Benarkah Fungsi Breadcrumb Membuat Blog Lebih SEO

Benarkah Fungsi Breadcrumb Membuat Blog Lebih SEO ? Setiap Blogger pasti sudah tahu breadcrumb dan sebagian besar menerapkan navigasi ini pada blognya. sedikit penjelasan bagi anda yang belum tau, Breadcrumb adalah menu navigasi horizontal yang biasanya berada diatas atau dibawah judul artikel blog dengan menggunakan tanda pemisah (>) atau (>>).

Fungsi Breadcrumb berfungsi sebagai informasi kepada visitor blog sedang berada dimana berada. dengan begitu akan lebih memudahkan pengunjung untuk membuka kategori sejenis dari artikel yang dibaca. Breadcrumb sendiri biasanya diawali dengan home >> kategori >> judul artikel, seperti contoh gambar dibawah ini:

Benarkah Fungsi Breadcrumb Membuat Blog Lebih SEO

Lalu, Benarkah Fungsi Breadcrumb Membuat Blog Lebih SEO ? memang ini pertanyaan yang mendasar, admin sendiri sering membaca ulasan di blog bahwasanya dengan memasang breadcrumb akan menjadikan blog tersebut menjadi lebih SEO ( search engine optimize). itu artinya blog yang memasang breadcrumb akan lebih berpeluang berada dihalaman pertama mesin pencari.

Beberapa waktu yang lalu wongcungkup melakukan eksperimen, dengan mencoba menghapus kode breadcrumb yang biasanya terpasang diblog wongcungkup. setelah saya cek salah satu kata kunci di google, seperti gambar dibawah ini:

Benarkah Fungsi Breadcrumb Membuat Blog Lebih SEO1
klik gambar untuk memperbesar

Saya coba ketik ” Cara Install BBM Android versi honeycomb” yang baru diterbitkan 3 hari sebelum artikel ini, ternyata hasil artikel wongcungkup yang tidak menggunakan breadcrumb tersebut berada dihalaman 1 dan malah nomer 1. atau pada artikel ini:

Benarkah Fungsi Breadcrumb Membuat Blog Lebih SEO2
klik gambar untuk memperbesar

ketika menulis kata kunci “cara mudah pengunjung blog ramai ” ternyata artikel dari wongcungkup juga berada di nomer 1 google.

menurut wongcungkup, dari dua contoh diatas dapat disimpulkan bahwa Breadcrumb Hanya berfungsi sebagai tombol navigasi untuk memudahkan pengunjung, tetapi tidak mempengaruhi posisi di mesin pencari. lalu bagaimana menurut anda???

demikian artikel dari wongcungkup tentang Benarkah Fungsi Breadcrumb Membuat Blog Lebih SEO, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,


About Yanto Cungkup 551 Articles
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

240 Komentar

  1. Kalau saya belum pernah mencobanya Kang. Maklum masih banyak belajar nih apa si SEO dan fungsinya Kang. Biar dapet SEO yang jitu itu gimana sih Kang ?

  2. bagi seo pemula seperti saya bakalan puyeng kepala saya mas kalau ngebahas seperti ini :piss: banyak kawan blogger yang membahas tentang breadcrumb, ada yang bilang baik untuk seo dan sebaliknya hehe, sepertinya blog saya pake breadcrumb :piss: asal pake aja saya mas hehe

  3. sebetulnya saya gak tau apa itu BreakCrumb kang, fungsinya juga untuk apa saya juga tidak tahu, yg saya tahu itu mah Label Postingan saja atau kategori postingan, gak tau untuk SEO atau tidaknya, yg jelas nambah keren saja hahaha … ternyata sebagai tombol navigasi juga ya … ah, saya mah enaknya Label postingan saja … :yahoo: :yahoo:

  4. Setelah baca postingan mas yanto ini sekarang saya jd tahu apa itu breadcrumb, mas yanto emank jos deh :good: :good:

  5. Ternyata menggunakan breadcrumb atau tidak gx ada pengaruhnya ya mas terhadap seo blog? Saya masih kurang paham tentang seo, tapi setelah berkeliling di blog kang yanto, blog saya bisa muncul di search engine ya walaupun belum di urutan pertama.
    Matur sembah nuwun sanget lho mas :yahoo:

  6. Iya mas Yanto, saya juga setuju kalau Breadcrumb Hanya berfungsi sebagai tombol navigasi untuk memudahkan pengunjung mendapatkan artikel yang diinginkan, jadi otomatis tidak terlalu mempengaruhi posisi di mesin pencarian. :good:

  7. sepertinya bisa lebih keren tampil di mesin pencari dengan breadcumb mas… saya malah belom bisa mbuatnya…hehe

  8. Betul di sebagian dari artikel di atas Breadcrumb hanyalah sekedar pembantu atau pelengkap dari navigasi utama mas, sedangkan dari sisi fungsi seo tidak ada pengaruhnya, ditambah lagi Breadcrumb hanyalah bersifat informasi tentang posisi judul artikel yang terhubung dalam satu label……oky

  9. Jadi intinya tidak berpengaruh terhadap SEO ya mas? Tapi ada juga yang mengatakan berpengaruh, jadi bingung :scratch:

  10. wah ternyata saya cek Benarkah Fungsi Breadcrumb Membuat Blog Lebih SEO tanpa login pakai akun google langsung ada di halaman pertama kang postingan ini … :good:

  11. udah ah mau pulang dulu, udah pagi soalnya… besok lagi ah ngintip Fungsi Breadcrumb nya … gak di kasih kopi sih dari tadi .. 😥

  12. setelah membaca artikel fungsi breadcrumb ternyata membuat saya lebih paham mas apa itu breadcrumb bagi sebuah blog mas, 🙂

  13. Tapi kalau melihat diwebmaster tools sempat melihat jumlah data yang terindek lebih banyak dengan adanya breadcrumb mas. Apa penglihatan saya saja ya, yang kurang nangkep :yes:

  14. soalnya kan web nya mas cungkup udah keren jadi ga pake breadcrumb juga ga ngaruh.heuheu
    tapi gatau juga sih kalo ngaruh engganya, saya tanyain sama rumput yang bergoyang aja deh mas yan.heuheu

  15. baru sempat berkunjung lagi nih mas yan, kemarin saya tepar 2 hari sampai harus ninggalin pekerjaan.heuheu
    tapi untungnya masih ada sisa stok artikel 😀

  16. saya sepakat dengan anda, yang telah melakukan kajian dan penelitian yang mendalam berkenaan dengan breadcrumb.

    kalo mendengar namanya seperti makanan yang terbuat dari roti 🙂

  17. Kalo menurut pengalaman mas Yanto ya jadi kayaknya gak ada pengaruhnya terhadap SEO dong ya, itu yang namanya breadcrumb. Saya setuju sama Mas Yanto aja deh yang udah melakukan uji coba… Waah mantabs sampai uji coba segala mas Yanto, VALID… 🙂

  18. Asli saya mah gak tau mas kalo yang disebut breadcrumb itu yang berupa tanda panah seperti ini (>>), selama ini saya cuma sering denger sebutannya aja tuh hihihih…parah pisan yah saya :ckakaka:

  19. blog ane sekarang pakai breadcrumb tapi yaa teteup aja sepertinya waktu disearch antara pakai maupun tidak, maklum cuma pakai blogspot 😀
    mungkin bener fungsi breadcrumb ini lebih untuk navigasi saja

  20. Nemu juga artikelnya, haha
    Jadi kalau breadcrumbs di hapus, di pencarian bahwa judul muncul url artikelnya? Cara hapus breadcrumbs’nya gk sekalian dijelasin mas, ane pake wp rada bingung haha. Apa cukup nonaktifkan breadcrumbs di plugin yoast seo apa harus hapus di dalam temannya? Matursuwun

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.