Cara Memilih Tema Blog

Cara Memilih Tema Blog. Salah satu cara untuk mengoptimalkan suatu blog adalah tema. yang dimaksud tema atau niche blog adalah topik utama yang menjadi garis besar dari keseluruhan isi artikel blog tersebut. blog yang ideal adalah blog yang mempunyai satu tema. sehingga setiap artikel mempunyai hubungan dengan 1 niche. sedangkan blog yang mempunyai banyak tema dalam satu blog biasa disebut dengan blog gado – gado (seperti blog wongcungkup.com).

Setiap blogger bebas menentukan niche blog yang dikelolanya. sudah banyak blogger yang mempunyai banyak blog bahkan sampai puluhan blog, yang setiap blog mempunyai satu niche. tentu itu dibutuhkan kerja keras dan pengetahuan yang luas, karena ngeblog bukan sekedar update artikel.

Banyak sekali niche blog yang dapat dikembangkan sesuai dengan kemampuan kita seperti : berita selebritis, olahraga, kesehatan, pendidikan, otomotif, blogging, musik, komputer, printer, wisata dan banyak lagi yang lain.

Cara Memilih Tema Blog

Salah satu faktor agar blog kita bisa selalu eksis atau tidak sampai kehabisan ide ( yang ujung – ujungnya blog menjadi tidak terurus ), adalah pemilihan tema blog. beberapa Cara Memilih Tema Blog yang baik adalah sebagai berikut:

1. Keahlian.

Sebelum mulai menulis sebaiknya fikirkan dulu keahlian apa yang paling anda fahami, apakah anda mempunyai keahlian seputar servis komputer, kesehatan, olahraga ataupun pendidikan. dengan begitu anda benar- benar memahami artikel yang ditulis.

2.Hobby

Jika anda sudah mempunyai hobby dengan satu topik, tentunya itu akan sangat memudahkan anda setiap menulis update artikel. menulis menjadi lebih menyenangkan karena yang ditulis itu memang hobby anda.

3.Populer

Cari tema yang paling populer didunia maya. dengan begitu kemungkinan besar artikel anda akan sering dibuka orang. tapi fikirkan duli sebelum memilih niche ini, karena dengan memilih niche yang populer maka persaingan dipage one search engine juga semakin sulit. niat awal membidik niche populer agar blog kita banyak dibuka orang tetapi karena kalah dipersaingan mesin pencari malah berbuah frustasi karena pengunjungnya sepi.

4. Update

Memilih niche sesuai dengan update waktu saat ini. ingat, jaman selalu berkembang dan berkembang. kalau bisa pilihlah topik yang tidak ketinggalan jaman. agar artikel anda banyak dicari orang.

Demikian artikel dari wongcungkup tentang Cara Memilih Tema Blog yang baik, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,


About Yanto Cungkup 479 Articles
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

126 Komentar

  1. Betul sekali kang, pemilihan Tema Blog sangat berpengaruh juga pada kelangsungan Blog yg dimiliki, karena mungkin jika kita salah memilih Tema, bisa2 ditengah jalan kehabisan ide dan informasi yg pada akhirnya membuat males untuk update postingan xixixi…. :yahoo:

  2. saya memang sangat sering sekali mendengar, kalo dalam menentukan niche blog itu, sangat dianjurkan satu bidang yang berdasarkan keahlian dan hobby ya mas..

    begitu juga saya, niche blog saya tentang Manajemen dan bisnis, karena saya sangat hobby membahas hal tersebut.

    mau gimana lagi, karena yang saya perdalam setiap hari di kampus saya ya itu-itu saja. misalnya seperti manajemen, etika dan hakikat bisnis, kewirausahaan, dunia kerja industri dan segala hal yang terkait dengan poin-poin tersebut. karena jurusan saya Manajemen Industri.

    walaupun saya menyadari, kalau niche blog yang saya punya ini memang kurang dikenali atau minatnya tidak banyak. tapi saya melihat banyak juga yang sukses dengan niche yang sama dengan saya.

  3. empat poin dalam rangka pemilihan tema blog pernah saya pakai dalam membangun satu dari lima blog, sayangnya kelimanya taklah mati segan hidup tak mau, yang ada tinggal satu atau dua blog saja yang terkelola tidak dengan baik juga sih 😥

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*