Cara Cek Data Pemilih Tetap PILKADA

By | 28 November

Cara Cek Data Pemilih Tetap PILKADA. Dalam beberapa hari kedepan Seluruh kabupaten dan Kotamadya di Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi yakni Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA). Pemilihan Bupati maupun Walikota ini akan dilakukan secara serentak pada besok tanggal 09 Desember 2015.

Sebagai warga negara yang baik, maka sudah semestinya kita ikut mensukseskan PILKADA pada tanggal tersebut, dengan cara mengeluarkan hak pilih kita untuk men- coblos Calon pasangan Bupati dan wakil bupati maupun walikota yang dirasa paling cocok dengan hati nurani untuk memimpin kabupaten dan kota kita sendiri dalam 5 tahun kedepan.

Adapun menurut Komisi Pemilihan Umum (KPU), data orang yang memiliki hak pilih terbagi dalam beberapa kriteria diantaranya :

  1. Daftar Pemilih Tetap (DPT)
  2. Daftar Pemilih Tetap Tambahan .1 (DPTb.1)
  3. Daftar Pemilih Pindahan (DPPh)
  4. Daftar Pemilih Tambahan .2 (DPTb.2)/ pengguna KTP dan identitas kependudukan yang lain.

Untuk mengetahui apakah kita sudah terdaftar dalam DPT pada PILKADA tahun 2015 ini, dapat melakukan pengecekan secara online. adapun Cara Cek Data Pemilih Tetap PILKADA, adalah sebagai berikut :

  1. Buka Website resmi KPU di alamat : http://data.kpu.go.id/dpt2015.php
  2. arahkan kursor ke pencarian NIK (dibagian kiri), lalu masukkan NIK anda. NIK adalah Nomer Induk Kependudukan yang tercantum di KTP. seperti gambar dibawah ini : Cara Cek Data Pemilih Tetap PILKADA1
  3. centang saya bukan robot dan selanjutnya klik cari.
  4. Jika anda sudah terdaftar dalam DPT, maka akan muncul Nomer Tempat pemungutan Suara (TPS), beserta nama dan alamat lengkap anda. kurang lebih seperti gambar berikut ini : Cara Cek Data Pemilih Tetap PILKADA
  5. Jika belum terdaftar, silahkan segera menghubungi Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Desa maupun Kelurahan anda.

Selain Untuk mengetahui data Pemilih Tetap, Website tersebut juga menyediakan rekapitulasi nasional. jadi kita bisa mengetahui berapa jumlah DPT disetiap daerah di Indonesia, berdasarkan kecamatan, kabupaten, kota maupun provinsi.

Semoga pada pemilihan Bupati dan walikota nanti, akan berjalan tertib, lancar dan akan didapatkan pemimpin yang mampu mengemban dan melaksanakan amanat rakyat untuk memajukan daerahnya dalam berbagai bidang.

Demikian Artikel dari Wongcungkup tentang Cara Cek Data Pemilih Tetap PILKADA, Semoga artikel ini bermanfaat.

salam,

181 thoughts on “Cara Cek Data Pemilih Tetap PILKADA

  1. indra Kusuma Sejati

    lebih mudah ya mas untuk mencek persiapan Pilkada nanti

    Reply
    1. Debe

      Saya baru nyoblos tahun ini mas,hehehe tapi tahu caranya mudah untuk daftar pemilih baru dari blog mas yanto ini nih.. emang makin mudah aja ya mas jaman sekarang

      Reply
            1. awen

              maaf perkataan ini sama dengan yang sudah dikirim sebelumnya
              pastikan anda bukan robot

            1. fiu s

              ah calon istri mah kn ada ditetangga sbelah ,,,hehhaha :melet:

    1. Yanto Cungkup Post author

      segera gandakan gambarnya mas,setelah itu taruh di tiap perempatan.
      tulisin tuh dibawahnya ” sedang dicari”

      Reply
            1. Dzatmiko

              Kan komandannya diatas saya ini :joged

            2. Dzatmiko

              ah ga seru nih mas yanto emoticonnya dari kemarin ga bisa 😥 harus di ketik manual :mumet:

            3. muhammad mukhlis

              serunya bakar bakar, bakar apa coba ?

  2. muhammad mukhlis

    nah diatas salah satu cara memudahkan kita dalam mengecek apakah kita sudah terdaftar di DPT pilkada, bagi anda yang masih ragu, silahkan ke Tkpeh sekarang juga 🙂 gratisssss

    Reply
            1. muhammad mukhlis

              ini sepertinya semua salah minum obat :mumet:

            1. Dzatmiko

              padahal saya udah mandi pake kembang tujuh rupah tetep aja ga bisa 😥 harus di ketik manual baru bisa :rokok

            2. muhammad mukhlis

              anda belum berhasil :rokok

    1. Kang Zeer El-Watsiy

      mas mukhlis tas tes aja…pengen di tetesin ya 😀

      Reply
        1. muhammad mukhlis

          kalo teh 10 tahun saya 12 tahun berarti :ckakaka:

          Reply
    1. Debe

      Hahaha sama mbak santika saya juga baru abegeh… mari kita arisan aja

      Reply
  3. kang santri clumut

    wah siap2 deh ada pesta demokrasi untuk kepala daerah…semoga tertib…trimakasih mas, saya jadi tahu cara cek data pemilihnya.. salam hangat dari jogja.. 😀

    Reply
  4. Kang Zeer El-Watsiy

    oh ya, lama nggak ke sini…mau izin buka2 tutorial blognya ya 🙂

    Reply
  5. Dindin Rosidin

    Sip mas, saya cek NIK keluarga ibu saya dulu ehehe

    Reply
      1. mbah dinan

        sekalian yang lainnya mas…termasuk punya yanto cungkup juga ya…nanti dapat kopi mas. heeee

        Reply
  6. diar nurhakim

    Ooohhh bentar lagi mau Pilkada ya mas Yanto… Dulu sering golput sih ya jadi rada-rada kurang info nih ya wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkw 🙂

    Reply
      1. mbah dinan

        banyak program kantor dananya dikembalikan atau dipangkas untuk biaya pilkada daerah mas…makanya dilematik, kadang sempat punyapikiran juga, kalau pilkada malah mengorbankan suatu kegiatan yang sebenarnya berguna langsung untuk komunitas atau masyarakat umum

        Reply
  7. mbah dinan

    kemarin sempat juga ngecek, ternyata udah terdata kang….tapi kadang kita dibingungkan dengan pilihan yang membingungkan. makanya saya pegangan sambil coblosnya. heee

    Reply
    1. muhammad mukhlis

      coblos saya aja ntar jadi prsiden sekalian yoo

      Reply
      1. Dzatmiko

        data tidak tersedia karena wilayah bekasi jawa barat tidak ada. hohohoho :joged

        Reply
  8. Dzatmiko

    Mudah mudahan pada pemilihan kepala daeran nanti acaranya berjalan lancar ya mas, ga ada halangan sedikit pun dan yang pastinya masyarakan tidak salah pilih pemimpin untuk daerahnya masing masing :piss:

    Reply
    1. Marnes

      mudah-mudahan seperti itu mas, meskipun tidak semudah membalikan telapak tangan, pada kenyataannya setipa pilkada pasti ada money politic disitu dan itu pasti

      Reply
  9. Marnes

    Auwooo… tukang ngopi dataaaaang….
    wah bisa dicek secara online yah mas? saya mah blom ngecek ini, ntar saya juga mau cek ah, kalo ada pilkada ujung-ujungnya bisa balik maning nang kampung

    Reply
  10. Melyric Lagu

    Pilkadanya tanggal 9 Desembar yah mas, wah kayaknya blom bisa pulang sayah mah naggung sih soalnya, kalo gak pulang berarti gak bisa nyoblos dong, piye kuwi?

    Reply
  11. hanibi

    Semoga Pilkada di Indonesia nanti tidak ada money politik lagi spt serangan fajar …

    Reply
      1. awen

        negeri ini memang kaya, serangan fajar pastinya selalu menjadi andalan orang pintar mas

        Reply
  12. Budi Smart

    coba cek ah udah masuk di kpu pa belum, jangan-jangan saya dianggap ilegal

    Reply
  13. awen

    Sebentar lagi dong ya mas, tapi kok kalau disaya belum ada calon-calon yang mengiklankan dirinya,heu

    Reply
    1. Dzatmiko

      silahkan daftar menjadi calon kepala daerah mas

      Reply
  14. indra dp

    aku tadi ngecek udah kedaftar, tapi di desa ku.
    sepertinya harus pulang kampung lagi nih agar bisa nyoblos.

    Reply
  15. mat dedod

    sudah serba online, hasilnya pun makin cepat diketahui,

    Reply
  16. Krisna Bara

    coba dulu ah apakah saya sudah terdaftar atau belum

    Reply
  17. tanaman gantung

    Sangat perlu ini buat ngecek biar tidak kehilangan hak pertisipasi pilkada serempak besok., tapi saya coba akses webnya muncul server not found

    Reply
  18. Cara Dian

    Wih baru tau saya bisa dicek online, cek dulu ah soalnya adem2 aja ni ga ada info pilkada

    Reply
  19. Bola

    Langsung di cek deh, semoga data ane ada di situ

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.