Cara mengatasi komentar Spam

By | 31/08/2015 at 21:29 pm

Cara mengatasi komentar Spam. secara sederhana Spam dapat diartikan sebagai sampah. jadi pengertian komentar spam adalah komentar sampah atau dianggap sampah. setiap admin blog punya pandangan berbeda dalam mengkategorikan jenis komentar Spam yang masuk keblog. tapi sebagian besar webmaster memasukkan jenis komentar dibawah ini sebagai komentar spam, diantaranya :

  1. memasukkan link dikolom komentar, baik link aktif maupun link mati.
  2. komentar pendek yang terkesan basa basi seperti : nice info, terima kasih, jangan lupa berkunjung balik, salam kenal dan sejenisnya.
  3. komentar yang tidak sesuai dengan topik yang dibahas.
  4. komentar iklan

salah satu akibat apabila komentar anda dikategorikan sebagai komentar spam adalah memperburuk citra blog anda sendiri dan juga tidak mendapatkan kunjungan balik. baca : penyebab admin tidak berkunjung balik.

Cara mengatasi komentar Spam

anehnya, sampai saat ini masih ada bahkan semakin banyak blogger yang masih menuliskan komentar yang dapat dikategorikan Spam dengan motif yang bermacam – macam. untuk itu admin blog perlu mengakali hal tersebut dengan beberapa cara yang disukai. adapun Cara mengatasi komentar Spamdiantaranya sebagai berikut:

  1. menambahkan script anti link aktif, dengan begitu setiap komentar yang mencantumkan link aktif akan otomatis disembunyikan oleh script tersebut. contoh script link aktif bisa anda cari di google dengan kata kunci cara membuat script anti link aktif dikomentar.
  2. memoderasi komentar, sehingga sebagai admin kita dapat menyaring mana komentar yang layak dipublish dan mana yang dianggap spam. admin wongcungkup saat ini menggunakan pilihan mencentang “Penulis komentar harus mempunyai komentar yang disetujui sebelumnya”. sehingga ketika pertama berkomentar diblog ini akan dimoderasi setelah itu komentar selanjutnya akan langsung terpublish.
  3. untuk blog wordpress dapat memasukkan daftar kata spam, alamat web maupun alamat IP kedalam blacklist. sehingga setiap komentar yang mengandung kata, link maupun alamat IP dalam daftar tersebut akan menunggu persetujuan admin untuk dipublish.

NOTE : setiap admin blog punya pandangan berbeda tentang komentar spam. jadi sebaiknya anda berhati – hati didalam berkomentar diblog agar tidak dianggap spam. peraturan admin wongcungkup sederhana, anda bebas berkomentar disini dengan syarat salah satu komentarnya ada yang sesuai topik.

Demikian artikel dari wongcungkup tentang Cara mengatasi komentar Spam, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,

214 thoughts on “Cara mengatasi komentar Spam

        1. Eka Ikhsanudin

          tuh kan, apa kata saya juga, kalo gak dianggap spam pasti ujung2nya disuruh bayar deh… :ckakaka:

          Reply
  1. Eka Ikhsanudin

    Buat kopi dulu ah, sambil baca2 postingannya Kang Yanto Cara mengatasi komentar Spam , kalo komentar saya ini termasuk kategori Spam nggak Kang ? … :joged

    Reply
      1. Eka Ikhsanudin

        :ckakaka: tapi harus bayar kalo pengen kopi … klo nggak ntar dianggep Spam sama adminnya blog …

        Reply
  2. Eka Ikhsanudin

    wah, begitu membaca Note nya, harus berkomentar sesuai topik kalo berkomentar di blog ini, takut dianggap Spam ah saya 😥

    Reply
  3. krisna bara

    Sebenarnya mau saya terapin cuma masalahnya akun hosting saya pada idhosinger kena suspended jadi untuk sementara ini blog wp krisna bara tidak bisa di buka

    Reply
  4. Eka Ikhsanudin

    untuk point ketiga pernah saya alami lho kang, tapi lupa di blognya siapa 😥 begitu komentar di postingan lama itu komentar gak muncul menunggu modernisasi dari admin blognya, tapi begitu saya komentar di postingan terbaru mah langsung muncul saja… padahal saya klo koment gak bawa2 Mba Link Link, masa komentar saya dianggap spam yah… :mumet:

    Reply
          1. Marnes

            saya dong mampir pagi2 disini mau nyepam doang, boleh kan? Biarin lah biar mang adminnya ngambek ke saya, pengen tau kalo adminnya suka ngambek apa nggak, terus makin ganteng apa makin jelek? :melet: saya blom bisa fokus bacanya mas, inyong lagi nang kampung iki, nyepam dulu aja yah… mengko bengi inyong arep berangkat maning nang jakarta… (mas yanto bekata, gak nanya weeekk) :ckakaka:

            Reply
  5. Eka Ikhsanudin

    nah..nah itu dia yang bikin kesel mah Kang kalo ada yg komentar gak koment apa2, trs ningalin link tidak aktif, kalo bilang nice inpoh mah mending lah xixixii… tapi tergantung admin blognya juga sih yah, kalo Kang Yanto mah baik deh… pasti yg bilang Nice inpoh langsung di setrap :yahoo: saking baik nya itu .. :ckakaka:

    Reply
      1. Eka Ikhsanudin

        itu mah senjata pamungkasnya siapa yah, perasaan pernah baca deh kata2 nya yg itu :ckakaka:

        Reply
  6. Isrofi Achmad

    dari ketiga hal cara diatas belum ada satupun yang saya pakai, dulu pernah pakai point yang pertama cara mengatasi spam tapi sejak ganti template blm pakai lagi, makasih kang infonya.

    Reply
      1. Eka Ikhsanudin

        nah Kang Sirofi kena Palak juga kan, saya mah mau ngumpet ah, takut kena setrap sekalian kena Palak juga… :ckakaka: jgn dianggap Spam lho kang, tuh komentar saya udah panjang sekali,, apalagi klo saya koment disini disguhin kopi :ngopi: pasti betah deh… :yahoo:

        Reply
    1. Saud Karrysta

      Spam…Spam.. Spam seribu tiga.. Oot Oot seribu 5
      Kalau minta kopi :ngopi: pasti di minta bayaran. mendingan pake jurus andalan saja ngopi :ngopi: sambil jogedan :joged :joged

      Reply
  7. Isrofi Achmad

    Saya juga mau komentar yang panjang dan lebar, dan sepanjang-panjangnya dan selebar-lebarnya biar komentar saya tidak dianggap spam, ngak enak banget kan kalau komentar kita dianggap spam, maka dari itu janganlah suka menebar komentar spam, apalagi yang punya blog pasti ndak suka kalu banyak komentar spamnya :good: :ngopi:

    Reply
    1. Yanto Cungkup Post author

      yg lucu yg diblognya ada pemberitahuan untuk berkomentar sesuai topik tp dianya kalau berkomentar diblog orang lain cuman nulis tipsnya sangat bermanfaat,terimakasih infonya dan sejenisnya lomas :mumet:

      Reply
  8. Dzatmiko

    dulu saya sering baca blog tetangga n banyak yg mengajarkan buat ninggalin link aktif n minta kunbal supaya admin blog bisa berkunjung balik ke blog kita.
    ternyata malah di anggap spam, gak ada yg berkunjung.
    emank kang yanto doanx deh yg postingannya keren, banyak banget saya dapet ilmu dari blog kang yanto :yahoo:

    Reply
        1. Dzatmiko

          waduh kena palak juga nih.
          bayar pake kopi aja ya kang :ngopi:
          mantap nih ngopi sambil baca posting kang yanto

          Reply
  9. Saud Karrysta

    Suggeng daluh Mas Yanto. Cara mengatasi spam pelajaran penting bagi seorang blogging nih Mas. saya cek dulu kolong bawah komentar saya. Spam nya banyak belum ya.? :scratch:

    Reply
  10. awen

    Disaat ada kata-kata yang sexi(minim kaya hotpen tanteu) seperti nice info, mantaph gan, disitu terkadang saya merasa gemes mas meskipun tidak nitip link :scratch:
    kalau sama admin wongcukup saya mah salut deh jempolan pkoknya :whistle:

    Reply
  11. Hary Wardiansyah

    paling greget kalau dah ada komentar spam diblog kita ya kang, Apalagi jika sudah ada yg naroh link aktif dalam komentarnya makin tambah greget jadinya, kalau saya siy langsung tak hapus saja tuh komentarnya :yes: . kadang klau lagi pulkam saya suka pake sistem moderasi juga kang, biar yang komentar spam gax bisa langsung muncul :ckakaka:

    Reply
  12. mangs aduls

    jadi berkomentar itu harus sesuai topik.
    mau topik kopi, nyuruput kopi bisa :ngopi: :ngopi: :ngopi: hehehehe
    :piss: :piss: :piss:

    Reply
  13. mangs aduls

    sayamah cuman melihatnya dari rame mang yanto. komentar disini suka rame- rame. tidak tau spam atau bukan.

    Reply
  14. cumilebay.com

    Kalo gw tinggal delete aja yg spam
    Btw tiap aku klik blog nya, selalu muncul windows baru dan iklan hahaha

    Reply
      1. mangs aduls

        ooohhh spam itu dari busa ya. heuehue :scratch: :scratch:
        yang buat nyuci itu. :yes: :yes: :yes:

        Reply
  15. kips

    Seiring waktu, kini banyak bgt blog keren dan ternama serta banjir komentar. Selebihnya, semakin saya sadari dari bentuk komunikasi dalam komentar sangatlah banyak nilai positifnya. Dan, saya akan mencoba menjajal tips diatas mas. Meskipun pengunjung +komentar masih satu dua :yes:

    Terima kasih ulasannya :good:

    Reply
      1. kips

        Jangan bosen aja ngasih petuahnya mas, maklum saya hadir lagi dalam kondisi yang berbeda jaman *malu*

        Reply
  16. diar nurhakim

    Memasukan Link Aktif di kolom komentar pengaruhnya pada blog yang dikomenin apa Mas Yanto? Kenapa yang begitu disebut SPAM? kalau komen di Mas Yanto kan gak bisa pake google plus ya jadi ada link websitenya otomatis itu pasang link aktif? Mohon bimbingan Mas Yanto.. 🙂

    Reply
      1. Yanto Cungkup Post author

        link aktif yg dimaksud berada dikolom komentar ketika kita menulis komen mas.

        alasan saya:
        1.link aktif seperti itu biasanya berupa link dofollow sedangkan nama komentatornya berupa link nofollow.silahkan dicari di simbah google tentang kelebihan dan kekurangan link nofollow dan dofollow :yes:
        2.link aktif dikomentar kebanyakan berupa promosi/iklan yg salah penempatan.

        tapi semua itu dikembalikan kepada admin blog masing2 mas

        Reply
        1. diar nurhakim

          Oh gitu ya Mas Yanto. Okey terima kasih banyak bimbingannya Mas Yanto… Siiiiippppp 🙂

          Reply
  17. Jati Solomon

    Iya Kang, terkadang kita kedatangan tamu yang comment sekalian nitip link sekarung (banyak) dimana semuanya link mengarah keblog ***ceng semua, rasanya kesel juga Kang.

    Reply
  18. Tips Anak Sehat & Cerdas

    saat membaca artikel diatas, langsung saya berpikir, “pasti komentar artikel ini sudah sesuai topik…” ternyata dugaan saya meleset.. alamakkk.. mas-mas yang komentar sudah pada akrab semua yaaa…

    Reply
  19. Marnes

    Selamat pagi mas yanto, yang punya rumah dah bangun blom coba? apa jangan2 baru juga merem kali yah… kalo saya pribadi mah jujur aja awalnya ngeblog sekedar ikut-ikutan begitu juga dengan yang namanya blogwalking itu pun ikut-ikutan juga, karena waktu di awal ngeblog gak pernah blogwalking cuma posting udah ta’ tinggal gak diapa-apin lagi tuh blog. Saya kenal istilah blogwalking waktu pertama gabung digrup fesbuk “Blogwalking”, dari situ saya mulai blogwalking dan waktu pertama blogwalking saya juga suka mengikuti blogger yang lain yang suka menulis di awal kalimat ‘nice info’ terus diakhir kalimat ditambahi ‘jangan lupa kunbal’ hihihihi…

    Setelah sekian lama berkelana akhirnya saya kenal dengan yang namanya mas saud, mas yanto, kang lembu dan yang lainnya, cuma saya suka melihat dari cara mereka berkomentar ini selalu lebih dari satu komentar, mas yanto misalnya. Nah dari sini akhirnya saya mengikuti jejak mereka selaku para senior, dan setelah saya merenung 3 hari 3 malam di dalam jamban sepertinya blogwalking seperti ini asyik juga. Karena adanya interaksi antara si pemilik blog dengan para pengunjung. Intinya saya sepakat dengan uraian dari mas yanto di atas meskipun mungkin ada sebagian blogger yang menerapkan aturan blogwalking yang lumayan ketat, kalo bagi saya pribadi mau berkomentar apa ke terserah selama tidak saling merugikan, menyinggung pihak manapun, terus setidaknya ada salah satu komentar yang nyerempet2 sesuai topik pembahasan, selebihnya gak ada soal bagi saya mah, anggap selebihnya itu bagian dari silaturahmi agar suasana blogwalking pun terasa akrab.

    Reply
      1. Saud Karrysta

        Komentar Mas Marnes sangat mengharu kan hati saya sih Mas..? 😥 😥 😥 tapi menyikapi komentar Mas Mar diatas. Saya yang ada diantara goresan yang Mas Sebut itu. Sebelumnya saya mohon maaf jika komentar saya ada yang tidak masuk topik. Semoga saja bukan termasuk komentar SPAM Seperti judul Mas SUTAR WIJAYANTO MANGKUSENO DIROJO. Pemilik blog ini. Saking Akrabnya saya sama beliau sehingga komentar saya kadang kadang nyeleni. Tapi Demi Allah itu sebatas gurauan belaka. Pada dasar dan pada inti yang sesungguh saya sangat menghormati Mas Yanto begitupun semua Sahabat saya Laki-Laki ataupun Perempuan.

        Dengan kalimat komentar saya di artikel SPAM nya Mas Yanto. Saya mohon maaf yang sebesar nya jika ada kata,ucap dan basa yang tidak mengenai pada hati dan sanubari Sahabat semua. Bukan maksud saya egois dalam komentar namun saya berusaha berbagi, dan turut melestarikan semua blog Sahabat semua. wah kalau di tulis secara rinci tentang saya pada komentar saya takut nya malah di ponis SPAM. Jadi skian dulu Mohon maaf Lahir Bathin ya Sob? walau belum Hari raya Idul Fitri juga hehhee :yes: :piss: :piss: :piss: :piss: :piss: :piss:

        Reply
        1. Yanto Cungkup Post author

          nah itu intinya mas.
          kita jangan blogwalking hanya sekedar berharap mendapat kunjungan balik ataupun mencari backlink.tetapi menjadikan blogwalking sebagai salah satu ajang silaturahim.

          kita ibaratkan artikel tuan rumah itu menu makanan,jadi enak atau nggak enak mesti kita komentari selebihnya ngomongin yg lainnya, misalnya yg bening bening gitu.

          mas saud saya maafkan kalau sudah bayar :ckakaka:

          Reply
    1. mangs aduls

      kalo sayah taunya blogwalking dari mang yanto ini. saya ketika itu ga ngerti kenapa sepi banget blog. masuk deh blog ini. banyak bner yang komentar hebat.
      akhirnya saya komentar tanya-tanya. ehhh mang yanto balik komentar di blog saya.
      terus saya mikir coba saya kunjungi yang lainnya siapa tau balik kunjung juga. eh beneran datang. sekalnya itu namanya blogwalking. hahahaha :ckakaka: :ckakaka: :ckakaka: :ckakaka: :ckakaka:
      abis itu ketgihan deh….

      Reply
          1. Hary Wardiansyah

            Coba kalau gax pernah BW, mana bisa kita canda2 seperti ini. Untung saya ketemu kang Yanto sama Kang Saud dan yang lainnya, jadi ngeblogpun gax kesepian hikhihkhik, :ngopi: dulu ah

            Reply
  20. hendri hendriyana

    komentar spam biasanya ga sesuai sama artikel, mudah sekali mas dibedakannya, saya juga memakai moderasi komentar agar terhindar dari komentar spam mas, memang banyak macam komentar spam itu mas, tapi tergantung yang punya blog juga pandangan komentar spam itu,, selamat pagi dan selamat :ngopi: semua nya 🙂

    Reply
      1. Indra Kusuma Sejati

        Bisa pasang pluging anti sapm mas, kalau pakai WP Coba ja deh natr juga masuk ke tempatnya ko. :ngopi:

        Reply
          1. Indra Kusuma Sejati

            masthanya bukan saya mas, tapi yang punya tutorial ini. Saya mah newbie mas. :piss:

            Reply
            1. Yanto Cungkup Post author

              kalau buat blog wp bisa nerapin plugin seperti penjelasan mas indra mbak,kalau buat blogspot silahkan cari aja digoogle sudah banyak koq tutornya

    1. Indra Kusuma Sejati

      Mumpung gratis mas, silahkan komentar yang sepuahnya asal jangan nyepan saja ya. Kan Mas Saud bukan spamer. :piss:

      Reply
        1. Saud Karrysta

          Mas Indra teh Baik pisan ke saya teh.. Saya komentar nya baik baik terus kan Mas.. Tuh Mas Yanto nya juga heran pada baik ke saya semua sih.. ada apa yah..? :unsure :unsure :scratch:

          Reply
  21. Arman

    Pernah saya baca postingan Mbah Dinan tentang matikan link aktif jika ada yang komen sambil menyisipkan….coba dicari disana, mungkin bisa membantu

    Reply
  22. Saud Karrysta

    Menjelang tengah malam tiba dengan gemersik suara dedaunan bersentuhan dengan sepoi nya Angin malam Di barengi lolongan riuh suara srigala yang seakan mencekam. Saat nya menetralisir semua gejolak angkara yang menyentuh pada bibir malam yang senyap. Berusaha menyibak misteri di balik SPAM :scratch: :scratch: :scratch:

    Reply
  23. Achmad Fazri

    Saya semenjak ada komentator anonymous yang aneh komentarnya. Jadi sering moderasi.
    Tapi kira kira akan dibenci sama komentator ngga ya kalau di moderasi…

    Reply
  24. kips

    Saya masih ngutak-ngatik kolom komentar juga mas, script yang tidak validnya jg belum teratasi euy

    Reply
  25. media2give

    saya sudah pakai cara no 1 dan 2 mas,tapi yg no 2 tak nonaktifkan lagi.. biar cepet yg mau komen 🙂

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.