Cara Mengatasi Blog Yang Terkena Virus

Cara Mengatasi Blog Yang Terkena Virus. Apa yang terjadi apabila blog yang anda kelola tiba – tiba tidak bisa diakses karena terdeteksi oleh malware. tentunya ada berbagai perasaan menumpuk jadi satu seperti bingung, takut, sedih dan berbagai perasaan yang lain.

Begitu juga yang dialami oleh admin wongcungkup kemarin. ketika seperti biasa membuka email dapat pemberitahuan dari mbah dinan ( salah satu teman blogger yang punya blog bengkelblogger.net ) kurang lebih seperti ini:

“mas kok halaman ini error rhtagnya. dianggap ada harm yang membahayakan. coba cek lagi mas. karena saya akses langsung di alihkan ke halaman error”. ( terima kasih mbah atas pemberitahuannya ) .

Deg..!! ada apa gerangan, soalnya terakhir saya akses normal – normal saja. masih tidak percaya, saya coba akses lagi wongcungkup.com dan memang halaman wongcungkup langsung diarahkan ke halaman error seperti gambar dibawah ini:

Cara Mengatasi Blog Yang Terkena Virus
klik untuk memperbesar gambar

Setelah diselidiki ternyata blog wongcungkup telah terdeteksi disusupi malware. malware sendiri singkatan dari malicious software, yang berarti perangkat lunak yang mencurigakan. blog atau website yang terkena virus tersebut menjadi tidak bisa diakses atau diblok oleh browser.

Adapun Cara Mengatasi Blog Yang Terkena Virus yang saya lakukan adalah sebagai berikut:

  1. membuka menu keamanan di google webmaster. (ternyata tidak ada pemberitahuan apapun yang dapat diartikan bahwa blog saya normal).
  2. membuka semua file yang terakhir dipasang, baik gambar, script, plugin dan dokumen yang lain. lalu coba hapus satu persatu lalu dicek hasilnya.
  3. cek semua link yang menuju blog lain (link keluar).

Alhamdulillah setelah kurang lebih 2 jam mengubek – ubek isi blog, peringatan tersebut telah hilang dan blog normal lagi. masalahnya saya tidak tau pasti penyebab blog ini kena malware. soalnya setelah normal semua dokumen yang telah saya hapus tadi telah saya kembalikan seperti semula. anda punya pendapat?

Demikian artikel dari wongcungkup tentang Cara Mengatasi Blog Yang Terkena Virus, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,


About Yanto Cungkup 479 Articles
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

145 Komentar

  1. Blog saya juga pernah begitu Kang yang sekolah, terus saya cek di Webmastestool gak ada pemberitahuan virus sama sekali.. tapi kalau saya buka pasti ada pemberitahuan berbahaya dan backgroud warna merah seperti punyanya Kang Yanto… Saya Backup saja dulu Templatenya terus baru saya cek satu2 widget nya dan kode scriptnya serta link2 yang mengarah ke luar. Ternyata ada script yg terindikasi kena virus dan juga ada link yg mengarah ke Situs yg kebetulan situs tersebut Down alias tdk bisa di akses… wah… langsung saya delete saja. trs clear history beowser dan alhamdulillah normal lagi. Ada baiknya setiap beberapa bulan sekali sering di cek kang. takutnya ada script atau link yg bermasalah … :good:

  2. .Iya nih akhir-akhir ini ntah kenapa saya banyak menemukan blog yang berisi konten/peringatan seperti di atas. tapi bukan pada blognya si agan hehe.
    .Malware juga bisa terdapat di blog ya gan. hmmm :scratch:
    .Tipsnya mantap nih. :good:

  3. Alhamdulillah sekarang sudah sehat ya mas blog. kadang malware membikin pusing juga, karena mereka diblog oleh google secara otomatis, sehingga ketika kita mengakses, maka langsung di alihkan ke blocker page.

    ok deh mas sekarang bisa tersenyum lagi dengan kawan-kawan. saya mau lihat celoteh kawan-kawan dulu. udah kangen juga lama gan senggol-senggol blogger lainnya.

  4. wah, saya juga pernah gitu kang, tapi itu karena adanya pemasangan script iklan, dan script itu membawa atau mengarahkan kepada iklan download yang ada unsur Malwarenya, jadi setelah saya hapus, alhamdulillah selama 5 hari sudah aman. tapi itulah, harus pasrah karena penurunan trafik yang tajam 😀

  5. Nah ini dia yang saya pengen tanyakan mas, tadinya mau komen di post terbaru biar mas yanto cepet baca cuma saya gak enak karna diluar topik pembahasan, baru-baru ini blog saya terkena malware mas mungkin karena saya sering gonta-ganti template. Dan sebelumnya juga saya sudah baca-baca bagaimana cara memperbaikin artikel blog yang kena malware di blognya trikpos. Yang ingin saya tanyakan artikel yang kena malware tersebut apa harus dihapus gitu aja yah? terus kalo misalnya artikelnya tidak dihapus maksudnya di kembalikan ke draft terus diperbaiki lalu dipublish ulang gitu mas, ada gak selain dengan cara menghapus artikel?

  6. yang membuat saya kaget setelah saya cek di webmaster ternyata ada 6 artikel yang kena peringatan konten berbahaya, lebih mengejutkan lagi setelah saya coba cek beberapa artikel saya ternyata justru lebih banyak lagi mas yang gak bisa dibuka alias kena malware seperti gambar di atas bahkan ada kali sekitar 20an lebih mah. Maksud saya kalo ada cara lain gak selain dengan menghapus artikel tersebut? soalnya saya juga belum tau pasti apa mungkin di script templatenya yang kena virus, kalo harus dihapus kan mayan sayang juga itu mas

  7. ada satu masalah lagi nie mas seperti waktu dulu googleboat saya gak terdeteksi lagi, gimana cara memperbaikinya yah? apa mungkin gara-gara artkel yang dulu pernah saya hapus kali ya, soalnya masih banyak yang ternyata artikel tersebut blom saya hapus diwebmasternya, meskipun udah dihapus tapi masih suka nongol lagi terutama artikel2 tentang download software dulu

    • hapus lagi di webmasternya mas,lalu buka menu ambil sebagai google.
      tp memang perlu waktu berbulan2 untuk menghapus keseluruhannya,karena walau dihapuspun kadang memang suka muncul lagi.

      ini terjadi bisa jadi karena artikel yg dihapus telah ditautkan ke blog lain,sehingga akan muncul lg ketika tautan tersebut diklik

  8. Ternyata berbahaya juga ya boss bila web terkena virus, setidaknya jika sdh mengetahui langkahnya tentu pengunjung terpuaskan dgn bersihnya web dari perangkat lunak yang berbahaya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*