Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri

Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri. Apabila sobat mempunyai komputer, ada baiknya juga mesti sedikit banyak mengerti dan mempelajari masalah yang sering terjadi pada komputer. agar apabila terjadi kerusakan pada komputer tidak langsung dibawa keservis komputer.

baca juga : tips memperbaiki komputer yang macet (hang)

Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah komputer  sering mati ataupun restart sendiri, tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. masalah seperti ini dapat disebabkan oleh berbagai hal. dan kita harus mengeceknya satu persatu.

Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri

OK nggak usah berlama-lama mari kita sama-sama menuju ke penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri :

  1. power supply bermasalah. kabel power yang terputus akan menyebabkan matinya komputer secara mendadak. cara mengatasinya adalah dengan cek kabel power mulai dari pusat listrik sampai PC.
  2. komputer terlalu Panas. komputer itu seperti mesin pada sepeda motor. tidak kuat menahan panas yang berlebihan. sehingga jika komputer terlalu panas akan otomatis restart atau biasanya malah langsung mati. cara mengatasi : cari penyebab panas pada komputer dengan membuka cover pc dibagian samping. pastikan putaran Fan pada CPU normal. Bersihkan debu yang berpotensi mengganggu sirkulasi udara pada komputer.
  3. Virus. komputer anda telah kemasukan virus. cara mengatasi : gunakan aplikasi antivirus yang selalu update untuk mencegah serangan virus. selengkapnya silahkan baca : 5 sofware antivirus gratis terbaik
  4. RAM kotor. memory RAM mungkin kotor dan menjadikan error. cara mengatasi : buka memory RAM lalu bersihkan dengan penghapus. gosok pelan – pelan lalu pasangkan kembali dengan hati-hati.
  5. hardware tidak kompatible. hardware yang baru dipasang terjadi error. ini mungkin dikarenakan hardware tersebut tidak kompatible dengan type PC sobat. cara mengatasi : coba lepas hardware yang terakhir dipasang dan pastikan bukan hardware tersebut yang menjadi penyebab error.

Tambahan : jika sobat sudah mengikuti semua langkah diatas tapi masalah belum teratasi maka coba install ulang PC anda. selengkapnya silahkan baca : cara mudah install ulang windows.

Demikian artikel dari wongcungkup tentang penyebab dan cara mengatasi komputer mati sendiri, sobat bisa nambahin penyebab yang lain dikolom komentar. semoga artikel ini bermanfaat.
salam,


About Yanto Cungkup 479 Articles
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

224 Komentar

  1. kalau komputer/laptop mati hal pertama yang dirasakan adalah panik mas 😀 baru kemudian dibawa ke tukang service hehehe itu kalau saya sih, soalnya nggak begitu paham sama utak atik komputer, daripada pusing kan mending keluar uang sedikit nggak apa-apa deh 😀

  2. kalau komput saya biasanya diganggu si VIRUS ujung-ujung minta diformat ulang ,dan untungnya untuk hal yang beginiang ada orang khusus yang menangainya ( IT ) jadi tinggal colling langsung meluncur dech hehehe

  3. wah saya pernah ngalamin tuh mas kayak gitu dan biasanya disebabkan karena RAMnya yang dah mulai error soalnya, tapi kalo berbagai cara dah dicoba masih suka mati atau ngerestart sendiri, biasanya saya pake jurus pamungkas mas "Format Ulang" hehehe…

  4. Dulu komputer saya memang sering off sendiri…Saya coba-coba aja mengupdate antivirus dan menscan semuanya.. Eh, ternyata ga berulah lagi…Rupanya benar seperti poin 3 mas, Yanto. Terima kasih pencerahannya…

  5. pernah juga mengalami ini, saya kira hang. ternyata kabel dari listrik ke pc digigit tikut. saya sampe bengong sendiri, tikus kok doyan kabel ya. apa gek ke strum. ok makasih atas tips yang sangat bermanfaat ini. salam sahabat blogger.

  6. Sebenarnya dengan rajin membersihkan komputer dari debu-debu paling tidak 1 bln sekali sudah cukup untuk membuat komputer kita bertahan lama kok mas, biasanya masalah demu tersebut jarang di perhatikan oleh para pengguna PC, jadi akibatnya yang tadinya cuma masalah sepele justru malah bisa merambah kemana mana

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*