Cara Memilih Tema Blog

Cara Memilih Tema Blog. Salah satu cara untuk mengoptimalkan suatu blog adalah tema. yang dimaksud tema atau niche blog adalah topik utama yang menjadi garis besar dari keseluruhan isi artikel blog tersebut. blog yang ideal adalah blog yang mempunyai satu tema. sehingga setiap artikel mempunyai hubungan dengan 1 niche. sedangkan blog yang mempunyai banyak tema dalam satu blog biasa disebut dengan blog gado – gado (seperti blog wongcungkup.com).

Setiap blogger bebas menentukan niche blog yang dikelolanya. sudah banyak blogger yang mempunyai banyak blog bahkan sampai puluhan blog, yang setiap blog mempunyai satu niche. tentu itu dibutuhkan kerja keras dan pengetahuan yang luas, karena ngeblog bukan sekedar update artikel.

Banyak sekali niche blog yang dapat dikembangkan sesuai dengan kemampuan kita seperti : berita selebritis, olahraga, kesehatan, pendidikan, otomotif, blogging, musik, komputer, printer, wisata dan banyak lagi yang lain.

Cara Memilih Tema Blog

Salah satu faktor agar blog kita bisa selalu eksis atau tidak sampai kehabisan ide ( yang ujung – ujungnya blog menjadi tidak terurus ), adalah pemilihan tema blog. beberapa Cara Memilih Tema Blog yang baik adalah sebagai berikut:

1. Keahlian.

Sebelum mulai menulis sebaiknya fikirkan dulu keahlian apa yang paling anda fahami, apakah anda mempunyai keahlian seputar servis komputer, kesehatan, olahraga ataupun pendidikan. dengan begitu anda benar- benar memahami artikel yang ditulis.

2.Hobby

Jika anda sudah mempunyai hobby dengan satu topik, tentunya itu akan sangat memudahkan anda setiap menulis update artikel. menulis menjadi lebih menyenangkan karena yang ditulis itu memang hobby anda.

3.Populer

Cari tema yang paling populer didunia maya. dengan begitu kemungkinan besar artikel anda akan sering dibuka orang. tapi fikirkan duli sebelum memilih niche ini, karena dengan memilih niche yang populer maka persaingan dipage one search engine juga semakin sulit. niat awal membidik niche populer agar blog kita banyak dibuka orang tetapi karena kalah dipersaingan mesin pencari malah berbuah frustasi karena pengunjungnya sepi.

4. Update

Memilih niche sesuai dengan update waktu saat ini. ingat, jaman selalu berkembang dan berkembang. kalau bisa pilihlah topik yang tidak ketinggalan jaman. agar artikel anda banyak dicari orang.

Demikian artikel dari wongcungkup tentang Cara Memilih Tema Blog yang baik, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,

126 thoughts on “Cara Memilih Tema Blog

  1. Asep Haryono

    Sorry ye Pak, Ibu, Om, Tante Kakak,Mas, Paman, Mbah,Nenek, Mas mas ,mba mbak. Saya PERTAMAX…

    Iyessssssssss

    Reply
        1. Indra Kusuma Sejati

          Yang penting setempel aja deh…. :yahoo:

          Reply
            1. hendri hendriyana

              saya dapet kopi ga? :ngopi:

  2. depal

    Iya, hobby itu juga bisa jadi bahan tulisan karena gimanpun kan yang paling dekett sama kita yang kita pahami, sip sip… dah di catet infonya Mas ((: trims

    Reply
    1. Yanto Cungkup Post author

      iya mas,agar ngeblog terasa menyenangkan memang lebih baik topiknya sesuai dengan hobby

      Reply
        1. Indra Kusuma Sejati

          Narik berapa rit Kang ? :ckakaka:

          Reply
            1. Mang Lembu

              sedikit doang :whistle: mang

  3. isrofia

    Hoby dan keahlian kayaknya bisa cukup menunjang untuk sebuah niche blog….kalau blog saya niche nya gado-gado apa kethoprak ya,?… :piss:

    Reply
        1. Indra Kusuma Sejati

          Pakai telor apa tidak Kang ? :ckakaka:

          Reply
            1. Mang Lembu

              jadi laper…baru inget belom makan saya teh :piss: :ngopi:

            2. Mang Lembu

              karena tebang kopi doang, ya udah nih tak kasih mentahnya deh :good:

  4. Alul Stemaku

    iya nih kadang saya juga bingung mau update apa. mungkin tips di atas bisa membantu. Inspirasi dan banyak wawasan juga diperlukan

    Reply
      1. Indra Kusuma Sejati

        masa sih….. ? untung tidak mati rasa :ckakaka:

        Reply
          1. Indra Kusuma Sejati

            Nunggu si Untung pulang Kang :ckakaka:

            Reply
            1. Mang Lembu

              mang Indra linknya mati ya? :good:

            2. Mang Lembu

              sengaja pale lu peyang…yang ada ge’ ngga Faham bikinnya keiles… :piss: :yahoo:

              :rose: buat mang Indra

            3. Indra Kusuma Sejati

              Jangan berlibi, nanti ditegur sama Mang Zach ah….. :ckakaka:

  5. Indra Kusuma Sejati

    Harus banyak belajar nyari tema blog yang sesuai nih, agar nulisnya enak dan selalu update ya kang….

    Reply
        1. Indra Kusuma Sejati

          Nih saya dateng bawa kopi, tinggal kasih gula aja. :yahoo:

          Reply
    1. rawins

      nulis itu ga perlu dicari cari tar jadi terbebani
      ketik aja apa yang lagi ngendon di kepala

      Reply
        1. Indra Kusuma Sejati

          Untung ga keselek tripot, tuh ikutin aja kata Kang Rawin biar makjos…. :ckakaka:

          Reply
  6. Eka Ikhsanudin

    Betul sekali kang, pemilihan Tema Blog sangat berpengaruh juga pada kelangsungan Blog yg dimiliki, karena mungkin jika kita salah memilih Tema, bisa2 ditengah jalan kehabisan ide dan informasi yg pada akhirnya membuat males untuk update postingan xixixi…. :yahoo:

    Reply
    1. Indra Kusuma Sejati

      Kalau tidak mau kehabisan ide, biasanya blog walking ke webiste yang rame juga nanti akan ketemu ide Kang. Apalagi di blog Kang Yanto ini. :ckakaka:

      Reply
        1. Indra Kusuma Sejati

          Master koplak ya kang ? :ckakaka:

          Reply
        1. Indra Kusuma Sejati

          Kemrin sih tinggal satu :ckakaka:

          Reply
  7. Ririn

    kalau saya sih lebih suka tema yang sesuai dengan minat saya sih mas, kadang kalau ada tema bagus tapi nggak minat ya nggak saya tulis 😀

    Reply
  8. Hakikat Bisnis dan Manajemen

    saya memang sangat sering sekali mendengar, kalo dalam menentukan niche blog itu, sangat dianjurkan satu bidang yang berdasarkan keahlian dan hobby ya mas..

    begitu juga saya, niche blog saya tentang Manajemen dan bisnis, karena saya sangat hobby membahas hal tersebut.

    mau gimana lagi, karena yang saya perdalam setiap hari di kampus saya ya itu-itu saja. misalnya seperti manajemen, etika dan hakikat bisnis, kewirausahaan, dunia kerja industri dan segala hal yang terkait dengan poin-poin tersebut. karena jurusan saya Manajemen Industri.

    walaupun saya menyadari, kalau niche blog yang saya punya ini memang kurang dikenali atau minatnya tidak banyak. tapi saya melihat banyak juga yang sukses dengan niche yang sama dengan saya.

    Reply
    1. Yanto Cungkup Post author

      nah harus diperdalam tuh mas,agar nantinya bisa dijadikan bahan rujukan.
      semoga sukses

      Reply
      1. Indra Kusuma Sejati

        Dirujuk ke mana mas ? puskesmas setempat ? :ckakaka:

        Reply
          1. Indra Kusuma Sejati

            Mumpung lagi laris, bisa aja kembar nantinya. :ckakaka:

            Reply
  9. dennyaditia

    pemilihan tema sangat penting karena dari tema kita sudah mendapatkan gambaran kedepan artikel-artikel apa yang akan kita posting

    Reply
          1. Indra Kusuma Sejati

            Masa nayri rugi, yang bayar saya siapa dong ? :yahoo:

            Reply
            1. Indra Kusuma Sejati

              Nunggu subsidi aja kang :ckakaka:

      1. Indra Kusuma Sejati

        Yang dibawah saya coba di tanya Kang. :yahoo:

        Reply
  10. Mang Lembu

    empat poin dalam rangka pemilihan tema blog pernah saya pakai dalam membangun satu dari lima blog, sayangnya kelimanya taklah mati segan hidup tak mau, yang ada tinggal satu atau dua blog saja yang terkelola tidak dengan baik juga sih 😥

    Reply
      1. Indra Kusuma Sejati

        Mungkin admin pendamping kang untuk mang Lembu :ckakaka:

        Reply
    1. rawins

      udah jadi bos kaya mang lembu mah enak buat ternak blog
      banyak waktu luang
      tapi jangan kebanyakan nyampah wooy
      bentar bentar share tulisan yang sama 😀

      Reply
        1. Indra Kusuma Sejati

          Enak lo, kena sama Kang Rawin, nanti suruh bawa tripot aja Mang :ckakaka:

          Reply
  11. Mangs Aduls

    sebenarnya saya inginnya itu 1 tema punya blog itu. tapi berhubung gado – gado aja masih mandek mau nulis apa. apalagi yang 1 tema. :ngopi:

    Reply
      1. Indra Kusuma Sejati

        Lantas siapa dong yang menyelesaikan masalahnya kalau dua-duanya masalah :scratch:

        Reply
          1. Indra Kusuma Sejati

            Yang ada masalah jadi nambah 3 mang :ckakaka:

            Reply
  12. Mangs Aduls

    kang saya nyari memperkecil ukuran foto secara online. yang dulu kang yanto posting. dimana ya alamatnya ko ga nemu

    Reply
          1. Indra Kusuma Sejati

            Sendalnya nih ketinggalan kang…. :ckakaka:

            Reply
  13. hendri hendriyana

    meskipun ga sesuai hobi, tapi saya pilih jualan suplemen karna saya jualan suplemen
    gapapa deh saya mah nyari ide dari mana aja,sampai saya sudah menyiapkan postingan manfaat kopi buat kesehatan :ngopi: hihi

    Reply
        1. Indra Kusuma Sejati

          Kalau saya mah cuman lihat aja ya…. :ckakaka:

          Reply
          1. hendri hendriyana

            kalo bicara obat kuat saya belum sampai sana pikiran nya mas :ckakaka:
            kurang ngerti deh yang gituan..

            Reply
  14. irham

    iya bener banget kang,,, memang harus punya keahlian untuk menentukan nice,… tapi memang sangat sulit heee

    Reply
      1. Indra Kusuma Sejati

        Tergantung juga sih, kalau ketemu aja waktu yang tepat sih… :ckakaka:

        Reply
  15. Abdul Muhajir

    saya sendiri modal nekat ngambil tema blogger, tapi bersyukur justru degnan begitu saya banyak belajar 😀

    Reply
      1. Indra Kusuma Sejati

        Buruan pesan tiketnya saja, agar bisa ketemu sama bonek. :ckakaka:

        Reply
  16. Mas Ojik

    tips ini sangat bermanfaat buat blogger pemula seperti saya yamas, agar ngeblog tidak asal asalan :good:

    Reply
      1. Indra Kusuma Sejati

        Terus kapan kita diundang ke Lombok nih Kang ? :yahoo:

        Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.