Cara Memperbaiki Bad Sector Hard Disk

Cara Memperbaiki Bad Sector Hard Disk. bad sector adalah kerusakan pada satu bagian harddisk sehingga tidak bisa menyimpan data. untuk itu apabila hard drive komputer atau laptop anda telah terdeteksi adanya bad sector sebaiknya lekas diperbaiki, karena bad sector bisa menyebabkan harddisk tidak awet dan kinerja komputer menjadi lambat. baca juga : 5 cara mengoptimalkan kinerja komputer.

Sebagai langkah antisipasi, sebaiknya anda membiasakan untuk men- copy atau back up setiap data dan secara berkala melakukan pemeriksaan harddisk. agar ketika sewaktu – waktu data rusak, anda tidak bingung karena suda ada file cadangan.

adapun cara memperbaiki bad sector hard disk pada windows 7, adalah sebagai berikut:

1. klik start lalu cari dan buka menu computer. jika anda sudah memasang menu computer didesktop maka anda tinggal klik icon computer didesktop anda, nanti akan muncul menu kurang lebih seperti dibawah ini (tergantung berapa banyak partisi harddisk komputer atau laptop anda).

Cara Memperbaiki Bad Sector Hard Disk

2. klik kanan pada disk drive yang akan diperbaiki ==> klik properties

3. pilih tab tools ==>> chek now. lalu pada menu chek disk options silahkan centang “scan for and attempt recovery of bad sectors” ==> lalu klik start . untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini:

cara memperbaiki bad sector hard disk1
klik untuk memperbesar gambar

4.tunggu proses berjalan, cepat lambatnya proses tergantung dari ukuran dis drive anda. bila proses telah selesai maka akan ada pemberitahuan tentang kondisi disk drive tersebut.

note : selama proses perbaikan bad sector sebaiknya anda menutup semua file dan program aplikasi yang sedang berjalan dikomputer maupun laptop anda. agar proses dapat berjalan lebih cepat dan maksimal

Demikian artikel dari wongcungkup tentang Cara Memperbaiki Bad Sector Hard Disk, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,


About Yanto Cungkup 479 Articles
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

107 Komentar

  1. sangat perlu hard disk laptop kesayangan yang telah mengantarkanku ke manca negara,bahkan hingga ke Bali setiap minggunya (baca: ubicilembunya doangan yang ke Bali,yang punyanya mah belom pernah..deng) untuk di riceking bahkan di perbaiki guna kesehatan dan kemaslahatan ku dalam berBW….sepakat ngga coba dengan komentarku kali ini? :yahoo:

  2. selama saya punya Komputer dan Laptop belum pernah utek2 ngecek Hard Disk Kang, paling cuma lihat kapasitas yg ada di drive C, D atau E takut memory nya abis buat nyimpen file hihihi..
    dan malah sempat ganti Hardisk pula karena gak tau penyebabnya dan memperbaikinya. Nah mumpung sekarang Lagi baca2 Cara memperbaiki Bad Sector Hardisk, dan kebetulan Windows 7 sama seperti punya saya xixixi… saya mau standby baca-baca sekalian praktek langsung ah… klo besok takut lupa …

  3. wah asli saya mah blom tau nie cara seperti di atas mas, ternyata caranya gak susah-susah amat ya, cuma pernah baca cara memperbaiki bad sector pada hard disk tapi menggunakan Hiren BootCD mas :yes:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*