Biografi Ian Antono

By | 29 November

Biografi Ian Antono. Pecinta musik rock tanah air tentu belum afdol bila belum mengenal tokoh ini. yups… Ian Antono memang merupakan salah satu gitaris legendaris negeri ini. Musisi ini Lahir di Malang Jawa timur pada 29 Oktober 1950 dengan nama Jusuf Antono Djojo. Selain memiliki bakat yang luar biasa didalam memetik gitar, beliau juga merupakan salah satu pencipta lagu papan atas Indonesia di jamannya.

Saat ini Ian antono memiliki 3 buah hati dari pasangan Titiek saelan, yaitu Stevanus Antono, Rocky Antono, dan Monica Yana Antono.

Banyak penyanyi kondang yang pernah mendapatkan sentuhannya baik sebagai penggarap album maupun berkolaborasi seperti Iwan FalsNicky Astria, Ikang Fawzi dan anggun Anggun C. Sasmi. hingga kini masih banyak gitaris tanah air yang menjadikan Ian Antono sebagai panutan.

Ian antono mulai di kenal publik ketika bergabung dengan band Abadi Soesman di dekade 1970-an. dengan petikan gitar yang melengking, Namanya semakin berkibar setelah menjadi personil God bless pada tahun 1974. pada waktu itu, Godbless merupakan Band terbaik di Indonesia sehingga para personilnya menjadi pujaan publik.

Biografi Ian Antono

Pada tahun 1991, Ian antono bersama, ahmad albar dan donny fattah (ketiganya personil Godbless) membentuk band Gong 2000 dengan Albert Wijaya, Yaya Muktio dan Harry Anggoman sebagai personil baru. pada waktu itu Godbless sedang Vacuum. walaupun sama -sama band rock, tetapi Band godbless dengan gong 2000 sendiri sangat berbeda, dimana gong 2000 lebih banyak memasukkan unsur etnis bali. Tahun 1997, Ian antono kembali memperkuat God Bless dan berduet dengan Eet Sjahranie (mantan gitaris kantata takwa).

Selama Karirnya dalam dunia musik, Ian antono telah menerima banyak penghargaan sebagai apreasi atas karyanya, diantaranya BASF Award (1987 – 1988) untuk Arranger Terbaik dan Komposer Terbaik untuk album Gersang (Nicky Astria), HDX Award (1989) untuk lagu Buku Ini Aku Pinjam (Iwan Fals), BAFS Award (1989) Album Bara Timur (Gong 2000) sebagai The Best Selling Album dan The Best Arranger & Composer, HDX Award (1994) untuk album Laskar (Gong 2000) sebagai Album Terbaik dan Diamond Achievement Award atas prestasinya di industri musik pada tahun 1995.

Demikian artikel dari Wongcungkup tentang Biografi Ian Antono, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,

bahan referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Ian_Antono

46 thoughts on “Biografi Ian Antono

  1. Syahransyah

    Salah satu gitaris kesukaan saya nih Kang..heheh..ada sih lagu dari beliau yaitu Semut Hitam yang mirip dengan Goin Crazy milik David Lee Roth..hehee

    Reply
    1. Fani

      katanya suka bang haji … ?
      mana yang bener bang… 😀
      piss… hahaha

      Reply
  2. Kang Maman

    Bang Ian Antono salah satu pemain musik favorit saya selain bang Iwan Fals, prestasinya banyak ya mas, bangga punya pemusik yang berkelas internasional seperti bang Ian Antono…

    Reply
      1. Fani

        masih kalah sama bang Icah. tanya tuh kang Syahran… 😀

        Reply
  3. Dzatmiko

    Saya mah masih baru kemrain sore lahir mas, jadi belu kenal dengan gitaris legendaris negri ini yang bernama Jusuf Antono Djojo atau dikenal dengan nama Ian Antono..

    Reply
    1. Dzatmiko

      Tapi setelah baca biografi ian antono saya sudah mengenal beliau sang gitaris legendaris dari blog nya kang yanto ini

      Reply
      1. Dzatmiko

        Mas kenapa ya pesan email sampean kok masuk ke folder spam terus, padahal sudah tak ganti bukan spam loh

        Reply
        1. Dzatmiko

          Tahun 90 an mah saya masih belum di produksi sama si mbok mas hehehe

          Reply
  4. Ahmad Si Garantang

    Ah inimah pasti yang kenalnya juga,, orang – orang tahun 70an doang,,, sayamah masih anak ingusan,, jadi maafkan saya kalau tidak kenal dengan mang ian antono,,, kalau ian keselek mah saya kenal…

    Reply
  5. Kang Nurul Iman

    Pencinta musik rock tentu sudah tahu mas tentang musisi yang satu ini karena dulu terkenal dan saya juga termasuk orang yang menyukai penampilan main musiknya mas, dengarnya tuh muantappp pisan kalau lagi galau langsung jreng.

    Reply
  6. diar nurhakim

    Gooood mengenai info ian antono nya mas yanto… mengenai Godbless, saya paling suka lagu Damai yang Hilang… 😀

    Reply
  7. Intan Sudibjo

    kalo pake hp, browser nya uc web susah banget t komentar di sini heuheu

    Reply
  8. buret

    Salah satu gitaris terbaik Indonesia, Ian Antono mah gitaris kaporit saya mas

    Reply
  9. Kreasikan

    sering lihat di acara tv, tapi baru tau nama aslinya, dari biografinya beliau memiliki jiwa seni yang kental sehingga mendapatkan banyak prestasi yang diraihnya

    Reply
  10. paket wisata karimunjawa

    ian antono. beliau salah satu kiblat saya dalam menentukan influence dalam memainkan gitar. beliau benar salah satu gitaris senior terbaik di Indonesia.

    Reply
  11. Mas Poniran

    ian antono merupakan salah satu gitaris favorit saya mas untuk gitaris tanah air, memang kemampuannya dalam memetik gitar sangat luar biasa

    Reply
  12. Online Store Terlengkap

    tukang gitar yg satu ini memang bener2 mantab…..

    Reply
  13. Wadiyo

    Mas Yanto sepertinya penggemar musik-musik seperti ini ya,
    jaman saya masih mudah juga iya, sekarang malu sama anak cucu 🙂

    Reply
  14. Andre Ahmad

    keren,,,, gak sekalian biografi slash gan? hehe

    Reply
  15. pinjaman dana tunai

    ini dia salah satu legend.. gitaris hebat…apa kabar dia sekarng.. kegiatan nya apa skrng..

    Reply
  16. Online Store Terlengkap

    i like it…. bawaannya tenang kalau sedang garuk2 gitar…..

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.