yang akan saya bahas kali ini. adapun langkah Cara Mudah Install Driver Komputer, adalah sebagai berikut:

  1. Perlu diingat bahwasanya komputer anda harus terkoneksi dengan internet ;
  2. cek driver windows yang error dengan cara buka windows ==> ketik device manager (dikolom search bawah), lalu klik device manager seperti gambar dibawah ini:

    Cara Mudah Install Driver Komputer

    klik gambar untuk memperbesar

  3. akan muncul menu baru. lihat semua driver. bila driver ada yang error maka akan ada tanda seru wana kuning. bila tidak ada tanda seru warna kuning tersebut berarti komputer anda baik-baik saja. silahkan langsung menuju kekolom komentar 😀
  4. bila ada driver yang error silahkan klik driver tersebut. (yang dialami penulis, dimana terjadi error pada intel graphicsnya ). lalu klik driver ==>> update driverseperti gambar dibawah ini:

    Cara Mudah Install Driver Komputer1

    klik gambar untuk memperbesar

  5. nanti akan muncul jendela baru, silahkan pilih search automatically for update driver sofware. tunggu beberapa saat pencarian online tersebut. maka akan muncul hasil dari update driver yang anda cari ;
  6. silahkan install driver tersebut dan ikuti prosesnya sampai selesai ;
  7. selamat, proses install driver anda telah selesai dilakukan.

Demikian artikel wongcungkup tentang Cara Mudah Install Driver Komputer, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,

205 thoughts on “Cara Mudah Install Driver Komputer

  1. Hary Wardiansyah

    Cara ini pernah saya lakukan kang, ketika dah beres nginstal ulang, taunya CD Driver saya rusak, alhasil coba cara diatas sangat membantu. cuma butuh kesabaran ya kang dalam mendownload drivernya, soalnya harus terhubung koneksi internet :yes:

    Reply
  2. Eka Ikhsanudin

    punya saya cuma kadang update otomatis kang kalo pas online, nah gak tau tuh yg update windowsnya apa drivernya, ntar aku coba ah nanti mlm kalo pas jaringan gak lemot untuk update driver nya.. makasih ya kang 🙂

    Reply
  3. zachflazz

    hehe, Mas Yanto pancen keren
    kalo saya mana pernah dipusingin sama kayak ginian, semuanya tau beres dari tokonya. kalo bingung, tinggal nanya Arien. Arien juga yang ngeberesin. Saya tinggal make aja.

    Reply
    1. Marnes

      Mas Zach kenapa link blognya gak diisi coba? nyusahin saya ajah, saya kan kalo mo blogwalking lewat blognya Mas Yanto, karena mudah tinggal kilik para komentator di blog ini, kalo lewat google plus ndak kuat sayah… buruan pasang, nanti saya setrap lho :yahoo:

      Reply
  4. Marnes

    Kalo cara yang ini saya belum pernah mencobanya mas, biasanya saya masih menggunakan software bantuan semisal windows loader atau sejenisnya… Kapan-kapan bisa saya coba nie mas, matursuwun :good:

    Reply
  5. zachflazz

    yang kayak gini padahal penting ya Mas sebagai ilmu terapan. Saya coba mempelajarinya pelan-pelan deh. biar bisa dan pinter kayak Mas Yanto yang sukanya pake kupluk

    Reply
  6. anak nelayan

    Cara mudah ini sangat berguna sekali bagi yang tidak memahami driver komputer mas, seperti saya kapan hari, harus instal ulang Lan driver nya, padahal sebenernya hanya perlu di update saja

    Reply
  7. Rianda Prayoga

    Biasanya untuk SO Windows 7 keatas, driver uda otomatis terinstal bersamaan dgn sistem operasi..

    Reply
      1. bengkel blogger

        iya gak semua. karena kemarin kawan saya waktu instal windows setelah itu baru instal lainnya melalui driver berbeda.
        untuk aja gak menginstal driver mobil balap…kan jadi berguncang nanti komputer saya.

        Reply
  8. ibrahim

    nambah ni ilmu saya kang, soalnya ingin coba juga ni dunia software, sebab saya hanya bisa rakit komputer saja, tapi urusan instal menginstall tidak dan belum paham 😀

    Reply
  9. TulisanKu

    mungkin bagi sebagian orang bilang ini judul yang jadul.
    tapi bagi saya, yang nggak tau apa-apa tentang komputer, bagi saya ini sangat bermanfaat sekali dan menambah wawasan saya mas,..

    makasih atas infoyna.. :good:

    Reply
      1. bengkel blogger

        tuh kan sama komennya dengan saya…!!!
        jadi ada kawan yang sama tidak mengertinya gan. :yahoo:

        Reply
  10. bengkel blogger

    mungkin ini trik jadul mas…tapi saya sampai sekarang masih belum fasih benar mengenai masalah instalasi driver komputer. jadi tetap aja artikel ini sangat berguna. makasih ya sahabat infonya.

    Reply
  11. rawins

    driverku juga sering ngilang apalagi kalo malem minggu
    pernah tak cariin ketemu deh sama mobilnya parkir di warung jablay…

    Reply
  12. Mang Yono

    nah ini nih yang saya cari – cari … coba postingnya dari kemaren – kemarin mas…. :mail:

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.